Foto

Foto (1075)

Berita9.com - Acara Junior NBA Coaches Academy 2019 resmi dibuka di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur, pada Selasa (22/1).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung membuka acara tersebut. Ia didampingi oleh Wakil Direktur Pemasaran NBA Asia Jim Wong, dan Wakil Direktur Operasional Basket NBA Asia Carlos Barroca.

Dibuka dengan tarian daerah dan lagu 'Indonesia Raya', acara diteruskan oleh pidato dari Jim Wong. Pria yang tinggal di Hongkong ini berterima kasih pada semua pelatih yang telah datang dan juga Pemprov DKI Jakarta.

Wong menyebut akademi pelatih NBA ini dapat melecut semangat pelatih basket Indonesia.

Acara Junior NBA Coaches Academy dibuka Anies dengan lemparan bebas ke ring yang tersedia di lapangan. Sempat ada gelak tawa peserta kala Anies gagal memasukkan bola, tetapi setelah dibantu oleh Barroca, pria berusia 49 tahun tersebut akhirnya berhasil. Usai acara, peserta meminta selfie dengan Anies Baswedan.
 
(**/IST)
 

Berita9.com - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPUU) mulai menyelidiki dugaan adanya kartel kenaikan harga tiket pesawat dan jasa kargo udara. Penelitian ini merupakan inisiatif KPPU setelah mendengar indikasi informasi yang beredar di masyarakat.

Kartel, mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah gabungan perusahaan sejenis yang bertujuan untuk mengendalikan permintaan, produksi, dan harga produk atau jasa. Warganet tiga pekan terakhir mengeluhkan mahalnya harga tiket penerbangan ke berbagai daerah di Indonesia. Mereka membandingkan harga tiket domestik dengan harga tiket luar negeri yang lebih murah. Sorotan terutama ke maskapai Lion Air, Garuda Indonesia, dan Citilink. 

Komisioner KPPU Guntur Syahputra Saragih mengatakan, KPPU memanggil pihak-pihak terkait dalam tahap penelitian, yaitu maskapai dan pemerintah. Dia menambahkan, KPPU sudah memanggil perusahaan maskapai penerbangan dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk meminta keterangan terkait dugaan kartel.

“Yang harus kita pahami bersama, tahap penelitian ini bukan berarti bersalah,” kata Guntur, di Jakarta, Senin (21/1).

Selanjutnya, KPPU akan menggunakan data sekunder untuk memverifikasi berbagai informasi. Guntur menjelaskan, poin dari penelitian KPPU adalah untuk memberikan kejelasan kepada masyarakat bahwa kenaikan tarif tiket pesawat yang terjadi termasuk dalam kategori praktik kartel atau tidak.

Penelitian terhadap dugaan kartel harga tiket sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu, sementara dugaan kartel harga kargo baru dimulai pada Senin (21/1). Guntur tak bisa memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meneliti dugaan praktik kartel. "Karena, semua ini sangat tergantung dari progres di lapangan," kata dia.

Untuk meneliti dugaan praktik kartel, KPPU mengacu pada Pasal 5 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Pasal itu melarang pelaku usaha membuat perjanjian dengan pelaku usaha pesaingnya untuk menetapkan harga atas suatu barang dan/atau jasa yang harus dibayar oleh konsumen atau pelanggan pada pasar bersangkutan yang sama.

Akan tetapi, ketentuan tersebut tidak berlaku bagi perjanjian yang dibuat dalam suatu usaha patungan atau suatu perjanjian yang didasarkan pada undang-undang yang berlaku. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyakini tidak ada praktik kartel dalam kenaikan harga tiket pesawat. Meski begitu, ia mempersilakan KPPU untuk membuktikan adanya dugaan tersebut.

Menurut dia, KPPU memang memiliki kewenangan untuk mencegah dan mengatasi praktik persaingan tidak sehat. "Tapi, kalau menurut saya, saya rasa tidak ada (kartel harga tiket pesawat),” ujar Budi di gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin (21/1).

Budi menyadari, harga tiket pesawat sedang menjadi sorotan banyak pihak. Sebagai regulator, kata Budi, Kemenhub siap menyederhanakan peraturan yang dinilai masih menyulitkan maskapai dan industri penerbangan secara umum.

Ia akan mengkaji terlebih dahulu peraturan penerbangan dengan sejumlah pihak dan pemangku kepentingan terkait. "Nanti kita lihat," kata Budi.

