Olahraga

Olahraga (236)

Jakarta - Keberhasilan Lalu Muhammad Zohri meraih jura dunia lari 100 meter U-20 mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Perbanas Institute.

Lembaga pendidikan tersebut memberikan apresiasi kepada Zohri berupa beasiswa kuliah di Perbanas Institute. Hal ini disampaikan Rektor Perbanas Institute Marsudi Wahyu Kisworo.

“Kami sangat bangga atas prestasi yang luar biasa dari M. Zohri menjadi juara dunia lari 100 meter, sebagai bentuk apresiasi atas prestasi tersebut Perbanas Institute akan memberikan beasiswa 100 persen kuliah di Perbanas sampai lulus setelah M. Zohri menyelesaikan studi atau lulus SMA," katanya dalam siaran persnya, (17/7).

Saat ini Zohri tercatat sebagai siswa di SMA Pusat Pendidikan latihan Pelajar (PPLP) NTB.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor II Perbanas Institute Arus Akbar Silondae menambahkan, lembaganya sangat memperhatikan dan perduli terhadap pembinaan atlet berprestasi. 

Di Perbanas Institute sendiri, ungkap Akbar, saat ini cukup banyak atlet nasional di berbagai cabang olah raga uang mendapat beasiswa kuliah 100 % sampai lulus.

"Ini adalah bentuk dukungan nyata dan apresiasi kami kepada para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di berbagai event kejuaraan Penawaran beasiswa ini juga merupakan perhatian kami bagi masa depan atlet agar memiliki masa depan yang lebih baik,” tambah Arus Akbar.  

Perenang peraih medali emas SEA GAMES 2017 Siman Sudartawa, Pecatur Woman Master Internasional Chesie Sihite, Atlet Futsal bayu Saptaji adalah beberapa atlet nasional yang saat ini sedang mengenyam studi di Perbanas Instutute, kampus yang terletak di kawasan bisnis Kuningan Jakarta dan Bekasi tersebut. (*)

Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan bersama Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI Oesman Sapta menggelar nonton bareng (nobar) final piala dunia 2018, Perancis vs Kroasia. Acara tersebut berlangsung di Loby Gedung Nusantara III Komplek Parlemen Jakarta Semalam.

Ketiga Ketua Lembaga Negara tersebut tiba di tempat acara sekitar pukul 20.00, mengendarai motor gede. Setibanya di komplek parlemen, ketiga Pimpinan Lembaga Negara itu langsung menuju tempat diadakannya nobar.

Mereka disambut antusias oleh ratusan pengunjung yang sudah terlebih dahulu tiba di tempat sana, khususnya dari berbagai klub motor gede di Jakarta dan sekitarnya.

Sembari menunggu jalannya pertandingan yang berlangsung pukul 22.00 WIB, panitia sengaja menghidupkan suasana dengan menyajikan live music. Selain itu, panitia juga melakukan pengundian door prize.

Pertandingan sendiri berlangsung sengit. Kedua kesebelasan saling serang untuk membobol gawang lawannya. Tetapi hingga berakhirnya waktu normal 2 x 45 menit, Perancis unggul dengan skor 4-2.

Keberhasilan tersebut mengulang sukses yang diraih perancis 20 tahun lalu, saat Perancis keluar sebagai juara dunia tahun 1998.

Mengomentari kemenangan itu Ketua MPR mengaku senang karena Prancis keluar sebagai juara. Meskipun gol yang tercipta tidak sesuai perkiraannya. Sebelumnya, Ketua MPR memprediksi Prancis menang dengan skor 2-1. (*)

Berita9.com - Atlet atletik Indonesia Lalu Muhammad Zohri berhasil meraih gelar juara pada nomor lari 100 meter putra. Nomor lari yang dimenangkan oleh Zohri tak main-main, salah satu nomor bergengsi di dunia atletik.

