Nasi Campur dan Tempe Pilihan Obama

Menu yang dipesan Obama adalah nasi campur nusantara serta tahu dan tempe Menu yang dipesan Obama adalah nasi campur nusantara serta tahu dan tempe Ist

Berita9.com - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga makan malam di Sasanti Resto Jogja di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 8 Yogyakarta, Kamis malam (29/6/2017). Menunya antara lain nasi campur dan tempe goreng.

Pemilik Sasanti Resto, Emmy Pratiwi saat ditemui seusai menerima kunjungan Obama mengaku tidak menduga bakal kedatangan mantan Presiden ke-44 Amerika Serikat itu. "Jam lima sore baru ada kabar kalau beliau mau makan di sini dan jam enam baru fix booking di sini ," kata dia.

Obama, kata Emmy, tiba di restoran miliknya pukul 19.30 WIB bersama istri Michelle Obama, dua putrinya Malia dan Natasha, serta adiknya Maya Soetoro sekeluarga. Mereka tidak memesan menu dan pelayanan khusus layakanya tamu VVIP, melainkan menu restoran biasa dengan harga total menu yang dipesan mencapai Rp3 juta.

"Mereka ingin dilayani sebiasa mungkin dengan suasana kekeluargaan. Mereka juga memilih setting meja biasa tanpa lapak. Kalau meja VVIP biasanya kita dekorasi dulu, ini mereka tidak mau," kata dia.

Menurut Emmy, menu yang dipesan Obama adalah nasi campur nusantara serta tahu, tempe. Nasi Nusantara dihidangkan seperti nasi tumpeng yang terdiri atas nasi merah, kuning, dan putih dengan dikelilingi beragam lauk khas Bali, Sulawesi, Padang, dan Jawa.

Sedangkan Michelle Obama memesan nasi goreng kampung yang merupakan nasi goreng biasa yang dihidangkan dengan campuran cabai, bawang merah, ayam, kerupuk, dan telur. Sementara kedua puterinya memesan chicken salad dan dill chicken salad. "Ini benar-benar menu biasa. Tadi di meja Obama juga ada yang memesan satu cangkir kopi tubruk," kata dia.

Head Service Sasanti Resto Annas Irfani mengatakan sebelum hidangan disajikan tidak ada pengecekan keamanan masakan terlebih dahulu dari pihak tim keamanan Obama. Padahal untuk pejabat-pejabat VVIP lainnya, menurut Annas biasanya menyertakan tim dari BPOM untuk mengecek keamanan dan kesehatan makanan. "Tidak ada pengecekan, malah dapur kami baru dicek setelah mereka selesai makan," kata dia.

Selain Obama, menurut dia, sebelumnya Sasanti Resto memang kerap menerima kunjungan tamu-tamu VVIP, di antaranya Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Susilo Bambang Yudoyono, Gus Dur, serta BJ Habibie. "Katanya pihak Obama meminta rekomendasi restoran dari pihak hotel tempatnya menginap merekomendasikan Sasanti. Kami memang mengangkat menu-menu khas Nusantara," kata dia.

Sebelumnya, pada siang hari, Obama dan keluarga makan siang di Restoran Bumi Langit di Jalan Imogiri-Mangunan, Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis, 29 Juni 2017.

Restoran Bumi Langit, Bantul yang dikelola Iskandar Woworuntu dikenal dengan sajian menu Nusantara dengan bahan-bahan hasil budidaya organik. Menu yang disajikan antara lain seperti urap Bali, sup ikan gurame, mi goreng khas Bantul atau dikenal dengan mi lethek, dan sambal terong.

"Jadi makanan yang standar saja, kalau minuman kita sajikan minuman fermentasi dengan daun sereh. Kemudian kami campur dengan buah murbai yang kami tanam sendiri. Intinya makanan tidak hanya sehat tapi toyyib (baik)," kata Iskandar.

Usai makan malam, Obama dan keluarga kembali menuju tempat penginapan di Hotel Tentrem pukul 20.15 WIB dengan pengawalan ketat. Setelah selesai berlibur di Yogyakarta, Obama dijadwalkan bertolak menuju Bogor, Jawa Barat pada Jumat (30/6/2017) untuk bertemu Presiden Joko Widodo.

(**/TS)

Rate this item
(0 votes)
Go to top