Mau Surfing di Jogja? Coba 4 Pantai ini

Surfing di Pantai Wediombo Gunungkidul Surfing di Pantai Wediombo Gunungkidul Ist

Berita9.com - Wilayah Pantai Selatan di Yogyakarta tidak hanya menyajikan panorama indah. Sebab, Yogyakarta juga punya sejumlah pantai yang cocok untuk surfing. Bahkan, di Kabupaten Gunungkidul ada lokasi-lokasi surfing yang sudah mulai kondang di antara surfer mancanegara ataupun nusantara.

Pegiat surfing dari Ngandong Surf, Hery Sulistyo mengungkapkan, Yogyakarta juga sudah memiliki banyak komunitas penggemar selancar. “Di Yogyakarta banyak spot surfing yang belum dicoba, khususnya wilayah Kabupaten Gunungkidul,” ujar Hery.(30/9).

Lantas, pantai mana saja di Yogyakarta yang cocok untuk surfing? “Silakan yang lagi #MudikPenuhPesona di Yogyakarta, dan hobi berselancar? Gunung Kidul mulai komplit dengan wisata baharinya,” ajak Menpar Arief Yahya.

1. Pantai Ngandong di Gungungkidul
Menurut Hery, Ngandong memiliki ombak dari sisi kanan dan kiri yang tidak terlalu besar sehingga cocok bagi pemula. “Pantainya jernih dengan pasir putih dan sudah ada warga lokal yang mampu bersurfing,” tuturnya.
Selain itu, di Ngandong juga sudah ada amenitas. “Sudah ada homestay, kulinernya juga enak terutama seafood dengan harga terjangkau,” sebutnya.

2. Pantai Wediombo
Pantai yang masih sederetan dengan Ngandong ini dikenal memiliki ombak yang konstan. Namun, peselancar tetap harus berhati-hati karena dasar pantainya batu karang. “Di Wediombo juga sudah ada komunitas surfer,” sambung Hery.

3. Krakal
Pantai di sebelah timur Pantai Baron, Gunungkidul ini dikenal berombak cukup besar. ”Ombak di Krakal bagus untuk peselancar pro atau yang sudah expert,” kata Hery.
Krakal juga cenderung sepi dari wisatawan karena ombaknya yang besar. Namun, justru sudah banyak orang asing yang berselancar di Krakal. “Krakal punya daya tarik bagi surfer asing yang lebih menyukai lokasi sepi,” ulasnya.

4. Parangtritis
Pantai di Kabupaten Bantul ini sudah kondang di seantero nusantara. “Parangtritis punya garis pantai yang panjang. Dasar lautnya berpasir sehingga ketika terjatuh tidak menghantam karang,” tutur Hery.
Selain itu, Parangtritis juga punya daya tarik tersendiri karena di saat-saat tertentu mirip ombak di Pantai Kuta, Bali. “Ketika ombak setinggi satu feet, mirip dengan Kuta di Bali,” kata pria asal Magelang yang sedang terlibat dalam pendataan pantai di berbagai daerah yang cocok untuk lokasi surfing itu.
Heri menambahkan, surfing bukan hal baru lagi di Yogyakarta. “Jogja juga pernah menggelar kontes surfing di Krakal dan Wediombo,” pungkasnya.

(**/Kempar)

Rate this item
(0 votes)
Go to top