Tips Cantik Aman Dalam Memilih Kosmetik

Tidak semua produk kosmetik kecantikan cocok dengan kulit wajah anda Tidak semua produk kosmetik kecantikan cocok dengan kulit wajah anda IST
Berita9.com – Bagi para semua wanita, kecantikan wajah adalah faktor utama yang dapat dibanggakan. Selain itu, menjamurnya berbagai macam produk kosmetik membuat para wanita ingin mengaplikasikan produk-produk tersebut ke wajah mereka.
 
Tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua produk kosmetik kecantikan cocok dengan kulit wajah anda. Bisa jadi, bahan yang terkandung didalam kosmetik tersebut tidak membuat wajah anda menjadi lebih cantik namun malah sebaliknya. Berikut tips memilih produk kosmetik ala Berita9.
 
1. Kenali Kulit Wajah Anda 
Sebelum memilih make up, kenali kulit wajah anda terlebih dahulu, apakah wajah anda cenderung berminyak, kering, sensitif atau normal. Untuk kulit berminyak, biasanya ditandai dengan kadar minyak berlebih di daerah ‘T-Zone’ seperti dahi, hidung, dan dagu. Sedangkan untuk wanita yang memiliki jenis kulit kering umumnya wajah terlihat kusam dan garis-garis wajah terlihat lebih jelas. Berbeda dengan jenis kulit sensitif, jenis kulit ini biasanya tipis dan mudah terkena alergi, sehingga bagi para  wanita yang memiliki jenis kulit ini diwajibkan membaca bahan yang terkandung di dalam kosmetik tersebut sebelum membeli. Sedangkan untuk kulit wajah yang normal kadar minyaknya seimbang dan jenis kulit wajah ini tidak terlalu bermasalah.
 
2. Jangan Mudah Percaya Dengan Label 
Banyak kita jumpai produk kosmetik menggunakan bahasa-bahasa yang menarik minat pembeli seperti, ‘make up tahan lama’, dan ada pula produk yang menjadikan dirinya sebagai produk pemutih. Namun, memiliki efek samping yang sangat membahayakan bagi kulit wajah anda. Produsen sengaja menggunakan bahasa yang semenarik mungkin untuk tujuan marketing. Karena bisa jadi, bahan yang terkandung di dalam produk kosmetik tersebut, tidak sesuai dengan jenis kulit wajah anda.
 
3. Jangan Termakan Merk
Akhir-akhir ini banyak para wanita yang membeli kosmetik berdasarkan merk luar negeri yang sedang ngehits seperti NYX, MAC, Make Over dan lain sebagainya. Namun perlu diperhatikan, karena sekarang ini banyak kosmetik dengan merk tersebut yang ternyata adalah kosmetik palsu. Karena bahan yang terkandung didalam kosmetik palsu tersebut memiliki zat kimia yang berbahaya. 
 
4. Sesuaikan Warna Kulit
Dalam memilih kosmetik seperti foundation, bedak, lipstick dan sebagainya, sebaiknya anda sesuaikan dengan warna kulit. Jika anda memiliki warna kulit kuning langsat dan putih pucat, anda dapat aplikasikan dengan warna-warna yang soft maupun warna yang mencolok, karena kulit warna ini cocok dengan segala kosmetik. Sedang untuk kulit sawo matang dan gelap, sebaiknya hindari memilih warna foundation maupun bedak yang terlalu terang dan pilihlah warna lipstick seperti warna merah, coklat muda, apricot.
 
5. Sesuaikan Kebutuhan
Bagi para wanita, kosmetik adalah kebutuhan yang paling utama. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa masih ada kebutuhan lain selain kosmetik. Sebaiknya dalam membeli kosmetik disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari, tidak membeli kosmetik berlebihan. Karena umur kosmetik hanya bertahan dalam jangka waktu 1 atau 2 tahun.
 
Berikut tips memilih kosmetik ala Berita9 semoga bermanfaat bagi para wanita dan selamat mencoba.
 
(**/TIS)
Rate this item
(2 votes)
Go to top