Bisnis

Bisnis (1118)

Jakarta - Nilai tukar rupiah yang terus melemah beberapa waktu terakhir membuat pemerintah membuat segala macam kebijakan untuk menyelamatkan mata uang garuda yang hampir tembus Rp15.000 per US$.

Salah satu cara yang dipakai pemerintah adalah dengan cara menderegulasi izin sejumlah sektor lewat Paket Kebijakan Ekonomi XVI. Langkah ini dinilai penting untuk mengatasi tekanan global terhadap ekonomi domestik, terutama nilai tukar.

Namun dalam paket ekonomi tersebut sejumlah pihak mengatakan pemerintah dalam tanda kutip mengorbankan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan memperbolehkan 100% saham di sektor UMKM bisa dikuasai asing.

"Ya buat signaling ke pasar keuangan aja. rupiah menguat, IHSG naik. Karena stabilitas rupiah dianggap lebih penting ketimbang UMKM," kata ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara, Senin (19/11/2018).

Sebelumnya Staf Khusus Menko Perekonomian, Edy Putra Irawady mengatakan sebanyak 54 bidang usaha dicopot dari Daftar Investasi Negatif (DNI). Di mana, ke-54 sektor usaha itu notabene UMKM), dibuka untuk masuknya investor asing. Tak tanggung-tanggung, asing diperbolehkan menguasai saham UMKM itu hingga 100%, demi meningkatkan nilai investasi di Indonesia.

Namun Bhima membantah bahwa pencopotan DNI ini tidak begitu efektif untuk bisa menambah investasi yang masuk. Menurutnya sebelum Paket Ekonomi Jilid XVI dirilis, sektor usaha yang mendapat relaksasi 100% itu, tidak banyak dilirik investor asing. Padahal, pemerintah telah melakukan relaksasi DNI lewat Peraturan Presiden (Perpres) No 44 Tahun 2016 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Daftar Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal.

"Itu juga belum terbukti karena investasi langsung asing (FDI) di kuartal III 2018 menurun 20,2% (yoy). Artinya investor yang menyambut gembira cuma di pasar saham, sementara investor jangka panjang nya menanggapi dingin," katanya.

Sekedar catatan saja, DNI merupakan daftar yang disusun pemerintah untuk melindungi pengusaha domestik, supaya tidak berhadapan langsung dengan pengusaha asing. Jadi, apabila sebuah bidang usaha masuk dalam DNI, berarti pemerintah membatasi kepemilikan asing dalam bidang usaha tersebut. (*)

Berita9.com - Politikus PKS Nasir Djamil ikut mengkritisi salah satu paket kebijakan ekonomi ke-16 yang dikeluarkan oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dimana intinya pemerintah melepas sebanyak 54 bidang usaha ke pihak asing. Artinya, modal asing bisa masuk lewat kepemilikan modalnya sebanyak 100 persen

"Saya menilai kebijakan ekonomi tersebut tidak mencerminkan nawacita Jokowi soal ekonomi yang memihak kepada rakyat," katanya, Ahad (18/11/2018).

Ia menilai seharusnya pemerintah berlaku sebaliknya. Negara seharusnya hadir untuk memberdayakan pelaku usaha lokal dan tidak memberikan pihak asing menguasai.

"Seharusnya negara memberdayakan pelaku usaha itu, bukan memberikan kesempatan kepada asing untuk menguasainya," harapnya.

Sebagaimana diberitakan, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan paket kebijakan ekonomi ke-16. Dalam salah satu paket kebijakan ini, pemerintah memberikan relaksasi berupa pelepasan daftar negatif investasi (DNI).

Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Edy Putra Irawady mengatakan dalam daftar relaksasi tersebut pemerintah melepas sebanyak 54 bidang usaha ke asing. Artinya, modal asing bisa masuk lewat kepemilikan modalnya sebanyak 100 persen.

DNI merupakan daftar yang disusun oleh pemerintah untuk melindungi pengusaha domestik supaya tak bersaing dengan pengusaha asing. Bila sebuah bidang masuk dalam DNI, artinya pemerintah bisa membatasi kepemilikan modal asing dalam bidang tersebut.

