Olahraga

Olahraga (326)

Berita9.com - Taufik Hidayat kembali mengeluarkan pernyataan yang tendensinya menyerang Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI). Kali ini lewat komentarnya di Instagram Tontowi Ahmad.

Tontowi yang beberapa hari lalu mengumumkan pensiun dari dunia bulutangkis mengunggah infografis pencapaian. Lantas Taufik berkomentar mengenai keputusan sang junior pensiun.

Dalam komentarnya, Taufik memberi isyarat Tontowi telah ditepikan oleh PP PBSI. Sebagai peraih medali emas Olimpiade 2018 Rio de Janeiro, seharusnya dia diperlakukan baik.

Dalam kalimat penutupnya, Taufik sekali lagi menyebut-nyebut soal menjadi atlet bulutangkis. Yang dipersepsikannya kerap mendapat perlakuan tak sepatutnya.

"Sang juara dan harus keluar dari dunia bulutangkis, mix double olympic cham satu2 di INDONESIA ini..dan harus keluar dari pelatnas dengan status magang? Apa kabar atlet yg gak punya gelar kaya owix ya... sabar2 ya owix, memang resiko jadi atlet begitu.. semangat terus yaa..semua orang tau bahwa lu olympic champion... tapi gak di hargain... yg penting lu jadi kebanggaan bangsa ini lewat bulutangkis...!!!!!
Apa anak lu mau jadi atlet bulutangkis nantinya om owix?"

Sebelum ini, Taufik sudah membuat dunia olahraga Indonesia geger. Dia tidak cuma menyudutkan PP PBSI, namun juga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai sarang korupsi. (*)

 

Berita9.com - Pemain andalan PSMS Medan, Rachmad Hidayat, melelang jersey pribadinya untuk membantu sesama untuk memerangi pandemi virus Corona yang tengah melanda Indonesia saat ini.

Pemain yang kembali bergabung dengan PSMS di Liga 2 2020 ini melelang jersey Persija Jakarta yang sempat dibelanya pada putaran kedua Liga 1 musim lalu.

Rachmad membantu memerangi pandemi Covid-19 ini dengan melelang jersey komplit (celana) ketiga Persija lewat akun Instagram @revolutionpersija.

Dari lelang tersebut, jersey Rachmad laku terjual Rp1,65 juta yang berhasil dimenangkan oleh akun Instagram @mhddaniel10 setalah melelang dengan penawaran tertinggi.

"Kebetulan jersey Persiraja saya masih ada. Makanya saya ikut lelang untuk bantu sesama yang terdampak Corona ini. Saya lelang itu jersey lengkap dengan celananya dan Alhamdulillah sudah laku dilelang," kata Rachmad.

Tidak hanya jersey Persija, eks pemain Bhayangkara FC dan Persib Bandung ini juga melelang jersey PSMS edisi pra-musim 2020 yang merupakan edisi terbatas.

"Saya juga berharap Corona ini cepat berakhir sehingga semua kembali normal dan kompetisi bisa berjalan kembali seperti semula," harapnya.

Tak hanya Rachmad Hidayat, pemain senior PSMS Legimin Raharjo juga melakukan hal mulia seperti itu juga. Legimin turut melelang jersey pra-musim 2020 PSMS.

"Lelang ini akan didonasikan untuk membantu masyarakat dalam situasi sulit menghadapi Covid-19," kata sang legenda hidup PSMS, Legimin.

Jersey pra-musim 2020 PSMS milik kedua pemain Ayam Kinantan tersebut turut ditandatangani oleh sang pemain dan dilelang di akun Instagram @koranpsms yang disalurkan lewat akun Instagram @plesbol_berbagi. (*)

Berita9.com - Penyerang Watford Danny Welbeck menyumbangkan paket bantuan senilai 10.000 pound sterling (sekitar Rp196 juta) kepada penduduk kota asal ibunya di Ghana saat pandemi virus corona jenis baru COVID-19 terus menghantam ekonomi global.

Paket bantuan didistribusikan kepada penduduk Nkawiepanin di Kota Atwima Nwabiagya di negara Afrika barat tersebut, yang berisi makanan, barang-barang saniter, dan pembersih.

