Foto

Foto (834)

Berita9.com - PKPU Human initiative menggelar Big Event ”infinity Happiness” sekaligus meluncurkan "Bahagia Bersama Yatim (BBY)" yang merupakan sebuah program kemanusiaan untuk memuliakan serta membahagiakan anak-anak yatim dan dhuafa di bulan penuh keberkahan ini.

Supervisor Humanitarian Partnership, Sahardi mengatakan, acara ini juga diselenggarakan serentak di seluruh kantor cabang PKPU Human initiative di 13 Provinsi lndonesia dengan mengundang total 1.000 lebih anak yatim dan dhuafa. 

Lanjutnya, Ia mengatakan yang lebih menarik, kegiatan tersebut mengangkat tema Super Hero "AVENGER" dengan tagline "We Can Be a Hero”, event Infinity Happiness bermaksud mengajak seluruh masyarakat lndonesia untuk menjadi Pahlawan Sejati. 

“Tema ini diambil untuk menggambarkan ’kebahagiaan yang tak terkira’ yang akan dirasakan oleh anak-anak yatim dan dhuafa. Bahkan tidak hanya itu, para donatur pun akan merasakan bahagia baik karena mereka akan merasakan kepuasan batin maupun karena amal kebaikan tersebut akan dibalas oleh Allah yang Maha Kaya,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Ahad (27/5/2018). 

Sahardi yang juga Ketua Pelaksana event ini menerangkan, dalam memfasilitasi masyarakat yang ingin menjadi ’Pahlawan Sejati’ tersebut, PKPU Human initiative menyediakan 3 jurus Paket Kebaikan ’Bahagia Bersama Yatim (BBY)’ diantaranya Belanja Bareng Yatim (BBY1) senilai Rp375.000, Berbagi Bingkisan Yatim (BBY2) senilai Rp365.000 dan Baju Baru Yatim (BBY3) senilai Rp212.000. 

“Ketiga jurus kebaikan tersebut dapat diakses melalui donation.pkpu.org,” tambah Sahardi.

la juga menerangkan, target Penerima Manfaat dari program BBY tahun 2018 sebanyak 84.629 anak yatim dhuafa. 

(**/IST)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar sholat tarawih akbar di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018) malam. Ia datang didampingi istrinya, Fery Farhati Ganis.

Anies tampak mengenakan baju koko berwarna putih, dan duduk tepat di saf paling depan. Begitu juga istrinya, Fery Farhati. Dia menempatkan dirinya di saf perempuan paling depan.

Dalam sambutannya, Anies mengatakan bahwa kegiatan tarawih akbar ini bakal dilakukan Pemprov DKI rutin setiap tahun dan diharapkan jadi tradisi baru di Jakarta.

"Insyaallah ini menjadi kesempatan bagi kita untuk makin mengikatkan silaturahmi di antara kita, ukhuwah di antara kita terjaga dan Insyaallahi ni menjadi bagian dari tradisi baru yang ingin kita sama-sama wujudkan di Jakarta, betapa kehadiran umat Islam, apalagi di bulan suci Ramadan, menghadirkan suasana kedamaian, ketenteraman," kata Anies sebelum sholat tarawih dimulai, di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018).

Anies ingin salat tarawih di Istiqlal menjadi pintu silaturahmi bagi seluruh warga Jakarta.

Anies menyebut jumlah jemaah yang salat tarawih akbar mencapai 40 ribu orang.

"Kita ingin ini jadi kesempatan bersilaturahmi, semuanya hadir malam ini dari 44 kecamatan di seluruh DKI Jakarta dari 267 kelurahan. Menurut hitungan (panitia) tadi, lebih dari 40 ribu jemaah yang hadir pada malam hari ini," tuturnya.

Anies juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam tarawih akbar ini.

Orang nomor satu di Ibu Kota ini mendoakan agar segala bantuan yang dikerahkan untuk tarawih akbar ini dicatat sebagai amal saleh dan amal jariah.

"Kita menyampaikan apresiasi kepada yang terlibat, yang sudah ikut di belakang layar, yang berada di depan layar. Kita tahu, yang di belakang layar mereka tak terlihat. Insyaallah ini dicatat sebagai amal saleh mereka semua dan kepada jemaah semua," ujarnya.

