Bisnis

Bisnis (1301)

Jakarta - Startup Kargo Techologies berhasil menggalang dana awal sebesar USD 7,6 juta atau sekitar Rp 107,8 miliar. Uang tersebut bakal digunakan untuk mentrasformasi industri logistik Indonesia.

Sejumlah investor besar tercatat dalam pendanaan awal ini. Salah satunya Travis Kalanick, yang merupakan mantan CEO Uber. Sayangnya tidak disebutkan berapa dana yang Kalanick investasikan.

Dalam keterangan resminya, Kargo hanya menyebutkan perusahaan venture capital Sequoia Capital India yang memimpin pendanaan awal ini. Selain itu investor lain yang turut mengucurkan dananya meliputi Pandu Sjahrir dan Agaeti Ventures, Patrick Walujo (salah satu pendiri Northstar Group), Intudo Ventures, Zhenfund, ATM Capital serta Innoven Capital.

Kargo akan menggunakan dana tahapan awalnya untuk memperkuat infrastruktur dan teknologinya. Mereka juga berencana melakukan rekrutmen besar-besaran di Indonesia untuk membangun operasi kelas dunia dan tim teknologi.

"Di kebanyakan perekonomian besar, logistik merupakan industri yang sangat besar dan tidak efisien dan karena itu berbagai platform online angkutan bermunculan di berbagai negara. Sequoia India senang sekali bisa mendukung tim Kargo yang tengah berupaya mentransformasi industri logistik di Indonesia," ujar Shailendra Singh, Managing Director at Sequoia Capital (India) Singapore.

Transformasi Logistik

Untuk diketahui Kargo Technologies menghadirkan layanan pasar online angkutan logistik yang menghubungkan shipper sektor ritel, e-commerce dan komersil dengan armada truk di seluruh Indonesia.

Kargo didirikan pada tahun 2018 oleh Tiger Fang dan Yodi Aditya. Tiger menjabat sebagai CEO, sementara Yodi menjadi CTO.

Nama Tiger sendiri bukanlah pemain baru. Dia sudah enam tahun membangun pasar online di Asia. Namanya tercatat menjadi salah satu pendiri Lazada di Thailand dan Vietnam.

Sosok Tiger berada di balik kehadiran Uber di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Sempat menjabat sebagai General Manager, Tiger berhasil memperluas operasi Uber di Indonesia dan Cina Barat.

Sementara Yodi Aditya adalah software engineer yang memiliki pengalaman luas membangun platform online buat industri logistik, penerbangan dan keuangan di Indonesia dan Singapura.

Untuk memotori Kargo, Yodi dan Tiger merekrut sejumlah insinyur dan operator berpengalaman, termasuk mereka yang sebelumnya turut memperkuat Uber dan berbagai platform online besar lainnya di Indonesia.

Kargo berkeinginan dapat mentransformasi industri logistik di Tanah Air. Saat ini hampir seperempat pendapatan domestik bruto Indonesia senilai Rp 1 triliun berasal dari logistik. Namun industri ini masih terbentur masalah infrastruktur yang kurang memadai dan berbagai inefisiensi lainnya.

Truk yang mengangkut muatan dari sentra-sentra produksi perkotaan seringkali pulang tanpa muatan. Sedangkan pengemudi truk biasanya harus menelpon berbagai pihak atau mengecek berbagai grup Whatsapp hanya untuk mendapatkan order sekali-jalan. Itu pun membutuhkan kontrak tertulis, sementara pembayaran bisa tertunggak sampai berminggu-minggu.

Berbekal teknologi yang dimilikinya, Kargo berupaya membuat proses transaksi dan pengangkutan lebih efisien, transparan dan akuntabel. Shipper, transporter dan pengemudi truk bisa berinteraksi, bertransaksi dan memantau pergerakan kiriman secara real-time di platform Kargo melalui situs www.kargo.tech, dan dalam waktu dekat, melalui aplikasi ponsel tipe Android.

Sejauh ini, sejumlah perusahaan e-commerce, toserba dan nama besar di industri FMCG sudah mengandalkan Kargo untuk memposting ratusan order tiap minggu.

