Olahraga

Olahraga (154)

Berita9.com - Pelatih Manchester City Pep Guardiola bersikeras timnya menang 2-1 dalam derbi Manchester di Old Trafford, Ahad, karena bermain lebih baik ketimbang Manchester United (MU).

Berkat kemenangan ini, Manchester City memperlebar selisih poin menjadi 11 angka atas Manchester United yang berada di urutan kedua dengan 35 poin. The Citizen pun menguasai 65 persen kepemilikan bola dan melepaskan total tembakan hampir dua kali lebih banyak ketimbang MU.

"Sama seperti musim lalu. Kami menang karena kami lebih baik. Di semua lini kami lebih baik," kata Guardiola dalam sebuah konferensi pers, menanggapi komentar pelatih MU Jose Mourinho yang menyebut timnya layak mendapat penalti atas pelanggaran Otamendi terhadap Herrera.

Dalam insiden itu, wasit justru memberikan kartu kuning kepada Herrera, yang dinilai pura-pura terjatuh di kotak penalti. Mengenai keputusan penalti itu, Guardiola mengatakan: "Bagi saya itu bukan penalti karena Otamendi tidak berniat menjatuhkannya."

"Ketika sebuah tim punya keberanian untuk meraih rata-rata kepemilikan bola 65-70-75 persen, itu karena tim benar. Karena mereka ingin bermain dan itulah yang telah kami lakukan," katanya sebagaimana dikutip situs berita olahraga ESPN.

"Kami jelas, kami terbuka, kami menginginkan bola dan kami ingin menyerang serta berusaha memenangi pertandingan menggunakan cara yang kami yakini," kata bekas pelatih Barcelona itu.

Kemenangan City ini sekaligus mengakhiri rekor Manchester United dengan 40 pertandingan tanpa kekalahan di Old Trafford, dan membuat mereka menyamai rekor kemenangan berturut-turut di Liga Inggris, yakni 14 kemenangan dalam pertandingan berturut-turut.

Walaupun unggul 11 poin dari rival terdekat mereka, namun Guardiola menyatakan timnya masih jauh dari gelar juara Liga Inggris.

"Pada Desember, Anda tidak bisa menjadi juara," tambahnya. "Tentu penting bagi kepercayaan diri kami, untuk merasa bahwa kami bisa berkompetisi di panggung terbesar dan memiliki kepribadian yang sangat besar."

(**/ESP)

Berita9.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket pada 2023. Kepastian itu didapat melalui pengumuman dari Twitter Presiden Republik Indonesia, Joko 'Jokowi' Widodo dan Federasi Basket Dunia (FIBA). Jokowi pun mengungkapkan rasa syukur,  Pengumuman tersebut dilakukan Jokowi melalui akun Twitter resmi Jokowi, Sabtu (9/12).

Dalam Twitter itu, dipastikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah bersama dengan Jepang dan Filipina untuk kejuaran dunia basket pada 2023 mendatang.

"Alhamdulillah, Indonesia bersama Jepang-Filipina dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket pada 2023. Kepercayaan dunia pada Indonesia yang menunjukkan keragaman, semangat, kekuatan, dan persatuan," demikian tulis Jokowi melalui akun Twitter-nya.

Senada dengan cuitan Jokowi, Federasi Basket Dunia melalui akun Twitter mereka juga memastikan bahwa Indonesia, Filipina, dan Jepang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2023.

Sementara itu, di situs resmi Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) sendiri belum diumumkan tentang kepastian Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket 2023.

Sebelumnya, Indonesia memang sudah mengajukan bidding untuk menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia 2023 mendatang.

Keterangan itu disampaikan langsung oleh Bendahara FIBA, Ingo Weiss, soal peluang Indonesia sebagai tuan rumah, beberapa waktu lalu saat berkunjung ke Jakarta.

"Sangat menarik melihat bangunan yang dibangun pertama kali sebelum 1962 untuk Asian Games dan sekarang sedang direnovasi."

