Jersey Baru Juventus Berani Rubah Tradisi 116 Tahun

Juventus Store Juventus Store IST

Berita9.com - Juventus sudah memperkenalkan jersey anyar yang akan dipakai musim depan. Ada cerita menarik di balik tampilan kostum anyar Si Nyonya Tua.

Juve telah memamerkan jersey anyarnya, saat menghadapi AS Roma di Olimpico Stadium, Senin (13/5/2019) dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo dkk mengenakan jersey anyarnya di laga pekan ke-36 Liga Italia. Ada cerita menarik soal jersey anyar itu terkait motif seragam Bianconeri yang berbeda dari biasanya.

Jika sebelumnya Juventus identik dengan setrip belang putih dan hitam, di jersey anyarnya tidak nampak lagi. Meski masih didominasi warna hitam dan putih Kostum yang dikenakan juara Liga Italia, kini motifnya menjadi monokrom dengan variasi setrip merah muda di bagian tengahnya.

"Desain baru yang berani membangkitkan masa lalu, juga menyulut masa depan klub melalui evolusi garis hitam dan putih yang ikonik. Jersey baru akan terus memiliki warna hitam dan putih yang ikonik, tetapi dalam bentuk setengah garis yang baru, bersama dengan kilatan merah muda di tengah desain dan menghormati warna pertama klub," tulis situs resmi Juventus.

Ada cerita di balik jersey anyar itu. Dilansir Football Italia, motif tersebut dipilih guna meningkatkan penjualan di AS.

Dilaporkan, penelitian menunjukkan jersey Juventus yang sebelumnya bermotif belang-belang hitam dan putih tidak laku dikarenakan motifnya sama dengan kostum wasit bisbol dan American Football.

Karena alasan itu, Juventus mengubah tampilan jerseynya, adapun barunya ini telah membongkar tradisi Si Nyonya Tua yang sudah berumur 116 tahun atau sejak 1903. 

Juventus sendiri punya sejarah yang cukup unik soal awal mulanya motif belang vertikal hitam putih dalam jersey mereka.

Untuk diketahui, motif legendaris hitam putih diperkenalkan oleh mantan striker Juventus asal Inggris, John Savage. Sebelum identik dengan warna belang-belang La Vecchia Signora menggunakan warna pink atau merah muda dalam jersey-nya.

Jersey pink tersebut kemudian bermasalah kala itu. Warna tersebut kerap luntur ketika dicuci di binatu sehingga pihak klub mencoba memikirkan alternatif warna lainnya.

John Savage kemudian ditugasi untuk mencari warna yang cocok untuk timnya saat itu. Sang pemain itu pun merasa kesulitan sehingga meminta bantuan rekannya di kampung halamannya di Notts County, Inggris.

Lantaran sang teman merupakan fan berat klub Notts County, ia mengusulkan motif belang-belang hitam-putih seperti warna jersey tim kesayangannya.

John Savage pun mengusulkan warna tersebut kepada klub. Tak disangka, para pemain, pelatih, dan ofisial Juventus justru menyukai motif itu. Alhasil, warna itu dipakai dan menjadi pola yang identik dengan Si Nyonya Tua.

Juventus yang kini diperkuat Cristiano Ronaldo sudah memastikan gelar juara Liga Italia Serie A musim ini. (*)
Rate this item
(0 votes)
Go to top