Donita ‘Baper’ Harus Berbagi Kasih Sayang Kepada Anak Keduanya

Berita9.com – Pasangan selebriti Donita dan Adi Nugroho sedang berbahagia atas kelahiran anak kedua mereka. Proses kelahiran Donita berlangsung caesar dengan ditemani suami dan keluarga tercinta.
 
Namun, Donita juga cukup gelisah dan khawatir terhadap anak pertama nya, Alfarizqy Ataris Svarga Nugroho. Karena Svarga, di usianya yang masih kecil membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tuanya.
 
Menurut pantauan Berita9 (16/1/18) melalui akun instagram Donita, @donitabhubiy dirinya sempat merasa ‘baper’ ketika harus berbagi kasih sayang dengan anak keduanya yang diberi nama Parvaiz Farazell Shaquil Nugroho. Bahkan Donita meminta tips dan saran kepada ibu-ibu yang mengalami kondisi serupa. 
 
Berbagai saran dari para netizen khususnya ibu-ibu membanjiri kolom komentar akun instagram Donita.
 
“Sama persis kaya pengalamanku, tapi seiring berjalannya waktu keduanya malah memberikan kebahagiaan yang luar biasa,” tulis akun instagram @reva5517.
 
“Jadi tipsnya kalau sekarang, saya tidurkan dulu adiknya. Setelah adiknya tidur diayun, saya pun bermain sama si sulung. Kadang si abang sering iseng pukulin adiknya, tapi saya hanya bilang nggak boleh ya nak dan nggak pernah marahi,” tulis akun @acha_caa.
 
“Iya memang seperti itu. Tapi kalau sudah beberapa minggu nanti akan terbiasa dengan adanya perubahan,” tulis akun instagram @zoyaghani.
 
Namun Donita berharap dengan kelahiran anak keduanya, Svarga sang kakak dapat menjadi anak laki-laki yang kuat, hebat dan membanggakan kedua orang tuanya. 
 
(**/Tis)

Jakarta Sudah Seperti Terlilit Ular Reklamasi

Berita9.com - Senator asal Jakarta Fahira Idris menilai proyek reklamasi Teluk Jakarta memiliki kekuatan luar biasa yang menginginkan proyek tersebut terus jalan walau berbagai aturan diterabas, dipenuhi berbagai kebijakan yang dipaksakan. Ia mengatakan berbagai kontroversi yang tiada henti menyertai mega proyek penimbunan laut untuk kepentingan komersil ini.

"Warga Jakarta terus memberikan dukungan penuh kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta agar tidak surut selangkahpun untuk terus berjuang menghentikan proyek reklamasi. Ikhtiar menghentikan reklamasi bukan hanya pekerjaan berat tetapi juga pekerjaan besar." Katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Lanjutnya, ia mengatakan Reklamasi itu seperti ular, sudah melilit Jakarta. "Cara menghentikannya memang harus melepas satu persatu lilitan yang cukup kuat ini. Ada semacam ‘skenario’ mengunci semua sisi agar reklamasi tidak bisa dihentikan. Permintaan Gubernur Anies agar BPN menarik dan membatalkan penerbitan HGB di atas HPL Pulau-Pulau Reklamasi adalah salah satu upaya untuk melepaskan berbagai lilitan ini,” ujarnya.

Fahira mengungkapkan, jika saja Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) mau mengkaji lebih mendalam permintaan Gubernur Anies, sebenarnya ada celah hukum pembatalan HGB Pulau-Pulau Reklamasi. Peraturan Menteri (Permen) Agraria atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Nomor 9 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pemberian dan Pembatalan Hak Atas Tanah Negara dan Hak Pengelolaan, memberi hak sepenuhnya kepada BPN untuk menganulir pemberian hak atas tanah negara jika terdapat cacat administrasi dalam prosesnya.

Dalam prosesnya penerbitan HGB, lanjut Fahira, terdapat tahapan yang dilompati karena berlangsung saat dua Raperda Reklamasi yaitu Rancangan Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta (RTRKS Pantura) dan Rancangan Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) belum diterbitkan.

