Kadin Dukung Kemenhub Implementasikan PM 108

Wakil Ketua Bidang Perhubungan Kadis Indonesia Carmelita Hartoto Wakil Ketua Bidang Perhubungan Kadis Indonesia Carmelita Hartoto IST

Berita9.com - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) terus menyoroti perkembangan dari impelementasi Peraturan Menteri (PM) 108 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Wakil Ketua Bidang Perhubungan Kadis Indonesia, Carmelita Hartoto mengatakan, aturan PM 108 sudah cukup baik untuk memastikan kenyamanan, keamanan dan ketertiban angkutan jalan. “Aturan dalam PM 108 juga menjaga iklim usaha angkutan tetap sehat dengan memberikan kesamaan hak dan kewajiban,” ujarnya, di Jakarta, Jumat (09/03/2018).

Carmelita mencontohkan, dalam regulasi PM 108 telah diatur kuota angkutan jalan berbasis aplikasi atau taksi online di masing-masing daerah. Dengan demikian, tidak terjadi over capacity angkutan di suatu daerah, yang justru dapat menjadi boomerang bagi bisnis angkutan jalan itu sendiri.

Carmelita menegaskan, Kadin sangat mendukung pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk segera mengimplementasikan aturan PM 108 tersebut. “Kami sangat mendukung dan meminta komitmen agar aturan PM 108 ini dapat berjalan konsisten,” katanya.

Menurut Carmelita, pelaku usaha transportasi menginginkan adanya kepastian hukum dan kepastian usaha. “Aturan PM 108 ini akan memberikan kenyamanan dan keamanan sisi operasional maupun sisi bisnis,” tambahnya.

Carmelita mengaku, pihaknya masih memiliki catatan terkait aturan PM 108 yang belum terimplementasi hingga saat ini. Menurutnya, implementasi aturan ini tidak bisa dilakukan tanpa melibatkan yang lain.

Diperlukan dukungan seluruh pihak agar implementasi aturan ini dapat berjalan baik, misalnya dari pihal Kepolisian, para pelaku usaha angkutan, penyedia jasa aplikasi, dari para pengemudi angkutan. “Dukungan seluruh pihak diperlukan agar impelementasi aturan PM 108 dapat berjalan konsisten,” ujar Carmelita.

(**/Im).

Rate this item
(0 votes)
Go to top