Olahraga Makin Menyenangkan Sembari Menunggu Buka Puasa

Gowes tengah sawah menjadi olah raga menyenangkan sembari berdzikir mentadaburi kebesaran alam ciptaan Allah Gowes tengah sawah menjadi olah raga menyenangkan sembari berdzikir mentadaburi kebesaran alam ciptaan Allah IST

Berita9.com - Saat bulan Ramadhan umat Islam wajib berpuasa dengan menahan lapar dan dahaga, menjaga pandangan, senantiasa menata hati serta emosi.

Namun, bukan berarti puasa membuat aktivitas seakan diisi dengan bermalas-malasan. Bahkan, Ada beberapa olah raga yang menyenangkan dilakukan sembari puasa, tentunya dengan selalu memperhatikan agar pahala puasanya tidak hilang yah karena maksiat. Berikut ini beberapa olahraga yang bisa dilakukan sembari berdzikir kepada ALLOH;

1. Jalan kaki

Kalau Anda tipe orang yang malas bahkan anti-berolahraga, jalan kaki bisa jadi pilihan utama. Olahraga ini tak perlu atribut macam-macam dan hampir tak berisiko. Luangkan waktu sore hari menjelang buka puasa untuk berjalan kaki.

Sesampainya di rumah, jangan lupa lakukan pendinginan. Hal ini membantu mencegah darah berkumpul di kaki, menghindari pusing dan ritme jantung yang abnormal serta menjaga otot-otot kaki agar tak kaku. Setelah itu, badan akan sangat bugar menyantap hidangan buka puasa.

2. Latihan treadmill

Latihan treadmill hampir sama dengan jalan kaki. Bedanya memakai alat bantu sehingga lebih ritmis dengan kecepatan yang teratur dan reguler. Tapi meskipun dengan bantuan alat dan terkesan sangat mudah, olahraga satu ini banyak manfaatnya. Selain menaikkan tingkat penyerapan oksigen pada darah sehingga Anda merasa lebih bugar, sehat, dan tak cepat lelah, juga ampuh menghancurkan lemak.

3. Yoga

Yoga termasuk olahraga favorit saat bulan puasa karena ringan dan tak harus mengeluarkan banyak keringat. Tapi tak mengeluarkan keringat, bukan berarti tak bermanfaat. Nyatanya berlatih yoga bisa meningkatkan stamina dan kebugaran, mencegah penyakit, dan memperlambat proses penuaan.

Tak hanya secara fisik, yoga pun berpengaruh bagi ketenangan jiwa. Jadi, dengan yoga kita bisa mengurangi ketegangan dan stres. Selain itu yoga bisa meningkatkan sirkulasi, membuat kulit bersinar, mengencangkan otot, menambah energi dan secara otomatis membantu mencegah berbagai macam virus penyakit.

4. Bersepeda

Meski bersepeda disebut olahraga yang tidak mampu membakar kalori sebanyak treadmill, bersepeda tetap punya kenikmatan tersendiri dan sangat menyenangkan. Selama bulan puasa kita harus pandai mencari waktu yang tepat. Tidak mungkin 'kan Anda bersepeda siang hari bolong? Bisa-bisa dehidrasi dan puasa batal karena minum. 

Itulah empat pilihan olahraga ringan yang bisa Anda pilih saat menjalankan puasa Ramadhan. Olahraga bisa membuat Anda lebih bugar di bulan Ramadhan ini. Nah, jangan malas olahraga saat puasa, ya. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top