Permainan Kotor Marquez Bikin Rossi Lelah Balapan

Valentino Rossi Valentino Rossi IST

Berita9.com - Pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengaku lelah bersaing dengan Marc Marquez (Repsol Honda).

Rossi berkata seperti itu bukan karena takut, melainkan kesal dengan aksi membalap Marquez yang dinilainya sangat kotor.

Rossi dirugikan The Baby Alien –julukan Marquez– saat mentas di seri kedua MotoGP 2018 yang berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (9/4/2018) dini hari WIB.

Ketika balapan memasuki lap 20 atau menyisakan empat putaran, Marquez mencoba menyalip Rossi dari dalam, tepatnya pada tikungan ke-13.

Akan tetapi karena dinilai terlalu memaksa, motor Marquez pun bersenggolan dengan Rossi.

Kedua pembalap pun melebar ke arah gravel, namun hanya Rossi yang terjatuh, sedangkan Marquez sanggup melanjutkan balapan.

Sebelum terlibat insiden dengan Rossi, di balapan yang sama, Marquez juga sempat bersenggolan dengan Aleix Espargaro (Aprilia) dan Thomas Luthi (Marc VDS Honda). Beruntung, kedua pembalap di atas itu tidak bernasib seperti Rossi.

Melihat gaya balap yang ditunjukkan Marquez itu, Rossi mengimbau Race Direction untuk membuat peraturan yang dapat melindungi nyawa para rider.

Jika tidak, Rossi khawatir bakal ada korban jiwa lain di adu balap motor paling prestisius itu.

“Kami tampil di MotoGP dan kami mentas di lomba balap motor paling prestisius. Menurut saya, Race Direction memiliki tanggung jawab besar untuk melakukan sesuatu. Saya tak senang bersaing dengan Marquez, karena saya tahu ia mencoba menaikkan levelnya. Ia tidak membalap secara bersih. Ia bermain kotor,” kata Rossi mengutip dari Crash, Senin (9/4/2018).

Akibat insiden di atas, Rossi yang sebelum terjatuh menduduki posisi enam, harus rela menyelesaikan balapan di tangga ke-19.

Sementara itu, Marquez yang finis di posisi lima, pada akhirnya ditetapkan menyelesaikan race di posisi 18 karena mendapatkan penalti 30 detik.

Selepas balapan, Marquez mencoba menghampiri paddock Rossi untuk meminta maaf. Akan tetapi, permintaan maaf Marquez ditolak sahabat dekat Rossi, Uccio.

Bahkan teman kecil Rossi itu meminta Marquez dan kru Repsol Honda untuk meninggalkan paddock Movistar Yamaha.

(**/CH)

Rate this item
(0 votes)
Go to top