"Kegiatan ini baru tahun pertama. Karena itu, kita menyosialisasikan secara bertahap dan insyaallah kita akan lakukan ini tiap tahun dan memilihnya memang hari Sabtu karena hari libur. Dan tidak dipilih Sabtu pertama. Karena, kalau pas Ramadan pas jatuhnya hari Sabtu, bisa jadi itu hari pertama puasa. Tapi kita pilihnya Sabtu kedua. Dan harapannya Sabtu kedua ini nanti menjadi perhatian dan jadi jadwal tetap," jelas mantan Rektor Paramadina itu.

Anies berharap agenda ini bisa mempersatukan semua kalangan. Katanya, tarawih bersama warga ini hanya dilakukan satu kali saja selama Ramadan.

"Dari tarawih akbar ini kita berharap, baik para ulama maupun umat, semua berkumpul bersama, merasakan silaturahmi bertemu semuanya karena selama bulan Ramadan di Jakarta itu seluruh kegiatan di masjid-masjid sangat ramai," terang mantan Menteri Pendidikan ini.

"Kita ingin menyelenggarakan satu kali saja di mana semua bisa terlibat bersama dan kita tata ini dengan sebaik-baiknya. Ini baru mulai yang pertama, dan insyaallah nanti kita ambil hikmahnya dari yang pertama untuk yang berikut-berikutnya," tutup Anies.

(**/IST)

Berita9.com - Kelapa muda bakar menjadi salah satu menu favorit masyarakat untuk berbuka puasa pada Ramadhan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Syahbanda (42), salah seorang pedagang kelapa bakar di Meulaboh, mengatakan bahwa selama puasa Ramadhan 1439 Hijriah ini permintaan kelapa muda bakar lumayan banyak dibanding tahun lalu.

"Tahun lalu, tidak begitu banyak, puasa ini lumayanlah. Mungkin karena kondisi hujan, sehingga cita rasa kelapa muda bakar ini menjadi pilihan masyarakat untuk berbuka," ujarnya di lokasi penjualan di Desa Langung, Kecamatan Meureubo, Meulaboh, Aceh Barat.

Produsen kelapa muda bakar itu berasal dari seputaran Kecamatan Meurebo. Selain rasanya yang berbeda dari kelapa muda alami, kelapa bakar ini disebut-sebut memiliki banyak khasiat dari aroma rasa air kelapa muda untuk kesehatan tubuh.

Pada puasa tahun ini harga yang ditawarkan masih seperti harga tahun lalu, yakni Rp6.000 per buah, atau ada dalam ukuran batok kecil seharga Rp7.000 per ikat (dua buah), dan warna batok kelapanya sudah berubah kuning bercampur ungu muda.

Proses pengolahan kelapa bakar menggunakan bahan baku kelapa muda, kemudian kelapa ditimbun dengan pasir dan dibakar dalam tumpukan kayu di pinggir pantai menjelang pagi, setelah kulit kelapa hangus, kemudian dikupas satu per satu di laut.

"Cara pembuatannya memang seperti itu, di pingir pantai. Dikupasnya di air laut untuk memudahkan pengupasan kulit yang sudah hangus. Dengan air laut juga bisa memengaruhi rasa kelapa bakar lebih nikmat," kata Syahbanda.

Kelapa muda bakar khas di bulan puasa itu dapat diperoleh di sepanjang jalan nasional Meulaboh-Nagan Raya, tepatnya di wilayah Kecamatan Meureubo, karena produsen kelapa muda bakar selama ini memang dikenal berasal dari kawasan setempat.

Meskipun proses pembuatannya sedikit susah dan memakan banyak waktu, namun masyarakat setempat terlihat masih mempertahankan pembuatan kelapa muda bakar itu tetap tersedia saat bulan puasa Ramadhan.

(**/IST)

Jakarta - Relawan gerakan 2019 Ganti Presiden punya banyak cara untuk memberikan berkah di Bulan Ramadhan. Setelah kaus dan lagu, kreatifitas gerakan #2019GantiPresiden mengisi bulan puasa dengan beramal bagi-bagi takjil jelang buka puasa.