Alat pelindung diri (APD) juga disumbangkan ke dokter dan perawat di Rumah Sakit Pemerintah Nkawie di Ashanti.

Hingga Ahad (12/4/2020), Ghana mencatat 566 kasus COVID-19 dan itu merupakan yang terbesar di Afrika bagian barat, sementara pemerintah memperpanjang lockdown sebagian di beberapa kota besar selama sepekan.

Sumbangan itu dikemukakan secara langsung oleh tante Welbeck, Charlotte Adwoa Tumutuom, yang mengungkapkan kecintaan pemain berusia 29 tahun tersebut kepada Ghana.

"Danny sangat peduli tentang bagaimana warga Ghana akan bertahan dari masa-masa sulit ini," ujar Tumutuom mengatakan kepada situs berita Ghana, Pulse terkutip (14/4).

"Meskipun belum pernah tinggal di sini, dia sangat peduli kepada warga Ghana, sehingga dia merasa harus menawarkan bantuan dengan cara yang dia bisa untuk mendukung upaya pemerintah pada masa-masa sulit ini."

Orang tua pemain Timnas Inggris tersebut berasal dari Ghana dan terakhir kali dia mengunjungi negara itu pada 2017 untuk melihat keluarga besarnya dan sebuah sekolah yang didanainya di Ashanti.

Dilatarbelakangi darah asal orang tuanya, Welbeck sebenarnya dapat bermain untuk timnas berjuluk Bintang Hitam sebelum tampil perdana membela Inggris di pertandingan persahabatan justru melawan Ghana di Stadion Wembley, London, pada 2011.

Pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang 1 - 1 dan Welbeck masuk pada menit ke-81 menggantikan Ashley Young.

Mantan pemain Manchester United dan Arsenal itu telah bermain 42 pertandingan untuk Timnas Inggris dan mencetak 16 gol.

Welbeck adalah pemain sepak bola Liga Primer Inggris terbaru yang memberikan sumbangan untuk memerangi virus corona, meski para pemain liga itu di tengah pandemi yang telah menewaskan lebih dari 10.000 orang di Inggris.

Sebelumnya, kapten Liverpool Jordan Henderson membentuk inisiatif "Pemain Bersama" yang akan mengumpulkan dana penting untuk mendukung Petugas Layanan Kesehatan (NHS). (*)

Berita9.com - Manajemen Persib memberikan keterangan mengenai pemain mereka, Wander Luiz, yang terpapar virus corona. Pemain asing anyar Persib Bandung, Wander Luiz, menjadi pesepak bola pertama di Indonesia yang terjangkit Covid-19.

Sebelumnya, Persib sempat lebih dulu mengungkapkan bahwa salah satu pemainnya terjangkit virus corona. Namun, identitas personel itu belum diungkapkan oleh Maung Bandung. Baru pada Jumat (27/3/2020) malam WIB, Wander Luiz mengumumkan lewat Instagram pribadinya bahwa ia positif corona walau tidak menunjukkan gejala.

"Halo bobotoh, jadi saya kembali melakukan tes corona dan hasilnya positif. Tetapi, saya merasa baik-baik saja, tidak ada gejala," tulis Wander Luiz dalam keterangan videonya. "Saya juga mengikuti pedoman, saya telah mengisolasi diri saya sendiri, jadi saya berharap setiap orang baik-baik saja." Konfirmasi ini datang hanya 12 hari setelah Maung Bandung menghadapi PSS Sleman di hadapan pendukung yang memadati Stadion Si Jalak Harupat pada 15 Maret 2020.

