Olahraga

Olahraga (94)

Berita9.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, mengaku sangat bangga dengan prestasi yang mampu diraih para penggawanya di 'U-15 International Football Tournament – Tien Phong Plastic Cup 2017' di Vietnam. Garuda Muda sukses meraih juara di ajang turnamen internasional U-15 itu.

Pada laga perdana, Hamsa Lestaluhu dan kawan-kawan menghancurkan Myanmar 4-1. Timnas U-16 kemudian imbang 1-1 lawan tuan rumah dan membantai Taiwan 11-0 pada laga terakhir.

Timnas U-16 lantas disambut langsung oleh pihak Kemenpora RI yang diwakili oleh Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto di Bandara Soekarno Hatta, Senin (19/6) siang.

"Terima kasih atas sambutan yang luar biasa di bandara dari Kemenpora yang diwakili oleh pak Gatot tadi, media dan para pecinta sepak bola," ujar Fakhri seperti dikutip dari rilis PSSI.

"Kami amat sangat bersyukur Alhamdulillah atas kemenangan ini. Masih banyak yang perlu kami persiapkan, pekerjaan rumah masih menumpuk."

Fakhri puas karena hasil positif di Vietnam dianggapnya mampu memberikan modal berarti sebelum Timnas U-16 mengikuti Piala AFF U-15 di Thailand mulai 9 Juni 2017.

"Juara di Vietnam memompa motivasi dan kepercayaan diri mereka untuk bisa lebih baik lagi," terang Fakhri.

Yang tak kalah pentingnya, dia melanjutkan, laga-laga uji coba dan turnamen seperti ini mampu menambah menit bermain para pemainnya.

"Penting melihat para pemain mendapatkan kesempatan bertanding. Piala ini juga bukti mereka (Timnas U-16) membutuhkannya," ucap Fakhri.

Dengan jam terbang laga internasioal yang cukup mumpuni, Fakhri optimistis menetapkan target juara di Piala AFF U-15.

Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Australia, Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura. "Gambaran lawan di AFF sudah saya temukan, Australia dan Thailand mirip-mirip," ucap mantan gelandang Timnas Indonesia itu.

"Sekali lagi saya katakan, tidak ada Timnas usia muda di dunia ini yang mendominasi. Semua setara," sambungnya. (**/har)

Berita9.com - Bagaimana kans Indonesia U-16 menjuarai Tien Phong Plastic Cup 2017? jawaban yang dilontarkan oleh Fakhri Husaini, sang pelatih ternyata cukup mengejutkan, dia yakin timnya bisa menjuarai turnamen ini.

Memang, saat ini Indonesia masih duduk di posisi runner-up klasemen dengan sistem kompetisi penuh yang melibatkan empat negara ini. Vietnam masih perkasa di puncak klasemen dengan empat poin.

Nilai Indonesia sama dengan Vietnam, yaitu empat poin. Tapi Vietnam unggul dalam produktivitas gol. Vietnam sudah mencetak enam gol, sementara Indonesia baru lima gol.

Di peringkat ketiga ada Taiwan yang bersaing dengan Myanmar. Keduanya baru memiliki satu poin setelah sebelumnya bermain imbang 2-2 pada tadi malam. (16/6).

Vietnam akan berjumpa Myamar, sementara Indonesia akan berjumpa Taiwan. Hitung-hitungan peluang menang di atas kertas, Indonesia tampaknya bisa menaklukkan Taiwan.

Hanya, skor yang dihasilkan harus besar karena saat Vietnam juga menang dari Myanmar, maka perhitungan selisih gol yang menentukan kemenangan.

"Kami yakin masih bisa juara di turnamen ini. Kami harus bisa mencetak gol cepat lawan Taiwan," ungkap Fakhri.

Laga terakhir di turnamen ini digelar pada Minggu (18/6) petang waktu setempat. Pada hari yang sama Vietnam juga akan menghadapi Myanmar.

(**/JP)

Berita9.com - Pemeran utama film Wonder Woman, Gal Gadot, menjadi buah bibir akhir-akhir ini. Paras cantik dengan kemampuan melakoni peran menjadikan wanita yang pernah masuk ke militer tersebut dikagumi banyak penggemar. Namun, siapa sangka, ternyata ia adalah penggemar berat Barcelona.

