Kamboja Bikin Cryptocurrency Sendiri Bernama Entapay

Terinspirasi dari Venezuela, Kamboja Luncurkan Cryptocurrency Entapay Terinspirasi dari Venezuela, Kamboja Luncurkan Cryptocurrency Entapay IST

Berita9.com - Kamboja sedang mempertimbangkan untuk menciptakan cryptocurrency sendiri setelah terinspirasi oleh peluncuran Petro Venezuela pada bulan Februari.

Proyek cryptocurrency Kamboja akan diberi nama Entapay, dan diperkirakan akan diajukan pada pertemuan puncak negara-negara Asia Tenggara di ibu kota Phnom Penh, Rabu (7/3/2018), yang akan dihadiri oleh wakil perdana menteri negara tersebut, Men Sam An.

Siaran pers yang dikeluarkan menjelang KTT tersebut menggambarkan Entapay secara ambisius sebagai "hubungan antara pembayaran integrasi mata uang yang terenkripsi ke dunia nyata. Entapay memiliki potensi besar untuk menggantikan Visa sebagai mode pembayaran utama baru."

Penciptaan Entapay juga merujuk terhadap pembuatan Petro sebagai sarana untuk "membantu negara tersebut dalam menghindari sanksi ekonomi dunia Barat." Rencana mata uang digital Venezuela, yang didukung oleh minyak dan sumber daya pemerintah Venezuela, pertama kali diumumkan oleh Presiden Nicolas Maduro pada bulan Desember 2017, sebagai sarana untuk melengkapi bahan dasar bolivar yang terus merosot, sebagaimana dikutip dari The Telegraph, Rabu (7/3/2018).

Kritik Maduro percaya bahwa langkah tersebut dirancang untuk memotong sanksi AS yang dimaksudkan untuk menekan rezim otoriter yang telah mengawasi kekurangan pangan dan hiperinflasi. Venezuela kini telah bergabung dengan Rusia, Iran dan Korea Utara untuk dituduh berusaha memanfaatkan popularitas cryptocurrency yang muncul dengan menawarkan jenis infrastruktur keuangan baru di luar kendali otoritas pusat manapun, terutama Amerika Serikat.

Para ahli telah memperingatkan bahwa sebuah cryptocurrency, dengan anonimitasnya, peraturan dan kemampuan yang longgar untuk diubah menjadi mata uang keras dapat digunakan untuk menghindari sanksi ekonomi, yang biasanya diberlakukan melalui peraturan pengungkapan peraturan dan perbankan.

Transaksi mata uang digital dicatat pada buku besar yang dikenal sebagai blockchain, yang dikelola oleh komputer independen dan bukan dari sebuah otoritas perbankan sentral manapun. Hal ini memungkinkan untuk membeli dan menjual melintasi perbatasan dengan sangat sedikit pengawasan.

Cryptocurrency di Kamboja mungkin menjadi pilihan yang menarik bagi Hun Sen, perdana menteri Kamboja, yang menghadapi ancaman sanksi internasional atas tindakan keras pemerintahnya terhadap oposisi politik, aktivis media dan hak asasi manusia. Gedung Putih juga mengumumkan pekan lalu bahwa pihaknya akan menangguhkan beberapa program bantuan dan bantuan militer kepada pihak berwenang Kamboja yang menurutnya merupakan penyebab ketidakstabilan politik.

Namun, mata uang digital juga dipandang sebagai cara untuk meningkatkan ekonomi nasional. Minggu lalu, kepulauan Marshall di kepulauan Pasifik menjadi negara pertama di dunia yang mengakui cryptocurrencysebagai tender hukum. "Penguasa" digital yang baru akan memiliki status yang sama dengan dolar AS sebagai bentuk pembayaran.

(**/Tel)

Rate this item
(0 votes)
Go to top