76% Wisatawan Traveling Karena Kuliner Lokal

Survei Airbnb Asia Pacific (APAC) di 7 Negara Survei Airbnb Asia Pacific (APAC) di 7 Negara IST

Berita9.com - Ada banyak alasan orang untuk traveling. Survei membuktikan: rata-rata 76% wisatawan di kawasan Asia Pasifik traveling karena penasaran dengan kuliner lokal.

Menurut survei yang dilakukan Airbnb Asia Pacific (APAC) di 7 negara: Australia, China, India, Jepang, Singapura, Korea Selatan dan Thailand, secara rata-rata 76% wisatawan Asia Pasifik mengatakan bahwa kuliner lokal mempengaruhi pilihan tujuan liburan mereka.

Dari survei tersebut, angka tertingginya sebesar 87% berasal dari wisatawan India dan terendah 62% dari wisatawan Thailand.

Sementara itu, wisatawan wanita dari Asia Pasifik lebih tertantang untuk mencoba kuliner lokal dibandingkan wisatawan pria.

Wisatawan wanita dari China (73%), India (74%), Jepang (80%), Singapura (84%), Korea Selatan (59%) dan Thailand (69%) cenderung lebih merasa bahwa penting untuk mencicipi kuliner lokal dibandingkan dengan wisatawan pria dari negara yang sama.

Satu-satunya yang menjadi pengecualian adalah Australia dimana wisatawan pria lebih tertarik untuk mencoba kuliner lokal (76%) dibandingkan dengan wisatawan wanita (71%).

"Survei kami telah membuktikan bahwa orang-orang di seluruh wilayah, terlepas dari usia atau jenis kelamin, memiliki keinginan untuk benar-benar merasakan tempat yang mereka kunjungi, bukan hanya berkunjung. Kuliner sangat mempengaruhi pengambilan keputusan akan tempat tujuan liburan mereka," ujar Siew Kum-Hong, Direktur Regional, Asia Pasifik, Airbnb dalam keterangan persnya, (25/10).

Untuk wisatawan kelompok usia 18-24 tahun, sangat terbuka terhadap ide baru dan mencoba kuliner lokal. Persentasenya yaitu wisatawan dari Australia (77%), China (65%), India (72%), Jepang (83%), Singapura (79%) dan Korea Selatan (59%).

Yang mengejutkan, sebanyak 82% wisatawan dengan kategori usia di atas 55 tahun di Thailand, ternyata yang lebih terbuka untuk mencoba rasa dan menu kuliner baru pada perjalanan liburan mereka, bila dibandingkan dengan generasi milenialnya.

"Kuliner juga merupakan salah satu cara termudah untuk masuk ke dalam budaya atau komunitas lokal, baik bepergian dengan keluarga dan teman anda, atau juga sendiri," tutup Siew Kum-Hong.

(**/Ww)

Rate this item
(0 votes)
Go to top