Indonesia Transport, Logistics & Maritime Week 2017

ITLMW Ciptakan Peluang Bisnis Untuk Transportasi, Logistik dan Maritim ITLMW Ciptakan Peluang Bisnis Untuk Transportasi, Logistik dan Maritim IST

Berita9.com - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi resmi membuka pameran dan konferensi untuk industri transportasi, logistik, dan maritim di Indonesia, yang bertajuk Indonesia Transport, Logistics & Maritime Week (ITLMW) 2017.

Acara yang berlangsung sejak 10 hingga 12 Oktober 2017 di JIEXPO Kemayoran tersebut merupakan program bersama antara Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia bekerjasama dengan Reed Panorama Exhibitions, dan didukung oleh 9 Kementrian Republik Indonesia serta asosiasi terkait ITLMW 2017.

Acara tersebut bertujuan menjadi suatu wadah komunikasi industri dan peluang bisnis yang didedikasikan untuk sektor transportasi, logistik, dan maritim di Indonesia guna memajukan infrastruktur, transportasi dan logistik untuk mendorong tranformasi NKRI dari pengguna menjadi negara penghasil sebagai penggerak ekonomi nasional serta meningkatkan konektivitas dan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Melalui forum ini para pelaku usaha dapat berdiskusi, berbagi pengetahuan teoretis maupun aplikatif mengenai isu-isu di industri, dan juga penerapan dan pengembangan industri dan profesi di bidang transportasi, logistik, serta maritim baik di Indonesia maupun kancah internasional. 

Indonesia memiliki wilayah teritorial kemaritiman yang meliputi empat kali luas wilayah daratnya. Pemerintah saat ini juga tengah memfokuskan diri dalam pengembangan infrastruktur serta konektivitas kemaritiman sehingga kebutuhan akan sarana dan fasilitas kemaritiman menjadi sangat penting, termasuk di antaranya pelabuhan dan perkapalan.

Namun hingga saat ini pembangunan baru dirasakan di infrastruktur darat, contohnya adalah pembangunan jalan tol, rel kereta api, dan mass rapid transit. Sementara itu, pengembangan infrastruktur maritim masih terbilang minim, misalnya proyek pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung, pelabuhan Bitung, serta pelabuhan di Jawa Barat. 

Rosan P. Roeslani Ketua Umum KADIN Indonesia dalam sambutannya mengatakan, "Sangatlah menggembirakan melihat pembangunan infrastruktur di berbagai bidang diimplementasikan secara baik pada pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini. Dalam periode 2014 hingga 2019, pemerintah telah berkomitmen mengalokasikan Rp5,500 Triliun untuk akselerasi infrastruktur dan konektivitas," katanya. (10/10).

Namun saat ini pengembangan infrastruktur masih belum merata. Untuk mengatasi kendala tersebut, kita perlu membantu pemerintah untuk mempercepat program pemerataan ini dengan menciptakan suatu wadah yang mewakili berbagai pemangku kepentingan, yaitu pemerintah, praktisi, dan juga akademisi darisemua sektor terkait. KADIN Indonesia yakin ITLMW 2017 ini dapat menyediakan platform tersebut. 

"Acara ini siap menjadi tempat para pelaku industri baik lokal maupun internasional dapat berkumpul untuk membahas isu, jaringan, strategi serta menciptakan peluang bisnis baru. Kami juga optimis forum ini dapat menjadi salah satu ajang untuk melakukan kampanye pemasaran yang efektif," tambahnya. 

(**/WE)

Rate this item
(0 votes)
Go to top