Bisnis

Bisnis (427)

Berita9.com - Travis Kalanick akhirnya memutuskan untuk angkat kaki sebagai CEO Uber. Kalanick ditengarai mundur karena mendapat tekanan dari para investor Uber.

Kalanick disebut sebelumnya memperoleh desakan dari lima investor besar Uber. Salah satunya adalah dari perusahaan ventura Benchmark yang mendesaknya segera mundur melalui sebuah surat seperti yang dilaporkan oleh New York Times.

Surat itu bertajuk "Moving Uber Forward" berisi tuntutan investor agar terjadi perombakan di kepemimpinan Uber.

Kalanick mendiskusikan tuntutan itu setidaknya dengan seorang anggota direksi dan sejumlah investor. Setelah beberapa jam berlalu, Kalanick pun dikabarkan setuju dengan keinginan para investor untuk mengundurkan diri sebagai CEO.

"Aku mencintai Uber lebih dari segalanya di dunia dan dalam momen sulit di kehidupan pribadi, aku menerima perintaan para investor untuk mundur sehingga Uber bisa kembali membangun ketimbang membiarkannya terdistraksi dengan pertikaian lain," ucap Kalanick.

Kendati melepaskan jabatannya sebagai CEO, Kalanick dipastikan tetap berada di jajaran direksi Uber. Ia juga diminta oleh para pemegang saham terbesar Uber untuk mendukung upaya direksi untuk mencari CEO pengganti.

Kalanick sendiri merupakan salah satu pendiri Uber pada 2009 silam. Bersama Kalanick sebagai CEO, Uber berhasil membesar hingga memiliki valuasi US$11 miliar.

Serangkaian kasus dalam beberapa bulan terakhir menempatkan Uber sebagai pusat perhatian bukan sebagai salah satu perusahaan rintisan tersukses, tapi sebagai perusahaan dengan sejumlah kebijakan kontroversial. Salah satunya adalah kasus mengenai pelecehan seksual yang diungkap oleh mantan karyawan Uber, Susan Fowler.

Membangun Uber dari Nol

Awalnya Travis Kalanick dan Garret Camp membangun Uber dengan konsep menghubungkan calon penumpang dengan mobil pribadi yang disewakan.

Uber, pun menjadi inspirasi bagi layanan ride sharing dan berhasil mengguncang industri taksi, karena mampu menawarkan tarif yang lebih murah dari taksi konvensional pada umumnya. Di tahun 2015 saja, Uber sudah beroperasi di 300 kota dan 58 negara.

Ide kelahiran Uber bermula pada tahun 2008, di malam bersalju kota Paris, Kalanick dan Camp yang sedang menghadiri sebuah konferensi kesulitan mendapat taksi. Tercetus ide di kepala mereka untuk menyelesaikan masalah semacam itu dengan aplikasi baru yang revolusioner.

Intinya sederhana saja, akses aplikasi itu dan dapatkan mobil sewaan.

Tahun 2010 dengan dana terbatas dan ketakutan gagal, Camp berhasil meyakinkan Kalanick untuk memperkenalkan UberCab di San Francisco, Amerika Serikat.

Baru berjalan beberapa bulan saja, Uber sudah diadang masalah. San Francisco Municipal Transportation Agency mempermasalahkan penggunaan kata cab atau taksi di UberCab. Soalnya, mereka tidak beroperasi dengan lisensi taksi.

Walau berganti nama menjadi Uber saja, toh tak membuat gelombang penolakan berhenti. Malah makin menguat. Namun itu tak menyurutkan langkah Kalanick untuk terus berekspansi di sejumlah negara.

Namun kini cerita itu akan menjadi nostalgia. Jatuh bangun Kalanick membesarkan Uber selama tujuh tahun terakhir tak membuat namanya harum di mata investor. Malah dia baru saja mengundurkan diri, karena desakan para penyandang dana tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang diberikan Kalanick kepada The New York Times , dia menulis "Saya mencintai Uber lebih dari apapun di dunia ini dan pada saat yang sulit ini dalam kehidupan pribadi saya, tapi saya telah menerima permintaan para investor untuk mundur agar Uber tidak tergangggu dengan pertikaian lain.”

Tapi Kalanick belum memberi tahu karyawan Uber tentang kepergiannya, yang sepertinya merupakan titik akhir yang sangat mengerikan bagi masa hidupnya yang berbatu.

Uber mengkonfirmasi pengunduran dirinya, dan dewan perusahaan mengeluarkan sebuah pernyataan. Para dewan direksi itu mencakup Benchmark's Bill Gurley, yang telah mulai lelah menghadapi berbagai masalah di perusahaan itu, dan tentang Kalanick.

