Ikut Lomba Foto Makanan Hadiah 17,5 Juta

Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) dan Zen Tableware menggelar kompetisi Food Styling bagi para profesional dan umum Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) dan Zen Tableware menggelar kompetisi Food Styling bagi para profesional dan umum IST

Berita9.com - Suka food styling dan jepret makanan? Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI) dan Zen Tableware mengadakan kompetisi Zen Food Plating bagi para penata makanan Nusantara.

Lomba terbuka bagi umum dan profesional bagi warga negara Indonesia. Kompetisi akan dibagi menjadi dua kategori, yakni profesional dan umum. Total hadiah mencapai Rp 17,5 juta.

"Ini bentuk apresiasi kami untuk masakan khas Nusantara," ujar Managing Director Indo Porcelain Vivi Angara dalam acara konferensi pers di Jakarta, kemarin.

Selama ini makanan Nusantara cukup jarang dijadikan menu untuk swafoto. Bahkan melakukan 'food styling' terhadap masakan Indonesia juga kurang banyak ditemui.

Alasan tersebut membuat Zen Tableware menggelar kompetisi food styling dengan menu Nusantara.

Kompetisi berlangsung sejak 31 Oktober hingga 20 November 2017 mendatang. Dewan juri, salah satunya pakar kuliner William Wongso, akan memilih 10 finalis untuk tiap kategori. Kompetisi dilakukan dengan cara menilai foto yang diunggah peserta melalui jejaring Instagram dan Facebook. Syaratnya, masakan harus menu Nusantara berunsur lauk pauk dan sayuran, serta pencuci mulut dalam porsi individual.

Kemudian di babak final, peserta lomba wajib menata makanan di depan juri dengan membawa masakan yang sudah dimasak sendiri.

Penilaian dilakukan berdasarkan kreativitas dan memenuhi syarat. Namun, pihak panitia penyelenggara tidak memberikan dana kompensasi pada finalis yang berada di luar Jakarta. Sebab, grand final akan berlangsung di Jakarta. Finalis yang berada di luar Jakarta harus menanggung biaya akomodasi secara pribadi.

Perwakilan Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI) Santhi Serad mengatakan, kompetisi swafoto dengan menggunakan masakan Nusantara memang masih cukup jarang.

"Makanan Indonesia dianggap kurang menarik untuk difoto karena warnanya cenderung tidak eye catching," ujar Santhi.

Hal tersebut memang sedikit benar karena masakan Indonesia mengandung banyak bumbu sehingga warnanya jauh lebih pekat. Meski demikian bukan berarti tidak menarik untuk difoto.

(**/RE)

Rate this item
(0 votes)
Go to top