Olahraga

Olahraga (136)

Berita9.com - Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, sudah berada di Indonesia selama 8 bulan. Ia mengakui kini sudah mengenal sepak bola di Indonesia dengan lebih baik.

Dari pengamatan Luis Milla, sepak bola Indonesia bisa berkembang ke arah yang lebih baik lagi. Namun, hal itu harus dibarengi dengan dipenuhinya beberapa komponen penting, seperti kompetisi yang rutin hingga infrastruktur yang menunjang bagi para pemain muda.

"Kompetisi itu penting dan diperlukan juga pelatih yang berkualitas. Selain itu, anak-anak Indonesia berhak latihan di lapangan yang bagus," ujar Luis Milla saat hadir dalam diskusi yang digelar PSSI Pers di SCTV Tower, (18/10).

"Indonesia negara besar, Indonesia punya potensi,dan Indonesia punya banyak talenta. Jangan lupa juga bahwa sepak bola Indonesia butuh waktu," ia menambahkan.

Mantan pelatih Spanyol U-21 ini juga semringah karena melihat perkembangan yang signifikan dari anak asuhnya selama 8 bulan menukangi Timnas Indonesia.

Dalam rentang waktu tersebut, Luis Milla menukangi Timnas Indonesia U-22 saat tampil di SEA Games 2017 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2018. Selain itu, Luis Milla juga beberapa kali memimpin Timnas Indonesia dalam laga uji coba internasional.

"Saya lihat anak-anak selama 8 bulan banyak sekali perkembangannya. Saya melihat Indonesia punya potensi untuk berkembang lebih baik lagi," ucapnya.

(**/Jup)

Berita9.com - Jose Mourinho mengatakan masih memiliki hasrat untuk memulai hal-hal baru dengan melatih klub lain atau tim nasional sehingga Manchester United bukanlah klub terakhir yang ia tangani.

Mourinho saat ini sedang menjalani kontrak berdurasi tiga tahun di Old Trafford setelah direkrut Manchester United pada musim 2016-17. Pria berusia 54 tahun itu pernah mengatakan ingin mengasuh tim nasional Portugal pada akhir kariernya. Ia juga mendeskripsikan klub kaya Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), sebagai sesuatu yang "istimewa".

"Saya yakin bahwa saya tidak akan menyelesaikan karier saya di sini," kata Mourinho kepada media Prancis Telefoot dilansir Skysports, Senin (16/10/2017).

"Suatu hari, anak saya yang tinggal di London memutuskan untuk pergi ke Paris dan bukan ke Manchester untuk menonton pertandingan. Kenapa Paris? Karena saat ini Paris memiliki sesuatu yang istimewa. Ada keajaiban, jiwa muda, dan kualitas. Sungguh fantastis," kata bekas pelatih Chelsea dan Real Madrid itu.

Mourinho yang menerapkat strategi bertahan berhasil membawa United merebut satu poin di Anfield setelah bermain imbang 0-0 atas Liverpool, Sabtu kemarin. Pada laga selanjutnya, United akan menghadapi Benfica di Liga Champions pada Rabu malam sebelum bertandang melawan Huddersfield pada hari Sabtu pekan depan.

(**/Sky)

 



Berita9.com -  Liverpool akan menjamu Manchester United di Anfield pada pekan kedelapan Liga Inggris, Sabtu (14/10/2017). Duel ini juga menjadi titik berbahaya bagi manajer Liverpool, Juergen Klopp.

Menjelang laga kontra Man United, Liverpool baru mengantongi 12 poin. Klub berjulukan The Reds ini pun baru memenangi satu dari empat laga terakhir dalam ajang Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris.

Poin tersebut sama dengan angka yang diraih mantan manajer Liverpool, Brendan Rodgers, pada musim 2015-2016. Rodgers akhirnya dipecat dari Anfield pascahasil seri kontra Everton yang menempatkan The Reds di posisi ke-10 setelah delapan laga.

Jika dalam pertandingan nanti Liverpool gagal mendulang poin maka situasi Klopp akan sama persis dengan Rodgers kala itu, yakni 12 poin dari delapan pertandingan.

Sejauh ini ancaman pemecatan Klopp belum tampak karena mantan bos Borussia Dortmund ini disukai manajemen dan fans The Reds karena bisa membuat klubnya memainkan sepak bola yang menyenangkan. Meskipun demikian, pelatih asal Jerman tersebut perlu waspada karena bisa jadi hasil melawan Setan Merah mengubah pandangan publik Anfield terhadap dirinya.