Pembagian takjil mulai terlihat di depan pintu masuk Masjid Cut Mutia, Menteng, Jakarta, Sejak Kamis (24/5). Pembagian takjil selama bulan puasa biasanya tak begitu heboh disorot. Karena, hal seperti ini sudah biasa. Tapi, jadi beda dan heboh saat bungkus takjil yang berisi gorengan, lontong dan air mineral itu, dituliskan doa melalui tagar #2019GantiPresiden.

Relawan yang membagi-bagikan takjil ini menamakan diri Korsa (Komunitas Relawan Sadar Indonesia). Mereka terang-terangan menaruh dua buah banner bertulisan 'Takjil Gratis Buka Puasa #2019GantiPresiden'.

Ketua Korsa, Amirullah Hidayat menyatakan, pembagian takjil akan berlangsung selama Ramadhan. Setidaknya, ada 300 takjil yang tersedia setiap hari. "Program ini untuk mengingatkan rakyat Indonesia bahwa 2019 Jokowi harus diganti, cukup sampai di situ aja," kata Amirullah.

Menurut dia, kegiatan serupa tidak hanya dilakukan di area Jakarta. "Hari ini kita bagi-bagi takjil di sini, Insyaallah Senin besok kita akan ke Bogor, bagi-bagi takjil di depan Istana Bogor, sebagai simbolis kita harus mengeluarkan Jokowi dari Istana Bogor," imbuhnya.

Untuk diketahui, Korsa tadinya relawan Jokowi di Pilpres 2014. Tapi kini mencabut dukungan karena menganggap jagonya itu sudah menyimpang dari rel nawacita. "Sebagai tanggung jawab moral, bagaimana kita mengalahkan Jokowi 2019 yang kita lakukan sekarang," pungkasnya.

Soal takjil ganti Presiden juga bikin geger dunia maya. "Habis takjil mungkin ga lama lagi akan ada bagi2 ketupat yang daun kelapanya sudah dikasih merek ganti presiden setelah itu mungkin bagi2 amplop THR juga ada merek ganti presiden.. kenapa ga ente bikin aja perusahaan dengan nama PT. GANTI PRESIDEN 2019..???," cuit @IndraKu26. "Waktu ini mau ganti Presiden Jokowi pake kaus oblong, gagal. saya bilang itu kerjaan wong edan. Sekarang mau diganti Pake Takjil... Wah.... Nambah sinting," kicau @JunjungUji.

Ada yang kelakar aksi ini bentuk penistaan. "Demi sebungkus takjil trus mau ganti presiden?? Penistaan takjil ini namanya...." cuit @BagusDenTea. "Manusia gagal mereka itu. Bagi takjil itu seharusnya karena Allah bukan karena yang ingin ganti presiden !!! Sama sekali ga ada korelasinya..," timpal @BoehariM.

Aksi ini bukan tanpa pendukung. Salah satunya datang dari elite PKS, Mardani Ali Sera. "Masyarakat yg di untungkan karena masing2 membuat kreatifitas kebaikan yaitu memberi tajil dibulan Ramadhan. Mari berhusnudzon kepada mereka yang berbuat baik. Relawan #2019GantiPresiden maupun relawan #Tetap2periode masing2 memberi tajil. Bagus," cuit @MardaniAliSera.

Para pendukung gerakan ganti presiden pun mengganggap ini hal biasa. Tidak perlu dibesar-besarkan.  

(**/IST)

Jakarta - Persaudaraan Istri Anggota Fraksi PAN (PIA F-PAN) DPR RI kembali mengadakan bakti sosial tahunan berupa pembagian sembako kepada para petugas kebersihan, Pamdal, petugas masjid serta santunan kepada anak-anak yatim, Kamis (24/5/2018).

Baksos tersebut digelar di dua tempat sekaligus. Pertama, di Aula Masjid Baiturrahman, Kompleks DPR RI Jakarta, pada pagi tadi. Selanjutnya, baksos dilanjutkan di kawasan perumahan jabatan DPR Kalibata Jakarta Selatan.

