Foto

Foto (1129)

Berita9.com - Presiden Mali Ibrahim Boubacar Keita menyatakan akan memperketat keamanan di seluruh negara. Kebijakan itu dipicu oleh pembantaian 160 orang di desa Ogassogou Sabtu (23/2) lalu.

Hal tersebut disampaikan Keita kepada Panglima Militer Mali yang baru Jenderal Aboulaye Coulibaly. Jenderal Coulibaly merupakan pemimpin militer Mali yang baru. Panglima Militer sebelumnya dipecat karena kejadian ini.
 
"Kami membutuhkan keamanan di sini, itu misi kamu," ucap Keita kepada Coulibalyseperti dikutip dari AFP, Selasa (26/3).
 
"Keadilan harus ditegakan," tegas Keita.
 
Hingga Senin (25/3) lalu jumlah korban pembantaian di desa yang dekat kota Mopti di Mali tengah terus bertambah. Diduga kuat pembantaian itu adalah bagian dari pembersihan etnis.
 
"Saat ini korban tewas mencapai 160 orang, jumlahnya bisa lebih tinggi lagi," kata dia.
 
Pembantaian di desa Ogassogou diduga ditargetkan kepada etnis Fulani. Laporan reporter kantor berita Prancis AFP, tempat kejadian masih dipenuhi jenazah.
 
Diduga kuat pelaku serangan adalah milisi etnis Dogon. Etnis tersebut kerap terlibat pertikaian dengan etnis Fulani.
 
Pertikaian itu dipicu oleh sengketa kepemilikan tanah yang terjadi bertahun-tahun antara etnis Fulani dan Dogon. 
 
(**/IST)

Berita9.com - Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi menilai harga tiket Moda Raya Terpadu (MRT) yang telah ditetapkan oleh Pemprov DKI Jakarta sudah mengakomodasi kepentingan penumpang. Pemprov DKI Jakarta sebelumnya telah menetapkan harga tiket MRT sebesar Rp 8.500 per 10 kilometer (km). 

"Besaran tarif Rp 8.500, yang berbasis distance based, juga merupakan skema tarif yang cukup fair dan akomodatif bagi kepentingan konsumen," ujar Tulus dari siaran resmi, Selasa (26/3). 

Meskipun penetapan besaran tarif MRT tersebut terlambat, menurutnya keputusan tersebut layak diapresiasi. "Kendati terbilang terlambat, putusan dan persetujuan tersebut layak diberikan apresiasi," tambahnya. 

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta menyepakti besaran tarif rata-rata LRT Rp 5.000 dan tarif MRT Rp 8.500 per 10 km. Angka ini disetujui dalam rapat pimpinan gabungan yang diselenggarakan Senin (25/3) sore.

"Akhirnya kita putuskan harga tiket MRT senilai Rp 8.500 dan LRT Rp 5.000. Ini transportasi baru, kita harus bisa saling jaga," kata Prasetio di gedung DPRD DKI Jakarta usai rapat pimpinan gabungan tersebut.

Sehingga, angka tarif MRT tersebut lebih rendah dari angka yang sebelumnya diusulkan Pemprov DKI. Jika dihitung, maka tarif per kilometer turun menjadi Rp 700 dengan boarding fee tetap Rp 1.500.

Dengan begitu, untuk menempuh Lebak Bulus ke Bundaran Hotel Indonesia (HI) dengan jarak 16 kilometer, tarif MRT sebesar Rp 12.700. Besaran tarif ini lebih rendah dari penghitungan Pemprov dengan tarif tertinggi Rp 14.000.

Sementara, untuk tarif stasiun terdekat bisa bervariasi antara Rp 3.000 dan Rp 4.000 tergantung asal dan tujuan stasiun. Namun, Pemprov DKI belum bisa merinci tabel tarif MRT Jakarta berdasarkan dari dan ke stasiun. (*)

 

Berita9.com - Mantan Menko Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, melihat Calon Presiden petahana Jokowi kini mulai ditinggalkan rakyat. Rizal pun mengungkapkan penyebabnya.

"2014, Jokowi media darling. 'Aku ora mikir' aja bisa jadi headline. Rakyat tulus ingin ketemu Jokowi. 2019, Jokowi mulai ditinggalkan rakyat. Kalau ada acara Jokowi, lebih 50 persen mobilisasi kekuasaan, uang dan lain-lain. Mengapa? Karena banyak janji-janji ternoda, ekonomi sulit dan hukum tidak adil," kata Rizal melalui akunnya di Twitter, Senin 25 Maret 2019.
 