"Kargo didesain untuk mengoreksi masalah ketersediaan, transparansi harga dan kurangnya kepercayaan dalam proses pembayaran melalui satu aplikasi yang gampang dipakai. Jika proses penawaran dan penerimaan order dibikin lebih efisien, maka pemakaian jumlah truk yg tersedia bakal lebih maksimal." kata Tiger.

"Semua shipper dan transporter yang terdaftar di Kargo sudah diverifikasi, sehingga bisa dipercaya dan dijamin kualitasnya. Sistem seperti ini bisa bantu menaikkan potensi penghasilan para pengemudi truk, dan memastikan takkan ada lagi truk balikan kosong melintas di ruas-ruas jalan antar-kota Indonesia," pungkasnya. (*)

Jakarta - Moda Raya Terpadu (MRT) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Ahad (24/3). Namun di tengah peresmian transportasi massal ini, muncul upaya saling klaim dari para petinggi negara.

Presiden Jokowi dalam pidato politiknya menyebut, berjalannya MRT hingga sukses diresmikan lantaran keputusan politik yang diambilnya bersama Wagub terdahulu, Basuki Tjahaja Purnama.

Namun belakangan, klaim tersebut justru ramai lantaran warganet ramai-ramai menyebut jika peletakan batu pertama MRT sudah dilakukan Gubernur sebelumnya, Fauzi Bowo.
 
Seakan tak mau ambil pusing dengan hal itu, Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan justru memiliki pandangan lain.

Lewat akun sosial medianya, Anies justru menyampaikan pujiannya kepada para karyawan dan pekerja proyek MRT.

"Ibu dan Bapak yang saya hormati, saya menuliskan pesan ini untuk ucapkan terima kasih. Apresiasi pada semua yang pernah bekerja membangun MRT ini," tulis Anies di Instagramnya.

Anies yang turut serta saat peresmian MRT di Bundaran Hotel Indonesia mengaku selalu terbayang-bayang atas jerih payah para pekerja MRT yang tanpa lelah bekerja hingga bisa dinikmati warga.

Ia mengaku amat merasakan jerih payah pekerja MRT lantaran hampir setiap hari ia melihat langsung para pekerja saat membangun.

"Saya tahu persis karena hampir setiap malam lewat sekitar tiang-tiang pancang. Di malam gulita, saat mayoritas warga telah tidur, Anda (pekerja) semua masih berkeringat, bekerja tanpa henti," katanya.

Menurutnya, para pekerja MRT yang telah menorehkan pembangunan sejarah transportasi Indonesia ini tak boleh dilupakan.

Sebab melalui mereka, Jakarta sebagai Ibu Kota telah berganti wajah dan mempermudah warga Jakarta mengakses transportasi umum yang dinanti sejak lama.

"Saya sudah meminta kepada Direksi PT. MRT agar mencatat setiap nama yang terlibat, sekecil apapun termasuk para pekerja paling operasional. Dokumentasikan semua, dan izinkan kami, bangsa Indonesia, mengenal orang-orang yang bekerja keras dalam sunyi," imbuhnya.

"Atas nama rakyat Jakarta, saya mengirimkan rasa terima kasih dan rasa hormat pada Ibu, Bapak dan Saudara semua. Semoga tiap butir keringat itu akan dicatat sebagai amal shaleh, dan setiap kemudahan yang dirasakan oleh pengguna MRT akan dicatat sebagai amal jariyah Anda," tutup Anies. (*)

 

 
 
 

Berita9.com - Industri baja dalam negeri dinilai masih menunjukkan tren yang positif. Meskipun dalam beberapa waktu terakhir impor baja mengalami peningkatan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), total impor selama Februari 2019 turun 13,98 persen secara tahunan menjadi USD 14,18 miliar. Namun demikian, komoditas nonmigas yang mengalami peningkatan impor terbesar salah satunya besi dan baja yang sebesar USD 75,9 juta.

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim mengatakan, pihaknya berharap pemerintah dapat melakukan peninjauan kembali perjanjian perdagangan dengan negara lain atau free trade agreement (FTA) terkait pembebasan bea masuk impor baja. Menurut dia, bea masuk nol persen untuk impor baja mengakibatkan banjirnya produk impor baja di dalam negeri.