Ketua PIA F-PAN, Yoty Mulfachri Harahap didampingi Ketua Panitia baksos Rita Jon Erizal mengatakan, baksos pada bulan Ramadhan ini merupakan "Baksos Rutin" yang diadakan oleh PIA FPAN DPR.

"Semoga kegiatan Ibu-Ibu FPAN ini dapat sedikit membantubmeringankan kebutuhan saudara-saudara kita dalam bulan Ramandhan tahun ini," kata Yoty dengan penuh harap.

Yoty menjelaskan, baksos Ramadhan tahun ini merupakan baksos yang ke-8 kali di bulan Ramadhan.

Tema untuk tahun ini adalah  "Pembagian 1000 sembako untuk saling membantu dan peduli, sebagai kebersamaan beribadah dan bersilaturahmi di bulan suci Ramadhan".

"Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian PIA FPAN DPR terhadap sesama, dikarenakan tingginya harga sembako dibulan Ramadhan," kata dia menjelaskan.

"Alhamdulillah, PIA FPAN DPR setiap tahun selalu bisa berbagi dengan mengadakan kegiatan sosial seperti ini. Dan lokasinya selalu kita pilih di sekitar DPR yang merupakan lingkungan kerja suami yakni komplek DPR RI dan rumah jabatan Kalibata," terang Toty.

Diketahui, dalam kesempatan ini turut hadir beberapa pengurus PIA FPAN, antara lain Ade Rahma Hafiz Tohir, Iin Budi Youyastri dan Dila Hatta. 

(**/IST)

Berita9.com - Para pecinta drama Korea dihebohkan dengan penampilan aktris cantik Go Ara di serial terbarunya. Di episode pertama drama yang berjudul Miss Hammurabi, ia tampil memakai niqab dan gamis.

Drama yang tayang di TV JTBC sebagai pengganti drama Welcome to Wakiki itu pun sontak jadi viral. Penampilan wanita berhijab di drama Korea sangat jarang ditemukan.

Di episode pertama itu, Go Ara yang berperan sebagai hakim wanita memakai gamis lengkap dengan cadar dengan tujuan khusus. Ia sedang menangani kasus pelecehan seksual terhadap wanita yang berpakaian seksi.

Pagi harinya, Go Ara tampil dengan rok mini ke kantor. Ia pun ditegur karena pakaiannya kurang mencerminkan profesi hakim. Ditegur seperti itu, ia keluar memaka gamis dan cadar.

Ketika orang-orang kembali menanyakan penampilannya, ia menjawab pakaian itu adalah pakaian tersopan yang ia miliki. Secara tak langsung ia berpendapat bahwa pelecehan seksual bukan sepenuhnya salah penampilan wanita tapi juga kesalahan pemikiran kaum pria.

Cuplikan drama yang diunggah di akun Instagram @w.2world itu pun langsung ramai komentar. Beragam pro dan kontra berdatangan.

"Tidak tahu artinya, tapi kenapa harus menggunakan jilbab dan cadar? Melihat kondisi muslimah saat ini yang difitnah dan judge membuat saya semakin sedih," tulis akun bernama @watashiwazepsaya.

"Sebenarnya sih seneng aja ada drakor nyangkut pautin dengan hijab dan cadar tapi sebenernya udah males karena pernah kecewa sama satu drama bawa-bawa hijab taunya pakaiannya begitu jadi seakan-akan jelekin Islam tapi ga tau juga sih drama ini gimana tapi gimana ya," tulis akun bernama @khairunnisaaputrii.

"Orang nonmuslim pake hijab + cadar cuman buat peran drama dan kebutuhan acting dibilang menghina agama? Sensi amat ya, coba lebih open mind dong jangan stuck disitu2 aja areamu," tulis akun bernama @aina.qa

Hingga saat ini, postingan tersebut kini sudah ditonton lebih dari 200 ribu akun Instagram dan mendapatkan lebih dari 500 komentar. Kebanyakan netizen yang berkomentar berasal dari Indonesia. 

(**/IST)

Berita9.com - Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai pencapaian cita-cita reformasi setelah 20 tahun berlalu masih jauh dari harapan, baik dari sisi hukum, ekonomi, maupun politik.

