DPR Apresiasi Polri Ungkap Kejahatan Siber

Pengungkapan kejahatan siber ini merupakan buah kerja sama yang baik antara kepolisian Indonesia dengan Tiongkok Pengungkapan kejahatan siber ini merupakan buah kerja sama yang baik antara kepolisian Indonesia dengan Tiongkok IST

Berita9.com - Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto pun mengapresiasi kinerja Polri dalam mengungkap kasus kejahatan siber yang dilakukan oleh warga negara (WN) Tiongkok. Tim gabungan Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya mengungkap kejahatan penipuan melalui telepon atau phone fraud.

"Walaupun korbannya orang Tiongkok dan Taiwan, ini pun hasil kerja sama Interpol antara pemerintah Tiongkok dan Indonesia," kata Agus, di lobi Nusantara III Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 1 Agustus 2017.

Politikus Demokrat itu juga memberikan apresiasi kepada kepolisian Tiongkok. Menurutnya, pengungkapan kejahatan siber ini merupakan buah kerja sama yang baik antara kepolisian Indonesia dengan Tiongkok.

"Kerja sama seperti ini adalah kerja sama yang baik," ujarnya.

Tim gabungan Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya mengamankan WN Tiongkok di tiga kota sekaligus, yakni 92 orang ditangkap di Surabaya, 27 orang di Bali, dan 29 orang di Jakarta.

Dalam menjalankan kejahatannya, sindikat tersebut menggunakan data-data nasabah bank di Tiongkok dan Taiwan. Mereka menghubungi para korban, kemudian menyamar seolah-olah dari instansi penegak hukum di Taiwan.

Sebagian dari mereka ada yang berperan sebagai polisi, jaksa, atau petugas bank. Lalu, pelaku mengancam korban dengan dalil tengah menyelidiki kasus pidana yang melibatkan korban. Setelah korban merasa ketakutan, pelaku lantas meminta uang agar kasusnya dihentikan.


(**/ROS)

Rate this item
(0 votes)
Go to top