Rizal mengatakan apa yang terjadi 4,5 tahun terakhir Jokowi berubah dari 'dicintai jadi 'ditinggalkan' rakyat. Menurutnya rakyat merasa  dikhianati karena banyak janji-janji ternoda, ekonomi yang sulit, hukum yang tidak adil, over-claim, pendukung-pendukung tukang ngotot dan ngeyel, buzzers yang tidak cerdas dan menyebalkan.
 
Dalam tweet yang lain, Rizal juga melihat Jokowi kini dalam keadaan galau. Pada satu kesempatan menyebut pemilu bukan untuk perang. Tapi, di kesempatan yang lain, mantan Wali Kota Solo itu dinilai menyampaikan pidato yang isinya bernuansa sudah seperti mau perang.

Rizal dikenal sebagai tokoh yang kritis sejak zaman Orde Baru. Dia sempat menjadi Menteri Keuangan dan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri pada era mendiang Presiden Abdurrahman Wahid.

Tokoh kelahiran Padang, Sumatra Barat, 10 Desember 1954, kembali masuk kabinet di pemerintahan Presiden Jokowi sebagai Menko Bidang Kemaritiman. Tapi tak lama kemudian, dia dicopot dari jabatannya.

Saat ini, Rizal kerap mengkritik pemerintahan Jokowi. Namun, dia membantah memihak salah satu capres-cawapres tertentu dalam Pilpres 2019. Dia menyatakan masih ada di tengah.

(**/IST)

 

Berita9.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), beserta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan Deklarasi Komitmen Bersama Menjelang Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu 2019.

Selain itu, acara deklarasi tersebut juga dihadiri oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, yakni Erick Thohir dan wakil dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Mardani Ali Sera.

Komisioner KPU, Hasyim Ashari mengatakan, KPU menyambut baik komitmen nasional untuk menjadikan kampanye rapat umum dalam Pemilu 2019 yang dilakukan sejak esok hari, yakni 24 Maret hingga 13 April 2019.

"Kami mewakili KPU menyambut baik inisiatif dan prakarsa dari Bawaslu untuk memulai sebuah komitmen secara nasional dan diikuti di seluruh wilayah Indonesia," ujar Hasyim Ashari di Lapangan Bawaslu, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2019).

"Untuk bersama-sama membangun sebuah kesepakatan agar dalam hari-hari terakhir penyelenggaraan kampanye, terutama kampanye dalam bentuk rapat umum atau pertemuan terbuka ini bisa berjalan dengan lancar aman, damai,dan demokratis," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI, yakni Abhan berharap kalau kelangsungan Deklarasi Komitmen Bersama Menjelang Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu 2019 dapag membuat peserta pemilu bersinergi untuk menciptakan kampanye yang bermartabat dan beretika.

"Agar tercipta kampanye yang beretika bermartabat. Pemahaman masyarakat dalam berpolitik merupakan harapan kita bersama dan investasi. Pemilu 2019, semua peserta pemilu dapat bersinergi bersama," ungkap Abhan.

Penandatanganan MoU Netralitas Deklarasi Komitmen Bersama Menjelang Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu 2019 dilakukan oleh Ketua Bawaslu, perwakilan dari TNI, perwakilan Polri, dan Perwakilan Komisi ASN.

(**/IST)

 

Berita9.com - Tiga karyawan sebuah hotel dibawa ke kantor polisi karena berswafoto atau selfie dalam acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 22 Maret 2019.

Ketiga karyawan itu berinisial M, AR, dan AZ. M saat itu menggunakan ponsel untuk berswafoto dengan empat temannya saat acara sudah selesai dan Jokowi telah meninggalkan lokasi.

Dua temannya berpose dua jari, simbol kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Melihat aksi mereka, beberapa tim pemenangan Jokowi merasa tersinggung dan melaporkannya kepada petugas keamanan hotel. Polisi di lokasi berusaha mencegah agar tidak terjadi keributan sehingga ketiga karyawan itu dibawa ke Polsek Cakranegara, Kota Mataram.

Kepala Polsek Cakranegara Komisaris Polisi Muslih, dihubungi melalui pesan singkat, mengatakan bahwa aksi swafoto dua jari itu tidak ada unsur kesengajaan melainkan hanya spontanitas.