Fakta ini terungkap setelah Barcelona, melalui situs resminya, mengunggah foto Gal Gadot dengan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Bahkan, Barcelona secara khusus memberikan jersey bernama punggung "GAL", yang merupakan inisal sang artis.

Kecintaan Gal Gadot terhadap Barcelona memang sudah lama. Dalam akun Instagram-nya, Gal Gadot pernah mengunggah foto saat menyaksikan pertandingan El Clasico antara Barca melawan Real Madrid, di Camp Nou, 3 Desember 2016.

(**/Nik)

Berita9.com - Gelandang Bayern Munchen, Thiago Alcantara, menilai filosofi permainan Pep Guardiola memiliki dampak positif terhadap kemajuan sepak bola Jerman. Menurut Thiago, keberhasilan timnas Jerman menjuarai Piala Dunia turut dipengaruhi oleh mantan pelatihnya itu.

"Pep Guardiola membawa penekanan yang lebih besar soal nilai dalam penguasaan bola dan mengendalikan permainan. Bundesliga selalu menjadi kompetisi yang memperlihatkan kekuatan, tenaga dan berbagai gol," kata Thiago. (11/6)

"Pep Guardiola mengubah konsep sepak bola Jerman secara umum. Hal itu berdampak pada timnas Jerman yang mampu menemukan harmoni dalam permainan, dan membuat mereka menjadi juara dunia," tutur Thiago.

Pep Guardiola dikenal sebagai pelatih yang menginginkan gaya permainan menguasai bola dan mendominasi pertandingan. Dia pun menerapkan pola taktiknya ketika menangani Bayern Munchen pada 2013-2016.

Pola permainan itu sukses mengantarkan Bayern Munchen menjuarai tiga trofi Bundesliga, dua DFB Pokal, serta masing-masing satu Piala Dunia Antarklub dan Piala Super Eropa.

Timnas Jerman pun juga ikut merasakan hal manis karena sukses menjuarai gelar Piala Dunia 2014. Publik menilai, keberhasilan itu dikarenakan skuat tim Panser didominasi para penggawa Bayern Munchen asuhan Pep Guardiola.

(**/FFT)

Berita9.com - Rider Repsol Honda, Marc Marquez harus kerja ekstra untuk menjadi yang tercepat pada balapan MotoGP seri ketujuh di Catalunya, Spanyol pada akhir pekan ini.

Balapan nanti menjadi tantangan bagi pebalap asal Spanyol itu setelah dua kali berturut-turut gagal pada seri balapan sebelumnya dan harus puas dengan posisi keenam pada balapan Prancis.

"Saya merasa senang bisa ikut balapan di Catalunya kali ini. Saya rasa balapan di kandang sendiri akan menambah semangat mengingat akan banyak fans yang bakal mendukung," ungkap Marquez. (9/6).

Kabarnya balapan di Catalunya nanti nampak berbeda dari ta­hun sebelumnya. Federasi Motor Internasional (FIM) secara resmi telah mengumumkan adanya perubahan layout Sirkuit untuk seri MotoGP tahun ini. Kabarnya layout yang akan digunakan mirip di Formula One (F1).

Perubahan itu menuai pro-kontra di kalangan rider. Salah sa­tunya yang tak mendukung adanya perubahan ini adalah Jorge Lorenzo. Sedangkan bagi Marc Marquez, perubahan ini nampak bakal jadi tantangan baru. "Dengan adanya perubahan trek ini sepertinya akan menarik. Saya suka model layout baru ini," ungkapnya. (**/RM)

Berita9.com - Legenda Liverpool Steven Gerrard meminta eks timnya untuk lekas mendapatkan tanda tangan bek Southampton Virgil Van Dijk. Gerrard mengatakan, ia fan Van Djik karena pemain 25 tahun setinggi 193 sentimeter itu punya permainan hebat.

"Saya akan sangat senang melihat Van Dijk berseragam the Reds. Sejak di Glasgow Celtic dia sudah fantastis, kini saat tepat untuk mendapatkannya," kata Gerrard dikutip dari Daily Mail, Rabu (7/6).

Gerrard menyadari, usaha Liverpool untuk mendapatkan Van Dijk harus dibarengi dengan tawaran jumlah uang yang besar. Tapi pelatih Liverpool junior ini yakin, harga tak masalah bagi timnya.

"Van Dijk seperti kepingan yang dicari tim ini dan saya yakin dia akan diterima dengan hangat di sini," ujarnya.