“Maka dari itu jika ada FTA yang sedang dinegosiasikan oleh pemerintah, kami mengusulkan agar produk baja tidak dilakukan penurunan tarif atau dimasukan dalam sensitive list. Jika memungkinkan kami ingin melakukan review terhadap penurunan tarif yang sudah terlaksana," ujar Silmy dalam Task Force di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (21/3).

Silmy juga menuturkan, tidak dikenakannya bea masuk anti dumping untuk produk platebaja impor di Batam dinilai tidak sejalan dengan explanatory notes World Trade Organization (WTO) Agreement. Adapun hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50 Tahun 2016 tentang Pengenaan Bea Masuk Anti Dumping terhadap Impor Produk Hot Rolled Plate (HRP) dari Negara Republik Rakyat Tiongkok, Singapura, dan Ukraina.

Menurutnya, perlakuan khusus terhadap wilayah Batam, yakni tidak dikenakannya bea masuk anti dumping, telah menjadi celah masuknya hasil produksi Batam ke wilayah Indonesia lainnya dengan harga murah. Silmy bilang, hal itu mengakibatkan bangkrutnya industri galangan kapal dalam negeri yang berada di luar wilayah Batam.

"Adapun langkah yang perlu segera dilakukan antara lain dengan melakukan revisi atas penjelasan pasal 14 PP Nomor 10 Tahun 2012, sehingga bea masuk anti dumping, bea masuk imbalan, bea masuk tindakan pengamanan, dan bea masuk pembalasan dapat diberlakukan di wilayah Batam dan wilayah perdagangan bebas lainnya untuk menciptakan iklim persaingan yang sehat," jelasnya.

Dukungan penuh dari pemerintah melalui kebijakan dan regulasi yang berpihak kepada industri baja nasional juga sangat diperlukan. Tujuannya agar industri baja nasional berjalan kondusif sehingga memberikan pengaruh positif terhadap investasi yang sedang dilakukan di sektor baja.

“Kami sangat membutuhkan peran dan dukungan dari Pemerintah untuk dapat memberikan atensi dan menindaklanjuti usulan kami," tambahnya. (*)

 

Berita9.com - Pemerintah disarankan mencabut diskresi kepada Perum Bulog untuk importasi bawang putih tanpa syarat seperti importir lainnya. Begini alasannya.

Dengan perlakuan tak adil ini, Bulog dengan mudahnya bisa impor 100 ribu ton bawang putih tanpa harus menanam 5%, sesuai Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) Permentan Nomor 38 Tahun 2017.

"Enak banget BUMN itu, enggak boleh kayak gitu. Kalau begitu kita bikin BUMN aja sebanyak-banyaknya. Swasta dimatikan. Ini enggak sehat nih. Ini harus diusut KPPU," tegas Direktur Center For Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi kepada wartawan, Jakarta, (20/3).

Ia menyarankan kebijakan ini segera dicabut, atau dibatalkan. Alasannya, akan melahirkan persaingan usaha yang tidak sehat, antar BUMN atau dengan swasta.

Selain itu, lanjut Uchok, nasib petani bawang putih, semakin sengsara lantaran tidak adanya subtitusi penanaman bawang putih dari proses impor yang dilakukan.

Kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan bahkan Ombudsman, dirinya mendesak kebijakan ini diselidiki.

"Iya ini makin kacau aja kalau kayak begitu. Tidak ada persaingan usaha. Harusnya semua melalui lelang atau tender. Jangan kayak gini, ini enggak sehat," kata Uchok.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Rusli Abdullah di kesempatan berbeda menilai, impor 100 ribu ton bawang putih oleh Perum Bulog adalah langkah terpaksa. Demi, memenuhi kebutuhan dalam negeri yang hampir 90% diimpor.

Ia mengakui, ada mengemuka juga ketidakpuasan pengusaha terhadap keistimewaan tidak wajib tanam yang diberikan kepada Bulog.

"Kalau Bulog kemudian impor dan tidak dikenakan kewajiban tanam 5 persen, lalu importir merasa cemburu, nanti bisa-bisa impotir lapor ke WTO. Hal ini pernah terjadi di bidang susu. Waktu itu importir susu juga dipaksa bermitra, ini membatasi mereka, akhirnya mereka laporkan ke WTO karena ada persaingan yang tidak sehat," tuturnya.

