Raja Ampat Tingkatkan Kualitas Pramuwisata

Pembangunan pariwisata secara berkelanjutan membutuhkan sumber daya manusia yang memadai dan berkualitas Pembangunan pariwisata secara berkelanjutan membutuhkan sumber daya manusia yang memadai dan berkualitas IST

Berita9.com - Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, mengutamakan peningkatan kapasitas pramuwisata guna mendukung berbagai program pengembangan pariwisata secara berkelanjutan di daerah itu. Bupati Raja Ampat, Abdul Farisi Umlati di Sorong, Kamis (23/11), mengatakan pembangunan pariwisata secara berkelanjutan membutuhkan sumber daya manusia yang memadai dan berkualitas.

''Itu termasuk menyangkut peranan penting para pemandu wisata lokal,'' katanya.

Dia mengatakan bahwa pemerintah perlu membiayai program pelatihan bagi pemandu wisata lokal untuk peningkatan kapasitas dalam melaksanakan aktivitas kepemanduan wisata Raja Ampat. Pemerintah berharap pramuwisata tidak hanya mengantar wisatawan ke objek wisata. Akan tetapi, para pramuwisata juga sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk menjelaskan kepada wisatawan maupun masyarakat tentang berbagai program pemerintah.

Abdul Farisi mengatakan berbagai program pemerintah antara lain menyangkut upayanya menjaga kelestarian alam untuk menunjang pembangunan pariwisata secara berkelanjutan. Oleh karena itu, kata dia, pada Tahun Anggaran 2018 pemerintah daerah setempat mengalokasikan dana untuk mendukung berbagai kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas pramuwisata di Raja Ampat.

Pemerintah Kabupaten Raja Ampat juga akan membuat regulasi yang bertujuan untuk melindungi kalangan pramuwisata yang beraktivitas di Kabupaten Raja Ampat. Selain itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Raja Ampat pada Tahun Anggaran 2018 juga akan mengutamakan pembangunan infrastruktur yang mendukung kemajuan pariwisata.

"Pemerintah daerah inginkan pariwisata Raja Ampat berkembang maju dan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal serta memberikan penghasilan pendapatan daerah maksimal guna menunjang seluruh program peningkatan kesejahteraan rakyat," ungkapnya.

(**/Ant)

Rate this item
(0 votes)
Go to top