Sebelum kebijakan paket ekonomi ke-16 dirilis, Edy mengatakan sektor usaha yang mendapat relaksasi 100 persen tak banyak dilirik investor asing. Padahal pemerintah telah melakukan relaksasi DNI lewat Peraturan Presiden (Perpres) No 44 Tahun 2016 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Daftar Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal.

Dengan adanya relakasi ini, total bidang usaha yang telah direlaksasi mencapai 303. Sedangkan dengan adanya kebijakan paket baru ini total telah ada sebanyak 87 bidang usaha yang telah dilepas ke asing.

Adapun berikut daftar 54 bidang usaha yang modal atau sahamnya bisa 100 persen dimiliki asing.

1. Industri pengupasan dan pembersihan umbi umbian
2. Industri percetakan kain
3. Industri kain rajut khususnya renda
4. Perdagangan eceran melalui pemesanan pos dan internet
5. Warung Internet
6. Industri kayu gergajian dengan kapasitas produksi di atas 2.000 m3/tahun
7. Industri kayu veneer
8. Industri kayu lapis
9 Industri kayu laminated veneer lumber (LVL)
10. Industri kayu industri serpih kayu (wood chip)
11. Industri pelet kayu (wood pellet)
12. Pengusahaan pariwisata alam berupa pengusahaan sarana, kegiatan, dan jasa ekowisata di dalam kawasan hutan
13. Budidaya koral/karang hias
14. Jasa konstruksi migas: Platform
15. Jasa survei panas bumi
16. Jasa pemboran migas di laut
17. Jasa pemboran panas bumi
18. Jasa pengoperasian dan pemeliharaan panas bumi
19. Pembangkit listrik di atas 10 MW
20. Pemeriksaan dan pengujian instalasi tenaga listrik atau pemanfaatan tenaga listrik tegangan tinggi/ekstra tinggi
21. Industri rokok kretek
22. Industri rokok putih
23. Industri rokok lainnya
24. Industri bubur kertas pulp
25. Industri siklamat dan sakarin
26. Industri crumb rubber
27. Jasa survei terhadap objek-objek pembiayaan atau pengawasan persediaan barang dan pergudangan
28. Jasa survei dengan atau tanpa merusak objek
29. Jasa survei kuantitas
30. Jasa survei kualitas
31. Jasa survei pengawasan atas suatu proses kegiatan sesuai standar yang berlaku atau yang disepakati
32. Jasa survei/jajak pendapat masyarakat dan penelitian pasar
33. Persewaan mesin konstruksi dan teknik sipil dan peralatannya
34. Persewaan mesin lainnya dan peralatannya yang tidak diklasifikasikan di tempat lain (pembangkit tenaga listrik, tekstil, pengolahan/pengerjaan logam/kayu, percetakan dan las listrik
35. Galeri seni
36. Gedung pertunjukan seni
37. Angkutan orang dengan moda darat tidak dalam trayek: angkutan pariwisata dan angkutan tujuan tertentu
38. Angkutan moda laut luar negeri untuk penumpang
39. Jasa sistem komunikasi data
40. Penyelenggaraan jaringan telekomunikasi tetap
41. Penyelenggaraan jaringan telekomunikasi bergerak
42. Penyelenggaraan jaringan telekomunikasi layanan content (ringtone, sms premium, dsb)
43. Pusat layanan informasi dan jasa nilai tambah telpon lainnya
44. Jasa akses internet
45. Jasa internet telepon untuk keperluan publik
46. Jasa interkoneki internet (NAP) dan jasa multimedia lainnya
47. Pelatihan kerja
48. Industri farmasi obat jadi
49. Fasilitas pelayanan akupuntur
50. Pelayanan pest control atau fumigasi
51. Industri alat kesehatan: kelas B
52. Industri alat kesehatan: kelas C
53. Industri alat kesehatan: kelas D
54. Bank dan laboratorium jaringan dan sel. (*)

Berita9.com - PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) siap kembali mengudara pada 2019. Ini karena Merpati Airlines telah mendapatkan komitmen suntikan modal dari Intra Asia Corpora sebesar Rp 6,4 triliun.