Diakui Rusli, industri susu memang beda dengan bawang, karena kebutuhannya lebih tinggi dan terkait protein. Namun jika kebutuhan bawang putih terus meningkat, bisa saja para importir melapor ke WTO.

Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), Dwi Andreas Santosa mengakui, ketersediaan bawang putih di Indonesia sebenarnya tidak bisa lepas dari impor. Bahkan kata dia, hampir 560 ribu ton bawang putih didapatkan dari impor setiap tahunnya.

Menurutnya, tingginya lonjakan harga bawang putih pada awal tahun ini disebabkan karena terlalu optimisnya Kementerian Pertanian akan produksi dalam negeri. Diakuinya, Peraturan Menteri Pertanian nomor 38 tahun 2017 tentang rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH).

Di mana, para importir diwajibkan menanam sebanyak 5% dari volume pengajuan impor, adalah hal yang baik. Namun, bukan berarti ini menjadi jaminan. Sehingga dia berpendapat, terdapat kekacauan dalam perencanaan tata kelola bawang putih.

"Sekarang kita seolah-olah impor dalam jumlah besar, dan itu sangat merugikan presiden," imbuhnya.

Terkait dengan penugasan Bulog untuk melakukan impor 100 ribu ton bawang putih, dia mewanti-wanti jangan keputusan tersebut justru semakin membenani kerja Bulog.

"Tapi kalau tidak punya infrastruktur terkait, ya tentu biaya tinggi, karena harus pinjam gudang yang cocok untuk bawang outih, cost lagi disana. Sehingga tujuan utama untuk amankan pasokan bawang putih jadi terganggu," kata Andreas.

Masalah distribusi dari Bulog ke tingkat pasar juga harus dipertimbangkan secara matang. "Belum lagi masalah jaringan distribusinya. Karena tidak mungkin Bulog petugasnya diturunkan jualan bawang putih di pasar," katanya.

Menko Perekonomian, Darmin Nasution sebelumnya memerintahkan Perum Bulog mengimpor bawang putih sebanyak 100.000 ton. Impor ini untuk mengendalikan harga bawang putih yang mengalami kenaikan. Bulog, dalam impor kali ini diberikan keleluasaan tanpa harus memenuhi syarat tanam, 5% dari impor yang dilakukan, sebagaimana dilakukan wajib oleh pihak swasta. (*)

Berita9.com - Desainer label Si.Se.Sa mencoba menerjemahkan fenomena gelombang hijrah lewat koleksi terbarunya. Label yang merupakan kependekkan nama dari trio kakak-beradik Siriz Tentani, Senaz Nasansia, dan Sansa Enandera itu memamerkan hasil interpretasinya terhadap perjalanan berhijrah dalam peragaan busana bertajuk "The Journey".

Sansa selaku creative director mengungkapkan, Si.Se.Sa ingin menjadi bagian dari gerakan hijrah. Tak heran jika beragam kegiatan sehari-hari yang biasa dilakoni Muslimah berhijab tampak mencuat di dalam peragaan busana tahunan Si.Se.Sa di The Tribrata, Jakarta, (19/3).

Melalui desainnya, Si.Se.Sa berharap agar hijabers istikamah, bersikap teguh dan konsekuen terhadap pilihan busananya. Menurut Sensa, tema The Journey menggambarkan semua hal pasti ada prosesnya.

"Tren "Jadi Baik" pasti ada proses hijrahnya. Dari belum memakai kerudung jadi pakai kerudung. Setelah memakai kerudung mau lakukan apa? Bagaimana untuk terus istikamah? Sebuah perjalanan itu. Jadi kami mau orang-orang yang datang ke fashion show, keluar makin memberi inspirasi. Sesama Muslimah saling support," ungkap Sensa dalam konferensi pers di Jakarta.

Sensa berharap, koleksi Si.Se.Sa dapat menjadi dorongan agar Muslimah istikamah dalam mengenakan pakaian tertutup. Mereka yang baru berhijab diharapkan menjadi bertambah mantap berhijab.

"Bagi yang sudah lama berhijab akan mendapat tawaran baru untuk tampil kian semakin gaya," ungkap Sensa.