Hal itu disampaikan Zulkifli dalam acara “Refleksi 20 Tahun Reformasi” yang digelar di Gedung DPR, Senin (21/5/2018). Hadir pada acara itu tokoh reformasi Amien Rais, Albert Hasibuan, HS Dillon, Harry Dharmawan, serta sejumlah tokoh lainnya.

Dari kalangan parlemen hadir Wakil Ketua DPR masing-masing Fahri Hamzah dan Taufik Kurniawan serta Wakil Ketua DPD Nono Sampurno dan sejumlah anggota DPR dan anggota DPD.

Menurut Zulkifli salah satu bentuk kegagalan reformasi adalah munculnya ketidakpercayaan sosial (social distrust) akhir-akhir ini. Dia menilai ketidakpercayaan sosial itu muncul salah satunya karena adanya langkah pemerintah yang kontroversial.

Dia mencontohkan dikeluarkannya 200 nama mubalig rekomendasi Kementerian Agama yang menyulut kontroversi. Zulkifli menilai kebijakan itu ngawur karena akan melahirkan pertentangan di tengah masyarakat.

Bahkan dia menilai apa yang dilakukan Kementerian Agama tersebut sama dengan politik belah bambu atau politik adu domba sebagaimana diberlakukan kalangan penjajah di masa lalu.

Sedangkan dari sisi penegakkan hukum dan keadilan, Zulkifli menilai 20 tahun reformasi berjalan masih jauh dari harapan. Penegakan hukum, menurutnya, masih belum berpihak pada keadilan.

“Kalau kita bicara reformasi, masih jauh panggang dari api,” ujarnya.

Dia juga menyoroti sebanyak 300 kepala daerah yang terjerat kasus korupsi sebagaimana juga dengan para politisi dari semua partai politik.

"Refleksi 20 tahun Reformasi: Jokowi Pemimpin Haram”

Peringatan reformasi juga terjadi di depan Istana negara oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) MPO yang berujung bentrok dengan petugas kepolisian.

Sedikitnya tujuh orang peserta demo dirawat di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan akibat baku bukup dengan aparat yang menjaga ketat Istana.

Ke tujuh mahasiswa yang tergabung dalam HMI tersebut yakni Al Azhar Musa (Ketua Cabang HMI MPO), Irfan Maftuh (Korlab Aksi/ketua umum Front Nasional MPI), Arnol (HMI MPO), Ahmad Kerley (HMI MPO), Alfian (HMI MPO), Arif Ibnu Halim (HMI MPO) dan Lucky Mahendra (HMI MPO). Ke 7 mahasiswa dipukul oleh aparat kepolisian di depan Istana Negara saat melakukan aksi.

Kader HMI MPO cabang Jakarta, M Ghufron mengatakan, awalnya dia berasama puluhan mahasiswa yang melakukan aksi di depan Istana Negara hanya melakukan aksi dengan tema "Refleksi 20 tahun Reformasi: Jokowi Pemimpin Haram”. Namun sempat terjadi aksi saling dorong dan tiba tiba petugas kepolisian memukul peserta aksi.

Atas kejadian ini, HMI MPO meminta anggota DPR RI untuk mengevaluasi kepemimpianan Jokowi-JK, kemudian menuntut Jokowi-JK mundur dari jabatannya karena telah gagal dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala negar.

“Terakhir Ghufron mengajak seluruh elemen masyarakat turun ke jalan dalam rangka mendesak Jokowi-JK turun dari Jabatannya,” ujarnya.

Lebih lanjut Ghufron mengatakan, saat ini ke tujuh temannya yang masuh RSUD Tarakan dalam kondisi kritis, ada juga yang terkena kawat duri. Untuk itu HMI MPO mengutuk keras intimidasi yang dilakukan aparat kepolisian.

“Kami mengutuk kinerja apparat yang mengedepankan cara-cara represif,” ujarnya.

20 Tahun Reformasi Indosia Tak Berdaulat

Dan didepan gedung MPR/DPR RI Aksi BEM SI berlangsung damai dengan menyerukan "Reformasi Tak Berdaulat". Ada 3 sikap yang dibawa oleh BEM SI:

Pertama, Wujudkan kebebasan berdemokrasi yang menjamin penuntasan kasus HAM masa lalu, ruang bersuara dan berserikat rakyat, pemberantasan KKN, dan kembalikan fungsi militer seperti amanat reformasi!