(**/KG)

Berita9.com - Manchester United bakal menghadapi ujian berat pertama mereka pada musim ini di Liga Inggris saat menghadapi Liverpool FC di Stadion Anfield, Sabtu (14/10/2017).

Manchester United yang telah mengawali musim 2017-2018 dengan gemilang tentu ingin kembali meraih kemenangan atas Liverpool.

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, juga memiliki rekor yang bagus setiap kali menghadapi Liverpool.

Di sepanjang karier Mourinho, Liverpool adalah salah satu klub paling sering ia kalahkan bersama Tottenham Hotspur sebanyak 11 kali.

Namun, mantan Manajer Liverpool, Kenny Dalglish, khawatir jika pertandingan tersebut bakal menjadi tontonan yang tidak bagus untuk disaksikan.

Dalglish menuding Mourinho bakal meminta para pemainnya untuk "memarkir bus" di lini pertahanan atau memainkan sepak bola negatif dan hanya mengandalkan serangan balik di Anfield.

Hal ini disebabkan oleh pertemuan terakhir kedua tim di Anfield pada musim lalu.

Di laga tersebut, kedua tim hanya bermain imbang tanpa gol yang disebabkan oleh permainan bertahan yang diterapkan Mourinho.

Hal tersebut sangat berbeda ketika Mourinho datang ke Anfield dan bermain untuk meraih kemenangan saat masih menangani Chelsea tiga tahun yang lalu.

"Tahun lalu, ia kembali ke Anfield bersama Manchester United dan di sepanjang laga mereka hanya bertahan. Bahkan, mereka hampir mencetak gol ketika Zlatan Ibrahimovic memiliki kesempatan di akhir laga," ucap Dalglish kepada Mirror.

"Mourinho memiliki kemampuan untuk mengetahui bagaimana cara memenangi laga, tetapi jika hal itu ia lakukan dengan cara bertahan, saya pikir Juergen Klopp akan menjadi lawan yang bakal menyulitkannya karena ia tidak tertarik dengan hasil imbang," tuturnya.

(**/VH)

Berita9.com - Lionel Messi menjadi pahlawan timnas Argentina pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Conmebol. Tiga gol megabintang Barcelona ini membawa Argentina melumat tuan rumah Ekuador 3-1 di Stadion Olimpico Atahualpa, Quito, Rabu (11/10) pagi WIB, sekaligus memastikan tiket Tim Tango berlaga di Rusia tahun depan.

Argentina dalam posisi tak ideal menjelang laga ke-18 atau terakhir di zona Amerika Selatan. Messi dkk wajib menang sambil menanti hasil dari laga-laga lainnya. Namun Dewi Fortuna berpihak kepada raksasa Conmebol yang tengah terpuruk ini. Kemenangan atas Ekuador dibantu hasil buruk para pesaing membuat Argentina finis di posisi ketiga klasemen akhir.

Tim besutan Joerge Sampaoli lebih dulu tertinggal oleh gol cepat Romario Ibarra pada menit pertama. Namun, sepuluh menit berselang, Messi berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah melakukan kerjasama apik dengan Angel Di Maria.

La Pulga kembal membungkam publik Quito melalui gol keduanya pada menit ke-20. Skor 2-1 untuk keunggalan Argentina bertahan hingga turun minum.

Argentina harus berterima kasih kepada Messi. Peraih lima trofi Ballon d'Or kembali membawa La Albiceleste menjauh berkat golnya pada menit ke-62.

Tiga gol yang dicetak Messi boleh dibilang hampir serupa. Dia mencetak gol lewat tendangan kaki kiri setelah melakukan pergerakan masuk ke dalam kotak penalti.

Argentina mengumpulkan nilai 28 dari 18 laga yang telah dilakoni, menggeser Cile yang di pertandingan lain kalah dari tuan rumah Brasil dengan skor 0-3. Cile bahkan tak berhak mengikuti play-off karena hanya finis di posisi enam klasemen akhir.

(**/RO)

 

Berita9.com - Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, tampil impresif pada MotoGP 2017. Pebalap asal Italia itu menjadi salah satu rider yang berada di baris depan dalam kuda pacu perebutan titel musim ini.

Dovizioso sementara berada di posisi kedua klasemen. Dia hanya tertinggal 16 poin dari sang pemuncak klasemen, Marc Marquez (Repsol Honda), dengan empat seri tersisa.

Lalu apa rahasia di balik performa gemilang Dovizioso?