Mantan Komisaris Utama Merpati Said Didu mengatakan dia 'angkat topi' terhadap langkah bisnis yang diambil investor untuk menyuntikkan dana ke Merpati. Menurut dia, hal tersebut merupakan langkah yang berani.

"Bagi saya, ada orang yang mau mengoperasikan Merpati kembali adalah suatu yang mengagetkan dan mengejutkan saya, tapi saya angkat topi terhadap orang tersebut. Bahwa mau mengambil risiko cukup tinggi," kata dia, di sela-sela diskusi bertajuk 'Semoga Merpati Tak Ingkar Janji', di Atjeh Connection Sarinah, Jakarta, Sabtu (17/11).

Meskipun demikian, dia yakin bahwa Investor sudah memiliki perhitungan bisnis sendiri sebelumnya memutuskan untuk menyuntikkan dananya. 

"Kalau saya ditanya, bisnis ini adalah bisnis yang risikonya sangat besar, tapi marginnya sangat kecil, butuh nyali yang kuat untuk melakukan itu. Tapi kalau sekali lolos dari itu maka itu akan melejit. Jadi saya pikir orang yang mau ke sini sudah menghitung. Jadi saya tidak bisa berpendapat, karena itu risiko bisnis sudah dihitung semua. sehingga dia bisa masuk," lanjut dia.

Said pun optimis, ke depan Merpati memiliki prospek bagus untuk kembali tampil prima. Salah satu faktor pendukung adalah Merpati dikenal memiliki budaya keselamatan yang tinggi. Selain itu, tentu kemampuan melakukan penetrasi ke daerah terpencil.

"Satu-satunya penerbangan yang sampai saat ini bisa masuk ke remote area. Walaupun banyak sekarang tapi maksimum hanya sampai ke ATR, tapi sampai menerbangkan Twin Otter, Cassa itu enggak ada. Mudah-mudahan itu gayung bersambut, bahwa PT DI mau memproduksi N219 itu keahlian merpati, me-manage remote-remote area," tandasnya. (*)

Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk segera mencopot dan menghentikan pemasangan iklan rokok di stasiun. Sebab, dengan maraknya iklan rokok di stasiun, PT KAI telah memberikan pesan dan promosi negatif pada konsumennya.

Menurut hasil monitoring YLKI dan jaringannya, iklan rokok banyak ditemukan di stasiun Yogyakarta (Tugu dan Lempuyangan), Stasiun Semut dan Gubeng di Surabaya, Stasiun Solo Balapan di Solo, Stasiun Purwokerto, dan Stasiun Tawang Semarang.

"PT KAI telah melanggar UU Kesehatan, PP No. 109/2012, berbagai Perda/Pergub/Perwali tentang KTR. Bahwa area KTR (stasiun) dilarang sebagai tempat promosi, iklan, sponsorship produk rokok," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, dalam konferensi pers, di Jakarta, Jumat (16/11).

Selain itu, maraknya iklan rokok di stasiun ini menjadikan stasiun sebagai area yang tidak ramah untuk anak-anak, bahkan remaja. Jelas bahwa anak-anak dan remaja harus dijauhkan dari produk dan promosi rokok.

"Tetapi stasiun sebagai area publik yang banyak dikunjungi anak-anak justru bertebaran iklan rokok. Patut diduga maraknya iklan rokok di stasiun melanggar UU tentang Perlindungan Anak. UU tentang Perlindungan Anak mengamanatkan bahwa zat adiktif (rokok) harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak," tegasnya.

Pemasangan iklan rokok di stasiun, lanjut Tulus, juga menunjukkan penurunan pelayanan KAI terhadap konsumen. Menurut dia, waktu Ignasius Jonan menjadi Dirut KAI, larangan dan penindakan tegas terkait merokok di area stasiun, dan di dalam kereta api betul berjalan.

