Olahraga

Olahraga (246)

Jakarta - Ketua pelaksana Asian Para Games (INAPGOC) 2018, Raja Sapta Oktohari mengatakan, konsep acara pembukaan Asian Para Games nanti akan berbeda dengan Asian Games 2018.

Indonesia, yang ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018, mengaku sudah siap untuk menggelar multi event untuk penyandang disabilitas tersebut yang diselenggarakan pada 6 Oktober-13 Oktober 2018 mendatang.

Asian Para Games 2018 akan dibuka pada pada 6 Oktober 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan akan dimeriahkan oleh seribu performance, di antaranya terdiri dari pelajar, profesional dancer, 40 penampil dari penyandang disabilitas, dan berbagai musisi.

"Asian Para Games ini merupakan sejarah baru untuk Indonesia. Belum tentu 50 tahun lagi kita akan jadi tuan rumah, ini kita sedang membuat sejarah," ujar pria yang akrab disapa Okto tersebut di GBK Arena, Jakarta, (20/9/).

Untuk menyambut event sebesar ini, Okto mengatakan telah menyiapkan acara pembukaan yang tak kalah meriah dengan pembukaan Asian Games kemarin, termasuk dengan negara-negara penyelenggara Asian Para Games di tahun-tahun sebelumnya.

INAPGOC telah mempersiapkan acara pembukaan yang memiliki kesan tersendiri dengan menyampaikan pesan-pesan kemanusiaan dan pesan moral di acara pembukaan tersebut.

"Kosepnya pun berbeda dengan Asian Games. Di Asian Games kemarin konsepnya musik festival, kalau di Asian Para Games ini konsepnya gelaran dan lebih banyak atraksi-atraksi seni. Pesan dari pembukaan Asian Para Games ini adalah kemanusian yang adil dan beradab serta persatuan Indonesia," ia menambahkan.

"Kita harus mampu tampil paling tidak memiliki kesan yang posistif dari negara-negara sebelumnya, Guanzhou (China) dan Incheon (Korea Selatan)," pungkasnya.

[**/rza]

Jakarta - Pemprov DKI akhirnya memberikan tambahan bonus bagi para atlet asal Jakarta yang meraih medali di ajang Asian Games 2018.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta enggan memberikan bonus kepada para atlet. Namun, setelah mendapatkan kritikan dari DPRD DKI Jakarta akhirnya Pemprov DKI Jakarta menyepakati kenaikan bonus untuk para atlet.

Kepala Disorda DKI Jakarta Ratiyono mengakui, kenaikan bonus itu merupakan usulan anggota DPRD DKI Jakarta dalam rapat pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS).

"Kemarin kami dengar masukan Banggar untuk bonus yg tadinya Rp 300 juta diusulkan Rp 750 juta dan ini pajaknya dibayar pemerintah, jadi mereka terima bersih. Kalau ini disepakati, berarti anggarannya terserap semuanya," ujar Ratiyono dalam rapat anggaran di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Rabu (12/9/2018).

Ratiyono melanjutkan, setelah kenaikan bonus untuk atlet disepakati bersama DPRD DKI Jakarta maka selanjutnya Pemprov DKI Jakarta akan melakukan revisi Keputusan Gubernur DKI Jakarta. Diketahui, dalam Pergub itu tidak ada kenaikan bonus untuk para atlet.

"Konsekuensi yang harus dilakukan Pemprov DKI adalah melakukan revisi Keputusan Gubernur (Kepgub)," katanya.

Diketahui sebelum disahkan bonus para atlet mendapatkan bonus sebesar Rp 300 juta, peraih medali perak menerima Rp 150 juta, serta peraih medali perunggu menerima Rp90 juta.

Setelah disahkan maka para atlet akan menerima bonus sebesar Rp 750 juta, peraih medali perak menerima Rp 500 juta, dan atlet peraih medali perunggu menerima Rp 250 juta.

(**/YN)

Berita9.com - Juventus merilis daftar pemain yang disiapkan untuk pertandingan Liga Champions Eropa. Hanya nama Leonardo Spinazzola yang tidak disertakan.

Massimiliano Allegri terpaksa mencoret Spinazzola dari skuadnya disebabkan bek sayap kiri itu masih berjuang memulihkan cederanya. Moise Kean yang promosi dari tim junior Juve masuk dalam daftar B.