“Celah hukum pembatalannya ada, tinggal mau menggunakan atau tidak. Ternyata kan BPN memilih tidak menggunakannya. Padahal Pemprov DKI sudah bersedia menerima konsekuensi dari pembatalan ini. Itu tadi kenapa kenapa saya sampaikan menghentikan reklamasi ini bukan hanya pekerjaan berat tetapi juga pekerjaan besar. Banyak pihak yang harus disadarkan bahwa reklamasi ini bermasalah,” tukas Ketua Komite III DPD RI ini.

Fahira mengingatkan pihak-pihak yang begitu kukuh reklamasi harus dilanjutkan bahwa saat ini, isu proyek reklamasi bukanlah lagi isu yang elitis atau isu yang hanya dipahami segelintir orang.

"Soal reklamasi sudah menjadi obrolan di warung-warung kopi, perbincangan hangat di media sosial, topik panas di forum-forum diskusi mahasiswa, dan dijadikan isu perlawan berbagai komunitas dan organisasi kemasyarakatan." paparnya.

(**/WE)

KPK Jadwalkan Lagi Pemeriksaan Bambang Soesatyo

Berita9.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menjadwalkan ulang pemanggilan terhadap Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Sedianya, pria yang baru saja dilantik sebagai ketua DPR RI itu pernah dipanggil KPK pada 20 Desember 2017 lalu sebagai saksi untuk tersangka kasus korupsi proyek pengadaan KTP-el, Anang Sugiana Sudiharjo.

Namun, mantan ketua Komisi III DPR itu tak bisa memenuhi panggilan penyidik KPK karena mengikuti kegiatan Munaslub di Jakarta.

"Terkait kapan penjadwalan ulang kami akan informasikan lagi, kalau memang ada kebutuhan-kebutuhan proses pemeriksaan tentu itu sepenuhnya tergantung proses penyidikan yang berlaku saat ini," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (16/1).

Febri menegaskan, meskipun saat ini Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo menjadi pimpinan DPR RI, penyidikan kasus KTP-el akan terus berlanjut dalam koridor hukum.

"Saya kira proses hukum akan berjalan di koridor hukum saja. Relnya akan berbeda secara politik," ucap Febri.

Nama Bamsoet sempat muncul dalam sidang terdakwa memberikan keterangan palsu pada persidang kasus KTP-el, Miryam S Haryani. Bamsoet bersama lima anggota DPR disebut mengancam Miryam saat menjadi saksi KTP-el.

Bamsoet juga menjadi salah satu anggota Fraksi Golkar yang masuk dalam Pansus Hak Angket terhadap KPK. Ide Pansus Hak Angket tersebut muncul dalam rapat kerja antara Komisi III DPR dan KPK. Saat itu, Bamsoet merupakan Ketua Komisi III DPR.

(**/RO)

Anies Hidupkan Becak Jadi Angkutan Lingkungan

Berita9.com - Pemerintah Provinsi DKI berencana kembali mengoperasikan kendaraan tradisional, becak di wilayah Ibu Kota. Bahkan Pemprov DKI akan membangun rute atau jalur khusus untuk lalu lalang becak.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menegaskan becak-becak di Jakarta tidak akan beroperasi di jalan-jalan utama. Becak hanya akan beroperasi sebagai angkutan lingkungan di sejumlah jalan di kawasan perkampungan.
 
"Hanya di dalam kampung. Jangan membayangkan becak di jalan-jalan di Jakarta, protokol. Enggak. Jangan berimajinasi bahwa becak akan berada di jalan-jalan utama Jakarta. Ini adalah mengatur becak yang senyatanya selama ini ada, selama ini kejar-kejaran saja," ujar Anies seusai memimpin apel Operasi Lintas Jaya di RTI Monas, Jakarta Pusat, Selasa (16/1).
 
Menurut Anies, becak-becak sengaja diatur untuk beroperasi di kawasan perkampungan karena menyesuaikan kebutuhan warga di kawasan tersebut. Tentunya dengan pengaturan rute khusus agar tidak mengganggu lalu lintas di sekitarnya.
 