Penyederhaan regulasi penting dilakukan untuk mengakomodasi kepentingan konsumen dan maskapai. Kenaikan tarif pesawat memang memberatkan konsumen. Namun, di sisi lain, maskapai dihadapkan pada kondisi sulit akibat pelemahan nilai tukar rupiah dan naiknnya harga avtur.

Tak ada pelanggaran

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan, Kemenhub sudah memeriksa keadaan sebenarnya terkait pelayanan penumpang, termasuk soal harga tiket. Selain itu, Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional (Inaca) juga telah menurunkan harga tiket pesawat dengan mempertimbangkan keluhan masyarakat.

Polana menuturkan, sampai saat ini belum ada aturan yang dilanggar oleh maskapai penerbangan terkait harga tiket pesawat. “Harganya masih sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan PM 14 Tahun 2016,” ujar Polana menjelaskan.

Dia menjelaskan, harga tiket pesawat memang lebih berfluktuasi dibandingkan moda transportasi lain. Hal tersebut dikarenakan sifat bisnis penerbangan yang juga fluktuatif. "Bisnis penerbangan bergantung pada momen sibuk atau sepi," kata dia.

Terkait regulasi, Polana mengatakan, PM 14 Tahun 2016 yang mengatur tarif batas penerbangan belum pernah direvisi sejak 2016. Padahal, menurut dia, berdasarkan undang-undang yang berlaku, PM bisa direvisi apabila ada kondisi yang menyebabkan iklim usaha tidak sehat, dalam hal ini bergejolaknya nilai tukar rupiah dan harga avtur.

Kemenhub telah menyerahkan usulan Inaca untuk menaikkan tarif batas bawah sebesar lima persen menjadi 35 persen dari tarif batas atas kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Namun, usulan itu masih tertahan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, pemerintah tidak bisa melakukan intervensi dalam pasar tarif maskapai penerbangan. Menurut dia, harga lebih baik diserahkan pada mekanisme pasar.

"Akan tetapi, pemerintah punya batasan harga atas dan harga bawah. Saya pikir Pak Menteri Perhubungan sudah atur dengan baik soal itu," ujar Luhut.

Menurut mantan menko polhukam itu, penyesuaian harga tiket pesawat bisa terus dilakukan, tetapi membutuhkan waktu untuk mencapai keseimbangan harga. Terkait masalah harga avtur tinggi yang membuat harga tiket pesawat menjadi mahal, Luhut sepakat dengan banyak pihak untuk membahasnya.

Penumpang turun

Kenaikan harga tiket pesawat sejak dua pekan terakhir membuat orang berpikir ulang untuk bepergian menggunakan si burung besi itu. Penurunan tarif yang sudah disepakati asosiasi maskapai, belum terjadi di semua daerah. 

Di Padang, suasana ruang check in Bandara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman, terlihat lengang pada Ahad (20/1) pagi. Hanya ada beberapa calon penumpang.

Kenaikan harga tiket pesawat membuat jumlah penumpang pengguna jasa angkutan udara di Bandara Internasional Minangkabau berkurang hingga 3.000 orang per hari berdasarkan data yang dihimpun PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara.

Pimpinan Humas PT Angkasa Pura II BIM Fendrick Sondra menyebut, pergerakan penumpang pada awal tahun ini untuk kepergian dan kepulangan hanya sekitar 7.000 penumpang, turun dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 11 ribu penumpang.

Pada 18 Januari 2019, total penerbangan regional yang datang dan pergi sebanyak 29 pesawat dengan jumlah pergerakan penumpang 8.657 orang. Tingkat keterisian penumpang untuk keberangkat mencapai 88,92 persen dan kedatangan 74,14 persen.

Pada 19 Januari 2019, jumlah pergerakan penumpang mencapai 7.795 orang dengan perincian tiba 3.356 penumpang dan berangkat 3.202 orang, sedangkan tingkat keterisian pesawat 87,03 persen untuk kedatangan dan 82,08 persen untuk kepulangan.

Seorang warga Padang, Ardi, mengeluhkan masih tingginya harga tiket pesawat. Dalam kondisi normal, harga tiket pesawat rute Padang-Jakarta kelas ekonomi untuk maskapai berbiaya murah hanya sekitar Rp 700 ribu hingga Rp 900 ribu. Saat ini, sekitar Rp 1,3 juta.

Harga tiket serupa untuk maskapai layanan penuh yang sebelumnya berkisar Rp 900 ribu hingga Rp 1,3 juta naik hingga Rp 1,9 juta.