"Saya mengubah metode latihan saya pada musim dingin. Mental saya juga lebih kuat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tes musim dingin berjalan baik dan saya meraih hasil bagus pada balapan pertama. Namun, pada saat itu saya masih belum yakin bisa bertarung dalam perebutan titel," kata Dovizioso seperti dikutip dari Motorsport-Total, Ahad (8/10/2017).

"Motor tak banyak berubah, jadi saya berpikir apakah pendekatan baru saya akan membuahkan hasil. Ternyata hal kecil bisa membuat perbedaan besar," ujar Dovizioso.

Andrea Dovizioso baru kali ini menjadi salah satu kandidat kuat juara dunia selama 10 tahun berkarier di MotoGP. Selama ini, juara dunia kelas 125cc 2004 itu seolah hanya menjadi penggembira. Fans MotoGP lebih fokus memerhatikan aksi Marc Marquez, Valentino Rossi, atau Jorge Lorenzo.

"Saya selalu luput dari sorotan karena jarang menang. Tak banyak yang menyadari eksistensi saya. Pada musim ini saya sudah meraih empat kemenangan dan semua orang tampak terkejut," kata Dovizioso.

Peruntungan Dovizioso berubah pada musim ini. Pebalap berusia 31 tahun itu mampu mencuri perhatian saat semua mata tertuju pada Lorenzo yang didatangkan dari Yamaha.

"Kedatangan Lorenzo menghilangkan tekanan pada diri saya. Pada awal musim, semua orang lebih fokus melihat kiprah Lorenzo dan itu bagus buat orang dengan karakter seperti saya. Jika orang lain yang berada dalam posisi saya, dia mungkin akan merasa tak nyaman. Tapi dalam kasus saya berbeda. Daripada memikirkan Lorenzo, saya lebih memilih berkonsentrasi pada pekerjaan saya dan mencari cara untuk bisa tampil lebih baik," kata Dovizioso.

Dovizioso mengatakan penampilan bagus pada musim ini akan membuatnya berada dalam posisi tawar yang menguntungkan jelang negosiasi pembaruan kontrak dengan Ducati. Menurut Motorsport-Total, gaji Dovizioso di Ducati sangat jauh di bawah Lorenzo.

"Kami akan segera duduk bersama untuk mendiskusikan tahun depan. Kami hanya perlu menunggu dan melihat bagaimana perkembangan situasi saat ini. Yang pasti, proses negosiasi dengan Ducati nanti akan sangat berbeda dibanding tahun lalu," kata Andrea Dovizioso.

(**/MT)

Berita9.com - Ratusan atlet gateball dari 20 Provinsi bakal unjuk kemampuan pada kejuaraan nasional (Kejurnas) gateball 2017 yang berlangsung di Lapangan Karebosi Makassar, 7-12 Oktober. Kejurnas kali ini diharapkan bisa menjadi momentum yang bagus demi perkembangan olahraga satu ini.

Sekretaris Jenderal Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Puja Sumedi, menyebut ajang ini akan memberlakukan standarisasi aturan nasional.

"Setelah jadi cabang eksebisi pada PON 2016, kami ingin terapkan aturan baku yang akan berlaku pada PON 2020," kata Puja pada jumpa media di Makassar, Jumat (6/10/2017).

Puja menambahkan, meski terhitung cabang baru, perkembangan gateball di Indonesia berkembang pesat. "Saat ini kami tengah melobi OCA agar gateball jadi cabang eksebisi pada Asian Games 2018," tutur Puja.

Puja pun memberi apresiasi kepada Pengrov Pergatsi Sulawesi Selatan yang menunjukkan keseriusannya menjadi tuan rumah. "Meski belum memiliki lapangan gateball permanen, panpel kejurnas ini mampu menyulap lapangan karebosi menjadi lokasi yang layak untuk dipakai para atlet bertanding," papar Puja.

Sementara itu, Nurdin Samaila selaku ketua panpel mengungkapkan Kejurnas ini mempertandingkan empat kategori yakni tunggal, ganda, triple dan beregu. "Panpel menyediakan 11 set medali buat pemenang," kata Nurdin.

Rencananya, Kejurnas gateball akan dibuka Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Sedang penutupannya akan dilakukan Basuki Hadimuljono, Ketua PP Pergatsi yang juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

(**/AS)

Berita9.com - Pesepak bola legenda Indonesia akan menantang para pemain legendaris Arsenal dan Liverpool dalam pertandingan Balikpapan Masters Cup 2017 di Stadion Internasional Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 5 November.