"Penegakan hukum kebijakan kereta api tanpa rokok waktu itu cukup tegas. Keberadaan iklan rokok di area stasiun pun dilarangnya. Iklan rokok yang semula masih bertebaran di stasiun, menjadi bersih, hilang," ungkapnya.

Namun, terkait kebijakan larangan iklan rokok di area stasiun, saat ini terjadi kemunduran yang sangat di managemen PT KAI. Iklan rokok kembali bertebaran di hampir semua stasiun kereta api.

"(YLKI) Mendesak kepada Dewan Komisaris PT KAI. Ditjen KA Kemenhub dan Menteri Perhubungan sebagai regulator, agar segera memberikan "kartu merah" pada managemen PT KAI atas pelanggaran tersebut," tandasnya. (*)

Berita9.com - Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berjanji bakal membuat uang braille jika menang Pemilihan Presiden 2019. Uang braille agar tunanetra dapat mengenali nilai mata uang dan menghindari penipuan.

"Kami dapat aspirasi dari tunanetra, ada banyak yang bekerja jadi tukang pijit di panti pijit dan sering kawan-kawan kita tunanetra mereka ditipu oleh pelanggannya. Itu salah satu komitmen kita untuk mata uang braille," Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Hashim Djojohadikusumo, usai peluncuran buku Paradoks Indonesia versi Braille di media center Prabowo-Sandi, Jl Sriwijaya I No 35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (16/11).

Selain mewacanakan uang braille, kata Hashim, Prabowo-Sandi juga berjanji bakal memberikan beasiswa bagi penyandang disabilitas. Bagi Prabowo-Sandiaga, para penyandang disabilitas adalah aset yang bisa mengabdi untuk bangsa dan negara.

Kemudian apabila Prabowo-Sandiaga terpilih, Hashim menegaskan pasangan itu akan membuat aturan turunan dari UU Penyandang Disabilitas. Hashim meminta komitmen pemerintah agar RUU diwujudkan menjadi PP sebagai petunjuk pelaksana (juklak) dan petunjuk teknis (juknis).

Dia sangat sadar jika UU tidak ada turunannya, yakni PP sebagai juklak dan juknis, maka tidak efektif. "Jika kami nanti di eksekutif, saya bisa berjanji, PP, Juklak dan Juknis akan segera terwujud, terlaksana dalam waktu singkat tidak perlu terlalu lama kita jadikan PP, Juklak dan Juknis. Itu aspirasi dari kaum disabilitas dan tuna netra bisa kita penuhi," kata dia.

Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) DKI Jakarta, Eka Setiawan mengapresiasi jika Prabowo-Sandiaga meluncurkan uang braille. Ia menerangkan uang braille itu bukan uang khusus, melainkan uang yang bisa diakses oleh tunanetra.

Eka menerangkan uang yang sekarang beredar sulit dibedakan nilainya bagi penyandang tunanetra. "Apapun itu bentuknya saya yakin tadi Pak Hashim komitmen membentuk komite nasional disabilitas nanti bekerja dengan pemerintah di mana disabilitas bisa terpenuhi hak hidupnya," terang Eka.  (*)

Berita9.com - Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno direncanakan mengunjungi sejumlah tempat di DIY, Jumat (16/11).

Mengawali kunjungannya, Sandiaga menyempatkan diri sarapan soto bathok Mbah Karto di daerah Candi Sambisari, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.

Menikmati soto yang disuguhkan dengan batok kelapa ini, Sandiaga mengaku menikmati sarapan paginya. Menurutnya sarapan soto di pagi hari membuat hangat perut.

"Enak (sotonya). Sarapan soto pagi hari hangat di perut. Rasanya luar biasa," ujar Sandiaga, Jumat (16/11).

Sembari sarapan, Sandiaga sempat pula mengomentari menu tempe goreng yang disuguhkan. Menurutnya, tempe goreng di soto bathok Mbah Karto bentuknya tak setipis kartu ATM.

"Tempenya tidak setipis ATM. Secara jujur disampaikan harga tempe Rp 500," ungkap Sandiaga.

Sandiaga menerangkan jika pemilik warung sempat curhat kepadanya mengenai harga-harga. Salah satunya harga kedelai yang merupakan bahan utama membuat tempe.