Van Dijk dikabarkan sudah mengungkapkan keinginan bergabung bersama Liverpool. Namun, the Kop tak akan dengan murah membeli bek asal Belanda itu. Sebagai pemilik, Soton dikabarkan meminta mahar 60 juta pound (Rp 1 triliun) untuk melepas sang kapten tim.

Selain Liverpool, Manchester City dilaporkan menjadi peminat lain Van Dijk. Pelatih Pep Guardiola membutuhkan bek tangguh setelah sejumlah pemain belakang the Citizens hengkang pada musim panas ini.

Van Dijk dianggap sosok yang tepat untuk menggalang pertahanan City bersama Vincent Kompany.

(**/DM)

Berita9.com - Kalimat ucapan untuk Real Madrid bertaburan setelah mereka menjuarai Liga Champions musim 2016-17 dengan mengalahkan Juventus pada laga puncak. Namun di antara ucapan tersebut, satu di antaranya berasal dari Barcelona yang berbagi rivalitas dengan Real Madrid di Spanyol.

Real Madrid mengempaskan perlawanan Juventus pada laga final dengan skor 4-1. Dua gol dari Cristiano Ronaldo serta masing-masing satu gol dari Casemiro dan Marco Asensio, membuat gol spektakuler Mario Mandzukic tidak berarti apa-apa.

Kesuksesan Real Madrid menjuarai Liga Champions musim 2016-17 mendapat pengakuan dari banyak pihak, baik itu individual ataupun klub. Satu ucapan yang menyita perhatian datang dari Barcelona.

Sepanjang sejarah, kedua klub hanya mengenal rivalitas. Tidak ada kata-kata manis antara kedua klub tersebut. Namun anggapan tersebut berubah setelah Barcelona membuat status di akun media sosial resmi klub.

“Selamat kepada Real Madrid atas keberhasilan meraih trofi di Cardiff,” tulis Barcelona di akun Twitter-nya. (5/6).

Ucapan tersebut bisa diterjemahkan ke banyak pengertian. Barcelona bisa saja melakukan hal tersebut sebagai tindakan sportivitas. Selain itu, mereka juga bisa melakukannya dengan alasan karena Real Madrid merupakan perwakilan dari La Liga dan Spanyol.

Namun, ada juga anggapan negatif yang menyebutkan kalau Barcelona mengucapkan terima kasih karena Real Madrid menumbangkan Juventus. Sebelumnya, Barcelona tersingkir dari Liga Champions 2016-17 setelah takluk dari La Vecchia Signora.

(**/DM)

Berita9.com - Marquee player Mitra Kukar Mohamed Sissoko, mengaku sangat antusias menjalani ibadah puasa di Indonesia. Menurutnya, ini merupakan pengalaman yang baru baginya berpuasa di negara yang mayoritas beragama muslim.

Mantan pemain Liverpool tersebut menyatakan pada tahun sebelumnya dirinya berpuasa di Prancis, yang umat muslimnya berjumlah sedikit. Namun. Sissoko menuturkan tetap berusaha menjalankan ibadah wajib tersebut sebagai pemeluk agama islam.

"Ini adalah pengalaman pertama saya berpuasa di Asia (Indonesia). Tahun lalu, saya masih bersama keluarga saya melaksanakan puasa di Paris, Prancis. Ini pengalaman yang menarik, di mana saya berpuasa di negara yang mayoritas beragama Islam," dikutip dari Prokal. (30/5).

Lebih lanjut, pesepakbola berusia 32 tahun tersebut menyebutkan ada perbedaan yang mendasar berpuasa di Indonesia dengan Prancis. Menurutnya, di sini waktu berpuasa lebih sedikit bila dibandingkan negara tempat Menara Eiffel berdiri tersebut.

"Di Indonesia hanya 12 jam, tapi dengan cuaca yang tidak menentu. Berbeda dengan Prancis, tapi semua itu bukanlah masalah, terpenting bisa menjalankan ibadah puasa," ucapnya.

Sissoko menambahkan kalau puasa bukanlah suatu penghambat baginya bermain sepakbola. Oleh karena itu, ia berjanji bakal mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya buat Mitra Kukar walau bermain di bulan Ramadan. 