Ketiga karyawan itu sudah meminta maaf dan dipulangkan. Polisi juga menerangkan, ketiga karyawan berswafoto usai acara Jokowi digelar. Namun karena di lokasi ruangan masih ada beberapa orang simpatisan Jokowi, aksi itu memicu ketersinggungan.

(**/IST)

Berita9.com - Sebuah sekolah khusus putri di Auckland mengubah kebijakan seragamnya dan sekarang memungkinkan siswanya untuk mengenakan jilbab. Hal itu dilakukan setelah adanya serangan penembakan di dua masjid di kota Christchurch. Sekolah itu juga menerima kritik terkait seragam sekolah.

Kontroversi seputar pelarangan jilbab di Diocesan School for Girls sebelumnya muncul setelah salah satu guru mengutarakan kekhawatirannya kepada media Turki tentang aturan seragamnya. Kisah tentang sekolah Anglikan di Epsom tersebut muncul kurang dari seminggu setelah 50 Muslim meninggal dalam serangan teroris di dua masjid Christchurch minggu lalu.

Kepala sekolah Heather McRae bersikukuh dengan dress code dalam pernyataan publik sebelumnya meskipun wacana publik menyerukan perubahan. Namun, McRae dan ketua dewan, Andrew Peterson, mengatakan sekolah akan merevisi kebijakan seragamnya untuk memungkinkan siswa mengenakan jilbab.

"Setelah melakukan diskusi dengan hati-hati dan mempertimbangkan menerima masukan dari masyarakat, kami percaya revisi kebijakan seragam kami adalah tepat," bunyi pernyataan mereka, dilansir di New Zealand Herald, Jumat (22/3).

"Kami adalah sekolah yang berbelas kasih dan selalu terbuka untuk berdiskusi dengan keluarga dan siswa kami mengenai kebijakan seragam kami."

McRae dan Peterson mengatakan kebijakan seragam itu untuk menumbuhkan rasa inklusif dan untuk menghindari perbedaan dalam berpakaian yang mungkin mengundang perpecahan dan perpisahan.

"Sejauh yang kami ketahui, tidak pernah ada permintaan resmi dari orang tua atau siswa untuk mengenakan jilbab di sekolah," ujarnya. 

Sekolah yang berusia lebih dari 100 tahun itu juga mengheningkan cipta dua menit hari ini dan mendukung acara nasional "Selendang dalam Solidaritas" - yang menghormati para korban serangan Christchurch.

(**/IST)

Jakarta - Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Erwin Aksa Mahmud menegaskan sebagian besar para pengusaha sudah menentukan pilihannya kepada pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.
 
Menurut Erwin, meski Ketua Umum organisasi yang pernah dipimpinnya tersebut saat ini diketahui mendukung pasangan yang lain, namun ia menegaskan bahwa anggota HIPMI mendukung Prabowo-Sandi.
 
"HIPMI ini kepalanya saja ada di sana. Tapi badan dan hatinya di sini dan nyoblosnya Prabowo-Sandi," ujar Erwin Aksa dalam sambutannya pada acara deklarasi Aliansi Pengusaha Nasional untuk Prabowo-Sandi di Djakarta Theatre, Jakarta, Kamis 21 Maret 2019.
 
Tak hanya HIPMI, Erwin juga mengungkapkan bahwa organisasi Kamar Dagang dan Industri (KADIN), anggotanya juga sudah secara terbuka mendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 02.
 
"Yang saya hormati para Ketua-ketua KADIN daerah yang hadir. Ini juga sama. Kepalanya di sana, badan dan hatinya ada di sini, dan otomatis tangannya pasti ke nomor 2," kata Erwin yang langsung membuat ribuan pengusaha yang hadir bertepuk tangan.
 
Tak hanya itu, Erwin juga sempat menyinggung kehadiran akademisi Rocky Gerung yang turut hadir dalam acara tersebut. Ia menyematkan tokoh yang kini banyak digandrungi masyarakat tersebut sebagai Ketua Asosiasi Akal Sehat.
 
"Dan saat ini juga ada Bang Rocky Gerung. Pendiri Asosiasi Akal Sehat. Dan yang hadir di ruangan ini semua adalah yang berakal sehat," sapa Erwin kepada Rocky Gerung yang duduk tepat di belakang kursi Prabowo Subianto.
 
Pada kesempatan itu, di hadapan Prabowo dan Sandiaga, Erwin kembali menegaskan bahwa pengusaha yang mendukung pasangan nomor urut 02 tersebut tidak takut dengan intimidasi.
 