Meski baru level Kejuaraan Dunia Atletik Junior U-20, mata dunia langsung berpaling melihat catatan waktu 10,18 detik yang dibukukan Zohri di Tampere, Findandia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tak lupa mengucapkan selamat kepada pelari muda kebanggaan baru Indonesia tersebut.

"Lalu Muhammad Zohri @lalusprinter The Flash-nya Indonesia meraih emas nomor 100 meter pada Kejuaraan Dunia IAAF World u20 di Finlandia," tulis Sandi di akun Instagram miliknya @sandiuno, Kamis (12/7/2018).

Dia mengatakan Zohri menjadi atlet pertama Indonesia yang pernah mendapat medali di turnamen bergengsi tersebut.

Sandi berharap hasil yang dicatat Zuhro dapat membangkitkan semangat atlet lain yang akan berlaga di ajang Asian Games bulan depan.

"Ini rumah kita, kita harus menang di rumah sendiri #AsianGames2018," kata Sandi yang juga gemar berlari.

Capaian Zohri di Tampere dengan catatan waktu 10,18 detik hanya terpaut satu detik dari prestasi seniornya, Suryo Agung Wibowo, yang mengukir rekor nasional di angka 10,17 detik.

Tampilnya Zohri meraih trofi level dunia membuatnya menjadi atlet andalan Indonesia seperti pernah dicapai atlet pelari cepat Indonesia sebelumnya seperti Purnomo, Sumardi, dan Suryo Agung Wibowo. Kini, Zohri muncul sebagai harapan baru Indonesia di nomor lari cepat 100 meter putra.

Atlet asal Lombok, Nusa Tenggara Barat itu, dalam keterangan tertulis Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) yang diterima Antara di Jakarta, Kamis, berhasil mengalahkan dua atlet Amerika Serikat Anthony Schwartz dan Eric Harrison.

Kedua atlet Amerika Serikat itu harus puas menempati peringkat dua dan tiga dengan catatan waktu masing-masing 10,22 detik. Catatan waktu Lalu 10,18 detik itu sekaligus memecahkan rekor nasional junior atas namanya sendiri 10,25 detik. (*)

Berita9.com - Kroasia mencatat sejarah baru dengan sukses menembus partai puncak turnamen paling bergengsi untuk pertama kali. Kroasia mencetak kejutan besar di Piala Dunia 2018 dengan menjungkalkan Inggris pada partai semi-final di stadion Luzhniki, Moskwa, untuk melaju ke partai puncak.

Sempat tertinggal terlebih dahulu melalui tendangan bebas Kieran Trippier pada menit kelima, gol Ivan Perisic pada paruh kedua dan sontekan Mario Mandzukic di babak tambahan, memastikan Kroasia meraih kemenangan 2-1.

Pencapaian istimewa itu menjadi sejarah baru bagi Kroasia, karena untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka sukses masuk ke final Piala Dunia, bahkan melewati catatan tim legendaris pada 1998 silam.

Seperti diketahui, 20 tahun silam Kroasia juga sukses menembus babak semi-final, tetapi Davor Suker dan kawan-kawan gagal menembus final karena gagal melewati Prancis, yang kemudian sukses menjadi juara turnamen.

Meski pada akhirnya skuat asuhan Miroslav Blazevic berhasil mempertahankan harga diri dengan menyegel posisi ketiga usai mengalahkan Belanda dengan skor 2-1.

Keberhasilan skuat Vatreni berarti menambah daftar negara yang berhasil masuk ke final Piala Dunia, dengan Kroasia menjadi negara ke-13 yang sukses mencicipi atmosfer partai tersebut.

Modric dan kawan-kawan tentu bangga dengan pencapaian historis ini, tetapi bukan berarti mereka sudah puas karena ambisi untuk menyempurnakan catatan melalui trofi juara tidak akan bisa ditutupi. (*)

Berita9.com - Kepindahan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus dipercaya akan memunculkan efek domino di bursa transfer. Sejumlah penyerang kelas wahid diyakini bakal hijrah demi mencari peruntungan baru.

