INAPGOC Siapkan Sarana Transportasi Ramah Disabilitas

INAPGOC juga menyiapkan tenaga transportasi yang ramah bagi penyandang disabilitas. INAPGOC juga menyiapkan tenaga transportasi yang ramah bagi penyandang disabilitas. IST

Jakarta - Penyelenggara Asian Para Games 2018, INAPGOC, terus berupaya mempersiapkan ajang multievent untuk penyandang disabilitas itu secara optimal, salah satunya adalah menyiapkan tenaga transportasi yang ramah bagi penyandang disabilitas.

Untuk event ini INAPGOC telah menyiapkan sebanyak 1100 unit kendaraan pendukung yang antara lain terdiri dari 230 Low Entry dan 100 High Entry bus dari Trans Jakarta dan Kementerian Perhubungan dengan total kapasitas 1400 atlet wheelchair dan 4600 atlet non-wheelchair.

Selain itu panitia penyelenggara juga telah mempersiapkan ratusan tenaga terlatih untuk mendukung semua itu, sebanyak 600 volunteer, 600 fieldworker dan 300 pengemudi sudah dipersiapkan dan mereka juga telah mengikuti pelatihan dan pembekalan mengenai layanan transpostasi yang ramah bagi disabilitas.

Direktur Transportasi INAPGOC, Adrianto Djokosoetono, menyampaikan pentingnya pemahaman bagi semua pihak yang terlibat untuk memfasilitasi para atlet dan offisial.

"Kami berupaya optimal memastikan layanan transportasi yang ramah disabilitas karena tentu kebutuhannya berbeda, terutama atlet pengguna kursi roda," ungkapnya.

Para volunteer, fieldworker dan pengemudi pun sudah diberi materi khusus yang dititikberatkan pada bagaimana cara berinteraksi yang baik dengan para penyandang disabilitas.

"Layanan bukan hanya mengenai kendaraannya, tapi juga sumber daya manusia di tim kami. Mulai dari driver, fieldworker, volunteer yang semuanya harus punya pemahaman soal menangani penyandang disabilitas," lanjut Adrianto.

Asian Para Games 2018 sendiri yang akan dilangsungkan pada 6-13 Oktober 2018 mendatang, dan pembukaannya akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 6 Oktober 2018 nanti.

(**/AP)

Rate this item
(0 votes)
Go to top