"Pertandingan ini sekaligus menjadi pertandingan terakhir saya sebagai pemain. Tentunya saya sedih sebagai pemain untuk menghadapi pensiun. Tapi, saya bangga karena mengawali karir di Balikpapan dan mengakhirnya pn di Balikpapan," kata mantan pemain nasional Bima Sakti.

Para pemain legenda sepak bola Indonesia yang akan turun dalam Balipapan Masters Cup 2017 itu antara lain Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, Elly Eboy, Firman Utina, Maman Abdurahman, Charis Yulianto, Rocky Putiray, Gendut Doni, dan Budi Sudarsono.

Sementara, pesepak bola legenda Arsenal yang akan bertanding antara lain Lauren, Mikael Silvestre, Gilberto Silva, dan Robert Pires.

Sedangkan dari Liverpool akan diperkuat David James, John-Arne Riise, Luis Garcia, Steve McManaman, Emile Heskey, dan Robbie Fowler.

"Kami tidak mempunyai pelatih secara resmi untuk pertandingan ini. Tapi, kalau tidak ada pelatih sepertinya semua pemain ingin turun. Maka, saya yang akan mengatur teman-teman untuk turun di lapangan," ujar Bima Sakti.

Asisten pelatih timnas U-22 itu masih berharap pesepak bola lain seperti Bambang Pamungkas dapat turut bergabung dalam pertandingan itu.

"Kami masih membicarakannya dengan Bambang Pamungkas. Semoga dia juga bisa ikut karena dia punya banyak agenda dan agak kesulitan kalau harus bertanding di luar kota," ujar Bima.

Perwakilan Promotor Balikpapan Masters Cup 2017 Yasser Arafat mengatakan akan memberikan tribun khusus untuk para pendukung Arsenal dan pendukung Liverpool di Indonesia yang akan menonton pertandingan secara langsung.

"Kami sudah berkoordinasi dengan para pendukung kedua tim dari Indonesia dan menyiapkan tribun utara untuk pendukung arsenal serta tribun selatan untuk pendukung liverpool," ujar Yasser.

Pertandingan legenda sepak bola yang disiarkan stasiun televisi RCTI itu akan menggunakan sistem trefeo.

Masing-masing tim akan saling berhadapan yaitu Indonesia Master vs Liverpool Masters, Indonesia Master vs Arsenal Masters, dan Liverpool Masters vs Arsenal Masters.

Panitia penyelenggara mematok harga tiket masuk Rp300 ribu untuk tribun bagian atas utara dan selatan, Rp500 ribu untuk tribun bagian atas barat dan timur, Rp750 ribu untuk tribun VIP utara dan selatan, Rp1,5 juta untuk tribun VIP barat dan timur.

(**/Ant)

Berita9.com - Referendum Katalunya nyaris menggagalkan duel Barcelona kontra Las Palmas. Tapi, pada akhirnya laga itu tetap digelar tanpa penonton di Camp Nou.

Kondisi politik Katalunya memang sedang memanas menyusul adanya pemungutan suara terkait keinginan daerah itu memerdekakan diri dari Spanyol.

Voting sendiri dilakukan, Ahad (1/10/2017) malam WIB yang bertepatan dengan duel Barca kontra Las Palmas di pekan ketujuh.

Saat pemungutan suara, terjadi bentrok antara pihak kepolisian Spanyol dan para pengunjuk rasa. Kabarnya ada sekitar 30-an orang terluka akibat bentrok ini.

Kondisi lantas memanas ketika sekelompok suporter Barca memaksa laga Los Cules kontra Las Palmas dibatalkan atau mereka akan menyerbu ke lapangan.

Para pemain kedua tim sendiri sebenarnya sudah ada di Camp Nou sekitar dua jam dan sempat was-was menunggu keputusan akhir terkait laga tersebut.

Dari pihak Barca menginginkan laga itu ditunda karena rawan terjadi pelanggaran keamanan.

Sementara, pihak kepolisian menyebut pertandingan bisa digelar karena perihal keamanan sudah teratasi. Akhirnya keinginan Barca untuk menunda pertandingan tidak terwujud.

Sebab pihak otoritas Liga Spanyol (LFP) menolak keinginan itu sekitar 15 menit sebelum pertandingan dimulai. Namun demi menjaga situasi tetap kondusif, laga digelar tertutup atau bersih dari penonton.