Selepas kegagalan di Liga Champions musim lalu, Juventus benar-benar berbenah diri. Kehadiran megabintang Real Madrid, Ronaldo, diyakini bakal membawa atmosfer juara ke Turin.

Marca melansir, Gonzalo Higuain bakal jadi kambing hitam setelah Juventus resmi mendapatkan tanda tangan Ronaldo. Mediaset bahkan melaporkan Chelsea telah sepakat menggelontorkan kocek sebesar €60 juta untuk mendatangkan Higuain.

Higuain diperkirakan bakal bereuni dengan mantan pelatihnya di Napoli Maurizio Sarri yang diprediksi bakal menggantikan posisi pelatih Antonio Conte.

Striker Argentina itu disebut sebagai penjualan potensial untuk menutupi pengeluaran besar Juve untuk mendatangkan pemain sekelas Ronaldo yang mencapai €100 juta.

Namun, kehadiran Higuain nantinya bakal membuat salah satu striker Chelsea mesti hengkang. Alvaro Morata jadi kandidat kuat pemain Chelsea yang akan dilego karena musim lalu kalah bersaing dengan Olivier Giroud.

Morata diprediksi akan dijual ke Bayern Munchen. Klub juara Bundesliga musim lalu tersebut juga dikabarkan tengah mengincar striker Edinson Cavani untuk mengantisipasi kepergian striker andalan mereka, Robert Lewandowski.

Lewandowski sendiri memang sudah sejak musim lalu berniat pindah ke Madrid. Namun, pihak klub masih bisa mempertahankan sang kapten timnas Polandia itu hingga saat ini.

Sejumlah pemain bintang juga masuk daftar incaran Real Madrid setelah Ronaldo resmi hijrah ke Serie A. Neymar, Kylian Mbappe, Harry Kane, dan Eden Hazard dianggap sebagai pengganti ideal sosok Ronaldo di Bernabeu. (*)

Berita9.com - Timnas Belgia langsung fokus menatap laga semifinal Piala Dunia 2018 melawan Prancis usai mengalahkan Brasil 2-1 Stadion Kazan Arena, Sabtu (7/7) dini hari.

Duel Belgia vs Prancis akan terjadi di Stadion St. Petersburg, Rabu (11/7). Bintang kemenangan Belgia atas Brasil, Kevin De Bruyne siap menyambut pertandingan tersebut.

"Sekarang kami menghadapi tim yang luar biasa di dalam Prancis, tetapi setiap kali Anda mencapai semifinal Piala Dunia, Anda tahu tidak akan menghadapi lawan yang lemah. Kami sejajar dengan mereka, dan kami akan melakukan segalanya untuk menang," ujar De Bruyne dikutip dari situs FIFA.

Di mata De Bruyne, kemenangan atas Brasil karena perubahan taktik yang dilakukan Belgia. Pemain berusia 27 tahun itu juga menyebut duel dalam 15 menit terakhir sebagai tes karakter untuk Setan Merah.

Sementara pelatih Belgia Roberto Martinez mengakui lima gelar juara dunia milik Brasil sempat memengaruhi psikologis pemainnya. Namun, karena hal itu juga Martinez mengupayakan segala cara agar Romelu Lukaku dan kawan-kawan unggul secara taktik.

"Itu adalah pertaruhan besar untuk mengubah berbagai hal, dan kami membutuhkan pemain untuk percaya. Hari ini tidak benar-benar tentang taktik, ini tentang melaksanakan taktik-taktik tersebut," ucap Martinez.

Martinez juga senang mental bertanding timnya tidak goyah. Di babak kedua Brasil terus mengurung pertahanan Belgia. Tetapi para pemain Belgia tetap fokus dan tidak kehilangan konsentrasi.

