Festival JCM Tampilkan Biji Kopi Berkualitas

Jogja City Mall Kopi Festival 2017 Jogja City Mall Kopi Festival 2017 IST

Berita9.com - Festival Kopi JCM yang terselenggara pada 17 sampai 20 Juli lalu menjadi ajang coffeeshop memperkenalkan produk-produk berkualitasnya pada masyarakat Yogyakarta.

Termasuk Linglung Kopi & Eatery yang mengusung kopi nusantara sebagai bahan utamanya.  

Manajer Linglung Kopi & Eatery, Nohan Mahendra mengatakan, sebanyak 12 jenis kopi pilihan siap menjadi pilihan pelanggannya.

Biji kopi tersebut di antaranya Wonoboyo, Temanggung, Merapi, Kintamani, Aceh, Gayo, Flores, Bajawa, Wamena, Ranger, Lampung dan Ijen.

"Linglung juga memiliki speciality house blend kopi Temanggung, Yogyakarta dan area sekitarnya. Di sini kami ingin mengkampanyekan bahwa ngopi enak itu tidak harus mahal," ujarnya.

Linglung menyediakan biji kopi Arabica Flores Bajawa dengan dry hull process untuk pasca panennya.

Proses dry hull sendiri mencakup pengeringan buah kopikemudian memecah kulit tanduk kopi sehingga menghasilkan green bean dengan rasa yang lebih stabil.

Biasanya, proses ini dilakukan untuk memunculkan rasa manis dari biji kopi. Dengan teknik manual brewing V60, kopi ini cocok dinikmati oleh pecinta kopi yang cenderung medium ke pahit.

Bagi yang tidak ingin meminum kopi terlalu 'tebal', Simetri Coffee Roasters memiliki varian kopi single origin yang cenderung light. Seperti citarasa yang didapat dari Kopi Mendheling dengan roasting light-medium.

Menggunakan teknik brewing aeropress, kopi asal Sumatera Utara ini memiliki rasa yang agak manis dengan perpaduan rasa asam dari tingkat kematangan light roasting.

"Kami ingin membiasakan ke pelanggan untuk ngopi tanpa gula agar bisa merasakan rasa asli dari kopi tersebut. Kebanyakan orang berpikir kopi itu pahit, padahal ada rasa asam manis juga," ujar barista Simetri Coffee Roaster, Kevin Dio.

Jika menginginkan rasa kopi yang tipis dengan campuran susu, Cafebrick bisa menjadi alternatifnya.

Cafe Latte yang merupakan perpaduan dari single shot espresso dan susu yang menghasilkan tekstur minuman lembut beraroma kopi.

"Karena biji kopi kami roasting sendiri, jadi kami bisa menyediakan berbagai minuman kopi mulai yang tebal hingga tipis. Jenis kopinya masih kopi nusantara, di antaranya Lintong, Gayo, Batak Tolu, Tipika Sunda, Java Raung, Toraja, Flores dan Bali," kata Marketing Communication Cafebrick, Hanun Wuryansari.

(**/TN)

Rate this item
(0 votes)

Drive with Uber

Go to top