"Ini bagus dan kami harus lihat ke depan lebih baik untuk olahraga basket karena banyak perbedaan saat bermain basket. Tapi saya yakin Indonesia punya peluang untuk ini," kata Weiss saat meninjau Istora Senayan yang bakal jadi venue untuk Kejuaraan Dunia Basket 2023.

Menurut Weiss, Presiden KOI (Komite Olahraga Indonesia) Indonesia atau KOI Erick Thohir akan melakukan apapun untuk bisa membawa kejuaraan dunia basket 2023 ke Indonesia. Apalagi ini untuk pertama kalinya bidding diajukan oleh tiga negara sebagai calon tuan rumah bersama, yakni Jepang, Filipina, dan Indonesia.

(**/nva)

Berita9.com - Yamaha MotoGP akan memperkenalkan motor baru mereka, YZR-M1 edisi 2018 pada 24 Januari 2018 di Madrid, Spanyol. Peluncuran motor baru itu akan dilakukan di sebuah bekas arena adu banteng.

Ini adalah kali ketiga Yamaha menggelar peluncuran motor baru di Spanyol. Sebelumnya acara peluncuran diadakan di markas dua sponsor utama Yamaha MotoGP, yaitu Telefonica (2015) dan Movistar (2017).

Namun sebelum melakukan peluncuran motor baru yang akan digunakan untuk balapan MotoGP 2018, Yamaha telah melakukan serangkaian pengenalan melalui kegiatan sosial. Salah satu kegiatan sosial yang dilakukan adalah menghibur anak-anak penderitan kanker di Rumah Sakit Kanker Anak-Anak di Brescia, Italia.

Di rumah sakit tersebut, motor yang dipakai Valentino Rossi untuk balapan tahun ini dibawa berkeliling rumah sakit. Anak-anak penderita kanker yang dirawat di sana diberi kesempatan untuk menunggangi motor tersebut dengan didorong di sekitar koridor rumah sakit.

Rossi sendiri belum dapat bergabung dalam kegiatan sosial di Brescia tersebut, namun pegenda MotoGP asal Italia itu berjanji akan segera melakukan aksi serupa. Rossi menjanjikan tak hanya membawa motor, namun juga helm barunya yang akan dipakai untuk balapan musim 2018.

(**/Tut)

Berita9.com - Mantan bintang Real Madrid, Jorge Valdano, ikut mengomentari performa buruk Real Madrid musim ini. Eks penyerang Timnas Argentina itu menilai salah satu pangkal masalah dari menurunnya penampilan Los Blancos karena tim itu banyak dihuni para pemain individualis.

Veteran yang juga pernah melatih Madrid pada 1994 hingga 1996 itu mengatakan, Madrid semakin kehilangan permainan mereka secara kolektif karena sejumlah pemain kian mementingkan diri sendiri.

“Satu masalah yang dialami tim itu [Real Madrid] adalah kecemasan. Lebih dari performa yang menurun, saya melihat para pemain yang ingin memenangkan laga bagi dirinya sendiri.”

“Isco salah satunya, ia selalu ada di manapun di lapangan. Ia adalah pemain penting, tapi karena upaya kerasnya itu membuat dirinya kelelahan,” kata Valdano, dikutip dari Marca.

Selain Isco, salah satu pemain yang juga dinilai Valdano masih belum bisa melepaskan penampilan egoisnya adalah Cristiano Ronaldo.

“Cristiano Ronaldo juga selalu berusaha menciptakan gol dalam semua situasi dan tidak coba terhubung [secara permainan] dengan [Karim] Benzema,” terang Valdano.

Selain itu, Valdano menganggap Zidane terlalu mengandalkan sejumlah pemain yang mampu mengantarkan Madrid juara Liga Champions dua musim lalu.

Akibat kebijakan itu pula, beberapa pemain muda berpotensi El Real hengkang karena harus menunggu antrean terlalu lama untuk tampil di tim inti.

“Hasil musim ini tentu tak bagus di Madrid dan menciptakan persepsi tidak percaya yang menyebabkan rasa kekhawatiran dan harus dibayar mahal,” ujar Valdano.