Semua pemain baru I Bianconeri yang direkrut di awal musim ini seperti Cristiano Ronaldo, Joao Cancelo, Emre Can, Leonardo Bonucci dan kiper Mattia Perin masuk termasuk dalam pilihan Allegri untuk kompetisi Eropa.

Hasil undian babak penyisihan Liga Champions Eropa menempatkan Juve berada di Grup H bersama Manchester United, Valencia, dan Young Boys.

Si Nyonya Tua akan memainkan laga perdana dengan bertamu ke kandang Valencia pada 19 September mendatang.

Skuad Juve di Liga Champions Eropa 2018-19

1 Wojciech Szczesny
2 Mattia De Sciglio
3 Giorgio Chiellini
4 Medhi Benatia
5 Miralem Pjanic
6 Sami Khedira
7 Cristiano Ronaldo
10 Paulo Dybala
11 Douglas Costa
12 Alex Sandro
14 Blaise Matuidi
15 Andrea Barzagli
16 Juan Cuadrado
17 Mario Mandzukic
18 Moise Kean (B List)
19 Leonardo Bonucci
20 Joao Cancelo
21 Carlo Pinsoglio
22 Mattia Perin
23 Emre Can
24 Daniele Rugani
30 Rodrigo Bentancur
33 Federico Bernardeschi

Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengklaim Prabowo Subianto akan memberi bonus kepada atlet pencak silat yang memperoleh medali emas dalam Asian Games tahun 2019.

Menurut Muzani, Ketua Umum Partai Gerindra yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) itu biasa memberikan bonus kepada atlet yang berprestasi.

"Biasa gitu yang berprestasi oleh beliau (Prabowo) dikasih bonus," ujar Muzani di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta, (27/8).

Meski mengklaim bakal memberi bonus, Muzani tidak mengetahui jenis bonus dan seberapa besar bonus yang akan diterima para atlet tersebut.

"Bonusnya berapa, besarnya berapa saya tidak tahu," ujar Muzani.

Di sisi lain, Muzani menilai Prabowo berjasa besar dalam cabang Pencak Silat di Indonesia. Hal itu, kata dia, dibuktikan lewat statusnya sebagai Ketum PB IPSI selama tiga periode.

Bahkan, bakal capres di Pilpres 2019 itu menjabat sebagai Presiden Persekutuan Pancak Silat Antarbangsa.

"Jadi peran beliau sangat besar," ujar Muzani.

Muzani menambahkan Prabowo bakal menemui para atlet pencak silat yang berlaga di Asian Games 2018. Namun, ia belum dapat memastikan waktu pertemuan pertemuan tersebut.

Sebelumnya, para atlet Indonesia terus menambah perolehan medalinya dalam ajang Asian Games 2018. Khusus cabang olahraga Pencak Silat, Indonesia berhasil mengumpulkan delapan medali emas. (*)

Berita9.com - Palembang sebagai tuan rumah dengan Jakarta, Ibukota Sumatera Selatan menyiapkan berbagai pesta rakyat. Salah satunya Festival Sriwijaya yang akan digelar pada 22 hingga 27 Agustus 2018 di Benteng Kuto Besak, Palembang.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan Festival Sriwijaya adalah momentum untuk mempromosikan Palembang saat Asian Games. Ia menyebut jika Asian Games 2018 akan diserbu sekitar 50 ribu wisman di Palembang.

"Momentum tersebut harus dimanfaatkan. Palembang yang jadi role model sport tourism, harus bisa menyambut para wisatawan yang hadir dengan hospitality," paparnya, seperti mengutip dari laman resmi Kemenpar.

Menteri Arief menambahkan, Kementerian Pariwisata juga memanfaatan event Asian Games untuk mendatangkan banyak wisatawan ke destinasi wisata di Indonesia.

"Momen Asian Games 2018 baik untuk melakukan promosi. Baik oleh para pengusaha, maupun destinasi wisata di Palembang. Momentum ini juga dimanfaatkan Kementerian Pariwisata, untuk menarik wisatawan mancanegara datang ke Indonesia. Menurut data Kemenpar jumlah wisman untuk Kuliner dan Belanja sebesar 30 hingga 40 persen," ujar Menpar Arief Yahya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Parawisata, I Gde Pitana mengatakan, Festival Sriwijaya yang ke-27 ini akan bercerita tentang kebudayaan, pariwisata dan pesta rakyat pada masa lampau.