Alhasil, para penonton yang sudah mengantre di depan Camp Nou sejak lama harus memendam kekecewaan. Kick-off laga itu adalah pukul 16.15 waktu setempat atau 21.15 WIB. Skor sementara masih 0-0 saat berita ini diturunkan.

(**/DTK)

Berita9.com - Manchester United, Barcelona, Chelsea, PSG, dan Juventus sama-sama memuncaki klasemen Liga Champions. Hal itu dipastikan setelah mereka mampu mengalahkan lawan masing-masing dalam pertandingan Kamis dinihari WIB.

Manchester United mengamankan kemenangan kedua pada fase grup Liga Champions dengan mengalahkan CSKA Moskow 4-1 untuk memuncaki klasemen sementara grup A.

Pasukan Jose Mourinho itu menunjukkan kelasnya melalui kemenangan yang berselisih tiga gol atas CSKA berkat dua gol Lukaku. Anthony Martial menyumbang satu gol dan tiga assist. Sedangkan gol MU lainnya dicetak Henrik Mkhitaryan.

Klub Inggris lainnya, Chelsea, yang berjuang hingga menit terakhir berhasil membawa pulang kemenangan 2-1 atas Atletico Madrid di Stadion Wanda Metropolitano.

Gol Alvaro Morata dan Michi Batshuayi memastikan Chelsea membawa pulang kemenangan dari markas baru Atletico Madrid, meski sempat tertinggal oleh gol Antoinne Griezmann.

Bayern Munchen yang lebih berpengalaman sebagai salah satu raksasa kompetisi Eropa tidak berdaya saat dikalahkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor 3-0. PSG memukul Munchen dengan gol Dani Alves, Neymar, dan Edinson Cavani.

Pada pertandingan lainnya, Barcelona mengalahkan Sporting Lisbon 1-0 berkat gol bunuh diri Sebastian Coates. Juventus menekuk Olympiakos 2-0 berkat gol Gonzalo Higuain dan Mario Mandzukic.

Berikut hasil lengkap pertandingan Liga Champions:

Grup A

Basel 5 - 0 Benfica

CSKA Moscow 1 - 4 Manchester United

Klasemen

Klub

Main

Poin

Manchester United FC 

2

6

FC Basel 1893 

2

3

PFC CSKA Moskva 

2

3

SL Benfica 

2

0

Grup B

Anderlecht 0 - 3 Celtic

Paris Saint Germain 3 - 0 Bayern Munich

Klasemen

Klub

Main

Poin

Paris Saint-Germain 

2

6

Celtic FC 

2

3

FC Bayern München 

2

3

RSC Anderlecht 

2

0

Grup C

Qarabag FK 1 - 2 Roma

Atletico Madrid 1 - 2 Chelsea

Klasemen

Klub

Main

Poin

Chelsea FC 

2

6

AS Roma 

2

4

Club Atlético de Madrid 

2

1

Qaraba? FK 

2

0

Group D

Juventus 2 - 0 Olympiacos

Sporting CP 0 - 1 Barcelona

Klasemen

Klub

Main

Poin

FC Barcelona 

2

6

Juventus 

2

3

Sporting Clube de Portugal 

2

3

Olympiacos FC 

2

0

Hasil Pertandingan Selasa:

Grup E

Sevilla 3 - 0 Maribor

Spartak Moscow 1 - 1 Liverpool

Klasemen

Klub

Main

Poin

Sevilla FC 

2

4

FC Spartak Moskva 

2

2

Liverpool FC 

2

2

NK Maribor 

2

1

Grup F

Manchester City 2 - 0 Shakhtar Donetsk

Napoli 3 - 1 Feyenoord

Klasemen

Klub

Main

Poin

Manchester City FC 

2

6

FC Shakhtar Donetsk 

2

3

SSC Napoli 

2

3

Feyenoord 

2

0

Grup G

Besiktas 2 - 0 RasenBallsport Leipzig

Monaco 0 - 3 FC Porto

Klasemen

Klub

Main

Poin

Be?ikta? JK 

2

6

FC Porto 

2

3

AS Monaco FC 

2

1

RB Leipzig 

2

1

Grup H

APOEL Nicosia 0 - 3 Tottenham Hotspur

Borussia Dortmund 1 - 3 Real Madrid.

Klasemen

Klub

Main

Poin

Real Madrid CF 

2

6

Tottenham Hotspur FC 

2

6

APOEL FC 

2

0

Borussia Dortmund 

2

0


(**/AN)




Page 1 of 10
Go to top