Pengaturan penetapan rute-rute tersebut, kata Anies, turut dibantu oleh Jaringan Rakyat Miskin Kota (JMRK) yang sudah memiliki gambaran titik-titik lokasi yang memungkinkan becak beroperasi di jalanan kampung.
 
"Kemarin pembicaraan dengan Jaringan Rakyat Miskin Kota. Mereka sudah ada titik-titik gambarnya. Jadi mengatur yang selama ini ada. Hanya selama ini kejar-kejaran karena tidak pernah diatur, jumlahnya enggak diatur, rute dalam kampungnya enggak diatur," beber Anies.

Dengan kembali beroperasinya becak-becak di Ibu Kota, Anies berharap warga Jakarta yang berpenghasilan menengah ke bawah dapat terbantu secara ekonominya. Ia ingin membantu pengemudi becak meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Kenapa saya melakukan ini? Kita ingin Jakarta kota berkeadilan, memberi kesempatan untuk semua," ujar Anies.
 
"Jadi, jangan kita berpandangan bahwa abang becak itu pengen jadi abang becak, tidak. Mereka juga kalau bisa dapat pekerjaan lain, mungkin mereka akan cari pekerjaan lain," imbuhnya.
 
Anies memastikan tidak ada Perda baru yang akan mengatur perihal keberadaan (kembali) becak di Jakarta, menggantikan Perda No.11 tahun 1988 perihal pelarangan pengoperasian becak di Jakarta.
 
"Enggak (ada Perda baru). Nanti kita atur dari Pergub aja," ucap Anies.
 
Diberitakan sebelumnya, wacana pengoperasian becak bermula dari celetukan Anies saat acara peresmian persiapan Community Action Plan di Taman Waduk Pluit, (14/1).
 
“Kalau enggak ada becak berarti nanti enggak ada yang naik. Becak ada karena ada kebutuhan, yang lain ada ojek dan macam-macam, tapi angkutan lingkungan kita akan segerakan dari CAP. Kita atur becak beroperasi di rute yang ditentukan untuk angkutan lingkungan," kata Anies di lokasi.
 
(**/KM)



Vokalis The Cranberries Alami Gangguan Bipolar

Berita9.com - Meninggalnya vokalis The Cranberries, Dolores O'Riordan, di usia ke-46 tahun pada Senin (15/1) mengejutkan banyak pihak.
 
Terlebih, Dolores dilaporkan meninggal mendadak di sebuah Hotel di pusat kota London, Inggris.
 
Juru bicara O'Riordan, Lindsey Holmes hanya mengkonfirmasi kabar kematian penyanyi kelahiran Irlandia tersebut.
 
Selain itu, Holmes menjelaskan bahwa keberadaan O'Riordan di London dalam rangka melakukan sesi rekaman singkat.
 
Holmes belum mau menjelaskan secara pasti apa yang menjadi penyebab meninggalnya O'Riordan.

Belakangan di tahun 2017 seperti dikutip dari variety.com, vokalis yang digandrungi karena suara khasnya ini, didiagnosa telah menderita kelainan bipolar.

Selanjutnya di tahun yang sama, The Cranberries terpaksa membatalkan 14 konser dengan alasan O'Riordan mengalami masalah dengan punggung.

The Cranberries bersama O'Riordan mempersembahkan karya terakhir lewat album berjudul, 'Something Else' yang rilis pada 28 April 2017.
 
Sebelumnya pada tahun 2014, pelantun 'Linger' ini pernah menjadi perbincangan di media massa. Hal itu terjadi setelah dirinya ditahan dan mengaku bersalah, telah menyerang tiga petugas polisi dan seorang pramugari saat penerbangan dari New York ke Irlandia.
 
Tahun tersebut juga menjadi periode kelam bagi dirinya. Pernikahan dengan Don Burton, mantan manajer Duran-Duran, yang telah dibangun selama 20 tahun juga kandas. O'Riordan kemudian memutuskan bercerai dengan Don Burton.
Sepanjang karier bermusiknya, O'Riordan telah merilis tujuh album studio bersama The Cranberries dan dua album solo.
 