Meski begitu, penerbangan rute Padang-Jakarta dengan transit di Kuala Lumpur, harga tiketnya lebih murah, yakni sekitar Rp 1,1 juta. "Masa saya mau ke Jakarta karena ingin murah harus lewat Malaysia dulu, mesti punya paspor dulu, ini sudah tidak masuk akal," ujar Ardi.

(**/IST)

Jakarta - Kebakaran yang melanda permukiman padat penduduk di Tomang, Jakarta Barat sudah padam. 250 Rumah terbakar.

"Kurang lebih 250 rumah terbakar. Rumahnya kecil-kecil, permukiman padat," ujar Kepala Seksi Operasi Kebakaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Rompis Ramlih, kepada wartawan, Senin (21/1/2019).

Rompis mengatakan api bisa dipadamkan setelah 4 jam ditangani petugas pemadam kebakaran. Tiga RW terdampak akibat kebakaran tersebut.

"RW 11, RW 14 dan RW 15. Kalau di RW 11 ada 20 rumah, di RW 14 terdampak 200 rumah dan RW 15 ada 30 rumah.
Jadi total sekitar 250 rumah," lanjut dia.

Dia melanjutkan, titik api berasal dari salah satu rumah di RW 15 RT 02. Diduga api berasal dari kompor warga yang sedang memasak.

"Ibu Tum yang sedang memasak karena usaha dagang. Mungkin selang kompornya bocor," kata Rompis.

Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran itu. Namun, 1.190 orang harus mengungsi karena tempat tinggal mereka tidak bisa ditempati.

"Total KK dan korban yang terbanyak sebanyak, 289 KK, dan 1.190 jiwa," ucap Rompis.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kelurahan Tomang, Zaenal Fanani menambahkan ada 1.251 jiwa yang terdampak akibat kebakaran ini. Posko untuk korban terdampak sudah disediakan.

"Jumlah KK 185, berarti ada sekitar 1.251 jiwa. Posko pengungsian RW 11 di Masjid Jami An-Nur. Di RW 15 ada di Musala Al-Mu'minin dan RW 14 ada di lapangan Badminton RT 06," jelas Zaenal.

(**/IST)

Berita9.com - Hingga Ahad (20/01/2019) atau hari kelima kejadian banjir di puluhan desa sejumlah kecamatan di Kebumen, air banjir masih menggenangi sejumlah desa di Kecamatan Puring dan Ambal. Terparah berada di Desa Sitiadi, Sidobunder dan Sidodadi Kecamatan Puring dan Desa Pucangan Kecamatan Ambal. 

"Selain permukaan tanahnya cekung dan lebih rendah dibanding desa-desa sekitarnya, ketiga desa yaitu Sitiadi, Sidobunder dan Sidodadi berada di kawasan hilir sejumlah sungai yang airnya mengalir menuju muara Sungai Telomoyo. Karena berada di bagian hilir, air kiriman dari hulu yang terus mengalir sejak Rabu (16/01/2019) lalu, tertampung secara berlebihan di kawasan ini," ujar Kabid Sumber Daya Air DPUPR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kebumen, Supangat SSos, di Sidobunder, (20/01).

Hingga Ahad siang, arus air yang deras dan permukaannya yang sudah melampaui batas maksimal di Sungai Salak dan Dagan menyebabkan air meluap ke jalan raya, areal pesawahan dan pemukiman warga di tiga desa itu. Bahkan, ratusan hektar sawah di tiga desa itu yang tenggelam oleh air banjir, terlihat seperti lautan. 

"Rata-rata tanaman padi yang tenggelam ini berumur 30 hari. Bila sampai 7 hari berturut-turut banjir belum surut, besar kemungkinan tanaman akan puso," jelas seorang petani di Sitiadi, Tarman.

Sedangkan di Desa Pucangan Kecamatan Ambal, areal pesawahan dan halaman rumah warga yang masih digenangi banjir lokasinya berada di dekat aliran Sungai Pucang. Debit air Sungai Pucang hingga Ahad siang masih terlihat tinggi, menyebabkan warga terdampak luapan sungai ini was-was akan terjadinya banjir susulan bila hujan deras berdurasi lama kembali turun.

(**/IST)

Jakarta - Sejumlah Warga mengendarai sepeda listrik Migo e-Bike di Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (20/1).

Migo e-Bike merupakan layanan e-Bike pertama di Indonesia yang menggunakan sepeda listrik.