"Secara jujur disampaikan penjualnya harga tempe Rp 500. Kalau harga (dolar) naik dia enggak tahu jualnya berapa. Masyarakat enggak punya daya beli nanti (kalau dolar terus naik). Ini harus diperbaiki," urai Sandiaga.

Sandiaga menambahkan jika pemilik soto sudah memulai bisnisnya sejak empat tahun yang lalu. Saat ini, lanjut Sandiaga, jumlah karyawannya sudah 38 orang.

"Kita doakan semoga selalu sukses. Punya cabang dan jumlah karyawannya terus bertambah," tutup Sandiaga. (*)

Berita9.com - Keluarga Rio Nanda Pratama, seorang dokter yang menjadi korban tewas dalam jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 pada 29 Oktober 2018 lalu, resmi mengajukan gugatan terhadap The Boeing Company. Gugatan terhadap produsen pesawat Boeing 737 MAX 8 yang jatuh tersebut, didampingi pengacara Amerika Serikat dari Firma hukum Colson Hicks Eidson dan BartlettChen LLC.
 
“Kami telah mengajukan gugatan terhadap The Boeing Company di pengadilan Circuit Court of Cook County, Illinois, Amerika Serikat. Gugatan ini kami ajukan atas nama klien kami yaitu orang tua dari Rio Nanda Pratama yang tewas ketika pesawat Boeing 737 MAX 8 jatuh di Teluk Karawang,” kata Curtis Miner dari Colson Hicks Eidson melalui pernyataan tertulis, Jumat (16/11).
 
Pratama adalah dokter muda, salah seorang penumpang yang berada di dalam pesawat nahas tersebut. Saat itu, dia dalam perjalan pulang ke Pangkal Pinang usai menghadiri sebuah konferensi di Jakarta. Dia juga telah menyiapkan pernikahan yang semula direncanakan pada 11 November 2018.
 
Pesawat Lion Air dengan nomor registrasi PK-LQP berangkat dari Bandara Internasional Soekarno–Hatta, Jakarta menuju Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang. Baru mengudara 13 menit, pesawat hilang kontak dan kemudian dinyatakan jatuh. Seluruh 189 penumpang dan awak pesawat tewas dalam kecelakaan tersebut.
Pada 7 November 2018, Federal Aviation Administration (FAA) menerbitkan Emergency Airworthiness Directive (Petunjuk Layak Terbang Darurat) untuk pesawat Boeing 737 MAX. FAA menilai bahwa pesawat Boeing 737 MAX memiliki kondisi yang “tidak aman” dan kondisi ini juga mungkin ada dan dapat terjadi pada pesawat Boeing 737 MAX lainnya.
 
Para regulator penerbangan AS telah memerintahkan peninjauan kembali terhadap prosedur keselamatan pesawat Boeing dan mencari tahu mengenai informasi apa saja yang telah disampaikan atau pun tidak disampaikan kepada maskapai penerbangan mengenai sistem kendali penerbangan yang baru ini.
 
Austin Bartlett dari BartlettChen LLC yang juga ikut mengajukan gugatan ini menyatakan, “Kabar ini sangat mengejutkan. Para ahli keamanan dan kepala serikat pilot menyatakan bahwa The Boeing Company telah gagal memperingatkan klien dan pilot pesawat 737 MAX mengenai perubahan sistem kontrol penerbangan yang signifikan ini dan gagal menyampaikan instruksi yang benar dalam manualnya.”
 
Terkait dengan investigasi kecelakaan ini, Curtis Miner menyatakan, sesuai dengan perjanjian internasional, pihak penyelidik dari Indonesia dilarang untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab atau siapa yang bersalah, dan hanya diperbolehkan untuk membuat rekomendasi keselamatan untuk industri penerbangan di masa depan.
 
"Inilah sebabnya mengapa tindakan hukum atas nama keluarga korban harus dilakukan," ujar Curtis Miner, "Investigasi oleh lembaga pemerintah biasanya tidak akan memutuskan siapa yang bersalah dan tidak menyediakan ganti rugi yang adil kepada para keluarga korban. Inilah pentingnya gugatan perdata pribadi dalam tragedi seperti ini."
 
