Penggunaan Teknologi Panel Surya Hemat Energi

CEO SUN Ryan Putera Pratama Manafe mengatakan penggunaan teknologi panel surya bisa menjadi solusi CEO SUN Ryan Putera Pratama Manafe mengatakan penggunaan teknologi panel surya bisa menjadi solusi IST

Berita9.com - PT Surya Utama Nuansa (SUN Renewable Energy) mendorong penggunaan teknologi panel surya sebagai sumber energi alternatif yang dapat menghasilkan sistem kelistrikan yang optimal.

CEO SUN Ryan Putera Pratama Manafe mengatakan penggunaan teknologi panel surya bisa menjadi solusi bagi permasalahan petani gula dalam menyiasati penggunaan bahan bakar premium yang berdampak pada membengkaknya biaya pengeluaran pada sistem pengairan sawah.

"Irigasi yang andal dapat meningkatkan produktivitas pertanian. Untuk mendapatkan pengairan maksimal dibutuhkan sistem kelistrikan yang optimal," katanya di Jakarta, belum lama ini.

Ia memastikan pompa air dengan teknologi panel surya bekerja dengan prinsip mengubah energi listrik menjadi mekanikal untuk memompa air. Listrik tersebut dapat digunakan secara langsung atau dapat disimpan kembali.

"Ini yang dapat membuat sistem pengairan usaha tani bekerja secara efektif, efisien, dan produktif. Sistem pompa air yang inovatif dari SUN tidak memerlukan bahan bakar serta ramah lingkungan karena pengoperasiannya tidak hanya hemat biaya operasional tetapi juga tidak menghasilkan polusi suara dan udara," sebutnya.

Ia mengaku prihatin melihat kondisi petani Jawa Barat pada September 2013 yang harus mengeluarkan biaya ekstra untuk selang dan solar, sementara di bulan yang sama tahun 2017 petani di Magetan, Jawa Timur, menggunakan elpiji sebagai bahan bakar pompa air sawah.

"Terus terang, kami sangat prihatin dengan keadaan ini. Sudah lima tahun sejak 2013, tantangan yang dihadapi oleh petani kita masih sama. Begitu pentingnya irigasi yang baik, namun begitu sulit mendapatkannya," jelasnya.

Untuk itu, SUN berkomitmen mendukung sepenuhnya program pemerintah dalam percepatan terwujudnya peningkatan infrastruktur dan sarana pertanian dengan kombinasi energi surya dan teknologi cerdas yang inovatif demi menciptakan industri pertanian yang berstandar internasional dan juga kesejahteraan petani yang merata.

"Kami men-desain sistem pompa air tenaga surya yang sudah lengkap dengan instalasi pompa air berstandar Eropa. Energi yang sudah dipasok ke pompa air dari sumber air yang sudah ada bertujuan mengalirkan air ke penampungan. Panel surya menghasilkan listrik DC (arus searah) di bawah paparan radiasi sinar matahari. Kiranya ini gambaran skema desain yang kami tawarkan," pungkasnya.

(**/WE)

Rate this item
(0 votes)
Go to top