(**/Var)



Garda Oto Buka Jaringan Mitra di Sumatera

Berita9.com - Setelah tahun lalu Garda Oto menambah jaringan agen di wilayah Jawa seperti Bandung dan Surabaya, tahun ini secara resmi Garda Oto membuka jaringan agen baru yaitu di wilayah Sumatera yang diawali dari kota Medan dan Palembang.

Penambahan jaringan agen pemasaran Garda Oto yang biasa disebut Mitra Garda Oto (MGO) ini secara resmi dilakukan dalam acara Victory Parade 2017 dan Kick Off 2018 di The Cause, Graha Niaga Thamrin, Jakarta akhir pekan kemarin.

Penambahan jaringan-jaringan baru MGO tersebut adalah jawaban atas tantangan pasar yang semakin kompetitif, khususnya di Sumatera. Sebagai wilayah terpadat kedua setelah Jawa, Sumatera memiliki potensi pasar yang besar, tetapi tidak sebanding dengan ketersediaan agen asuransi yang ada. Untuk itulah, Garda Oto, sebagai produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, terus berupaya merangkul lebih banyak agen di lokasi baru.

CEO Asuransi Astra Rudy Chen mengatakan, pembukaan jaringan-jaringan MGO di tempat baru tersebut adalah komitmen Perusahaan untuk tetap menjadi pemimpin pasar di industri asuransi umum.

"Tantangan tahun ini semakin berat. Tapi, bukan berarti tanpa peluang. Dengan peningkatan kualitas dan jumlah yang terus kami lakukan, saya yakin MGO masih akan tetap menjadi saluran penjualan Garda Oto yang berkembang pesat karena memiliki kekuatan dan keistimewaan yang tidak dimiliki saluran lain, yaitu personal touch," ujar Rudy.

Selain itu, Rudy juga mengucapkan terima kasih kepada semua MGO yang sudah menjadi rekan Garda Oto dalam mengedukasi masyarakat mengenai literasi keuangan, khususnya asuransi.

(**/WE)

Uji Coba 6 Rute Ok Otrip

Berita9.com - PT TransJakarta menargetkan bisa menguji coba enam rute perjalanan program One Karcis One Trip (OK Otrip) di seluruh DKI Jakarta selama sebulan. Keenam rute itu akan dilayani sekitar 100 angkutan kota yang terintegrasi dengan layanan OK Otrip.

"Enam rute itu targetnya ada 100 kendaraan," kata Direktur Pelayanan Pengembang Bisnis dan SDM TransJakarta Wilfizon Yuza di sela uji coba OK Otrip rute Kampung Melayu-Duren Sawit Jaktim.

Yuza mengatakan keenam rute tersebut akan tersebar di lima kota di DKI Jakarta. Keenam rute tersebut akan diuji secara bertahap dalam kurun waktu sebulan ke depan.

"Secara bertahap kita akan tambah kurang-lebih enam rute secara bertahap dalam satu bulan," tambah dia.

Yuza menambahkan, selama masa uji coba hingga April, tarif OK Otrip gratis. Menurut Yuza, para penumpang yang belum punya kartu OK Otrip tak perlu khawatir. Pihak TransJakarta menyiapkan kartu yang dipinjamkan kepada para penumpang.

"Jadi peminjaman kartu ini selama 15 hari ini. Selama uji coba ini, naik harus taping tapi tarif nol sampai tanggal 31 Januari (2018) tanpa kartu. Habis itu, harus pakai kartu sendiri pada 1 Februari (2018)," terangnya.

Kepala Humas PT TransJakarta Wibowo mengatakan, dari keenam rute tersebut, dua rute siap diuji coba. Kedua rute tersebut adalah rute Semper-Rorotan diuji coba hari Selasa (16/1) dan rute Kampung Rambutan-Pondok Gede diuji coba Rabu (17/1).

"(Tiga rute) sedang didiskusikan dengan para operator angkutan," kata Wibowo.

