Bosan Sate Kambing? Cobain Enaknya Sate Lele

Omah Lele Sumber Roso Omah Lele Sumber Roso IST

Berita9.com - Sudah bosan menyantap sate daging kambing atau ayam terus? Saatnya mencoba sate dengan bahan baku daging lele. Sate unik ini mempunyai rasa nendang dan bisa membikin ketagihan.

Omah Lele Sumber Roso kawasan Jalan Barongan Jetis Bantul menyediakan sate unik ini, bahkan tersedia juga sate lilit ikan tuna di Warung Makan Putra kawasan Jalan Namburan Kidul Yogya.

Kedua tempat kuliner ini bangunan fisiknya nampak sederhana, namun sama-sama mempunyai pelanggan tersendiri. Selain dapat dimakan di tempat, bisa juga dibungkus dan dibawa pulang.

Menurut pemilik Omah Lele Sumber Roso, Basirun, bahan lele untuk dibuat sate dipilih yang ukuran besar.

Ia sudah mempunyai pengepul lele yang bisa menyetor lele-lele ukuran besar. Satu ekor lele minimal satu kilogram, sehingga dapat difilet atau diambil daging-dagingnya.

Setiap satu kilogram lele biasa terambil setengah kilogram daging dan bisa menjadi antara 15 sampai 20 tusuk sate lele. Sebelum ditusuk-tusuk, daging yang sudah dipotong-potong direndam air berbumbu dahulu.

“Setelah ditusuk-tusuk dicelup dahulu dibumbu wujud cair, lalu dibakar. Pencelupan dan pembakaran bisa sampai tiga tahap, jadi bumbu bisa benar-benar bisa meresap ke dalam daging lele,” tandas Basirun, baru-baru ini.

Lain halnya saat datang ke Warung Makan Putra, sate lilit tuna khas Bali sering dipilih para pelanggan.

Beberapa masakan khas Bali lain seperti nasi jinggo, ayam betutu dan plencing kangkung juga menjadi primadona konsumen.

Seperti halnya Dewo dan Ladido yang datang ke warung, sembari santai menikmati nasi jinggo maupun sate lilit tuna.

Meski bukan berasal dari Bali, keduanya merasa cocok dengan masakan khas Bali tersebut.

“Yang jelas terasa enak dan bumbu-bumbunya pas. Satenya lembut, karena daging ikan tunanya dilembutkan dahulu, dililitkan pada tusuk sate dan dibakar. Setiap kami ke sini selalu membeli sate lilit tuna,” tegas Dewo.

Sementara itu adik Sri Sultan HB X, GBPH H Prabukusumo Spsi yang pernah datang ke Warung Makan Putra menuliskan kesaksiannya di kanvas serta ditandatangani langsung.

Gusti Prabu menuliskan sebagai berikut, “Saya sekeluarga sudah menikmati masakan-masakan khas Bali di sini... Pokok’e uenak tenan dan ketagihan!”

(**/YN)

Rate this item
(0 votes)
Go to top