"Selama Asian Games nanti kita ada dua festival yang digelar di Jakabaring dan BKB. Festival ini akan bercerita tentang kebudayaan, serta bagaimana perjalanan budaya yang akhirnya menjadi destinasi wisata," ujar Pitana.

Rencananya, Festival Sriwijaya akan diikuti 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan. Mereka akan menyajikan tarian, drama musikal, lagu daerah, juga kuliner.

Tujuan festival ini adalah untuk untuk melestarikan nilai-nilai budaya. Juga meningkatkan citra Sumatera Selatan sebagai daerah tujuan wisata. Harapannya untuk meningkatkan pemerdayaan ekonomi kerakyatan. Juga, menampilkan puncak kreativitas daerah yang merefleksikan orisinalitas, kemandirian dan kearifan lokal.

"Festival Sriwijaya ini akan menjadikan Sumatera Selatan sebagai tujuan nasional utama. Terlebih momentumnya tepat yaitu Asian Games. Ribuan mata akan tertuju ke Palembang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga mengatakan, Festival Sriwijaya 2018 akan dimulai dengan sebuah bioskop mobile yang akan menyaring film-film pendidikan, budaya dan pariwisata, diikuti oleh sebuah acara pembukaan yang diikuti oleh 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. Selanjutnya, akan menggelar lomba melukis, pameran dan pentas seni.

Selain itu, akan ada panggung yang menampilkan pertunjukan musik etnik, parade musik jalanan, parade dul muluk dan pertunjukan budaya dari kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

Pada sesi berikutnya, acara utama akan mencakup lokakarya dan diskusi tentang budaya Sumatera Selatan. Acara penutupan akan digelar pada hari terakhir, serta pagelaran budaya dari enam kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

Festival sendiri, lanjut Irene, digelar dari 8 Agustus hingga 2 September. Nantinya panitia pelaksanna akan menampilkan berbagai pertunjukan, mulai komunitas, UKM, seni, kebudayaan dan para pelaku wisata.

"Khusus di Jakabaring, nanti ada acara outdoor dan perfomance setiap harinya dari pukul 17.00 WIB. Ada tarian masal, karena ada 4.000 tamu undangan yang hadir saat Asian Games tanggal 18 Agustus," kata Irene.

Selain menggelar festival, pemerintah juga akan menawarkan paket wisata, seperti tur kota tiga hari di Palembang dan perjalanan belanja empat hari.

"Kami support penuh pelaksanaan Asian Games di Palembang. Termasuk pada penyelengaran Festival Sriwijaya yang digagas Disbudpar Sumatera Selatan. Bahkan untuk di sungai Musi nantinya akan ada festival perahu bidar hias dan permainan tradisional," katanya. (*)

Berita9.com - Pebalap sekaligus dua kali juara dunia Formula 1, Fernando Alonso, membuat keputusan mengejutkan. Dia menyatakan bakal pensiun dari ajang balap jet darat itu pada akhir musim 2018.

Sebagaimana dilansir AFP, Selasa (14/8), Alonso menyatakan keputusan itu diambil melihat performa timnya, McLaren. Konon lelaki berusia 37 tahun itu mengaku kecewa dengan mobil McLaren yang dianggap tidak mampu mengimbangi pacuan tim lain di ajang F1 saat ini.

"Ada saatnya bagi semua orang membuat perubahan dan Fernando memutuskan akan melakukan itu akhir musim ini. Kami menghormati keputusannya, meski kami melihat dia sedang dalam masa-masa terbaiknya," tulis McLaren dalam keterangan resminya.

Selama berkiprah di balap Formula 1, Alonso berhasil memenangkan 32 seri dalam 17 musim balapan.

Alonso menyatakan keputusan itu diambil beberapa bulan silam, dan dia menyatakan niat itu sudah bulat. Namun, dia berjanji akan menyelesaikan musim ini dengan mengerahkan segenap kemampuannya.

"Kita lihat ke depannya seperti apa. Tantangan baru sudah menanti saya di setiap tikungan. Saya melalui salah satu masa terbaik dalam hidup, tetapi saya ingin merasakan petualangan baru," kata Alonso sebagaimana dilansir BBC. (*)

Jakarta - Laga pertama Asian Games 2018 bergulir di Stadion Patriot Candrabhaga. Penjualan tiket di hari perdana terbilang sangat sedikit. Penonton masih sepi.

