Nyobain Kelezatan Sop dan Soto Ikan Laut

Sup ikan laut menggunakan jenis ikan bawal putih. Sup ikan laut menggunakan jenis ikan bawal putih. IST

Berita9.com - Masakan dengan rasa segar, lezat dan bergizi bisa anda dapatkan di sop ikan laut dan soto tuna.

Sop ikan laut dapat dipesan di kuliner N’deso kawasan Jalan Purboyo Sleman, sedangkan soto tuna Bang Jack ada di Jalan Pandega Marta Sleman.

Menurut pengelola N’deso, Muda Aji, olahan sup ikan laut termasuk menu favorit yang banyak dipesan. Aji menggunakan ikan laut jenis bawal putih untuk sajian supnya.

Namun jika ada pesanan jenis ikan lain seperti tongkol, cakalan dan tuna akan dilayani juga. Seperti biasa dipadukan dengan kuah sup dan ikan telah diberi bumbu-bumbu sebelumnya digoreng terlebih dahulu.

"Kuah sop ikan laut menggunakan aneka bumbu seperti halnya jenis sop lain. Sebelum diangkat waktu memasak ada tambah irisan bawang bombay, loncang dan tomat,” terang Aji, belum lama ini.

Menurutnya, selain olahan beberapa jenis ikan laut, sejumlah sayur  ‘ndeso’ cukup digemari konsumen, seperti jipang lombok ijo, tempe lombok ijo, oseng kangkung serta pete goreng.

Bahkan makanan ringan ‘kanca ngopi’ antara lain pisang, durian dan singkong  goreng juga diandalkan sebagai teman setia minuman kopinya mulai dari kopi hitam, kopi gingseng hingga kopi susu.

“Minuman tradisional seperti wedang uwuh, secang, kunir asam dan beras kencur pun banyak peminatnya. Konsumen sekadar minum-minum sambil menikmati suasana bangunan tradisional di tempat kami, kami persilakan,” ujarnya.

Adapun bahan baku soto tuna, yakni ikan tuna filet sudah digoreng dan digeprek. Kuah soto berwarna cokelat dipadu irisan daun bawang atau loncang.

Soto ini bisa disantap bersama ketupat serta nasi, baik pagi, siang, sore maupun malam hari.

"Warna kuahnya cokelat, karena kombinasi aneka rempah alami. Warna kuah seperti ini ada yang menyebut mirip soto Betawi maupun Makassar,” jelas pengelola soto tuna Bang Jack, Djoko Witono.

(**/KR)

Rate this item
(0 votes)
Go to top