Holding Migas Dinilai Untungkan Semua Pihak

 Ahmad Yuslizar (Kanan) Ahmad Yuslizar (Kanan) IST

Berita9.com - Ketua Forum Jurnalis Jakarta, Ahmad Yuslizar mengatakan percepatan PGN mengakuisi Pertagas berdampak pada pemercepatan kebijakan-kebijakan di sektor gas nasional yang menguntungkan semua pihak.

Lanjutnya, tuduhan akuisisi gas oleh PGN hanya menguntungkan salah satu pihak tidak benar, "Tuduhan itu, tak beralasan. Penggabungan itu akan memangkas biaya pembangunan infrastruktur gas menjadi lebih efesien dan efektif," katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Ahad (11/2/2018).

Ia menjelaskan, sederhananya begini, untuk membangun pipa kalau dilakukan dua perusahaan akan merogoh kocek yang sangat dalam. "Berbeda dengan satu perusahaan yang terintegrasi,’’ kata Yos.

Selain itu, Yos menegaskan, pemerintah bisa memiliki perusahaan gas yang kuat jika proses merger segera dilaksanakan segera. "Suara-suara sumbang yang muncul tidaklah mewakili suara mayoritas. Boleh didengar, tetapi akuisisi jalan terus. Target pun harus diputuskan." tegasnya.

Dikatakannya, Pembentukan holding migas ini tentu sebagai salah satu cara menghindari duplikasi pengelolaan hilir gas bumi.

"Holding ini akan dapat  mempercepat pembangunan infrastruktur gas yang terintegrasi, penyatuan ini dapat mencapai distribusi gas yang lebih merata," tukasnya.

(**/WE)

Rate this item
(0 votes)
Go to top