Meskipun Kalah 1-2, Man City Lolos Perempat Final Champions

Leroy Sane dan kawan-kawan unggul agregat 5-2 atas Basel Leroy Sane dan kawan-kawan unggul agregat 5-2 atas Basel IST

Berita9.com - Manchester City tetap melangkah ke perempat final Liga Champions sekalipun kalah dari FC Basel pada laga kedua babak 16 besar di kandang sendiri, Rabu (7/3/2018) atau Kamis dini hari WIB. 

Manchester City kalah 1-2 pada laga yang dilangsungkan di Stadion Etihad itu. Sempat unggul lewat gol Gabriel Jesus pada menit ke-8, Man City akhirnya harus mengakui keunggulan lawan lantaran gol Mohamed Elyounoussi (17') dan Michael Lang (71').

Inilah kekalahan pertama Man City di Stadion Etihad setelah tak ternoda dalam 36 laga kandang beruntun di berbagai kompetisi. Kendati demikian, Manchester City tetap lolos ke perempat final Liga Champions dengan keunggulan agregat 5-2.

Unggul 4-0 pada pertemuan pertama, Manchester City lebih rileks pada laga kedua di kandang sendiri ini. Pelatih Pep Guardiola pun mengistirahatkan 9 pemain utama yang mengantarkan kemenangan di kandang Basel pada pertemuan pertama. 

Hanya Bernardo Silva dan Ilkay Guendogan sebagai dua pemain yang tampil sejak menit pertama pada dua laga kontra Basel. Untuk lini depan, Guardiola memercayai Gabriel Jesus sekalipun sang pemain baru sembuh dari cedera. 

Gabriel Jesus membalas kepercayaan Guardiola. Pada menit ke-8 dia bisa dengan mudah menyarangkan bola ke gawang Basel, memanfaatkan umpan silang mendatar Bernardo Silva yang gagal diantisipasi pemain-pemain Basel.

Namun, keunggulan The Citizens tak bertahan lama. Tim tamu yang hanya mengandalkan serangan balik sanggup membuat gol balasan pada menit ke-17.

Gol itu dicetak Elyounoussi dengan melepas tembakan keras ketika tidak terkawal seusai menerima bola di dalam kotak penalti Man City. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Pada menit ke-71, Basel berbalik unggul. Berawal dari umpan Elyounoussi, Michael Lang sanggup mengonversinya menjadi gol dengan melepas tembakan keras dari jarak dekat tanpa sanggup diantisipasi kiper Man City, Claudio Bravo.

Setelah gol tersebut pertandingan berjalan cenderung alot karena tidak banyak peluang bisa tercipta. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan FC Basel. 

Hasil ini mengakhiri catatan apik Manchester City yang tak pernah kalah di Stadion Etihad sejak 3 Desember 2016. Kali terakhir mereka takluk terjadi dari Chelsea pada laga Premier League - kasta teratas Liga Inggris. 

Pep Guardiola, mengeluhkan penampilan anak asuhnya. Bahkan, Guardiola menilai pemain The Citizens lupa cara menyerang.

"Kami lupa cara menyerang pada babak kedua. Seharusnya para pemain mengumpan untuk menyerang, bukan justru hanya berputar-putar," ujar Guardiola seperti dikutip dari BBC.

Pep mengakui beberapa pemainnya kelelahan sehingga tidak maksimal memanfaatkan peluang yang ada.

"Seharusnya beberapa momentum bisa kami manfaatkan. Beberapa pemain memang kelelahan dan ketika terjadi perubahan, level permainan yang saya inginkan tidak bisa tercapai,"ujar

(**/KG)

 

Rate this item
(0 votes)
Go to top