Bike Park Bantul Jadi Tempat Kejuaraan Dowhill Internasional

76 Indonesian Downhill akan dilaksanakan 21-22 April 2018 di Bukit Hijau Imogiri Bantul. 76 Indonesian Downhill akan dilaksanakan 21-22 April 2018 di Bukit Hijau Imogiri Bantul. IST

Berita9.com - Mata insan olahraga bersepeda di seluruh Indonesia bahkan Asia Tenggara bakal tertuju ke sisi selatan Yogyakarta 21-22 April 2018 nanti.

Selama dua hari, Bukit Hijau Karang Tengah Imogiri Bantul bakal didaulat menjadi tuan rumah kejuaraan balap sepeda bertajuk 76 Indonesian Downhill.

Ketua penyelenggara, Parama Nugroho mengungkap dipilihnya Yogyakarta sebagai lokasi penyelenggaraan kejuaraan balap sepeda downhill memang bukan kali pertama.

Di 2017 lalu, Tebing Breksi Sleman sempat dipilih menjadi venue event yang diikuti pebalap dari berbagai kawasan Indonesia termasuk Asia Tenggara.

“Tahun lalu kami adakan di Breksi dan animonya sangat besar ternyata di Yogyakarta ini. Tahun ini kami pilih kembali Yogya namun venue balapan di Bukit Hijau Imogiri Bantul. Kawasan itu sedang membangun bike park yang tampaknya sangat cocok untuk olahraga bersepeda ekstrim,” ungkapnya.

Kejuaraan level internasional yang secara resmi tercatat di kalender induk olahraga sepeda UCI tersebut bakal diikuti pebalap-pebalap terbaik Indonesia termasuk yang sedang mempersiapkan diri menuju Asian Games 2018.

“Ajang ini bergengsi karena pebalap-pebalap terbaik bakal ikut serta dan Yogyakarta menjadi yang pertama untuk tahun 2018,” sambungnya.

Penyelenggara menurut Parama selain menyuguhkan event berkualitas untuk atlet profesional, juga membawa pesan memasyarakatkan olahraga downhill di tanah air.

“Semakin tahun kami melihat animo masyarakat semakin meningkat terhadap olahraga downhill dan harapannya Indonesia bisa menjadi barometer downhill bukan hanya di Asia Tenggara namun juga Asia,” pungkasnya.

Bukit Hijau Karangtengah Imogiri Bantul sendiri baru beberapa bulan terakhir berbenah. Masyarakat desa setempat yang melihat potensi wilayah sebagai pusat olahraga balap sepeda lantas berupaya membangun bike park atau taman arena bersepeda untuk jenis downhill, all mountain hingga cross country.

(**/KR)

Rate this item
(0 votes)
Go to top