Kedua, Pastikan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya buruh, pembagian sistem yang jelas antara pemerintah pusat dan daerah, dan pendidikan berkualitas dan terjangkau bagi seluruh kalangan.

Ketiga, Ciptakan ketahanan nasional bidang energi dan pangan untuk Indonesia yang berkelanjutan!


(**/IST)

Berita9.com - Aliansi BEM Seluruh Indonesia mengadakan Refleksi 20 Tahun Reformasi. Koordinator Pusat Aliansi BEM Seluruh Indonesia, Ahmad Wali Radhi menyampaikan sikap politik mahasiswa.

Dalam rilisnya, (21/5). Ia menjelaskan bahwa momentum 20 tahun reformasi tidak hanya menjadi selebrasi seremoni tapi harus menjadi aksi evaluasi penuh, sejauh mana pemerintah hari ini telah melaksanakan dengan konsisten amanat pejuang agenda reformasi 98 yang telah jauh dari harapan.

Maka dari itu, dalam momentum 20 tahun reformasi ini Aliansi BEM SI akan mengadakan aksi serentak refleksi 20 tahun reformasi dengan satu tema “Mewujudkan Kedaulatan NKRI”.

Adapun 3 sikap yang diperjuangkan sebagai berikut:

1. Wujudkan kebebasan berdemokrasi yang menjamin penuntasan kasus HAM masa lalu, ruang bersuara dan berserikat rakyat, pemberantasan KKN, dan kembalikan fungsi militer seperti amanat reformasi!

2. Pastikan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya buruh, pembagian sistem yang jelas antara pemerintah pusat dan daerah, dan pendidikan berkualitas dan terjangkau bagi seluruh kalangan!

3. Ciptakan ketahanan nasional bidang energi dan pangan untuk Indonesia yang berkelanjutan! 

Di momentum 20 tahun reformasi, BEM SI meminta kepada pemerintah agar selalu menjunjung tinggi kedaulatan NKRI dan untuk mahasiswa agar tidak terbuai dengan keadaan saat ini. 

Dalam aksinya hari ini BEM SI ingin menjadi pelopor pergerakan mahasiswa Indonesia. Aksi refleksi 20 tahun reformasi akan serentak di berbagai wilayah seperti sumbagut, sumbagsel, kalimantan, jateng-DIY, balinustra dan beberapa daerah lainnya.

(**/IST)

Berita9.com - Bagi Ketua MPR Zulkifli Hasan, Kebangkitan Nasional adalah narasi besar pentingnya mendahulukan Indonesia di atas segala perbedaan Suku, Agama, Etnis dan perbedaan latar belakang lainnya. 

"Pesannya adalah Nation First, Mendahulukan Indonesia. Kebangkitan Nasional adalah awal tumbuhnya kesadaran bersama bahwa melawan penjajah harus dilawan dengan persatuan dan bukan lagi perjuangan kedaerahan," kata Zulkifli di Jakarta, Ahad (20/5/2018).

Menurut Zulkifli, narasi Kebangkitan Nasional relevan dengan kondisi kebangsaan hari ini, khususnya melawan terorisme.

"Bersatu itu menguatkan atau kata Bung Karno dengan rukun kita menjadi kuat. Seperti di Surabaya yang diserang Gereja tapi kemanusiaan kita semua terluka apapun agamanya. Dengan bersatu kita lawan itu terorisme," tegas Zulkifli.

Zulkifli menyampaikan, Narasi persatuan itulah yang seharusnya menjadi prinsip dalam menghadapi tahun politik sekarang ini.

"Kontetasi politik itu hal yang biasa dalam demokrasi. Mau tagar Ganti Presiden atau Presiden 2 Periode silahkan asal damai. Beda pilihan itu biasa yang penting Merah Putih kita sama," tegasnya.

"Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Mendahulukan Indonesia, Saling menguatkan sesama anak bangsa," tutupnya.

(**/IST)

Page 1 of 60
Go to top