Bakmi Jawa Mbah Mo Enaknya Legendaris

Bakmi Jawa Yogjakarta Bakmi Jawa Yogjakarta IST

Berita9.com - Semangkuk bakmi Jawa godog hangat dengan isian komplet mudah ditemui di Yogyakarta. Beberapa penjual terbilang legendaris karena konsisten meracik bakmi Jawa selama puluhan tahun.

Mampir ke Yogyakarta rasanya tak lengkap bila tak mencicip bakmi Jawa. Keunikan bakmi ini terletak pada bumbu dan cara memasaknya.

Bumbunya terdiri dari kemiri, bawang merah, bawang putih, garam dan merica. Sementara kaldunya berupa rebusan ayam kampung dan telur bebek yang dikocok.

Sementara jenis mie yang digunakan umumnya mie kuning basah. Namun ada juga yang memakai bihun. Bakmi diberi pelengkap irisan daging ayam, kol, daun bawang, irisan tomat, dan kekian yaitu adonan bakso yang dipotong tipis dan dibuat dari tepung terigu.

Bakmi tradisional dimasak di atas anglo atau tungku tanah liat dengan api arang. Proses peracikan bumbu dan pemasakan umumnya dilakukan satu per satu berdasarkan pesanan.

Bakmi Jawa tersedia goreng, godog dan nyemek. Disajikan bersama acar mentimun, cabai rawit, dan kerupuk kanji.

Nah, kalau kamu sedang berada di Yogyakarta dan ingin mencicip bakmi Jawa legendaris, warung Mbah Mo bisa kamu sambangi.

Bakmi milik Mbah Mo ini dijuluki sebagai bakmi Jawa paling lezat di Yogyakarta. Meski bangunannya sederhana, namun warung ini tak pernah sepi pengunjung.
 
Bahkan, banyak pelanggannya yang datang dari luar kota hanya untuk mencicipi kelezatan bakmi buatan Mbah Mo. Dimasak menggunakan arang dengan proses memasak tradisional, membuat cita rasanya semakin khas.
 
Selain itu, kuah kental dari bakmi yang terbuat dari kombinasi kuah kaldu, berbagai bumbu, serta telur bebek membuatnya terasa asin dan gurih.
 
Meski berada di lokasi yang terpencil, yaitu di Desa Code, Bantul, namun hal ini tidak menyurutkan antusiasme orang-orang untuk merasakan kelezatan masakan di tempat ini.
 
(**/IST)
Rate this item
(0 votes)
Go to top