Sepeda listrik Migo e-Bike sudah tersedia sebanyak 500 unit. Sebelum menggunakan layanannya, pengguna harus mengunduh aplikasi Migo di Google Play Store untuk versi Android atau Apple App Store untuk versi iOS.
 
Aplikasi mengharuskan pengguna untuk registrasi dengan memasukkan informasi pribadi, seperti nama, nomor telepon, email, serta memotret KTP dan foto diri dengan KTP. Setelah registrasi,pengguna bisa langsung menyewa sepeda listrik.
 
Migo diharapkan dapat menjadi solusi kemacetan dan mengurangi pencemaran udara.
 
(**/IST)

Berita9.com - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno memanfaatkan momen Minggu paginya untuk lari pagi di kawasan Masjid Al Akbar Surabaya. Sandi mengaku cukup takjub dengan pertumbuhan ekonomi yang memanfaatkan wisata religi.

Kompleks Masjid Al Akbar setiap Minggu memang selalu ramai dikunjungi masyarakat yang ingin berolahraga. Biasanya, masyarakat berjogging mengitari area masjid.

Tak hanya itu, saat lapar dan dahaga menyerang, banyak pula tersedia pedagang kaki lima yang menjajakan aneka kudapan. Selain kuliner, ada juga pedagang pakaian, kerudung, aksesoris hingga peralatan rumah tangga.

"Di Masjid Al Akbar Surabaya ini kita lihat kegiatan religi menghidupkan ekonomi, ini yang harus kita lihat sebagai salah satu pusat pertumbuhan ke depan," kata Sandi ditemui usai berlari di kompleks Masjid Al Akbar Surabaya, Ahad (20/11/2019).

Sandi mengaku melihat banyaknya masyarakat yang berdatangan ke masjid ini. Tak hanya untuk beribadah, namun Sandi menemui masyarakat yang berfoto. Dia menilai masjid Al Akbar juga cukup instagramable.

"Kita tadi lihat tidak putus-putusnya manusia, masyarakat datang untuk selain beribadah juga menikmati pemandangan. (Berfoto untuk) Instagram karena fotonya bagus banget dengan latar belakangnya," lanjutnya.

Selain itu, Sandi yang mengaku telah berlari sebanyak tiga putaran ini melihat antusiasme masyarakat Jatim dalam berolah raga cukup tinggi.

"Hari ini kita lihat luar biasa antusiasme masyarakat, animonya tinggi untuk berolah raga dan kita jogging tiga putaran untuk menyapa beberapa teman PKL," imbuh Sandi.

Tak lupa, Sandi mengapresiasi pengelola Masjid Al Akbar yang selain menjadi tempat ibadah, juga menjadi jujugan wisata religi. Bagi Sandi, hal ini tentu dapat meningkatkan perekonomian.

"Kehidupan ekonomi rakyat tumbuh berkembang. Jadi saya sangat mengapresiasi, ini kunjungan kesekian kali di Jawa Timur mudah-mudahan bisa menyebarkan semangat optimisme masyarakat," pungkasnya.

(**/IST)

Berita9.com - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng & DIY memastikan pasokan BBM dan LPG dalam kondisi cukup dan aman menyusul adanya banjir yang terjadi di Kebumen pada Jumat (18/1/2019). 

Pjs Unit Manager Comm& CSR Pertamina MOR IV, Arya Yusa Dwicandra di Semarang menjelaskan 16 SPBU, 886 Pangkalan, 11 Agen dan 4 SPPBE yang berada di wilayah Kebumen tetap beroperasional seperti biasa dan tetap menyalurkan BBM dan LPG dengan penyaluran rata-rata BBM 369KL/hari dan LPG 30.360 tabung/hari.  Pertamina tetap melakukan pengecekan dan pengawasan penuh terhadap operasional BBM dan LPG terkait banjir di Kebumen.

“Pengiriman tetap kami lakukan dengan kondisi air meluap di beberapa ruas jalan yang dilewati dengan armada operasional seperti biasa, kami memastikan tidak ada langsiran atau pemindahan menggunakan armada kecil untuk ke lokasi pangkalan," jelas Arya.

Dengan adanya kejadian ini, penyaluran BBM dan LPG untuk masyarakat tetap berjalan. Jika memang ada jalur yang terhambat maka tim kami akan menggunakan jalur alternatif lainnya.

"Masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan BBM dan LPG, karena pasokan tetap kami salurkan seperti biasa," tambahnya.