Ayahanda dari almarhum Dr. Rio Nanda Pratama mengatakan, “Semua keluarga korban ingin mengetahui kebenaran dan penyebab tragedi ini, kesalahan yang sama harus dihindari ke depannya dan pihak yang bertanggung jawab harus dibawa ke pengadilan. Saya menuntut keadilan untuk putra saya dan semua korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.” (*)

Berita9.com - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan Prabowo-Sandiaga akan lebih memperhatikan gaji para guru swasta atau honorer agar tetap sejahtera.

Salah satunya yakni dengan memberikan gaji atau upah minimum.

"Pak Prabowo dan Bang Sandiaga akan memberlakukan gaji/upah minimum untuk Guru Swasta, PAUD, Madrasah dan yayasan. Model ini untuk memastikan tidak ada lagi guru yang dibayar tidak layak," kata Dahnil dalam akun twitternya @Dahnilanzar, Kamis (15/11/2018).

Dahnil menjelaskan model yang akan diterapkan itu sesuai dengan Visi dan misi 4 pilar kesejahteraan rakyat Prabowo-Sandiaga. Dahnil menyebut pengangkatan guru honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga akan diterapkan.

"Salah satu program dalam visi misi Prabowo-Sandiaga adalah mengangkat guru honorer segera secara berkala dan K2 menjadi ASN termasuk dibawah lingkungan Kementerian Agama dll," ujar Dahnil. (*)

Berita9.com - Koordinator Wilayah Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Maluku Utara Said Amir curiga bakal ada mafia dalam perekrutan CPNS 2018.

Mafia CPNS menurut Said, akan muncul setelah nantinya pemerintah menerbitkan aturan baru untuk mengisi formasi CPNS yang kosong. Sistem perangkingan berpeluang disisipi nama yang dimainkan mafia percaloan.

"Sesuai PermenPAN-RB 37 sudah jelas bahwa kelulusan ditentukan oleh passing grade. Kalau sekarang MenPAN-RB dan BKN mau buat kelulusan dengan perangkingan, ini membuka celah bagi mafia CPNS," kata Said, Kamis (15/11).

Dia menyebutkan, kejadian tersebut pernah terjadi pada tes honorer K2 pada 2013, di mana penentuan kelulusannya sarat kepentingan. Aksi mafia CPNS pun menyebar ke seluruh daerah.

Honorer yang tidak memenuhi persyaratan, bisa lulus dan diangkat menjadi CPNS. Karena itu, saat itu marak istilah honorer bodong.

Said menilai, kalau regulasi diubah ini sangat berbahaya dan membuka ruangan kepada mafia-mafia CPNS bergentayangan. (*)

Berita9.com - Cawapres nomor urut dua Sandiaga Uno bersama pasangannya Prabowo Subianto akan terus menggalakkan program ekonomi kerakyatan.

"Salah satu yang menjadi masalah di kita adalah tidak meratanya pertumbuhan ekonomi. Banyak perhatian pemerintah yang belum mendorong ekonomi rakyat, banyak kebijakan-kebijakan yang belum berpihak kepada rakyat Indonesia," ujar Sandiaga dalam postingan videonya di akun instagram @Sandiuno, Kamis (15/11/2018).

Oleh karena itu, Sandi tak memungkiri bahwa fokus pembenahan di sektor ekonomi menjadi prioritas. Bersama Prabowo jika terpilih, kebijakan-kebijakan ekonomi kerakyatan akan dijalankan agar rakyat merasa adil.

"Ekonomi ini akan ke arah yang lebih baik bila dinahkodai secara baik. Prabowo-Sandi fokus membangun ekonomi rakyat, menghadirkan kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada rakyat sehingga industri-industri lokal kita bisa berkembang, serta mampu menciptakan banyak lapangan kerja yang akan diprioritaskan untuk rakyat Indonesia," ucap Sandiaga. (*)

Page 1 of 80
Go to top