Kalanick memang sempat mendapatkan dukungan di dewan tersebut termasuk Arie Huffington dan Garrett Camp. Namun itu saja belum cukup.

 

(**/Eva/Tyo)

Berita9.com - Perusahaan maskapai penerbangan yang berada di bawah Garuda Indonesia, Citilink akan menindak tegas para personelnya apabila mereka positif menggunakan narkotika.

Dalam acara Penandatanganan MoU Citilink dan Badan Narkotika Nasional di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Rabu (21/6/2017). Direktur Utama Citilink, Juliandra Nurtjahjo mengatakan Citilink Indonesia tidak akan menolelir dan akan menjatuhkan sanksi tegas apabila ada karyawannya yang terbukti melakukan penyalahgunaan narkoba.

"Kita juga bekerja sama dengan lembaga pemerintah untuk melakukan random check, tidak hanya di station besar, tetapi juga di station kecil yang di mana pesawat kita landing di sana terhadap semua awak pesawat dan tetunya juga pilot. Dan kalau itu terbukti dan teridentifikasi, maka tidak ada torelir dari kita untuk segera pemutusan hubungan kerja dengan pegawai tersebut," tegas Dirut Citilink, Juliandra.

Juliandra mengungkapkan bahwa Citilink memastikan bahwa para kru pesawat termasuk pilot akan melakukan check apabila ingin melakukan penerbangan. “Jadi kita udah punya prosedur, terutama petugas kita untuk memeriksa para awak pesawat. Apa semua pilot kita dalam kondisi fit atau sehat untuk terbang, dan kita pastikan," ujarnya.

Bentuk kerja sama dengan BNN meliputi, sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba terhadap seluruh pegawai Citilink Indonesia termasuk pilot dan awak kabin. Di antaranya dengan melakukan tes urin secara acak bagi karyawan, pilot, dan awak kabin.

"Kerja sama Citilink ini dalam rangka mendukung pemerintah dalam memberantas narkoba, di mana yang Citilink bisa lakukan, kita ini Citilink bersih dulu. Jadi seluruh karyawan Citilink bersih dulu.100%” ucapnya. Selain itu, Citilink juga akan melakukan sosialisasi terhadap bahaya penyalahgunaan dan peredaran bahaya narkoba secara luas melalui majalah yang terdapat dalam pesawat (Inflight Magazine).

(**/WE)

Berita9.com - Pihak kepolisian sudah menerima laporan dari sopir taksi online F yang dihukum buka baju dan cium patung di Bandara Yogya. Namun polisi akan terus mengupayakan jalur mediasi untuk penyelesaian kasus tersebut untuk meminimalkan gesekan pihak-pihak terkait.

"Saya kira mediasi akan kami lakukan terus-menerus. agar keberadaan taksi online tidak menimbulkan gesekan. Mudah-mudahan cepat kami selesaikan," ujar Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Brigjend Pol Ahmad Dofiri, kepada wartawan di Stasiun Tugu, Yogyakarta, (21/6/2017).

Menurut Dofiri, sebenarnya upaya mediasi antara kubu sopir taksi online dengan taksi konvensional sudah lama dilakukan oleh kepolisian. Apalagi DIY sudah ada peraturan gubernur yang mengatur taksi online.

Keberadaan taksi online, lanjut Dofiri, sudah diatur sedemikian rupa dalam Pergub. Dengan demikian, sebenarnya yang perlu dilakukan adalah sinkronisasi aturan. Semua pihak yang berkepentingan diminta mentaati aturan yang telah ditetapkan.

"Hanya ada beberapa hal yang perlu sinkronisasi. Semua harus menahan diri, karena semua ada aturan-aturan yang ditetapkan," tutupnya.

Sebelumnya, Ahmad Dofiri memastikan akan menindaklanjuti laporan yang dilayangkan oleh sopir F. Namun demikian di menegaskan bukan berarti setiap laporan ada tindak pidananya.

"Pasti kami tindaklanjuti. Tapi bukan berarti setiap laporan ada tindak pidananya. Makanya nanti kami lihat apakah ada tindak pidananya. Nanti kami lihat hasil pemeriksaannya seperti apa," jelas Dofiri.

(**/MBR)

Berita9.com - Kementerian Koperasi dan UKM mendapat dukungan dari pemerintah daerah untuk membangun gedung Center for Integrated Services of Smesco atau Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Mandiri. 