"Hari ini adalah tentang mental mereka [pemain] dan saya adalah orang yang paling bangga di muka bumi, karena saya memberikan para pemain tugas taktik yang sulit. Cara mereka percaya sampai detik terakhir luar biasa," Martinez menuturkan. (ptr)

Berita9.com - Penyerang andalan Uruguay, Luis Suarez, antuasias menghadapi laga 16 besar kontra Portugal. Ia menyebut mentalitas akan menjadi kunci penting timnya bisa meraih kemenangan.

Uruguay lolos ke fase gugur sebagai juara grup A setelah mengemas poin sempurna dari tiga pertandingan, sedangkan Portugal merupakan runner-up grup B. Kedua tim akan saling mengalahkan di Fisht Stadium, Ahad (1/7/2018) dini hari WIB, untuk memperebutkan satu tempat di babak perempatfinal Piala Dunia 2018.

Suarez sempat mendapat kritik menyusul penampilan buruknya di pertandingan pembuka fase grup. Namun, penyerang Barcelona itu perlahan namun pasti bisa memperbaiki performa di laga selanjutnya. Ia mencetak gol semata wayang saat Uruguay menundukkan Arab Saudi kemudian satu gol saat mereka menghantam tuan rumah Rusia 3-0.

Menghadapi Portugal yang berstatus tim favorit, Suarez makin termotivasi mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam urusan meneror gawang lawan.

"Saya jauh lebih baik daripada di pertandingan pertama, pada tingkat pribadi saya sangat perfeksionis. Karena setelah pertandingan saya selalu melihat kembali apa yang terjadi, berbicara dengan rekan tim saya, dengan pelatih," kata Suarez dikutip dari Marca.

"Saya tahu apa yang kami mainkan besok, babak 16 besar Piala Dunia melawan juara Eropa. Kami sepenuhnya termotivasi dan kami memiliki untuk menjadi tenang mengetahui bahwa jika salah maka kita telah memberikan segalanya. Tapi mental kami selalu menang," ia menambahkan.

Laga ini akan menjadi pertemuan perdana kedua negara di ajang internasional. Pemenang pertandingan ini akan berhadapan dengan pemenang dari laga Argentina kontra Prancis. (*)

Berita9.com - Timnas Argentina menang secara dramatis atas Nigeria pada laga pamungkas penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Selasa (26/6/2018) atau Rabu dini hari WIB. Marcos Rojo menjadi pahlawan Albiceleste lewat tendangan volinya pada menit ke-86.

Sebelumnya, Argentina memimpin lewat gol Lionel Messi pada menit ke-14. Namun Nigeria membalasnya melalui penalti Victor Moses pada menit ke-51, sebelum Rojo mematri kemenangan peraih dua gelar juara dunia ini.

Dengan demikian, Argentina menjadi runner-up Grup D, mendampingi Kroasia ke babak 16 besar. Sementara itu Nigeria harus gigit jari karena kekalahan ini membuat mereka tergusur dari peringkat kedua lantaran hanya mengumpulkan tiga poin, terpaut satu dari Argentina.

Pada fase knock-out, Argentina bertemu Perancis yang merupakan juara Grup C, sedangkan Kroasia menghadapi Denmark (runner-up Grup C). Duel Perancis vs Argentina berlangsung Kazan Arena, Kazan, 30 Juni, sedangkan Kroasia vs Denmark berlangsung di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, 1 Juli.

Argentina bermain agresif sejak peluit kick-off berbunyi. Tak perlu waktu yang lama bagi mereka untuk mencetak gol karena pada menit ke-14, Messi membobol gawang Nigeria.

Megabintang Barcelona ini memperlihatkan skill individu yang memukau. Menerima umpan lambung Ever Banega dari tengah lapangan, Messi yang berlari ke dalam kotak penalti melakukan kontrol dan dengan dua sentuhan, dia melepaskan tembakan dengan kaki kanan. Si kulit bulat bersarang di sisi kanan gawang Nigeria.