Sementara itu, Marketing Director Si.Se.Sa, Senaz, mengungkapkan The Journey yang terbagi dalam sembilan babak menampilkan 80 potong pakaian. Pihaknya ingin meluaskan kemungkinan pemakai hijab untuk memilih desain yang paling sesuai dengan selera pribadinya.

Menurut Senaz, ketentuan menggunakan busana berpotongan serba longgar dan

tertutup, tidak membatasi kreativitas Si.Se.Sa dalam menawarkan ide-ide baru yang dituangkan dalam koleksi The Journey. Khimar atau kerudung panjang yang dikenakan bersama terusan panjang longgar dan tidak tembus pandang sebagaimana syarat berbusana syar’i, ditampilkan dalam berbagai pilihan. (*)

Berita9.com - Kenaikan tarif ojek online (ojol) diharapkan ditetapkan maksimal Rp2.000 per kilometer. Usul itu disampaikan lembaga Research Institute of Socio Economic Development (RISED) berdasarkan hasil penelitian mereka.

Peneliti RISED Fitra Faisal menjelaskan 71% konsumen saat ini hanya mampu menghadapi kenaikan pengeluaran per hari kurang dari Rp5.000. Oleh karena itu, kenaikan tarif maksimal Rp.2000/km dianggap masih sesuai dengan kemampuan ekonomi pengguna ojol.

“Dengan jarak tempuh rata-rata konsumen 8,8 km per hari, berarti kenaikan tarif yang ideal maksimal Rp600 per kilometer atau menjadi Rp2.000 per kilometer,” kata Fitra dalam keterangan tertulis yang diterima. (19/3).

Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan ketentuan baru mengenai ojol yang mengatur empat hal yakni formulasi biaya jasa, keselamatan, pemberhentian sementara (suspend), dan kemitraan.

Aturan mengenai ojol tercantum di Peraturan Menteri Perhubungan No. 12/2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Akan tetapi, pemerintah belum menyelesaikan formulasi biaya jasa yang hendak diterapkan ke ojol. Menurut Fitra, pemerintah harus memanfaatkan riset yang akurat dalam menyusun tarif ojol.

RISED menyebutkan bahwa selama ini penyedia jasa ojol sebenarnya telah menerapkan biaya jasa dinamis. Dengan mekanisme dinamis, tarif bisa menyesuaikan tergantung waktu, tempat, serta tinggi rendahnya permintaan dan penawaran.

“Disrupsi digital yang merupakan salah satu tantangan terbesar perekonomian bisa diberdayakan untuk melakukan sebuah lompatan kuantum untuk membentuk kemakmuran berlipat di masa depan,” ujar Fitra.

RISED sebelumnya sempat membuat survei yang melibatkan 2.001 responden pengguna ojol dari 17 provinsi. Hasilnya, 45,83% responden menyatakan tarif ojol sudah sesuai. Ada 28% responden lainnya mengaku bahwa tarif ojol sudah dan sangat mahal.

Dari hasil survei RISED juga diketahui bahwa jarak tempuh rata-rata konsumen ojol adalah 8,8 km/hari. (*)

Berita9.com - Ketua DPP Gerindra, Moh Nizar Zahro mengkritisi Presiden Joko Widodo yang dinilai menggunakan kekuasaannya untuk melakukan kampanye terselubung.
 
Hal itu berkenaan dengan rencana kegiatan Silaturahmi Nasional Pemerintahan Desa Se-Indonesia pada (30/3) yang bakal dihadiri Presiden Joko Widodo.
 
"Semua orang tahu bahwa acara mengumpulkan kepala desa adalah kampanye terselubung. Jokowi jangan menyalahgunakan kekuasaan," kata Nizar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/3).
 
Dalam acara yang diselenggarakan Badan Koordinasi Nasional Pembangunan, Pemerintahan, Pemberdayaan Kemasyarakatan Desa (Bakornas P3KD) itu, salah satu isinya adalah untuk merumuskan usulan perbaikan tata kelola dana desa.

Namun Nizar melihat ada celah untuk melakukan kampanye terselubung, yakni melalui program dana desa.

"Dana desa berasal dari uang rakyat, wajar jika uang tersebut dialirkan kepada rakyat kembali. Tidak etis mengklaim soal dana desa, apalagi ada upaya memanfaatkan untuk kampanye terselubung," jelasnya.