(**/bac)

Berita9.com - Pelatih Chelsea Antonio Conte yakin ada konspirasi Liga Primer untuk menjatuhkan timnya. Hal ini ia ungkapkan karena jadwal Chelsea yang sangat padat berbeda dengan lawan-lawan mereka. 

Pada pekan lalu, Chelsea menghadapi Liverpool di Anfield setelah melakoni laga tandang ke Qarabaq di Liga Champions. Pada akhir pekan ini mereka akan menghadapi Newcastle setelah dua hari yang lalu bertanding melawan Swansea.

"Sejujurnya sangat sulit untuk melihat ini sebagai kebetulan, satu kali hal seperti ini bisa terjadi. Dua masih bisa terjadi. Tapi Anda mulai bingung. Situasi dalam laga Qarabag sangat luar biasa. Saya harus jujur ini terjadi lagi," kata Conte seperti dilansir dari Metro, Ahad (2/12).

Conte dengan gamblang mengatakan aneh kalau hal ini terjadi secara kebetulan. Sebab, dia melanjutkan, dari 14 pertandingan hal seperti ini terjadi empat kali. “Newcastle main di hari Selasa, kami bermain di hari Rabu dan sekarang kami bermain bersama di hari Sabtu,” kata dia. 

Conte menambahkan hal ini ia ungkapkan bukan karena ia ingin mendapat keuntungan. Tapi agar tim-tim yang lain mengalami kesulitan yang sama. "Saya ingin dihargai atas pekerjaan saya, klub saya, pemain saya, untuk para penggemar. Saya tidak bodoh, jika seseorang ingin bercanda dengan saya, saya bukan orang yang tepat diajak bercanda," kata Conte.

Chelsea juga akan mengalami jadwal yang padat pada pekan depan. Chelsea akan menghadapi Atletico Madrid lima Desember sebelum melawan West Ham pada sembilan Desember. Tiga hari kemudian Chelsea kembali bermain melawan Huddersfield.

"Semua tim bisa memiliki situasi seperti ini. Saya tidak tahu, tapi sejak awal musim hanya Chelsea yang mengalaminya," katanya.

Pelatih asal Italia tersebut mengatakan ia sudah berbicara dengan klub mengenai hal ini. Conte berharap Chelsea dapat melakukan sesuatu untuk mengubah padatnya jadwal Chelsea. “Saya bicara untuk melindungi klub saya, pemain saya, penggemar saya dan mungkin untuk Liga Primer," tambahnya. 

(**/Met)

Berita9.com - Manchester City mampu tampil impresif pada gelaran musim 2017-2018. Salah satu yang menjadi kunci sukses The Citizens julukan Man City musim ini adalah sang winger, Leroy Sane.

Pemain berpaspor Jerman tersebut mampu tampil luar biasa musim ini. Mantan pemain Schalke 04 itu saat ini sudah mengemas masing-masing delapan gol serta assist dalam 19 pertandingan di semua kompetisi.

Hasilnya, Man City saat ini bertengger di posisi puncak klasemen sementara Liga Inggris 2017-2018 dengan raihan 37 poin. The Citizens berhasil unggul lima poin dari Manchester United yang bertengger di posisi dua.

Tidak hanya itu, skuad asuhan Josep ‘Pep’ Guardiola juga menjadi satu-satunya tim di kompetisi Liga Inggris yang belum mengalami kekalahan.

Selain itu, penampilan apik Man City juga berlanjut di kompetisi Eropa. Sergio Aguero dan kawan-kawan sudah dipastikan berlaga di fase knockout setelah menjadi juara Grup F meski masih menyisakan satu pertandingan. The Citizens saat ini sudah mengumpulkan 15 poin, unggul enam angka dari Shakhtar Donetsk.

Oleh karena itu, Man City tidak ragu untuk menaikkan gaji Sane. Menurut berita yang dimuat The Sun, Kamis (30/11/2016), klub yang bermarkas di Etihad Stadium tersebut akan menaikkan gaji pemain 21 tahun itu sebesar 25% yang semula 60.000 poundsterling menjadi 80.000 pounds per pekan.