Persib sudah mengumumkan satu pemainnya positif Covid-19. Pemain tersebut sekarang dalam kondisi tanpa gejala dan sedang menjalani isolasi mandiri yang dipantau tim dokter Persib sesuai dengan protokol pemerintah. Manajemen menyediakan makanan dan kebutuhan sehari-hari bagi pemain tersebut. Manajemen siap membantu satgas Covid-19 untuk melakukan penelusuran kontak (contact tracking). (*)

Berita9.com - Pesepakbola top kelas dunia yang positif korona hingga hari senin, tanggal 23 Maret 2020 berjumlah 23 pemain, dengan korban terbanyak dari Italia, yaitu:
1. Rugani (terjangkit di Italia, klub Juventus)
2. Matuidi (Italia, Juventus)
3. Dybala (Italia, Juventus)
4. Gabbiadini (Italia, Sampdoria)
5. Colley (Italia, Sampdoria)
6. Ekdal (Italia, Sampdoria)
7. La Gumina (Italia, Sampdoria)
8. Thorsby (Italia, Sampdoria)
9. De Paoli (Italia, Sampdoria)
10. Bereszynski (Italia, Sampdoria)
11. Pezzella (Italia, Sampdoria)
12. Cutrone (Italia, Fiorentina)
13. Vlahovic (Italia, Fiorentina)
14. Zaccagni (Italia, Verona)
15. Hubers (Jerman, Hannover)
16. Horn (Jerman, Hannover)
17. Odoi (Inggris, Chelsea)
18. Arsenal (Inggris, manajer dan eks pemain Arsenal)
19. Garay (Spanyol, Valencia)
20. Mangala (Spanyol, Valencia)
21. Gaya (Spanyol, Valencia)
22. Wu Lei (Spanyol, Espanyol)
23. Fellaini (Tiongkok, Shandong Luneng)

Masih berkaitan dengan dunia selebritas sepak bola, eks presiden Real Madrid (Spanyol) yang sempat membawa Real Madrid ke era keemasan, Lorenzo Sanz, meninggal dunia akibat Covid-19????. RIP Lorenzo Sans.

Pesepakbola top kelas dunia yang notabene atlet pro internasional sudah pasti memiliki standar pola hidup sehat dan bugar tingkat "dewa" karena di atas rata-rata manusia pada umumnya.

Postur mereka pun tegap atletis. Mulai dari latihan fisik, menempa mental, kerja sama tim, nutrisi (walau sekadar camilan sangat diperhatikan jumlah kalorinya), waktu istirahat, kebersihan, dan kedisiplinan dilakukan secara profesional di bawah pengawasan ahli agar tubuh memiliki daya tahan tubuh yang prima dan siap berkompetisi.

Bahkan, ada vaksin tambahan juga. Nah, virus korona logikanya enggan masuk ke dalam tubuh manusia yang memiliki fisik dan daya tahan tubuh yang kuat seperti pesepakbola top. Tapi, kok mereka banyak yang positif corona ya?

Setelah mencari beberapa informasi, akhirnya diketahui beberapa kemungkinan mengapa banyak pesepakbola top (termasuk atlet lainnya) yang positif corona?

1. Terlalu dibebani mengejar prestasi dan mendapat tekanan suporter, manajemen, bahkan media (termasuk media sosial), sehingga secara tidak langsung menimbulkan stres dan kelelahan. Hal itulah membuat daya tahan tubuh berkurang secara tidak disadari.

2. Jadwal pertandingan terlalu padat, sehingga tubuh mengalami kelelahan fisik dan mental walaupun dari luar terlihat mereka terlihat sehat, bugar, dan memiliki postur atletis

3. Berada di zona merah penularan corona

4. Tidak melakukan social distancing, berada di kerumunan massa, mendatangi diskotik, dan bertemu dengan banyak suporter bisa saja menjadi pemicunya.

Melihat hal tersebut, memang daya tahan tubuh yang melemah ditambah berada di zona merah penularan korona menjadi akar masalah dan menyebabkan mereka rentan positif corona.

Walaupun daya tahan tubuh atlet sebetulnya tingkat "dewa", tapi pada dasarnya ada batasnya juga, bisa lemah juga jika terlalu dibebani prestasi, jadwal padat, dan mendapat tekanan berbagai pihak, termasuk suporter. Di situ virus korona akan mudah masuk.

Mungkin ini menjadi pelajaran ke depannya bagi stakeholder kompetisi dalam pertandingan olahraga resmi, baik di tingkat liga maupun tim nasional, baik di satu negara, satu benua, maupun lintas benua.

