Terbukanya Aksi Amplop Luhut Dilaporkan ke Bawaslu

Terbukanya Aksi Amplop Luhut Dilaporkan ke Bawaslu IST

Berita9.com - Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) berencana melaporkan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ke Bawaslu, Jumat (5/4) siang. Luhut dilaporkan karena memberikan amplop ke Kiai Zubair Muntasor, pengasuh Pondok Pesantren Nurul Cholil, Bangkalan, Madura.

"Iya nanti jadi kita melaporkan Luhut karena (memberi) amplop ke kiai. Sekitar pukul 13.30 WIB saya sudah di Bawaslu," ujar juru bicara ACTA, Hanfi Fajri, saat dikonfirmasi, Jumat (5/4).

Hanfi mengatakan, Luhut diduga memberikan amplop karena meminta Kiai Zubair Muntasor mengajak para santri ke TPS pada 17 April mendatang dengan menggunakan baju putih dan memilih pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi - Ma'ruf Amin.

"Kami melaporkan atas tindakan Luhut sebagai pejabat negara yang melakukan kegiatan pertemuan dengan Kiai Zubair Muntasor dengan mengarahkan kiai tersebut untuk mengajak umat dan santri ke TPS menggunakan baju putih dengan diberikan amplop yang bermaksud memilih 01," jelasnya.

Hanfi menganggap apa yang dilakukan Luhut tersebut masuk dalam pelanggaran UU Pemilu dan bentuk money politics. Sebab, menurutnya, Luhut berusaha mengarahkan pemilih dengan memberikan imbalan.

"Selain dari money politics, karena maksud dan tujuan tersebut diberikan amplop yang mana itu adalah larangan, ada beberapa pelanggaran dalam UU No 7 tahun 2017. Pasal 283 ayat 2 jelas dilarang memberikan imbalan yang mengarah keberpihakan kepada paslon dengan tujuan untuk memilih, yang mana ini menguntungkan 01," ungkapnya.

"Kedatangannya bukan dalam rangka melakukan kunjungan kerja menteri. Dia (menteri) di bidang maritim kok menemui seorang kiai," imbuhnya.

Terkait pelaporan ini, Hanfi mengaku telah mempersiapkan berbagai barang bukti yang menunjukkan Luhut terbukti melanggar pemilu. "Ya semua sudah disiapkan, termasuk video dia beri amplop," ujar Hanfi.

Kunjungan Luhut ke Pondok Pesantren Nurul Cholil dan bertemu Kiai Zubair Muntasor terekam dalam sebuah video yang tersebar di media sosial. Dalam video tersebut terlihat Luhut meminta Kiai Zubair Muntasor mengajak para santri mencoblos ke TPS pada 17 April mendatang.

Luhut juga sempat berbisik ke Kiai Zubair Muntasor untuk mengenakan baju putih saat mencoblos. Selain itu, pada akhir berbincangan, Luhut terlihat memberikan sebuah amplop putih ke Kiai Zubair Muntasor.
 
(**/IST)
Rate this item
(0 votes)
Go to top