Pertandingan sepakbola antara Laos vs Hong Kong menandai dimulainya Asian Games 2018. Kedua tim bertanding pada Jumat (10/8/2018) sore WIB. Selepas laga tersebut, akan berlangsung duel antara Palestina vs Taiwan di lokasi yang sama.

Belum banyak tiket yang terjual di tiket box Stadion Patriot pada hari ini. Dari hasil penelusuran tiket yang terjual di stadion terjual kurang dari 20 lembar sampai pukul 15:25 WIB di salah satu loket penjualan.

Jika diamati, penonton yang datang pada hari ini mayoritas dari siswa sekolah, seperti halnya SMP 1 dan SMP 4 Bekasi. Ada pula beberapa rombongan karyawan berbatik.

"Ada tiket redeem juga. Kalau penjualan hari ini belum sampai 20 lembar," kata seorang penjaga tiket box.

Namun, menurut salah satu petugas di dalam tiket box, David Aritonang, jumlah penjualan belum bisa dipastikan. Hal itu baru bisa diketahui setelah penjualan hari ini ditutup.

"Kepastian jumlah yang terjual baru nanti. Kita juga tidak bisa mengeluarkan data pastinya," timpal David.

Laga hari ini diamankan oleh 1.700 petugas gabungan dari TNI dan Kepolisian. Jumlah tersebut tidak akan jauh berbeda ketika Timnas Indonesia bermain nanti.

"Ada 1.700 petugas gabungan. Itu semua di stadion dan cuma empat pintu yang di buka," kata Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto.

Sampai babak kedua berlangsung, Tribune Timur pintu 9 sampai 14 nyaris tanpa penonton. Keramaian cuma terlihat di Tribune Timur pintu 15 dengan diisi oleh siswa sekolah SMP. Sementara itu, di Tribune Utara dan Selatan yang ada di belakang gawang juga sangat minim penonton.

Pada Tribune Barat, termasuk VIP, jumlah penonton masih bisa dihitung dengan jari. Keramaian cuma terletak di Tribune Barat samping pintu 22. (*)

Berita9.com - Pelatih Manchester United, Jose Mourinho menilai, kehadiran Cristiano Ronaldo sangt bagus untuk sepak bola Italia. Menurut Mourinho, Juventus bisa terus mendominasi Seri A bersama Ronaldo.

Ronaldo direkrut dari Real Madrid senilai 100 juta Euro (1,86 triliun Rupiah) plus 12 juta Euro (202 miliar Rupiah) untuk sang agen, Jorge Mendes. CR7 mendapat kontrak berdurasi empat tahun.

Sebelum ada Ronaldo, Juventus sudah mendominasi Seri A dalam tujuh musim terakhir. Bianconeri selalu meraih Scudetto dalam tujuh tahun terakhir secara beruntun.

"Ronaldo ke Juventus akan sangat luar biasa untuk sepak bola Italia. Bianconeri mendominasi dalam beberapa tahun terakhir dan kini akan makin mudah bagi mereka dengan adanya Ronaldo," kata Mourinho, dikutip dari Football Italia.

"Tapi saya pikir hadirnya Ronaldo bisa memberikan motivasi ekstra bagi rival-rival Juventus lain. Mungkin superioritas Juventus bisa memberikan sedikit dorongan kepada tim seperti Milan, Inter, dan Napoli," ujarnya. (*)

Berita9.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) didesak untuk segera membatalkan lelang sayembara Opening dan Closing Ceremony pada penyelenggaraan Asian Para Games 2018 (INAPGOC) yang di menangkan oleh PT. Royalindo Expoduta. 

Pasalnya, selain karena ada dugaan malapraktek, dalam penentuan pemenang lelang juga ditemukan potensi kerugian negara sebesar Rp3.5 miliar.

Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menduga, pihak panitia lelang telah memenangkan perusahaan yang menawarkan harga yang tinggi dan mahal.