Demi aspek safety saat kondisi banjir, Pertamina juga telah menghimbau kepada armada pengantar BBM dan LPG kami untuk berhati-hati dengan genangan dan luapan air di beberapa titik di kabupaten kebumen. Hingga saat ini penyaluran diupayakan tetap beroperasi normal seperti biasa.

"Apabila masyarakat menemukan kendala dalam layanan bbm dan lpg,  dapat menghubungi Pertamina Contact Center 1 500 000 atau This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. untuk dapat ditindaklanjuti," tutup Arya.

(**/IST)

Berita9.com - Direktur Materi dan Debat, Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno, Sudirman Said mengatakan debat capres pertama selesai dengan penuh kehangatan dan persahabatan. Ini bisa terjadi karena, kedua tim punya keyakinan yang sama bahwa pemilu merupakan suatu proses yang membentuk peradaban.

"Alhamdulillah debat pertama kita lalui, saya tidak memberikan komen mengenai performa paslon kami, biarlah masyarakat yang menilai nanti," katanya usai Debat Capres perdana di Hotel Bidakara, Kamis (17/1/2019).

Sudirman justru menyampaikan hal-hal untuk mengelaborasi pesan-pesan yang disampaikan Prabowo-Sandi. Menurutnya di periode sekarang ini soal korupsi, penegakan hukum, HAM dan terorisme itu menunjukan tanda-tanda agak mencemaskan.

"Pada periode ini 4 dari pimpinan lembaga negara tertangkap KPK. Pada periode ini juga ratusan pejabat publik, kepala daerah, anggota DPRD, anggota DPR tertangkap tangan," katanya.

Selanjutnya Sudirman juga menyatakan selama 4 tahun, janji memperkuat KPK tidak terjadi. Malahan KPK terus menerus diperlemah, bahkan yang ekstrem adalah serangan teror terhadap penyidik KPK.

"Di bidang HAM, muncul kasus-kasus persekusi ada dimana-mana, kemudian terorisme juga. Karena itu kita ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa ada hal yang perlu diperbaiki dalam penegakan hukum kita. Tegaknya hukum itu memberikan kepastian dan kepastian adalah memacning atau mendorong investasi dan perekonomian dan memberikan lapangan kerja," ulasnya.

Ia menambahkan, jika Prabowo jadi presiden, hukum ingin ditetapkan sebagai muara kehidupan masyarakat. Dan karena melihat masalah-masalah tadi, ketika Prabowo menjadi pemimpin negara ini, Prabowo akan menjadi panglima tertinggi dalam penegakkan hukum atau sebagai chief of law enforcement.

"Artinya betul presiden dalam penegakan hukum, menjadi peran untuk mendorong aparat penegak hukum untuk bekerja untuk rakyat. Caranya adalah memperkuat institusi hukum meyakinkan pemimpin bersih dan memberi pesan jangan ada lembaga hukum yang dipimpin oleh orang yang terafilisasi oleh partai politik, sehingga muncul persepsi ketidakadilan," tandasnya.

Dan dari prabowo sandi, kita yakin beliau akan menjalankan peran sebagai panglima tertinggi hukum. Kami mengapresiasi debat kali ini dan ke depan kami akan menampilkan debat yang memberikan pendidikan poltik bagi masyarakat.

(**/IST)

Berita9.com - Masih hangat kabar mengenai penutupan 26 gerai hingga pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 532 karyawan yang terjadi pada PT Hero Supermarket Tbk di awal tahun ini. Selain Hero, PT Central Retail Indonesia juga mengumumkan bakal menutup satu gerai Central Departement Store di Neo Soho Mall pada 18 Februari 2019 mendatang.

Ekonom di Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, pemerintah mesti segera mengambil langkah konkret agar ritel-ritel tak makin banyak yang berguguran. Salah satunya ialah dengan pemberian insentif kepada para pelaku usaha ritel utamanya yang memang padat karya.

"Kasih lah misalnya penangguhan biaya pajak atau keringanan lain-lain jangan kemudian tutup gitu. Contohnya PPh badannya 1 atau 2 tahun bisa ditangguhkan selama masa recovery, nanti kalau sudah mulai profit penambahan tenaga kerja mulai bayar lagi misalnya," katanya, Kamis (17/1).

Bhima melanjutkan, pemerintah juga tak bisa tinggal diam terhadap karyawan yang kena PHK sebagai imbas dari gugurnya retail. Pasalnya, PHK itu bisa mengakibatkan dampak yang lebih jauh lagi di masyarakat yaitu pengangguran, rendahnya daya beli masyarakat hingga kemiskinan.