"Di sini tidak yang takut proyeknya dipotong atau disunat karena kita sunat nanti," pungkas Erwin yang membuat ribuan pengusaha berdiri dan memberikan tepukan dukungan kepada Prabowo-Sandi. 
 
(**/IST) 
 

 

 
 
 
Jakarta - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI harus diakui dilahirkan karena kecelakaan sejarah dan keberadaannya dipayungi dengan UU.

Demikian dikatakan peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro pada diskusi bertajuk "Strategi Memperjuangkan Kepentingan Daerah" di media center DPR, Rabu (20/3).
"Jadi ada double stader disitu, dengan posisi yang dilematis seperti itu tentunya berpengaruh terhadap keinginan untuk membangun sistem bikameral atau sistem dua kamar yang betul-betul dua kamar," ujar Siti.

Ia menyarankan agar DPD RI senantiasa mencari momentum agar bisa ditengok kembali. Sebab saat ini muncul pertanyaan mendasar, apakah DPD RI itu diperlukan atau tidak?

"Yang jelas DPD RI lahir dari empat kali amandemen UUD. Namun saat ini tidak memiliki fungsi legislasi," terangnywa.
 
Sementara saat ini sistemnya tidak jelas. "Dua kamar tidak, tiga kamar pun tidak. DPD pun fungsinya  juga tidak jelas," ucapnya.

Ada MPR yang juga menjalankan fungsinya sendiri. Sedangkan di sisi lain DPR relatif digdaya. Tetapi, lanjut Sti, sebenarnya DPR dan DPD RI mempunyai tugasnya masing-masing. Sehingga peran eksekutif dan legislatif bisa menciptakan sinergitas yang bermanfaat bagi rakyat.
 
"Jadi DPR dan DPD mempunyai kapling-kapling sendiri. Begitu juga, eksekutif. Maka kedua lembaga ini mampu menciptakan sinergitas," paparnya.
 
(**/IST)
 
 

 

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi), menegaskan, untuk mencapai target swasembada pangan menuju kedaulatan pangan di tanah air, tidak bisa dilakukan secara instan.

"Kalau orang menginginkan bisa swasembada, langsung ketahanan pangan, kemudian meloncat menuju kedaulatan pangan dalam sehari dua hari seperti membalikkan tangan, nggak akan mungkin. Perlu proses dan tahapan," kata Jokowi dalam acara Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi dan Diskusi Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Ia mengatakan, dalam 4,5 tahun terakhir, pemerintahannya masih terkonsentrasi dan terfokus pada pembangunan infrastruktur, baik di desa maupun di kota-kota.

Di desa, misalnya, telah banyak dibangun jalan produksi menuju kebun dan sawah dengan menggunakan dana desa. "Berkaitan dengan jalur logistik besar, jalan tol, pelabuhan, airport kita bangun juga untuk dekatkan produsen ke konsumen. Produsen dan pasar. Kita melihat bahwa ini semuanya tidak bisa instan," katanya.

Jokowi mencontohkan, untuk swasembada jagung, tidak bisa instan. Karena secara fisik di lapangan produksi jagung melimpah tetapi harga jagung jatuh di tingkat petani karena ada impor.

"Saya lihat, produksi jagung per hektare bagus tapi kalau harga jatuh seperti itu untuk apa. Saya cek, impor berapa, benar impor gede banget. Hampir 3,6 juta ton. Sehingga saat itu saya terbitkan Perpres yang membuat Harga Pembelian Pemerintah (HPP) Jagung Rp2.700 per kilogram. Paling tidak dengan harga itu jagung petani terserap dimana pun," kata Jokowi.

Perlu proses sehingga perlakuan serupa pada jagung bisa diterapkan pada komoditas lain, terutama yang banyak diimpor.

Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI ini, mengatakan hal-hal seperti itu yang saat ini sedang terus dibenahi agar kesejahteraan petani bisa meningkat. "Saya juga senang rumpang hasil hutan. Mereka mulai menanam bawang putih. Kalau panen bagus saya minta diperluas," kata Jokowi.

Pada kesempatan itu hadir para pengurus dan anggota HKTI versi Oesman Sapta Oedang (OSO) dari seluruh Indonesia. Termasuk Ketua Umum HKTI, Moeldoko yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Ketua DPD, Oesman Sapta Oedang (OSO).

