Enaknya Sate Kambing Blora Mustika

Sate Blora memiliki keempukan daging serta bumbu kacang yang berbeda Sate Blora memiliki keempukan daging serta bumbu kacang yang berbeda IST

Berita9.com - Bicara surga kuliner sate di Jawa Tengah, Kabupaten Blora tempatnya.

Wilayah di pojok timur Jawa Tengah itu memang telah lama menjadi rujukan wisatawan untuk menikmati kuliner daging bakar tusuk.

Tak sulit menemukan kuliner sate di Kabupaten Blora. Sate ayam, sate kambing maupun sate sapi.

Pedagang sate bahkan menjamur di pinggiran ruas jalan serta sentra-sentra kuliner. 

Popularitas Blora sebagai kota sate memang telah melegenda.

Pemerintah setempat bahkan juga memberikan simbol khusus berupa patung penjual sate karena saking melekatnya kuliner sate di wilayah berjuluk Blora Mustika itu.

Salah satu penjual sate Blora yang legendaris dan kerap menjadi langganan orang adalah warung sate Pak Sungaib di Jalan Mister Iskandar. Lokasinya stretegis dan dekat dengan Alun-alun. 

Warung Pak Sungaib menyediakan segala jenis sate: mulai sate ayam, kambing, dan sapi. Tapi yang menjadi favorit adalah sate kambing. Warung itu telah 40 tahun menjual sate di sana.

"Memang resep warung kami sudah turun-temurun. Jadi sudah punya pelanggan tetap, baik dalam kota maupun luar kota," kata Karmi (37 tahun), seorang penjual sate Pak Sungaib, (23/9).

Menurut Karmi, ada sejumlah ciri khas sate Blora sehingga masih terus dicintai pelanggan dari waktu ke waktu.

Ciri itu mulai dari tekstur dan penyajian yang menggoda, keempukan daging serta bumbu kacang yang berbeda dari sate lain. 

"Kalau di Blora memang kental bumbu kacangnya. Sedangkan empuknya daging, karena pilihan kambingnya harus yang bagus," katanya. 

Untuk menyajikan satu porsi sate, biasanya butuh waktu sepuluh menit. Saat dipanggang, irisan daging tusuk juga ditaburi bumbu terlebih dahulu agar daging kambing tak berbau prengus. 

"Pelengkap sate Blora, selain bumbu kacang, juga dengan kuah gulai beraroma aroma rempah-rempah serta sambal giling," ujar ibu dua anak itu. 

Saat tersaji di atas meja, sate Blora memang memikat. Ketika disantap, kelembutan sate serta meresapnya bumbu begitu terasa. Gurih dan sedap. 

Sate Blora Pak Sungaib buka setiap hari pada pukul 08.00-22.00 WIB. Satu porsi sate kambing dijual seharga Rp35 ribu, sate ayam Rp20 ribu, dan sate sapi jagal Rp30 ribu.

(**/RE)

Rate this item
(0 votes)
Go to top