"Parangtritis Beach Icon" Lomba Perselancar Bocah

Olahraga akuatik ini masih kurang diminati oleh anak-anak karena gelombang Pantai Parangtritis dianggap ganas Olahraga akuatik ini masih kurang diminati oleh anak-anak karena gelombang Pantai Parangtritis dianggap ganas IST

Berita9.com - Puluhan peselancar meramaikan Pantai Parangtritis dalam acaranya bertajuk “Parangtritis Beach Icon”, lomba selancar yang diadakan oleh Jingking Community Surfing pada Sabtu dan Minggu (16-17/9/2017).

Lomba surfing tersebut diadakan keempat kalinya dan diikuti peselancar anak-anak maupun dewasa.

Salah satu panitia, Dadang Biyantoro mengatakan lomba selancar ini ditujukan untuk peselancar anak-anak saja.

Mereka dibagi menjadi dua kategori yaitu untuk anak-anak dengan usia di bawah 12 tahun dan di bawah 16 tahun. Sedangkan kategori dewasa yang akan terjun dalam Expression Session, lebih ditujukan untuk sesi hiburan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis.

“Sudah ada 20 peserta yang mendaftar lomba [anak-anak] dan kebanyakan dari penduduk lokal Parangtritis dan sekitarnya,” ucapnya.

Menurut Dadang, ia sengaja memberi ruang bagi penduduk lokal untuk turut berlomba. Tujuannya, mencari bakat atlet selancar yang masih langka di kawasan laut selatan Yogyakarta ini. Apalagi ia menyebut, olahraga akuatik ini masih kurang diminati oleh anak-anak karena gelombang Pantai Parangtritis dianggap ganas dan sering menenggelamkan wisatawan.

Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, Dadang menyebut bakal melibatkan anggota SAR setempat yang terbiasa melakukan olahraga selancar. Selain untuk mendampingi peserta kelas dewasa peserta, mereka juga akan bersiaga untuk penyelamatan jika memang terjadi kecelakaan laut.

Hal tersebut dibenarkan oleh Komandan SAR Pantai Parangtritis, Ali Joko Sutanto. Ali mengatakan untuk memastikan keselamatan peserta lomba terutama untuk kelas anak-anak, pihaknya akan menyiagakan anggota sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan dapat segera memberi pertolongan.

“Ada tim SAR yang siap melakukan pertolongan jika ada atlet yang membutuhkan,” katanya.

(**/HJ)

Rate this item
(0 votes)
Go to top