Tercatat sejak digulirkan tahun 2017 pemda telah mengajukan sebanyak 88 usulan untuk membangun PLUT-KUMKM Mandiri di daerahnya. Dua sudah dinyatakan memenuhi syarat, yakni Kabupaten Anambas Kepulauan Riau dan Kabupaten Lima Puluh Kota di Sumatera Barat. 

"Namun yang dapat dipenuhi hanya 2 (unit) gedung PLUT-KUMKM," ujar Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM, Yuana Sutyowati melalui siaran pers, Senin (19/6/2017).

Pada Tahun Anggaran 2018, Kemenkop dan UKM akan mengalokasikan anggaran dekonsentrasi untuk 5 lokasi PLUT KUMKM Mandiri khusus daerah-daerah strategis guna ditingkatkan kualitas pendampingan KUMKM yang diwadahi PLUT KUMKM. 

Mekanisme pengusulan berdasarkan Peraturan Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Nomor 02/PER/Dep.4/I/2017 antara lain gubernur/bupati/walikota mengajukan surat permohonan kepada Menteri cq. Deputi Restrukturisasi Usaha. "Dan status gedung adalah milik pemerintah daerah dan tidak dalam sengketa," jelas Yuana.

(**/WE)

Berita9.com - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla meminta agar PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) dapat bekerja lebih baik untuk menerangi seluruh wilayah Indonesia. Menurut dia, harapan tersebut menjadi harapan seluruh masyarakat Indonesia.

"Kita harapkan PLN bekerja dengan baik, menghasilkan sesuatu yang baik. Memberikan penerangan dan cahaya negeri ini. Itu harapan kita semua," kata dia dalam acara buka bersama yang digelar oleh PLN di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Senin 19 Juni 2017.

Sayangnya usai memberika pidatonya JK bergegas meninggalkan acara dengan didampingi oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Tak hanya itu, dia  juga tak sempat meladeni para awak media yang sudah menunggunya.

Sekadar diketahui, acara buka bersama dengan anak yatim dan dhuafa sebanyak 24.000 orang ini diinisiasi oleh PLN. Bukan hanya di Jakarta, tetapi acara ini juga dilakukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Untuk Jakarta, PLN mengumpulkan 3.200 anak yatim dan dhuafa dari 64 yayasan yang tersebar di Jabodetabek. Dalam acara ini PLN juga memberikan santunan dengan total Rp2,65 miliar, sedangkan total santunan yang diberikan di seluruh Indonesia sebesar Rp10 miliar.

Selain itu, PLN pusat juga menggelar video conference dengan PLN Distribusi Jawa Timur di Surabaya, PLN Wilayah Kalimantan Barat dan PLN UIP Kalimantan Bagian Barat di Kayong Utara.


(**/SAW)

Berita9.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) bereaksi atas beredarnyan mie instan asal Kores yang mengandung fragmen DNA spesifik babi. MUI minta Badan Pengawas Obat dan Makanan dan Kepolisian mengusut hal tersebut.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid Saadi mengapresiasi Badan Pengawas Obat dan Makanan yang berhasil mendeteksi empat produk mie instan asal Korea positif mengandung fragmen DNA spesifik babi.

"Langkah-langkah tersebut adalah bentuk perlindungan terhadap konsumen Muslim yang memang dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung unsur babi," kata Zainut di Jakarta, Senin (19/6/2017).

Dia mengatakan MUI memastikan produk mie instan dari Korea tersebut belum memiliki sertifikasi halal dari LPPOM-MUI. Keempat produk mengandung babi itu di antaranya merk Samyang dengan nama varian produk U-Dong, Nongshim dengan nama produk Shin Ramyun Black, Samyang dengan nama produk Mie Instan Rasa Kimchi dan Ottogi dengan nama produk Yeul Ramen.

MUI, kata dia, meminta kepada aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas terhadap masalah itu. Jika ditemukan ada unsur pelanggaran hukum maka harus dilakukan tindakan hukum kepada semua pihak yang bertanggung jawab.

Zainut meminta masyarakat khususnya umat Islam untuk berhati-hati dalam membeli produk makanan olahan. Harus cermat membaca ingridient atau daftar ramuan makanan yang tertulis di bungkus kemasan pada setiap produk makanan agar tidak tertipu oleh produk makanan yang mengandung unsur-unsur yang dilarang oleh agama.

Dia mengatakan MUI mendukung langkah-langkah BPOM yang meminta kepada importir untuk segera menarik kembali produknya dari pasaran. BPOM juga terus melakukan inspeksi untuk memastikan produk mie itu tidak ada lagi di pasaran.