(**/Kr)

Berita9.com - Joe Gomez, memuji rekannya Mohamed Salah yang tampil gemilang bersama The Reds julukan Liverpool pada musim ini. Hal itu ia sampaikan setelah pemain berpaspor Mesir itu bisa dibilang sebagai penyelamat Liverpool yang meraih hasil imbang kontra Chelsea di pekan ke-13 Liga Inggris 2017-2018 dengan skor 1-1.

Bermain di kandang sendiri, Stadion Anfield, Salah menjadi pencetak gol pembuka bagi Liverpool di menit 65. Sebelum akhirnya, Chelsea menyamakan kedudukan di menit 65 melalui aksi Willian yang mendapat umpan dari Eden Hazard.

Pemain berusia 25 tahun itu merupakan rekrutan Liverpool pada musim ini. Tapi kehadirannya kini menjadi salah pemain andalan The Reds untuk bisa mencetak gol. Hingga pekan ke-13 ini, Salah tercatat sudah mencetak 10 gol di Liga Inggris.

Sementara dari semua kompetisi, Salah sukses mencetak 15 gol dan empat assists. Selain 10 gol di Liga Inggris, lima gol lainnya dicetak pada Liga Champions dan satu diantaranya pada saat Liverpool melakoni kualifikasi. Hal itu pun membuat Gomes kaget, tapi ia terus berharap Salah dapat mencetak gol lebih banyak lagi.

“Ini konyol. Dia (Salah) datang dan kini menjadi amunisi tambahan besar bagi kami, sulit dipercaya,” ungkap Gomez, mengutip dari Goal, Senin (27/11/2017).

“Kekuatan menyerang kami adalah kualitas. Semua orang tahu itu. Jadi mudah-mudahan dia bisa terus melakukannya untuk kami,” pungkasnya.

(**/Kr)

Berita9.com - Walau tengah diterpa rumor tak sedap soal hubungannya dengan Neymar, pelatih Paris Saint-Germain Unai Emery sepertinya mulai melupakan kabar tersebut. Hal itu terlihat ketika Emery melemparkan pujian tunggal kepada Neymar setelah menginspirasi kemenangan telak 7-1 atas Celtic di Liga Champions, Kamis (23/11) dini hari WIB.

Bermain di Parc des Princes, PSG sempat dikejutkan oleh gol cepat Moussa Dembele. Namun Emery dan pasukannya tetap kalem dan mampu bereaksi cepat dengan mencetak empat gol balasan sebelum turun minum. Dua gol pertama dicetak Neymar sebelum Edinson Cavani dan Kylian Mbappe memperbesar skor.

Di babak kedua, tuan rumah terus menambah pundi-pundi gol lewat Marco Verratti, Cavani, dan Dani Alves untuk memastikan Les Parisiens membuat sejarah baru sebagai tim dengan catatan gol terbanyak dalam fase grup Liga Champions (24 gol). Kendati performa pemain lain tidak kalah bagus ketimbang Neymar, Emery tetap menyanjung tinggi kontribusi pemain termahal di dunia itu.

“Dia [Neymar] luar biasa. Dia selalu ingin bermain di setiap laga. Dia membuat semua pemain bisa merasakan manfaat dari talentanya,” kata Emery selepas laga.

“Kami semua gembira. Jika saja kami bisa menghilangkan gol Celtc, maka akan lebih baik. Masih ada detail-detail yang harus kami perbaiki. Di antaranya, kami tidak boleh sering kehilangan bola, penempatan posisi pemain saat bertahan, cara memanfaatkan ruang secara maksimal. Tapi saya rasa tim ini sudah sangat baik,” jelasnya.

Sementara itu, juru taktik Celtic Brendan Rodgers memilih untuk memuji tim lawan ketimbang menyalahkan para pemainnya yang terlihat tak berkutik di Prancis.

“Terkadang Anda harus angkat topi untuk kualitas lawan Anda. Mereka adalah tim hebat yang diperkuat para pemain hebat. Kami sebetulnya sudah mengerahkan segalanya, terus berlari dan berjuang, mengawali laga dengan baik, namun kami membuat kesalahan sehingga lawan bisa leluasa menyerang,” kata Rodgers.