(**/IST)

Menteri BUMN Rombak Susunan Direksi KAI

Berita9.com - Menteri BUMN Rini Soemarno memberhentikan Dirut PT KAI (Persero) Edi Sukmoro, untuk kemudian menduduki jabatan baru sebagai Direktur Logistik dan Pengembangan KAI.

Salinan surat keputusan pemberhentian sekaligus pengangkatan Edi Sukmoro tertuang dalam surat Nomor: SK-10/MBU/01/2018 yang diserahkan Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin.

Selain menjalankan tugas sebagai Direktur Logistik dan Pengembangan KAI, Edi Sukmoro juga diminta menjadi pelaksana tugas (Plt) Dirut KAI sampai dengan diangkatnya Direktur Utama yang definitif.

Pada kesempatan itu, beberapa direktur lainnya juga diberhentikan dari jabatannya yaitu Muhammad Kuncoro, Candra Purnama dan Budi Noviantoro.

"Dengan ucapan terima kasih kami sampaikan atas segala sumbangan tenaga dan pikirannya selama memangku jabatan Dirut KAI," kata Bambang.

Sedangkan Muhammad Nurul Fadhila diangkat sebagai Direktur Pengelolaan Prasarana KAI.

Saat yang bersamaan juga mengubah nomenklatur sembilan posisi direksi yaitu menjadi Direktur Pengelolaan Sarana, Direktur Pengelolaan Prasarana, Direktur SDM dan Umum, Direktur Logistik dan Pengembangan, Direktur Manajemen Aset, Direktur Keuangan, Direktur Komersial dan Teknologi Informasi, Direktur Keselamatan dan Keamanan.

Adapun susunan direksi KAI lainnya yaitu Bambang Eko Martono ditetapkan sebagai Direktur Keselamatan dan Keamanan, Slamet Suseno Priyanto sebagai Direktur Operasi, Apriyono W. Chresnanto menjabat Direktur SDM dan Umum.

Selanjutnya, Azahari menduduki jabatan Direktur Pengelola Sarana, Dody Budiawan sebagai Direktur Manajemen Aset, Didiek Hartyanto menjadi Direktur Keuangan, dengan masa jabatan masing-masing meneruskan sisa masa jabatannya sesuai dengan Keputusan Menteri BUMN Rini Soemarno.

(**/Ant)

Ketua DPR Jabatan Untuk Wujudkan Cita-Cita Bersama

Berita9.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut, jabatan baru yang diembannya merupakan tugas mulia. Bagi dia, DPR RI harus menjadi sebuah simbol dari cita-cita ideal bangsa Indonesia.

"Posisi yang terhormat sebagai Ketua DPR RI bukanlah sekadar jabatan atau kedudukan, tetapi sebuah amanah untuk merealisasikan cita-cita bersama akan sebuah negeri yang lebih maju, lebih sejahtera, dan lebih bermartabat," kata Bamsoet saat menyampaikan pidato di ruang rapat Paripurna Senayan Jakarta, Senin 15 Januari 2018. 

a berjanji akan melaksanakan tugas baru tersebut dengan melibatkan semua elemen politik yang ada. Kerja sama dengan semua pihak akan dilakukan lebih harmonis agar menjadi simbol cita-cita bangsa.  

"Walaupun harus diakui bahwa selama ini idealisasi semacam itu masih terasa jauh, namun kita tidak boleh perputus asa," ujarnya.  

Bamsoet menuturkan, kritik yang ditujukan kepada lembaga DPR mesti diterima dengan besar hati oleh seluruh anggota. Menurutnya kritikan, mesti dijadikan tekad berbenah diri ke arah yang lebih baik.

"DPR bukanlah Jaka Sembung naik ojek, alias tidak nyambung Jack! Tetapi, Abang Jampang bawa pedang, alias gampang mengikuti keinginan rakyat yang berkembang," tuturnya. 

Ia melanjutkan, di masa-masa mendatang DPR harus terus bertekad untuk mewujudkan lembaga perwakilan yang representatif, harmonis dan produktif sekaligus. Dia bilang, bila dilakukan dengan baik demokrasi Indonesia akan menjadi demokrasi yang matang.