"MUI juga mendukung langkah untuk segera mencabut izin edar empat produk mie instan asal Korea tersebut," kata dia.

(**/Ant)

Berita9.com - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan memanggil dua produsen gula dalam waktu dekat. Pemanggilan tersebut terkait penetapan harga gula dari dua merek yang melampaui harga yang semestinya.

"Nanti dalam waktu dekat segera akan melakukan pemanggilan, kenapa harga gula di pasar jauh di atas harga yang disepakati beberapa waktu lalu. Masalahnya apa, itu yg akan kami tanyakan ke mereka," ujar Ketua KPPU Syarkawi Rauf saat memaparkan temuannya di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (18/6).

Syarkawi masih enggan menyebut dua nama produsen yang dimaksud. Namun, KPPU menduga kedua produsen gula tersebut memasang harga sedikit lebih tinggi. Hal itu diketahui dari penelusuran yang mereka lakukan ke pedagang eceran.

Pemerintah diketahui mematok harga Rp12.500 per kilogram untuk gula pasir di harga eceran tertinggi. Sementara KPPU menemukan ada dua merek yang mematok harga Rp7.000 untuk satu kemasan berisi 500 gram.

Syarkawi mengaku telah mengantongi data produsen pelaku kecurangan harga gula ini. Ia memperkirakan dalam waktu dekat sudah bisa melayangkan surat pemanggilan kepada pihak terduga yang mencoba memasang harga lebih tinggi dari harga eceran tertinggi yang sudah disepakati.

"Mudah-mudahan minggu besok ini, kan masih ada jam kerja," imbuh Syarkawi. 

KPPU pun turut mengancam akan melakukan pemanggilan serupa kepada produsen lain yang melakukan hal serupa, baik yang menjualnya dalam kemasan setengah kilogram maupun satu kilogram.

Terlepas dari dugaan kecurangan oleh dua produsen gula tadi, KPPU menilai secara umum harga gula cenderung stabil. Mereka mengklaim harga gula tak lebih dari Rp12.500.

"Kami apresiasi produsen dan retailer di pasar modern dan tradisional yang konsisten menjual dengan harga Rp12.500 sesuai dengan harga eceran tertinggi dari pemerintah," ujar Syarkawi.

(**/WIS)

Berita9.com - Asosiasi Kader Sosio-Ekonomi Strategis (AKSES) mencatat setiap orang Indonesia termasuk bayi yang baru lahir, menanggung beban utang sebesar Rp 16 juta.

"Perhitungan ini didapat dari jumlah utang kita yang sudah mencapai Rp4.274 triliun dibagi dengan jumlah penduduk Indonesia sekarang sebanyak 257 juta orang," kata Ketua Umum AKSES Suroto di Jakarta, Ahad (18/6).

Kondisi itu, kata dia, bisa membahayakan ekonomi Indonesia secara umum karena struktur ekonominya hingga kini masih didominasi pelaku usaha besar. Ia mencontohkan hanya 0,02 persen penduduk Indonesia yang menguasai Rp3.100 triliun atau setara 25 persen total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

"Kenapa ini sangat berbahaya? Sebab perilaku orang kaya di Indonesia itu suka menumpuk hartanya di luar negeri namun meninggalkan utang di dalam negeri ketika terjadi krisis ekonomi," katanya.

Terlebih ia menilai banyak infrastruktur yang dibangun saat ini cenderung difungsikan untuk mendorong faktor "endorsement" bagi kelancaran investasi asing di Indonesia.

"Padahal kita tahu mereka itu hanya ingin mengeksploitasi sumber daya alam kita dan hanya satu tanggung jawabnya, keuntungan," katanya.

Bahkan, Suroto menambahkan, investor yang ada cenderung memilih masuk ke sektor komoditas ekstraktif dan menguasai sektor tertier terutama perbankan.

"Sementara sektor pangan dan energi kita tetap akan mereka kendalikan. Kita disandera agar tetap sebagai pasar," katanya.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) sudah mengirimkan sinyalemen untuk segera merevisi kebijakan moneter mereka membuat celah investor masuk ke Indonesia jadi semakin kecil, kata Suroto. (**/NN)

Berita9.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan, pemeritah tidak akan menambah jam pelajaran atau intrakulikuler dalam kebijakan lima hari sekolah (LHS).

"Niat Kemendikbud bukan tambah intrakulikuler, tapi tambah anak untuk bermain, bukan di dalam jam pelajaran," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Ari Santoso dalam diskusi Ribut-ribut Fullday School di Jakarta, Sabtu (17/6).

