Yogyakarta Termasuk Pusat Ekonomi RI

 Jogja berkembang pesat menjadi sebuah pusat ekonomi karena letak geografisnya yang dekat dengan perairan. Jogja berkembang pesat menjadi sebuah pusat ekonomi karena letak geografisnya yang dekat dengan perairan. IST

Berita9.com - Upaya Indonesia dalam menggencarkan arus masuk investasi ke dalam negeri melalui peningkatan lingkungan bisnis dan penciptaan ikatan perdagangan baru dibahas tuntas dalam country report yang baru saja dirilis oleh perusahaan penelitian global and konsultasi Oxford Business Group (OBG)

Laporan yang berjudul The Report: Indonesia 2018 membahas kesuksesan Indonesia dalam upaya meningkatkan perdagangan internasional dan memperkuat hubungan dagang. Indonesia juga diprediksi akan meneken sejumlah perjanjian dagang tahun depan.

Indonesia 2018 juga menganalisa perkembangan terbaru di beberapa kota besar Indonesia seperti Surabaya, Yogyakarta, dan juga Makasar. Ketiga kota tersebut berkembang pesat menjadi sebuah pusat ekonomi karena letak geografisnya yang dekat dengan perairan.

Editor in Chief OBG Oliver Cornock mengatakan Indonesia berhasil masuk dalam daftar negara terbaik untuk tujuan investasi intra-ASEAN dan mampu memperkuat hubungan perdagangan bilateral dengan mitra internasional utama.

"Perdagangan Indonesia dengan Amerika dan Tionghoa mengalami peningkatan dua digit dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki peran penting dalam dunia perdagangan global," ungkap Oliver.

Oliver menjelaskan peningkatan konsumsi masyarakat kelas menengah, pengembangan jalan raya dan hubungan maritim, serta upaya menciptakan lingkungan usaha yang kondusif diharapkan dapat membantu Indonesia meningkatkan perdagangan yang merupakan sumber utama investasi asing.

Managing Director for Asia Patrick Cooke menambahkan dalam 10 tahun keberadaan OBG di Indonesia ini, menemukan negara yang senantiasa mampu memanfaatkan kelimpahan sumber daya alam dan pasar internal dinamis.

"Kondisi ini akan memperkuat posisinya sebagai negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN dan berhasil menjadi salah satu negara paling menarik untuk Foreign Direct Investment di Asia."

(**/KJ)

Rate this item
(0 votes)
Go to top