"Jumlahnya cukup banyak (yang di PHK) ratusan ini baru satu grup, belum grup yang lain-lain. Banyaknya pengangguran yang ratusan ini pemerintah harus menyiapkan strategi alih profesi jadi orang yang di-PHK tadi bisa enggak pemerintah masuk ke BUMN yang bergerak di sektor ritel juga bisa enggak seperti itu?" imbuhnya.

Bhima menguraikan, lesunya industri ritel itu memang bisa disebabkan banyak faktor. Salah satu yang menurutnya jadi masalah penting ialah melemahnya daya beli masyarakat.

Indikasi pelemahan daya beli di tingkat menengah ke bawah itu, menurutnya tak hanya bisa dilihat dari inflasi namun lebih jauh dalam waktu 3 tahun terakhir yang menunjukkan konsumsi rumah tangga cenderung bergerak stagnan di angka 5 persen.

"Padahal, setiap tahunnya di Indonesia ada pertambahan penduduk dengan kelahiran bayi sekitar 4 juta yang harusnya bisa meningkatkan permintaan konsumsi," kata dia.

Sementara, pada kelas menengah ke atas Bhima menyebut pelemahan daya beli lebih disebabkan oleh sikap terhadap tahun politik. Ia mengatakan banyak yang mencari aman dengan 'wait and see' dengan tidak banyak melakukan pembelian atau investasi yang berisiko. Pasalnya, mereka mengkhawatirkan kebijakan yang belum stabil.

"Gaduh kebijakan contohnya kemarin harga BBM jam sekian mau dinaikkan terus tiba-tiba satu jam kemudian dibatalkan, paket kebijakan 16 katanya udah mau disentif ini itu terus ditarik lagi, ini membuat semakin dekat pilpres ini sehingga orang-orang kaya menahan diri," ujarnya.

Tak hanya itu, Bhima menyebut, menjamurnya minimarket juga berpengaruh terhadap lemahnya daya saing retail utamanya menyangkut kebutuhan sehari-hari masyarakat. Hal itu ditambah lagi ongkos operasional dan ongkos produksi termasuk barang impor akibat fluktuasi rupiah yang kian mahal menjadikan ritel semakin kewalahan.

Kendati demikian, Bhima menyangkal kalau persaingan dengan e-commerce cukup berdampak bagi ritel. Pasalnya, e-commerce saat ini porsinya masih 2 persen dari total ritel nasional terkait bahan kebutuhan pokok. Singkatnya, barang yang dijual e-commerce dengan supermarket itu dua jenis yang komposisinya beda.

"Kalau e-commerce itu 70 persen lebih bisa dicek banyak fashion kemudian sisanya lebih banyak elektronik hampir 30 persen sisanya, makanan ada tapi sangat kecil sementara yang anjlok sekali yang Hero mengeluhkan dari makanan dan minuman atau consumer goods yang kita konsumsi sehari-hari turun sekitar 7 persen. Ini mengindikasikan memang permasalahannya bukan e-commerce pertama," kata dia.

Pada kondisi itu, Bhima mengimbau agar pemerintah bisa lebih dulu fokus mengambil langkah mendorong kebijakan makro yaitu untuk menaikkan pendapatan masyarakat hingga menerapkan stabilitas kebijakan. "Jadi dekat pemilu jangan ada kebijakan-kebijakan plin-plan yang maju-mundur gitu," ucapnya.

(**/IST)

Jakarta - Pengadaan alat kesehatan (Alkes) adalah bidang paling banyak terjadi korupsi di sektor kesehatan.

Demikian dikatakan Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi, Pahala Nainggolan dalam konferensi pers bersama Menteri Kesehatan, Nila Moeloek dan Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan

"Data di kita, korupsi di sektor kesehatan itu tentang alat kesehatan, selain yang fisik tapi yang tertinggi alat kesehatan," ujar Pahala di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu (16/1).

Pahala menyebut pos anggaran kesehatan tidaklah sedikit, yaitu lima persen dari total anggaran belanja dan pendapatan negara (APBN).

"Tahun 2017 anggaran kesehatan untuk alat kesehatan itu Rp 24 triliun, tahun 2018 ada Rp 36 triliun di APBN dan APBD," ungkap Pahala.

Dia menyebutkan memang perlu pengawasan yang lebih ketat dalam pos alat kesehatan yang melalui program pengadaan.

"Oleh karena itu secara khusus KPK melakukan kajian untuk alat kesehatan," tutup Pahala.

(**/IST)

Page 1 of 77
Go to top