''Ada dua alasan lelang proyek dibatalkan. Pertama, ditemukan potensi kerugian negara sebesar Rp.3.5 miliar. Kerugian negara ini ditemukan lantaran pihak panitia lelang telah memenangkan perusahaan yang menawarkan harga yang tinggi dan mahal yakni PT.Royalindo Expoduta dengan nilai penawaran sebesar Rp.208 miliar,'' ujar Uchok dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (21/7/2018).

Selain itu, kata Uchok, ada beberapa temuan lain yang didapat CBA berindikasi pada kecurangan PT.Royalindo Expoduta sehingga dapat memenangkan lelang. 

Menurutnya, PT. Royalindo Expoduta melanggar formulir isian kualifikasi point 5 yang berbunyi ''Badan usaha yang saya wakili tidak masuk dalam daftar hitam, tidak dalam pengawasan pengadilan, tidak pailit atau kegiatan usahanya tidak sedang dihentikan''.  

''Sebagai perusahaan pemenang tender, PT. Royalindo Expoduta memasukan Balich Worldwide Show (BWS) Italy sebagai mitra kerja atau kerja sama operasi (KSO). Padahal BWS sedang dalam proses hukum di negaranya, Italy. Saat ini telah diputuskan di Pengadilan tingkat pertama dan sedang mengalami masalah keuangan,'' ungkap Uchok.

Untuk itu, Uchok meminta ketegasan Kemenpora segera membatalkan dan melakukan tender ulang secara transparan. Apabila hal itu tidak diindahkan, pihaknya akan melaporkan ke Ombudsman RI dan KPK karena ada dugaan kerugian negara.

''Jika tidak ada langkah konkret dari Menpora, CBA akan melaporkan kasus ini ke Ombudsman RI karena diduga ada malpraktek dalam menentukan pemenang lelang. Termasuk mengadukan potensi kerugian negara sebesar Rp3,5 miliar ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),'' pungkasnya.

Sebelumnya, PT Gaya Kreasi Komunika dan PT Globe Fivent (pemenang cadangan) dalam sanggahannya menuntut tender dibatalkan dan dilakukan tender ulang karena merasa dirugikan oleh panitia dan pemenang lelang. Proses lelang tidak dilakukan secara adil, fairness dan mencederai prinsip-prinsip pelelangan yaitu terbuka, bersaing, tidak diskriminatif dan akuntabel. (*)

Jakarta - Keberhasilan pemuda asal Lombok Utara Lalu Muhammad Zohri dalam kejuaraan dunia atletik di Finlandia beberapa waktu lalu harusnsya menjadi contoh bagi generasi muda untuk berprestasi. Hal itu disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla saat pembekalan capaja TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Rabu (18/7).
 
"Sekarang ini pergaulan sangat dipengaruhi teknologi, pasti kalau ada 100 anak, ada 100 hanphone itu semua bisa berhubungan, bisa melihat apa saja. Pengalaman daripada anak muda yang ditangkap sebagai teroris dia belajar membikin bomnya dari internet," kata JK.
 
Terlepas dari banyaknya informasi positif dan negatif yang beredar, JK meminta para generasi muda untuk melakukan kegiatan positif lain. Banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya dengan olahraga.
 
JK ingin generasi muda mencontoh Lalu Muhammad Zohri yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia lari sprint 100 meter kategori Atletik Junior U-20 di Tampere, Finlandia.
 
"Kita kemarin sangat menghormati karena ada Muhammad Zohri yang juara dunia lari 100 meter, itu perlu kita contoh seperti itu. Apabila generasi muda banyak olahraga, banyak ke perpus, ke pengajian ke acara keagamaan saya kira generasi muda akan terarah, banyak belajar ekonomi, mulai usaha, berdagang," ujar JK.
 
JK mengatakan, generasi muda sebaiknya fokus pada hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain. Seperti halnya saat ini, banyak kegiatan e-commerce yang kebanyakan dilakukan oleh anak muda yang mampu memberikan lapangan kerja untuk masyarakat.
 
"Contohnya e-commerce, semua dilaksanakan anak muda, perdagangan elektronik. itu akan memberikan lapangan kerja yang banyak untuk generasi muda, sehingga generasi muda kita terhindar dari pergaulan salah," ujar JK.
 
"Kalau dia menjadi teroris dia jauh lebih berbahaya, kalau dia jadi pedagang narkoba, itu menyebabkan generasi muda ke depan berbahaya," jelasnya. (*)
Page 1 of 18
Go to top