"DPR RI adalah juga simbol kemajemukan masyarakat Indonesia. Senayan adalah pelangi Indonesia. Di sinilah kita bertemu dengan semua spektrum politik kebangsaan kita. Kita harus merawat keragaman ini, sambil berupaya agar masyarakat Indonesia yang diwakilinya mampu untuk terus melangkah mengejar kemajuan bersama," ucapnya.

(**/JM)

ICW: Tarik Bambang Soesatyo dari Ketua DPR

Berita9.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) merekomendasikan Partai Golkar untuk menarik keputusan penunjukan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR dan menggantinya dengan sosok yang tidak mempunyai rekam jejak bermasalah.

"Prasyarat dasar pemilihan pengganti Setya Novanto adalah anggota bersangkutan tidak pernah disebut atau diduga terlibat dalam kasus korupsi dan kejahatan lainnya serta bukan pihak yang secara aktif merongrong upaya pemberantasan korupsi," kata Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donal Fariz dalam rilis, Senin.

Menurut dia, penunjukan Bambang Soesatyo justru menunjukkan Partai Golkar mengabaikan kebutuhan DPR terhadap pimpinan yang kredibel dan mengonfirmasi bahwa partai pimpinan Airlangga Hartarto tersebut tidak belajar dari kelengahan sebelumnya.

Ia mengingatkan, saat Partai Golkar menunjuk Setya Novanto sebagai Ketua DPR, sejumlah pihak memberikan peringatan akibat citra Setya Novanto yang buruk karena banyak disebut dan diduga terlibat kasus korupsi.

"Hasilnya, sepanjang Setya Novanto menjabat, banyak kontroversi yang dilakukan oleh Setya Novanto dan berdampak buruk pada citra DPR. Mulai dari kasus selfie dengan Donald Trump, kasus Papa Minta Saham, hingga terakhir menjadi tersangka kasus korupsi KTP Elektronik. Rentetan kasus tersebut mengonfirmasi kekhawatiran publik mengenai sosok pilihan Partai Golkar," ucapnya.

ICW menyatakan, penunjukan Bambang yang juga duduk sebagai anggota pansus angket sangat bertolak belakang dengan keinginan Golkar untuk keluar dari pansus.

Ia mengingatkan bahwa Bambang Soesatyo pernah beberapa kali diperiksa KPK dalam kasus korupsi simulator ujian surat izin mengemudi di Korps Lalu Lintas Polri pada 2013.

LSM antikorupsi itu mengingatkan bahwa pada sisa waktu yang sempit serta di tengah sibuknya agenda politik legislatif dan elektoral, DPR mempunyai setumpuk pekerjaan rumah.

Salah satu pekerjaan rumah tersebut adalah mengembalikan kepercayaan publik yang semakin rendah.

Sebagaimana diwartakan, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bertekad memperkuat tiga fungsi dasar DPR yaitu legislasi, pengawasan, dan anggaran yang disebutnya harus berjalan seiring dan saling mendukung. Bambang juga bertekad menjadikan DPR sebagai mitra yang bersahabat dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Dalam waktu sisa yang tidak terlalu lama, saya juga akan berupaya memperkuat fungsi dasar DPR RI, yaitu legislasi, pengawasan, dan anggaran," kata Bambang saat pidato pertamanya pada Rapat Paripurna DPR di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan ketiga fungsi itu harus berjalan seiring dan saling mendukung, termasuk penguatan tugas, fungsi dan kewenangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang dianggapnya benteng kehormatan tidak saja untuk anggota DPR, tetapi juga DPR sebagai lembaga tinggi negara.

Ia mengatakan pimpinan DPR akan mendorong lahirnya produk-produk legislasi yang relevan dengan kepentingan jangka panjang Indonesia. DPR juga akan melakukan pengawasan yang saksama dan responsif kebutuhan rakyat serta memastikan alokasi anggaran yang mendorong kesejahteraan dan keadilan.

(**/Ant)

Page 1 of 370
Go to top