"Puasa dan sepak bola adalah dua hal berbeda, tapi saya menjalaninya dengan bahagia. Berpuasa bukan berarti tidak maksimal saat bertanding. Saya tetap prioritaskan kemenangan untuk tim ini," ujarnya.

(**/Pro)

Berita9.com - Yaya Toure dan agennya, Dimitri Seluk, berjanji menyumbang 100 ribu poundsterling untuk membantu korban serangan bom Senin di konser Ariana Grande di Manchester Arena.

Sebanyak 22 orang, termasuk anak-anak, tewas dan setidaknya 59 orang cedera akibat ledakan yang terjadi setelah pukul 22.30 itu.

Gelandang Manchester City, Yaya Toure, terpanggil untuk membantu ketika rincian data korban pertama telah diumumkan menurut Sky Sports News HQ.

Telah dikonfirmasi bahwa di antara para korban ada seorang anak perempuan bernama Saffie Rose Roussos yang masih berusia delapan tahun.

"Berita mengerikan di Manchester. Pikiran dan doa untuk semua yang terkena dampak," demikian cuitan Yaya Toure pada Selasa.

Dimitri Seluk sebagai perwakilan Toure kemudian mengatakan kepada Sky Sports: "Berita seorang anak perempuan berusia delapan tahun pergi melihat penyanyi idolanya dan tidak pulang ke rumah adalah hal terlalu berat untuk ditanggung."

"Yaya dan saya ingin membantu, kami berbicara pagi ini tentang apa yang terjadi dan dia bertanya kepada saya apa yang dia pikir bisa kami lakukan," lanjut Seluk.

"Kami sepakat menyumbangkan masing-masing 50.000 pound untuk membantu korban kejahatan mengerikan ini. Tidak masalah apakah korbannya berasal dari Manchester atau tidak," kata Seluk.

"Kami yang beruntung bisa bekerja setiap hari di sepak bola bisa melakukan ini semua karena kemurahan hati para penggemar dari seluruh dunia," katanya.

"Yaya berasal dari Pantai Gading, saya orang Rusia. Tidak masalah. Hari ini adalah kesempatan bagi kita melalui sepak bola untuk membantu," tambah dia.

"Anak lelaki saya berusia delapan tahun dan saya tidak dapat membayangkan rasa sakit dan penderitaan yang dialami orang tua Saffie hari ini."

Selain itu, istri dan dua anak perempuan manajer Manchester City Pep Guardiola ternyata ada di antara 21.000 penggemar dalam konser tersebut, namun semuanya lolos tanpa cedera, demikian Skysports. 

(**/SS)

Berita9.com - Mendiang juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden, memiliki wasiat yang sangat menyentuh. Pebalap yang meninggal Senin (22/5) itu memiliki wasiat agar keluarganya mendonorkan organ tubuh Hayden.

Dikutip dari Motorsport Spanyol, (23/5), keluarga Hayden sudah menunjuk seorang pengacara asal Italia, Moreno Maresi, untuk mengonfirmasi surat wasiat pebalap 35 tahun tersebut.


"Menghormati wasiat Hayden yang sudah dibuat di masa lalu, dan dengan dukungan keluarga, hari ini kami akan memulai proses donasi organ tubuhnya," ujar Maresi dalam konferensi pers di Cesena.

Maresi juga mengatakan keluarga Hayden tidak akan mengeluarkan pernyataan lebih jauh terhadap insiden kecelakaan yang membuat mantan pebalap Repsol Honda dan Ducati itu mengalami cedera parah hingga meninggal.

"Kami tidak akan membicarakan masalah investigasi, baik bagaimana investigasi berjalan dan keputusan akhirnya," ucap Maresi.

Lebih lanjut keluarga Hayden mengungkapkan terima kasih kepada pihak media yang menjaga privasi pihak keluarga, pihak rumah sakit Bufallini Cesena, dan penggemar pebalap berjuluk The Kentucky Kid tersebut.

Setelah mengungkapkan wasiat Hayden, pihak keluarga kini sedang berusaha mendapatkan izin repatriasi jenazah Hayden. Hayden rencananya akan dimakamkan di kampung halamannya Owensboro, Kentucky.

Hayden sendiri meninggal lima hari setelah mengalami kecelakaan saat berlatih sepeda di Rimini, Italia, 17 Mei lalu. Pengoleksi tiga kemenangan di MotoGP itu tertabrak mobil.

(**/MS)

Page 1 of 7
Go to top