Melihat indikasi tersebut, juru kampanye Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ini menganggap jika ajang tersebut tak ubahnya sebagai pengkhianatan kepada rakyat.
 
Sebab, dana desa yang dalam pembahasannya melibatkan DPR sejatinya untuk kesejahteraan rakyat, bukan untuk kepentingan penguasa.

"Dana desa untuk kampanye terselubung sama saja mengkhianati rakyat desa. Jika Jokowi ingin kampanye, maka lakukanlah menggunakan dana sendiri. Jangan utak-atik dana desa melalui penyalahgunaan kekuasaan," tandasnya. (*)
 
 

Berita9.com - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern secara resmi mengumumkan akan ada perubahan undang-undang mengenai senjata di negara itu dalam 10 hari mendatang. Perubahan ini dilakukan setelah terjadinya aksi penembakan di dua masjid di Christchurch yang menewaskan 50 orang.

“Apa yang bisa saya katakan saat ini adalah undang-undang mengenai senjata di negara ini akan berubah,” ujar Ardern dilansir Kyodo News, Senin (18/3).

Pelaku penembakan brutal tersebut diketahui adalah Brenton Tarrant, seorang pria asal Australia. Ia diketahui memiliki lima senjata api di Selandia Baru, termasuk diantaranya dua senapan semi-otomatis dan senapan serbu yang sering digunakan pasukan militer.

Undang-undang persenjataan di Selandia Baru mengizinkan seseorang di atas usia 16 tahun untuk memiliki sejumlah senjata jenis senapan umum. Biasanya, senapan digunakan untuk olahraga dan berburu. Mereka yang menggunakannya harus memegang lisensi senjata api tingkat pemula.

Meski demikian, jenis senjata api jenis umum tersebut berada di bawah lisensi kelas A yang tidak memerlukan pendaftaran. Senjata ini dapat dibeli atau dijual secara daring serta melalui iklan di surat kabar.

Sementara, pistol dan senjata berkekuatan tinggi, termasuk senapan serbu membutuhkan syarat tambahan. Mereka yang ingin memilikinya harus mendapatkan izin dari kepolisian dan mendaftar secara individu.

Akademisi dan pakar senjata Universitas Sydney, Philip Alpers mengatakan jika Tarrant tinggal di negara asalnya, ia tidak akan dapat secara legal mendapatkan senjata api berkekuatan tinggi karena larangan senjata seperti itu di sana. Nampaknya, pelaku sudah mempelajari dan mencari celah dalam undang-undang senjata di Selandia Baru.

“Kejahatannya dimungkinkan oleh celah dalam undang-undang senjata Selandia Baru,” ujar Alpers.

Australia memperketat undang-undang senjata setelah Pembantaian Port Arthur 1996. Saat itu, 35 orang ditembak mati oleh seorang pria bersenjata di negara bagian Tasmania.

Keputusan mengubah undang-undang senjata di Selandia Baru telah menimbulkan reaksi banyak orang. Diantaranya kelompok lobi senjata yang melihat tindakan ini adalah suatu hal spontan atas situasi yang baru saja berlangsung. Mereka mengatakan dibutuhkan penyelidikan lebih lanjut.

“Kami setuju undang-undang senjata saat ini harus dipelajari, namun kami perlu melihat proses administrasinya,” ujar Nicole McKee.

McKee mengatakan penyelidikan bagaimana Tarrant datang ke Selandia Baru dan bagaimana ia menerima lisensi sejak awal harus dilakukan sebelum undang-undang senjata diubah. Ia menekankan selama ini pengguna senjata secara resmi di Negeri Kiwi tersebut bukanlah teroris, seperti yang dikhawatirkan.

McKee menegaskan Selandia Baru mengeluarkan izin bagi orang-orang untuk memiliki senapan serbu dan senjata api lainnya untuk keperluan khusus yang tak merugikan manusia. Diantaranya adalah mengendalikan hama seperti kelinci dan possum di pertanian. Selain itu, untuk berkompetisi dalam acara olahraga. (*)

Berita9.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan ketidak adilan di masyarakat masih menjadi masalah besar bangsa Indonesia. Kesenjangan antar daerah, ekonomi masyarakat menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh calon pemimpin di masa depan.