Lalu, melihat kejadian di atas, bagaimana sikap kita sebagai orang biasa dengan daya tahan tubuh tidak sekuat mereka menghadapi virus korona?

1. Jaga kebersihan diri & lingkungan (disinfektan, hand sanitizer, dan masker suka tidak suka sudah menjadi bagian kebutuhan pokok untuk saat ini)

2. Hindari daerah terjangkit

3. Nutrisi harus baik & halal

4. Banyak minum air putih

5. Istirahat yang cukup

6. Olahraga rutin minimal 30 menit sehari (olahraga rumahan misal senam ringan, skipping, dan sebagainya), bahkan lebih baik lagi membuat alat olahraga rumahan sendiri, seperti di rumah saya tiang kanopi dan bangku panjang yang tidak terpakai dibuat alat fitnes bench press

7. Sempatkan berjemur di pagi hari, karena berjemur cara termudah bagi kaum rebahan sekalipun untuk memperkuat daya tahan tubuh

8. Berpikir positif & jangan stres

9. Aktif memantau informasi terkait dari sumber yang dapat dipercaya

10. Ikuti saja apa kata pemerintah toh demi kebaikan kita seperti menghindari kerumunan massa, kontak fisik, dan zona merah penularan virus korona (social distancing), serta diam di rumah saja (diisi dengan kegiatan yang produktif tentunya, bukan sekedar rebahan seharian)

11. Beribadah dan berdoa.

Semoga saja mereka yang terinfeksi segera dipulihkan dan kita semua memiliki tubuh yang sehat, bugar, dilindungi dari berbagai penyakit serta keburukan lainnya. (*)

Berita9.com - Dr. Joselito Sta. Ana, selaku Country Chair dan General Manager Sanofi Pasteur Indonesia, menyebut atlet menjadi salah satu profesi yang rentan terhadap paparan virus Corona atau Covid-19.

Pernyataan itu dilontarkan Dr. Joselito saat menghadiri sosialisasi pencegahan Covid-19 bagi induk-induk cabang olahraga (cabor) yang diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kegiatan penyuluhan yang berlangsung di Gedung Fx Lt.16, Senayan, Jakarta, Jumat (6/3/2020), itu turut didukung oleh National Olympic Committe (NOC) Indonesia.

"Covid-19 dan influenza adalah penyakit yang paling bisa menyerang seorang atlet," ujar Joselito.

"Partisipasi di ajang olahraga bisa menyebarkan virus ini karena kegiatan bersama, menggunakan peralatan, dan berada di bangunan yang sama," tambahnya.

Demi mengurangi risiko paparan wabah virus Corona, Dr. Joselito berharap sosialisasi pencegahan virus Corona bisa diserap oleh induk-induk cabor.

Kiat-kiat seperti mencuci tangan, tidak menyentuh bagian wajah terutama mata, hidung, dan mulut, disebutnya harus bisa disebarluaskan kepada atlet maupun masyarakat.

"Kami akan melanjutkan komitmen untuk membuat orang-orang memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Kami berharap semua orang yang hadir di sini bisa mendapat pelajaran mengenai Covid-19 dan influenza, serta bisa membagikannya ke orang lain," jelasnya.

Ketua Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON) Kemenpora, Edi Nurinda menyebut tak akan membiarkan atlet berjuang sendirian.

Kemenpora sebagai lembaga pemerintah, disebut Edi, akan membantu atlet dari berbagai aspek dalam 'melawan' penyebaran virus Corona. Salah satunya meningkatkan imun tubuh.

"Kami akan berikan suporting sistem dalam proses pelatihan. Atlet itu nanti dikasih gizi yang baik, sehingga imunitas tubuhnya tetap terjaga," jelas Edi. (*)

Berita9.com - Serangan virus corona makin menggila, dampaknya ke berbagai ajang olahraga. Terbaru, MotoGP 2020 yang akan memulai seri pertama di Qatar harus ditunda.

