Pujian untuk Kroos dan Kesabaran Pemain Jerman

Kroos dan Loew. Kroos dan Loew. IST

Berita9.com - Tim Nasional (Timnas) Jerman akhirnya menunjukkan kelas mereka sebagai juara bertahan Piala Dunia. Menghadapi Swedia pada laga kedua Grup F, Ahad (24/6/2018) dini hari WIB, Jerman memetik kemenangan dengan skor 2-1.

Hasil ini membuat peluang Jerman untuk melangkah ke babak selanjutnya tetap hidup. Namun, kemenangan tersebut didapatkan dengan cara yang tak mudah. Swedia bahkan sempat unggul lebih dulu di menit ke-32 usai Ola Toivonen merobek jala Manuel Neuer.
 
Jerman merespons dengan baik di babak kedua. Mereka melancarkan beragam serangan ke sisi sayap hingga akhirnya mencetak gol penyama kedudukan lewat Marco Reus.
 
Ketika laga dirasa bakal berakhir imbang, Toni Kroos lalu muncul sebagai penyelamat di masa injury time melalui gol lewat tendangan bebas. Berangkat dari hasil ini, pelatih Joachim Loew, mengapresiasi ketenangan para pemain Jerman dan kemampuan mereka dalam mengatasai tekanan ketika tertinggal.
 
"Saya meminta para pemain agar tetap tenang di 45 menit babak kedua, tidak panik, dan mencoba peragakan bola-bola panjang dengan bola tinggi, tapi kemudian dilanjutkan dengan operan pendek dan mengarahkan ke sayap untuk menusuk," kata Loew sebagaimana dilansir Reuters.
 
"Beberapa hal yang saya apresiasi adalah kami tidak kehilangan kepercayaan diri, kami tidak panik setelah tertinggal. Kami tetap pada level terbaik, kami harus terus mengoper dan mencoba untuk membuka ruang. Di babak kedua, kami meningkatkan tekanan."
 
"Kami melewatkan beberapa kesempatan bagus, tapi saya mengapresiasi semangat tim, kami tidak pernah kehilangan harapan untuk memenangi pertandingan. Ada sedikit keberuntungan pada gol di babak tambahan waktu, tapi itu pun hasil dari kepercayaan diri yang terus ada," paparnya.
 
Secara khusus, Loew juga melemparkan pujian kepada mental permainan Kroos yang jadi penyelamat Jerman. Gelandang Real Madrid ini berkontribusi untuk terciptanya gol Swedia, karena operannya di daerah pertahanan sendiri bisa intersep yang membuat Swedia langsung melancarkan serangan balik.
 
Kroos terus berusaha mengatur serangan Jerman dan akhirnya bisa membayar kesalahannya dengan mencipatkan gol kemenangan lewat tendangan bebas di masa injury time yang membikin Loew dan para pendukung Jerman senang bukan kepalang.
 
"Saya sangat senang untuk dia, Kroos jelas terlibat dengan gol Swedia, itu adalah insiden yang tidak menguntungkan. Namun, apa yang dia lakukan dengan tendangan bebas di menit-menit terakhir sangat baik. Tentu saja, laga ini sangat menegangkan, penuh emosi, seperti menaiki rollercoaster," pungkasnya.
 
Berkat kemenangan ini, asa Jerman untuk lolos ke fase gugur Piala Dunia 2018 tetap terbuka. Di laga terakhir grup, Rabu (27/6/2018), Jerman akan menghadapi Korea Selatan. (*)
Rate this item
(0 votes)
Go to top