Ini menjadi gol pertama Messi dalam Piala Dunia 2018. Lesakkannya ini pun mengakhiri penantian selama 662 menit dalam ajang serupa sejak terakhir kali dia membobol gawang Nigeria pada Piala Dunia 2014.

Menit ke-34, Messi nyaris menggandakan keunggulan lewat tendangan bebas setelah Angel Di Maria dilanggar dekat kotak penalti. Sayang, bola sepakan Messi ke sisi kiri gawang Nigeria bisa ditepis Francis Uzoho sehingga skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada paruh kedua, Nigeria berusaha keluar dari tekanan. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-51 setelah mendapat penalti akibat pelanggaran Javier Mascherano terhadap Leon Balogun saat terjadi tendangan pojok. Moses dengan sempurna mengeksekusi hukuman itu.


Situasi yang membuat mereka bakal gagal ke babak selanjutnya membuat Argentina kembali bermain ofensif. Sergio Aguero pun dimasukkan untuk meningkatkan intensitas serangan.

Usaha Albiceleste membuahkan hasil pada menit ke-86. Rojo melakukan voli ketika menerima umpan silang Gabriel Mercado dari sayap kanan, membuat Argentina memimpin 2-1 yang bertahan hingga laga usai.

Pada pertandingan lain, Kroasia menang 2-1 atas Islandia, yang membuat Luka Modric dkk lolos dengan nilai sempurna karena menang dalam tiga laga penyisihan grup. Kroasia unggul berkat gol Milan Badelj pada menit ke-53 sebelum dibalas melalui penalti Gylfi Sigurdsson pada menit ke-76. Ivan Perisic memastikan Kroasia menang pada menit ke-90.

Susunan pemain Nigeria vs Argentina

Nigeria (3-5-2): 23-Francis Uzoho; 22-Kenneth Omeruo (Alex Iwobi 90'), 5-William Troost-Ekong, 6-Leon Balogun; 21-Tyronne Ebuehi, 4-Onyinye Ndidi, 10-John Obi Mikel, 8-Oghenekaro Etebo, 11-Victor Moses; 14-Kelechi Iheanacho (Odion Ighalo 46'), 7-Ahmed Musa (Simy 90')

Pelatih: Gernot Rohr

Argentina (4-4-2): 12-Franco Armani; 3-Nicolas Tagliafico (Sergio Aguero 80'), 17-Nicolas Otamendi, 2-Gabriel Mercado, 18-Marcos Rojo; 11-Angel Di Maria (Maximiliano Meza 72'), 15-Enzo Perez (Cristian Pavon 61'), 14-Javier Mascherano, 7-Ever Banega; 9-Gonzalo Higuain, 10-Lionel Messi

Pelatih: Jorge Sampaoli

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)

Berita9.com - Gelandang serang Francisco Roman Alarcon Suarez atau Isco terpilih menjadi bintang laga (man of the match) saat Spanyol meladeni Maroko pada laga terakhir Grup B. Selain aksinya sepanjang laga, gol pembuka Spanyol yang dicetak bintang Real Madrid ini membuatnya terpilih sebagai man of the match

Laga antara La Roja melawan Singa Atlas yang berlangsung di Stadion Kaliningrad, Selasa (26/6) dini hari WIB  berakhir imbang 2-2. Isco mencetak satu gol saat menyamakan kedudukan pada menit ke-19. Ketika itu Spanyol sudah ketinggalan lebih dulu sejak menit ke 14 oleh aksi solo run Khalid Bouthaib.

Isco mencetak gol indah dengan kaki kanan di depan kotak penalti. Ia sebelumnya melakukan kontrol dengan kaki kiri setelah menerima bola kiriman dari Andres Iniesta.

Walau bermain seri 2-2, Spanyol sebenarnya mendominasi pertandingan. Tercatat 11 tembakan mengarah ke gawang dilepaskan La Roja. 

