VAR Resmi Dipakai Untuk Liga Champions dan Liga Europa

Video Assistant Referees (VAR) Video Assistant Referees (VAR) IST

Berita9.com - Liga Champions sudah hampir pasti menggunakan VAR (Video Assistant Referees) sebagai salah satu alat untuk meningkatkan kualitas kompetisi itu mulai musim depan dengan gagasan melakukan uji coba pada fase gugur musim 2018/19 ini. VAR tak lagi bisa dihindari.

Liga Europa yang dibawahi UEFA terbilang sebagai kompetisi kasta tertinggi terakhir yang meloloskan wacana penggunaan VAR. Banyak liga-liga top Eropa yang sudah menggunakan dan/atau sudah memastikan akan menggunakan VAR.

Terakhir, Premier League mengumumkan penggunaan VAR mulai musim depan. FA menilai VAR memang penting untuk membantu pekerjaan wasit di lapangan yang hanya ditentukan dalam hitungan detik.

Berbicara pada konferensi pers gabungan UEFA dengan ECA di Brussel, Selasa (20/11) waktu setempat, presiden UEFA, Aleksander Ceferin mengatakan bahwa kepala perwasitan UEFA, Roberto Rosetti telah memimpin proyek untuk memastikan bahwa wasit-wasit UEFA sudah siap menyambut VAR dan bahwa seluruh aspek teknis telah dijelaskan pada sang pengadil.

"Saya menantikan laporan dalam sepekan ke depan atau lebih dan kita lihat saja kapan kami bisa mengimplementasikannya - paling lambat musim depan," tegas Ceferin pada Sky Sports.

Ketua Juventus dan ketua ECA (European Club Assosciation), Andrea Agnelli yang duduk di samping Ceferin juga menambahkan: "Paling lambat musim depan juga berarti akan ada ruang untuk implementasi lebih awal dan kami sebagai klub mengaku puas atas keputusan itu dan kami berterima kasih pada UEFA untuk kerja keras yang mereka lakukan."

Sejauh ini, kabarnya UEFA siap menggunakan VAR untuk perempat final Liga Champions musim ini - yang dimulai pada 9 April 2019 - sebagai percobaan awal penggunaan VAR di Liga Champions.

Kendati demikian, banyak klub-klub yang meminta UEFA mempercepat penggunaan VAR, yang mungkin akan diwujudkan pada fase gugur pertama Liga Champions di 2 Februari 2019 mendatang.

Sementara itu, fase gugur 32 tim Liga Europa baru dimulai pada 14 Februari, leg pertama perempat final dihelat pada 11 April. (*)



Rate this item
(0 votes)
Go to top