(**/IST)

Berita9.com - Premier League, Liga Sepakbola Inggris dan Asosiasi Sepakbola atau FA dituduh menerapkan "standar ganda" karena tidak melakukan penghormatan terhadap 50 orang yang tewas dalam serangan masjid di Selandia Baru.

Enam negara dan laga liga rugby melakukan penghormatan atas insiden itu pada akhir pekan ini, tetapi ini tidak dilakukan dalam laga papan atas Inggris dan Piala FA.

Padahal, para pemain klub-klub Liga Primer mengenakan kain warna hitam di lengannya dan menyanyikan lagu kebangsaan Prancis setelah serangan Paris pada November 2015.

Yunus Lunat, mantan Ketua Dewan Kesetaraan Ras Asosiasi Sepakbola Inggris atau FA, menyebutnya sebagai "kemunafikan".

Ketika melakukan penghormatan pada insiden serangan di Prancis 2015, ketua Liga Primer Richard Scudamore mengatakan hal itu dilakukan sebagai bentuk "solidaritas dan kenangan" setelah serangan di ibu kota Prancis, yang menewaskan 130 orang.

Kepada BBC Sport, Yunus Lunat mengatakan: "Tidak ada alasan, kapan pun sesuatu terjadi, bahkan pada skala yang sama, sepakbola selalu bersikap dan melakukan penghormatan."

"Apa yang terjadi sekarang itu adalah standar ganda dan sikap munafik. Berdiam diri selama semenit adalah tindakan yang tepat. Ketika hal itu dilakukan sebagai tanggapan atas sebuah peristiwa, seharusnya itu dilakukan siapapun terhadap setiap serangan."

Insiden penembakan brutal di dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru pada Jumat lalu telah menewaskan 50 orang dan 48 lainnya luka-luka.

Ketika dimintai komentar oleh BBC Sport, pimpinan Liga Primer menunjuk kepada cuitannya di tweeter mereka hari Jumat lalu, yang isinya menunjukkan empati kepada mereka yang menjadi korban dari peristiwa mengerikan tersebut".

Liga Sepak Bola Inggris sejauh ini belum memberikan komentar atas pertanyaan yang diajukan BBC Sport.

Serangan di Paris pada 13 November 2015 oleh orang-orang bersenjata dan pembom bunuh diri telah menghantam gedung konser, stadion utama, restoran dan sebuah bar, dalam waktu yang hampir bersamaan - menyebabkan 130 orang tewas dan ratusan lainnya mengalami luka-luka.

Laga timnas Prancis dan Jerman di Stade de France menjadi sasaran serangan, ketika tiga pelaku bom bunuh diri meledakkan bahan peledak di luar stadion.

Dan pada hari Selasa, laga persahabatan antara timnas Inggris dan Prancis diwarnai upacara mengheningkan cipta untuk menghormati para korban serangan.

Setelah serangan Nice pada Juli 2016, yang menewaskan 86 orang tewas dan lebih dari 300 orang terluka, ketika sebuah truk menabrak kerumunan orang-orang yang sedang merayakanHari Bastille, Stadion Wembley menyalakan lampu Tricolor dan memberikan cuitan yang isinya "kami menunjukkan solidaritas terhadap warga Prancis ".

Klub Watford, Swansea, Wolves dan Millwall menjadi tuan rumah laga perempat final Piala FA pada akhir pekan ini, dan pimpinan FA mengatakan kepada BBC Sport bahwa "terserah klub masing-masing apakah mereka tidak memberikan penghormatan atau tidak. Kami akan mendukung apapun yang mereka lakukan".

Tepuk tangan selama semenit dilakukan oleh penonton dan pemain di Craven Cottage sebelum laga Fulham melawan Liverpool pada hari Minggu, meskipun ini adalah penghormatan atas seorang karyawan Fulham yang meninggal bulan lalu.

Lebih lanjut Yunus Lunat mengatakan: "Mengapa penghormatan tidak dilakukan, karena menurut saya kurangnya tokoh panutan dan pimpinan senior berlatar etnis yang dapat memahami situasi seperti itu."

"Kurangnya perwakilan umat Islam dalam peran kepemimpinan di bidang olahraga, terutama sepak bola, meskipun mereka memiliki cukup kompetensi untuk peran tersebut.

"Piala FA adalah kompetisi FA. Ini menunjukkan kelemahan kepemimpinan."

"Kesempatan untuk membuat pernyataan besar tentang apa yang terjadi di seluruh dunia hilang begitu saja," tegasnya.

(**/IST)

 

Page 1 of 81
Go to top