Isco menjadi kreator lini serang Spanyol. Beberapa kali Isco pun ikut mengeksekusi peluang yang ada.

Usai mendapatkan torfi man of the match, Isco berharap timnya bisa melaju lebih jauh di Piala Dunia 2018 ini.  Ia paham Spanyol belum tampil sesuai harapan walau berhasil menjadi juara grup. Secara pribadi, Isco ingin terus memberi kontribusi baik dengan gol maupun sebagai pengumpan.

"Kami senang bisa jadi juara grup. Tapi kami harus lebih fokus," ujar Isco. (*)

Berita9.com - Tim Nasional (Timnas) Jerman akhirnya menunjukkan kelas mereka sebagai juara bertahan Piala Dunia. Menghadapi Swedia pada laga kedua Grup F, Ahad (24/6/2018) dini hari WIB, Jerman memetik kemenangan dengan skor 2-1.

Hasil ini membuat peluang Jerman untuk melangkah ke babak selanjutnya tetap hidup. Namun, kemenangan tersebut didapatkan dengan cara yang tak mudah. Swedia bahkan sempat unggul lebih dulu di menit ke-32 usai Ola Toivonen merobek jala Manuel Neuer.
 
Jerman merespons dengan baik di babak kedua. Mereka melancarkan beragam serangan ke sisi sayap hingga akhirnya mencetak gol penyama kedudukan lewat Marco Reus.
 
Ketika laga dirasa bakal berakhir imbang, Toni Kroos lalu muncul sebagai penyelamat di masa injury time melalui gol lewat tendangan bebas. Berangkat dari hasil ini, pelatih Joachim Loew, mengapresiasi ketenangan para pemain Jerman dan kemampuan mereka dalam mengatasai tekanan ketika tertinggal.
 
"Saya meminta para pemain agar tetap tenang di 45 menit babak kedua, tidak panik, dan mencoba peragakan bola-bola panjang dengan bola tinggi, tapi kemudian dilanjutkan dengan operan pendek dan mengarahkan ke sayap untuk menusuk," kata Loew sebagaimana dilansir Reuters.
 
"Beberapa hal yang saya apresiasi adalah kami tidak kehilangan kepercayaan diri, kami tidak panik setelah tertinggal. Kami tetap pada level terbaik, kami harus terus mengoper dan mencoba untuk membuka ruang. Di babak kedua, kami meningkatkan tekanan."
 
"Kami melewatkan beberapa kesempatan bagus, tapi saya mengapresiasi semangat tim, kami tidak pernah kehilangan harapan untuk memenangi pertandingan. Ada sedikit keberuntungan pada gol di babak tambahan waktu, tapi itu pun hasil dari kepercayaan diri yang terus ada," paparnya.
 
Secara khusus, Loew juga melemparkan pujian kepada mental permainan Kroos yang jadi penyelamat Jerman. Gelandang Real Madrid ini berkontribusi untuk terciptanya gol Swedia, karena operannya di daerah pertahanan sendiri bisa intersep yang membuat Swedia langsung melancarkan serangan balik.
 
Kroos terus berusaha mengatur serangan Jerman dan akhirnya bisa membayar kesalahannya dengan mencipatkan gol kemenangan lewat tendangan bebas di masa injury time yang membikin Loew dan para pendukung Jerman senang bukan kepalang.
 
"Saya sangat senang untuk dia, Kroos jelas terlibat dengan gol Swedia, itu adalah insiden yang tidak menguntungkan. Namun, apa yang dia lakukan dengan tendangan bebas di menit-menit terakhir sangat baik. Tentu saja, laga ini sangat menegangkan, penuh emosi, seperti menaiki rollercoaster," pungkasnya.
 
Berkat kemenangan ini, asa Jerman untuk lolos ke fase gugur Piala Dunia 2018 tetap terbuka. Di laga terakhir grup, Rabu (27/6/2018), Jerman akan menghadapi Korea Selatan. (*)
Page 1 of 17
Go to top