Sedianya, MotoGP Qatar yang digelar di Sirkuit Losail dijadwalkan pada 8 Maret mendatang. FIM (Federasi Balap Motor Dunia), Dorna (Promotor MotoGP), dan IRTA (Asosiasi Tim Balap) menyatakan dalam laman resmi MotoGP sangat menyesal dengan keputusan ini. Namun, pembatalan merupakan jalan terbaik untuk kepentingan banyak pihak, terkait kesehatan.

“FIM, IRTA, dan Dorna menyesal harus mengumumkan pembatalan semua sesi MotoGP di GP Qatar, termasuk sesi balapan. Wabah virus corona yang sedang berlangsung telah mengakibatkan pembatasan perjalanan ke Qatar diberlakukan yang mempengaruhi penumpang dari Italia, di antara negara-negara lain," tulis pernyataan itu.

"Pada hari ini, semua penumpang yang tiba di Doha dengan penerbangan langsung dari Italia, atau telah berada di Italia dalam 2 minggu terakhir, akan langsung dibawa ke karantina selama minimal 14 hari," sambung pernyataan tersebut.

Bukan cuma MotoGP Qatar 2020 yang ditunda akibat teror virus corona. Sebelumnya, beberapa kompetisi sepakbola Eropa sudah menunda pertandingan lantaran teror virus corona yang semakin meluas. 

Salah satunya adalah Serie A yang menunda lima pertandingan termasuk duel Juventus versus Inter Milan. Rencananya, derby d'Italia itu akan digelar pada Senin 2 Maret 2020 dini hari WIB, di Allianz Stadium.

Bukan cuma itu, para anggota Federasi Sepakbola Eropa (EUFA) saat ini menggelar rapat untuk membicarakan kemungkinan penundaan dua kompetisi besar yaitu Liga Champions dan Piala Eropa 2020.

Sejauh ini, kasus positif infeksi virus corona tersu bertambah di penjuru dunia. South China Morning Post melaporkan, total kasus infeksi yang telah tercatat di seluruh dunia adalah sebanyak 88.227 kasus.

Dari kasus-kasus infeksi tersebut, ada 3.006 kematian yang terjadi di seluruh dunia dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 41.997. (*)

 

Berita9.com - Presiden FIFA Gianni Infantino menyadari ancaman virus corona bakal lebih diutamakan dibandingkan laga sepak bola.

Infantino menyatakan laga sepak bola harus mengikuti arahan tentang penanggulangan penyebaran virus corona.

“Kesehatan orang-orang jauh lebih penting dibandingkan laga sepak bola manapun. Itulah alasan kita semua harus melihat situasi sambil berharap wabah ini menurun dan bukan malah meningkat.”

“Saat ini tren terlihat meningkat. Bila laga harus ditunda atau dilangsungkan tanpa penonton, hal itulah yang harus kita lakukan,” ujar Infantino.

Liga Swiss sudah menunda pertandingan pekan ini karena pemerintah melarang ajang yang bisa mengumpulkan lebih dari seribu orang.

Di Italia, lima laga dilangsungkan tertutup tanpa penonton. Pada bulan Maret, FIFA akan menggelar laga persahabatan dan kualifikasi Piala Eropa.

“Saya tidak akan membuat pengecualian apapun dalam kasus ini [menunda laga atau memainkan laga tanpa penonton]. Namun saya harap kami tidak pernah harus mengambil keputusan tersebut,” ucap Infantino. (*)

Berita9.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, didampingi Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, bersama para pejabat Eselon I dan II Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menghadiri rapat kerja (raker) bersama anggota Komisi X DPR RI, di Ruang Rapat Komisi X Gedung Nusantara I Senayan, Jakarta, Rabu (19/2/2020) petang.

Raker dipimpin oleh Ketua Komisi X, Syaiful Huda bersama Dede Yusuf, Hetifah dan Abdul Fikri Faqih, membahas beberapa hal, yakni persiapan pelaksanaan DAK Fisik GOR TA 2020, masukan pada Revisi RUU SKN, dan persiapan kontingen Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020.

