Ke Jogja Cobain Sambel Welut Pak Sabar

Sajian Sambel Welut Pak Sabar Menggugah Selera Sajian Sambel Welut Pak Sabar Menggugah Selera B9/YD

Berita9.com - Tidak ada habisnya menjelajahi kekayaan kuliner di Yogyakarta, dan salah satu wilayah di Yogyakarta yang kaya akan kuliner tradisional adalah Bantul.

Salah satu diantara kuliner yang cukup terkenal dari wilayah ini adalah Sambal Belut Pak Sabar.

Beralamat di jalan Imogiri Barat km 6, Dusun Dokaran, Kelurahan Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Pak Sabar mulai membuka usahanya sejak awal tahun 90an.

Sambal belut adalah menu andalan dari tempat makan ini.

Menu tersebut berupa belut goreng yang telah dihilangkan durinya kemudian diuleg bawang putih, garam, cabai.

Yang membuat rasanya istimewa, adalah penggunaan kencur untuk menghasilkan aroma dan rasa yang segar.

Sambal belut ini disajikan dengan lalapan mentimun dan daun kemangi, sangat pas disantap bersama nasi putih panas.

Rasa dari sambal ini sangat nikmat, berpadu antara pedas dan gurihnya daging belut yang sebelumnya telah digoreng.

Selain menu utama sambal belut tersebut, Pak Sabar juga menyediakan beragam menu lainya, seperti belut goreng, oseng belut, wader goreng, kuthok (ikan gabus) goreng/oseng.

Untuk rasa belut gorengnya pun gurih, dan cara menggorengnya pas, tidak terlalu kering dan tidak juga terlalu basah.

Oseng belutnya pun juga tak kalah nikmat. Perpaduan rasa gurih dan manis yang menyegarkan bakal memanjakan lidah.

Dalam menu ini belut dimasak bersama beberapa jenis sayuran sehingga menambah kesegaran hidangan ini. Sedang untuk hidangan ikan gabusnya tidak kalah nikmat dengan olahan yang terbuat dari belut.

Jika Anda berkunjung ke Sambel Belut Pak Sabar secara rombongan, Anda bisa membeli belut secara kiloan dan bisa dimasak dalam beberapa varian masakan.

Setiap harinya warung ini buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Meskipun berada di tengah perkampungan dan cukup jauh dari pusat kota, tetapi warung sederhana yang dindingnya terbuat dari kayu dan bambu tersebut mampu menarik orang dari berbagai kalangan datang ke sana.

Hal tersebut terbukti dari banyaknya pigura foto yang terpajang di dinding, dan diantaranya berisikan foto selebritas yang pernah singgah ke warung ini.

Tak terlalu sulit menemukan kedai yang buka dari jam 10 pagi sampai 10 malam ini. Dari pusat Kota Yogyakarta, arahkan saja kendaraan Anda ke selatan menuju Pojok Benteng Timur.

Jika datang dari Jalan Brigjen Katamso, belokkan kendaraan Anda ke kiri. Di pertigaan pertama, belok kanan masuk ke Jalan Sisingamangaraja. Susuri jalan ini hingga bertemu Jalan Lingkar alias Ringroad Selatan.

Dari situ, Anda masih harus berjalan lurus ke selatan sekitar 1,5 kilometer. Lalu, belokkan kendaraan Anda masuk ke gang keempat yang berada di sisi kiri.

Setelah menyeberang jembatan, Anda akan menemukan papan nama bertuliskan Warung Sambel Welut Pak Sabar di dekat masjid yang ada di sebelah kanan jalan. Kedai tersebut agak masuk ke dalam, tak jauh dari masjid. (**/YD)

Rate this item
(1 Vote)
Go to top