(**/San)

Berita9.com - Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, tak menutup peluang menggunakan jasa pelatih asing untuk menjadi suksesor Indra Sjafri di tim nasional Indonesia U-19. Tisha menyatakan, siapa pun yang terpilih harus sesuai dengan Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia).

PSSI secara resmi mengeluarkan keputusan untuk tidak memperpanjang kontrak Indra Sjafri sebagai pelatih timnas Indonesia U-19, (21/11/2017). Sebagai gantinya, PSSI memberikan peran baru kepada Indra Sjafri yakni dalam program pengembangan sepak bola Indonesia.

"Pengganti Indra Sjafri bisa pelatih asing ataupun lokal. Hal yang paling penting adalah sosok itu harus terintegrasi dengan Filanesia kita. Pola latihan tidak boleh keluar dari Filanesia, karena ini menjadi tulang punggung ke event selanjutnya," kata Tisha kepada wartawan di Kantor PSSI, (21/11).

Lebih lanjut, Tisha mengatakan pelatih terpilih nantinya hanya akan berfokus pada dua agenda yang akan diikuti timnas U-19 di 2018 yakni Piala AFF U-18 dan Piala Asia U-19 2018. Untuk itu, Tisha mengklaim pihaknya tak ingin terburu-buru menentukan pilihan.

"Jadi istilahnya Ad hoc Timnas U-19. Bukan dia yang bertanggung jawab atas pembinaan itu. Untuk itu saat ini sedang menggodok kriterianya. Sampai sekarang belum ada nama yang kami bidik karena ini bukan seperti mencari pelatih untuk klub Liga 1," ucap Tisha.

Saat ini bursa pelatih baru tim nasional Indonesia U-19 diramaikan tiga nama. Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy menjadi satu-satunya pelatih asing yang akan menjadi pengganti Indra Sjafri. Selain itu ada pula nama Widodo Cahyono Putro (Bali United), hingga mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, masuk dalam bursa.

(**/BL)

Berita9.com - Liga Mahasiswa (Lima) terus melebarkan sayap. Kali ini, organisasi penyelenggara kompetisi olahraga antarperguruan tinggi di Indonesia tersebut mulai menggelar cabang sepak bola. 

Cabang ini menjadi nomor keenam yang dipertandingkan, mengikuti lima cabang yang sudah dilaksanakan sebelumnya yaitu bulutangkis, renang, futsal, basket, dan golf.

"Alasan Lima membuka cabang sepak bola, karena peminatnya tinggi. Selain itu, juga sepak bola merupakan olahraganya Indonesia,” ungkap Achmad Lanang, Management Consultant Lima, melalui siaran pers, (17/11).

Bila di cabang-cabang terdahulu digelar di beberapa conference (region), maka sebagai cabang debutan, sepak bola baru digelar di Jakarta dengan tajuk Lima Football: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta and Nusantara Conference 2017.

Azwar Mukhlis, Manajer Departemen Kompetisi dan Pertandingan Lima, mengatakan antusias para peserta terhadap pembukaan cabor baru ini sangat baik.

“Ada peserta yang sudah menantikan sejak lama pelaksanaan cabang sepak bola. Begitu kami umumkan, mereka langsung mendaftar untuk ambil bagian,” ujarnya.

Untuk gelaran perdana ini, tujuh perguruan tinggi telah memastikan keikutsertaannya dalam kompetisi sepak bola antar mahasiswa ini.

Ketujuh perguruan tinggi tersebut yaitu Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Indonesia (UI), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Trisakti (Usakti), Universitas Budi Luhur (UBL), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) serta Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Pertandingannya akan dihelat pada 16 - 23 November 2017 di Stadion UI di Depok, Jawa Barat.

Peraturan yang diterapkan di kompetisi ini pun sama ketatnya dengan peraturan-peraturan pertandingan pada cabang olahraga Lima lainnya. “Kami berusaha menjaga konsistensi peraturan di LIMA, mulai dari verifikasi, kostum, dan peraturan di lapangan,” ucap Azwar.

(**/Ant)

Page 1 of 11
Go to top