Berita9.com - Sebanyak 13 desa di enam kecamatan di  Kabupaten Banyumas melakukan karantina wilayah (Karwil). Selain ke 13 desa tersebut juga sejumlah desa di Banyumas mulai Ahad (29/3/2020) melakukan karwil tingkat RT.Karwil itu dilakukan intuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Bupati Achmad Husein saat dihubungi membenarkan terkait adanya Karwil di tingkat RT untuk mengawasi perantau yang pulang kampung.
 
“Saya bentuk gugus tugas sebanyak 10.139 tim. Mereka akan mencari Orang Dalam Pemantuan  (ODP ) yang diperkirakan mencapai 2900 orang,” kata Achmad Husein.
 
Sasaran tim gugus tugas lebih kearah ODP yang baru pulang merantau dari Jakarta, Bandung, dan sejumlah kota lainya yang pandemi virus Covid-19.
 
Kemudian jika menemukan ODP akan diawasi dengan menggunakan gelang, dan mereka diminta untuk mengkarantina mandiri dengan memakai masker di rumah, namun tetap dalam pengawasan.
 
Dalam prakteknya dilapangan nanti gugus tugas kecamatan, desa, dan RT akan melibatkan unsur kecamatan, puskesmas, Babinsa, Banbin Kamtibmas, desa, relawan Ormas, dan RT. ”Nantinyan gugus tugas RT, akan menjadi agen  social safety,” ungkapnya.
 
Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Baturraden, yang juga Kepala Desa Kemutug Kidul, Kardi Daryanto seusai mengikuti rapat kordinasi di tingkat kecamatan, menjelaskan, dari hasil rapat kordinasi disepakati semua gang atau lorong yang masuk pemukiman penduduk di pintu gerbang akan ada penjagaan oleh tim gugus tugas.

“Tugas mereka mendata mengawasi perantau yang pulang kampung dari sejumlah kota besar terutama yang wilayahnya pandemi virus Covid-19. 

“Setiap pintu gang akan dijaga oleh tim gugus tugas, untuk mendata dan mengawasi perantau yang pulang kampung,” kata Kardi.

Sejauh pemantuan awak media di lapangan sejumlah jalan tikus atau jalan desa sudah banyak dijagani oleh warga dengan mendirikan Posko. Bahkan ada yang menyiapkan sabun dan anti septik yang diperuntukan bagi warga yang akan masuk kampung atau pemukiman. (*)

DPR Desak Pemerintah Gunakan Dana Desa Untuk Tanggulangi Corona

Sudah Saatnya Menhan Prabowo Ambil Alih Komando Perang Basmi Corona

Go to top