Print this page

Pematik Gemilangnya Dovizioso, Hal Kecil Tapi Perbedaan Besar

Andrea Dovizioso Andrea Dovizioso IST

Berita9.com - Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, tampil impresif pada MotoGP 2017. Pebalap asal Italia itu menjadi salah satu rider yang berada di baris depan dalam kuda pacu perebutan titel musim ini.

Dovizioso sementara berada di posisi kedua klasemen. Dia hanya tertinggal 16 poin dari sang pemuncak klasemen, Marc Marquez (Repsol Honda), dengan empat seri tersisa.

Lalu apa rahasia di balik performa gemilang Dovizioso?

"Saya mengubah metode latihan saya pada musim dingin. Mental saya juga lebih kuat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tes musim dingin berjalan baik dan saya meraih hasil bagus pada balapan pertama. Namun, pada saat itu saya masih belum yakin bisa bertarung dalam perebutan titel," kata Dovizioso seperti dikutip dari Motorsport-Total, Ahad (8/10/2017).

"Motor tak banyak berubah, jadi saya berpikir apakah pendekatan baru saya akan membuahkan hasil. Ternyata hal kecil bisa membuat perbedaan besar," ujar Dovizioso.

Andrea Dovizioso baru kali ini menjadi salah satu kandidat kuat juara dunia selama 10 tahun berkarier di MotoGP. Selama ini, juara dunia kelas 125cc 2004 itu seolah hanya menjadi penggembira. Fans MotoGP lebih fokus memerhatikan aksi Marc Marquez, Valentino Rossi, atau Jorge Lorenzo.

"Saya selalu luput dari sorotan karena jarang menang. Tak banyak yang menyadari eksistensi saya. Pada musim ini saya sudah meraih empat kemenangan dan semua orang tampak terkejut," kata Dovizioso.

Peruntungan Dovizioso berubah pada musim ini. Pebalap berusia 31 tahun itu mampu mencuri perhatian saat semua mata tertuju pada Lorenzo yang didatangkan dari Yamaha.

"Kedatangan Lorenzo menghilangkan tekanan pada diri saya. Pada awal musim, semua orang lebih fokus melihat kiprah Lorenzo dan itu bagus buat orang dengan karakter seperti saya. Jika orang lain yang berada dalam posisi saya, dia mungkin akan merasa tak nyaman. Tapi dalam kasus saya berbeda. Daripada memikirkan Lorenzo, saya lebih memilih berkonsentrasi pada pekerjaan saya dan mencari cara untuk bisa tampil lebih baik," kata Dovizioso.

Dovizioso mengatakan penampilan bagus pada musim ini akan membuatnya berada dalam posisi tawar yang menguntungkan jelang negosiasi pembaruan kontrak dengan Ducati. Menurut Motorsport-Total, gaji Dovizioso di Ducati sangat jauh di bawah Lorenzo.

"Kami akan segera duduk bersama untuk mendiskusikan tahun depan. Kami hanya perlu menunggu dan melihat bagaimana perkembangan situasi saat ini. Yang pasti, proses negosiasi dengan Ducati nanti akan sangat berbeda dibanding tahun lalu," kata Andrea Dovizioso.

(**/MT)

Rate this item
(0 votes)