"Ada tiga agenda yang dibahas pada raker kali ini, yakni tentang GOR DAK Tipe B yang sudah disepakati saat pembahasan anggaran 2019 yang lalu di 29 kabupaten dan kota, yang mendapatkan dengan total anggaran Rp 450 miliar," kata Menpora usai raker.

Yang kedua, lanjutnya, terkait masukan dalam rangka revisi UU SKN serta persiapan tentang Olimpiade Tokyo 2020.

"Yang dibahas kita jelaskan proses tentang DAK kriteria kabupaten dan kota yang mendapatkan dan anggota Komisi X bisa memahami penjelasan saya. Terkait UU SKN, akan kita revisi dan masuk dalam Prolegnas dan kita persiapkan diperkirakan masa sidang depan akan dimulai melakukan pembahasan dengan Komisi X," urai Zainudin.

Menurutnya, persiapan Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia telah mempersiapkan beberapa cabang olahraga untuk bisa ikut. Saat ini masih ada cabang olahraga yang sedang kualifikasi dan sudah ada yang lolos.

"Saat ini, telah ada empat cabor yang lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo, yakni atletik (Lalu M. Zohri), Panahan (Riau Ega Agatha, Diananda Choirunisa), Menembak (Vidia Rafika) dan Angkat Besi (Eko Yuli Irawan), Indonesia akan mengikuti 15 cabor Olimpiade Tokyo 2020 dengan kuota 30 atlet," jelasnya.

Komisi X DPR minta Kemenpora untuk fokus pada pengembangan cabor unggulan agar lebih fokus mendapatkan medali pada Olimpiade Tokyo 2020 dan memprioritaskan bagi pengembangan fasilitas olahraga induk yang berjenjang hingga tingkat olimpiade dengan sport dan science technology.

"Komisi X DPR juga mendukung pemerintah, KONI-KOI dalam upaya memasukkan cabor unggulan khususnya Pencak Silat dalam kategori olahraga ekhibisi pada Olimpiade 2024 atau 2028 dan meminta pemerintah menyusun peta jalan olahraga prestasi maupun infrastruktur olahraga berstandar internasional dalam rangka persiapan tuan rumah Olimpiade 2032," kata Syaiful. (*)

Berita9.com - Progres pembentukan tim PSIM di musim 2020 ini terasa cukup tenang, tak selayaknya seperti musim 2019 lalu yang terkesan cepat. Ternyata, meski investor di bawah CEO Bambang Susanto masih ada, namun kondisi PSIM tak lagi sama jor-joran danannya layaknya musim lalu.

Pelatih PSIM, Seto Nurdiyantoro pun mengamini hal tersebut. Ia mengatakan kondisi timnya saat ini berbeda dari tahun 2019 lalu yang tak bergelimang dana.

Menurut Seto, PSIM saat ini lebih berhitung dalam segala hal termasuk saat hendak mendatangkan pemain. Komunikasi dengan beberapa pemain senior pun menurut dia sudah dilakukan namun menemui sedikit kendala terkait pertemuan titik temu harga.

“Pemain senior yang komunikasi sudah ada tapi ada beberapa kendala, tentang harga juga. Saya bilang kondisi di PSIM saat ini beda dengan tahun kemarin. Itu yang harus dipahami, teman-teman suporter juga. Pemain di luar tahunya PSIM jor-joran. Ya artinya tidak jor-joran tapi ada target, tetap ada target begitu,” ungkap Seto usai latihan di Lapangan Tamanan, (08/02).

Meski begitu, Seto melempar harapan agar minggu depan paling tidak sudah ada 22 pemain yang resmi diikat manajemen PSIM. Apalagi, waktu dengan kompetisi semakin mepet hanya tersisa lima minggu dari jadwal.

“Kalau dibandingkan dengan waktu yang ada sangat mepet (8 pemain tes medis). Minimal minggu ini sudah 22 pemain paling tidak, makannya kita harus cepat kejar. Pasti ada kendala juga mungkin di saya, mungkin di manajemen tentang nego itu macam-macam lah. Tapi secara teknis kita cari yang dibutuhkan,” tandas Kak Seto. (*)

Page 1 of 24
Go to top