Sebagai bangsa yang besar, dia menyebut, Indonesia kerap diterpa masalah. Selama 74 tahun merdeka, dia mencatat kurang lebih ada 15 konflik besar yang terjadi Indonesia.

Hampir semua konflik itu, lanjut dia, terjadi akibat ketidakadilan yang dirasakan oleh masyarakat. Contohnya saja ketidakadilan ekonomi antar masyarakat, antar pulau dan antar daerah.

"Ketidak adilan itu, bagian dari pekerjaan rumah kita bagaimana menyelesaikan di masa mendatang," ucapnya, dalam acara Silaturahmi Kebangsaan, di Hotel Horison, Kota Bandung, Ahad (17/3/2019).

Menurutnya masalah keadilan ini menjadi tantangan calon pemimpin Indonesia di masa mendatang. Bagaimana pemimpin bisa mengikis ketimpangan dan membawa kemajuan bagi Indonesia.

"Butuh kepemimpinan yang baik untuk menjaga keadilan dan kemajuan itu. Kemajuan bisa terjadi, tapi tanpa keadilan tentu jadi masalah. Itulah hal dasar yang dihadapi pemimpin siapapun bangsa ini pada masa datang," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengingatkan semua pihak untuk ikut menjaga persatuan jelang Pemilu 2019. Karena menurutnya, dari Pemilu itu paling penting adalah kemajuan bangsa.

"Kita boleh berbeda, kita boleh beda pilihan dan sikap. Tapi yang penting bagaimana memajukan bangsa ini dilakukan bersama," ujarnya. (*)

Jakarta - Aplikasi transportasi online Gojek akhirnya merilis dua fitur keamanan baru. Fitur yang dimaksud adalah Tombol Darurat dan Berbagi Perjalanan, di mana keduanya tertanam di dalam aplikasi Gojek versi 3.24 yang pembaharuannya diklaim sudah tersedia.

Global Head of Transport Gojek, Radityo Wibowo mengatakan, dalam melakukan inovasi selalu menanamkan budaya customer-centric. Artinya, Gojek memprioritaskan inisiatif yang tepat sebagai jawaban atas kebutuhan mitra pengemudi atau driver maupun konsumen.

"Untuk mengakses fitur keamanan, konsumen bisa memilih menu dengan simbol perisai yang ada di aplikasi. Ada dua fitur di sana, lalu Share Trip atau Bagikan Perjalanan dan Emergency Hotline atau Tombol Darurat," kata Radityo di Kantor Gojek Indonesia, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019.

Fitur Bagikan Perjalanan bisa digunakan oleh konsumen Go-Ride maupun Go-Car, yang berfungsi memberikan informasi perjalanan ke kerabat maupun keluarga. Cara kerjanya adalah dengan membagikan tautan yang bisa dikirim lewat pesan singkat atau SMS, WhatsApp, dan Line.

Informasi yang dibagikan adalah tentang lokasi penjemputan dan pengantaran, informasi driver, status perjalanan berserta estimasi waktu, dan rute yang ditempuh mitra pengemudi.

Tombol Darurat akhirnya resmi hadir di Gojek. Tombol ini akan terhubung ke Unit Darurat Gojek yang karyawannya mencapai ratusan. Mereka akan terus melayani mitra pengemudi dan konsumen 24 jam selama 7 hari.

Jika sedang berada dalam situasi darurat, konsumen bisa mencari tombol ini pada simbol perisai. Setelah terhubung ke Unit Darurat, pengguna akan terlebih dahulu dimintai identitas seperti nama, nomor telepon, nomor pemesanan layanan dan nama driver.

"Setelah diminta data, kami akan kirimkan pihak keamanan langsung ke lokasi kejadian. Unit Darurat Gojek terdiri dari tim internal kami, sedangkan pihak keamanannya terdiri dari ratusan kepolisian dan ambulans," jelas Radityo.

Untuk informasi lebih lengkap pengguna bisa mengunjungi situs www.uninstallkhawatir.com. Dengan adanya fitur ini, Radityo berharap masyarakat Indonesia bisa mengurangi rasa khawatir. (*)

Page 1 of 93
Go to top