Laga Derby Manchester Agak Berbeda Serunya

Man City bersiap menuntaskan perburuan gelar Liga Inggris dengan menjamu Setan Merah pada matchday ke-33 di Stadion Etihad Man City bersiap menuntaskan perburuan gelar Liga Inggris dengan menjamu Setan Merah pada matchday ke-33 di Stadion Etihad IST

Berita9.com - Tak terasa kompetisi Liga Inggris 2017/2018 tinggal menyisakan beberapa pertandingan lagi. Manchester City masih memimpin klasemen sementara dengan raihan 84 poin atau unggul 16 angka dari tim sekotanya, Manchester United.

Pada akhir pekan ini, City bersiap menuntaskan perburuan gelar Liga Inggris dengan menjamu Setan Merah pada matchday ke-33 di Stadion Etihad, Sabtu (7/4/2018) malam WIB. Laga derby Manchester kali ini agak sedikit berbeda dari sebelumnya.

Konon, City hanya butuh satu kemenangan lagi untuk menutup persaingan gelar juara Liga Inggris 2017/2018. Tapi jika tuan rumah gagal meraup poin penuh, maka pesta perayaan juara dipastikan batal terwujud.

Dengan kata lain, meraih tiga poin di kandang menjadi harga yang tidak bisa ditawar dan hasil positif nanti bisa menjadi penebusan kekalahan melawan The Reds di Liga Champions. Ya, City baru saja dirundung duka pasca mengalami kekalahan memalukan melawan Liverpool pada laga leg pertama perempat final Liga Champions dengan skor 0-3.

Meskipun di leg kedua tim besutan bakal berstatus sebagai tuan rumah, namun peluang melaju ke semifinal kian menipis mengingat City setidaknya membutuhkan empat gol tanpa balas jika ingin meraih treble winners di musim ini. Terlepas dari kekalahan telak yang dialami pasukan Pep Guardiola. Kini, City mencoba untuk mengalihkan perhatian pada laga lanjutan Liga Primer akhir pekan ini.

Perayaan gelar juara tampaknya sudah dipersiapkan The Citizens. Maklum, seperti yang telah diulas di atas, City hanya butuh satu kemenangan lagi dan itu takkan bisa dikejar lagi oleh rival sekota mereka. Melihat statistik penampilan tuan rumah di Stadion Etihad dalam lima pertandingan terakhir di kompetisi domestik cukup mentereng.

Kevin de Bruyne dkk masih menempatkan Etihad Stadium sebagai markas yang angker. Pasalnya, mereka sejauh ini belum terkalahkan. Hasil berbanding terbalik justru dirasakan United. Dalam lima kali menjalani laga tandang, mereka sudah menelan dua kali kekalahan.

United tentunya tidak ingin menjadi saksi hidup untuk menyaksikan tim sekota mereka mengangkat trofi Liga Inggris di depan pendukung The Citizens. Tapi itu rasanya bakal sulit terealisasi mengingat dari head to head menyebut jika Romelu Lukaku dkk telah menelan delapan kali kekalahan dari 13 pertandingan melawan City.

Sedangkan Jose Mourinho mengatakan andai Manchester City memastikan diri merajai Liga Primer dengan mengalahkan Manchester United malam nanti, hal tersebut bukanlah hal yang perlu dibesar-besarkan. 

16 poin memisahkan dua tim elit Eropa asal Manchester ini dengan kompetisi menyisakan tujuh pertandingan. City tahu persis, tiga poin di Etihad akan membuat mereka merayakan gelar juara Liga Primer.

Meski demikian, Mourinho mendinginkan pentingnya derbi Manchester malam nanti. 

"Saya pernah memenangkan gelar bersama Chelsea dengan mengalahkan Manchester United," buka Mourinho. 

"Kami menghajar United 3-0 dan mengangkat trofi di Stamford Bridge pada musim 2005/06. Ketika itu bukan kiamat, hanya sepakbola biasa."

"Hal yang bisa saya katakan adalah kami ingin menang. Kami tidak akan menyerahkan pertandingan ini begitu saja, kami ingin bersaing dan sebisa mungkin meraih kemenangan."

Mourinho kemudian menyodorkan statistik yang memperlihatkan kemajuan si Setan Merah musim ini. 

"Kami sudah mengumpulkan lebih banyak poin dari musim lalu [setelah 31 pertandingan dengan 68 berbanding 61], kami juga mencetak gol lebih banyak [60 berbanding 46], pertahanan tim lebih kokoh [kebobolan 23 berbanding 24]," lanjutnya.

"Tetapi City membuat kompetisi jadi lebih sulit bagi yang lain. Saya ucapkan selamat atas musim hebat yang telah mereka ciptakan."

"Cepat atau lambat, ketika City memastikan diri menjadi juara saya akan memperlihatkan reaksi sama seperti mereka yang pernah melihat saya meraih tiga gelar di negara ini."

(**/NN)

Rate this item
(0 votes)
Go to top