Ia memahami keterkejutan masyarakat terhadap kebijakan LHS. Menurutya, hal itu tidak lepas dari kepedulian masyarakat terhadap pendidikan di Indonesia. Namun, ia menganggap, masyarakat belum memahami pasal per pasal yang memayungi LHS, yakni Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Saat ini, ia melanjutkan Kemendikbud bersama Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyusun petunjuk teknis (juknis) untuk menjalankan Permendikbud tersebut.

Ari mengatakan, isu fullday school sudah ada sejak tahun lalu. Ia sependapat dengan anggapan, fullday school akan menyandera anak di sekolah. Namun, ia mengatakan, dalam Permendikbud 23/2017 tidak ada satupun kata fullday school, tetapi yang ada penguatan pendidikan karakter (PPK).

"Kita tahu sejak dulu bangsa Indonesia kuat dengan itu, sesuai Nawacita," jelasnya.

Ari menegaskan, kebijakan LHS tidak bertujuan untuk menambah jam pelajaran di dalam kelas. Sebab, Indonesia sudah dikenal dengan pelajaran yang banyak. Pemerhati pendidikan pun setuju dengan itu.

Selain itu, Ari mengingatkan, dalam mendidik anak ada tiga hubungan, yakni antarasekolah, keluarga dan masyarakat. Artinya, pendidikan tidak bisa diserahkan sepenuhnya pada sekolah. Selain itu, dalam pendidikan ada tiga komponen, yakni, intrakulikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Ari menjelaskan, intrakulikuler adalah pelajaran di dalam kelas, ko-kurikuler yakni penelitian ilmiah, menulis, dan lain-lain. Sedangkan ekstrakulikuler, yakni musik, pramuka, seni dan lain-lain. Selama ini kegiatan ko-kurikuler dan ekstrakurikuler tidak dimasukan atau diakui dalam pelajaran.

"Kita bukan menambah jam, namanya tambah jam artinya memaksakan seluruh proses di sekolah. Padahal (belajar) boleh diselenggarakan di tempat lain, salah satunya kerja sama dengan madrasah diniyah," ujarnya.

(**/RO)

Berita9.com - Anggota Komisi X DPR RI Nuroji meminta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi sehingga berbagai cipta karya yang dihasilkan bisa diindustrikan. 
 
“Karena disana banyak sekali hasil-hasil penelitian yang belum di industrikan atau dibuat produknya,” ucap Nuroji dalam keterangan tertulis, Jumat 16 Juni 2017.
 
Politikus Gerindra itu menilai, bila produk hasil penelitian perguruan tinggi tersebut dapat dilepas atau dijual ke industri, sangat bagus sekali untuk menumbuhkan sektor ekonomi kreatif seperti kuliner itu.
Namun, harus tetap dikategorikan apakah masuk ke dalam sektor industri rumahan atau industri kreatif dan industri kecil.

Dia mencontohkan usaha industri dibidang logam yang terdapat di daerah tegal. Di daerah tersebut, kata Nuroji, berbagai macam barang berbahan dasar logam dibuat, seperti cangkul sampai dengan onderdil mobil.
 
“Nah ini termasuk dalam industri apa, ini harus diperjelas supaya tidak tumpang tindih program antara Kementerian Perindustrian dengan Bekraf. Bila termasuk dalam Bekraf, maka perlu dikembangkan juga segi pemasarannya terutama kepada industri besar. Sementara dengan Kementerian Dalam Negeri juga perlu dibangun kerjasama dalam hal menetapkan kebijakan daerah soal siapa counterpart atau dengan dinas mana yang menjadi counterpart bagi ekonomi kreatif didaerah itu,” paparnya.
 
Nuroji mengatakan, kalau nanti pada konsepnya industri kecil menjadi bagian dari industri kreatif, maka komponen-komponen kecil pendukung sebuah produknya bisa dibuat oleh industri rumahan seperti yang telah diterapkan di negara China.
 
Selain itu, Nuroji menambahkan ada pula jenis kegiatan perdagangan yang aktif dan besar nilainya, yaitu perdagangan dibidang barang antik dan vintage yang sudah menjadi produk unggulan ekonomi kreatif di luar negeri.

“Sedangkan di negara kita hal ini masih belum dilakukan. Ini perlu dimasukan dalam kategori ekonomi kreatif, karena bisa jadi hal yang menarik dan banyak peminatnya. Pemerintah bisa menyiapkan pasar-pasar yang menjual produk-produk itu dan bisa dikelompokan dalam satu rumpun dengan pasar seni,” pungkasnya.

(**/ROS)

Page 1 of 31
Go to top