BPK Siapkan Formulasi Khusus Audit Dana Desa

Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar

Berita9.com, Jakarta - Kasus Operasi Tangkap Tangan yang terjadi di Kabupaten Pamekasan terkait Dana Desa, membuat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan segera melakukan audit terhadap dana desa.  Namun sayangnya, hingga saat ini, BPK masih belum memperoleh formulasi yang tepat untuk masuk dan melakukan audit terhadap pengelolaan dana desa.

Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar mengatakan institusinya sedang mencari formulasi yang tepat untuk mengaudit dana desa. Dirinya menyebut dana desa yang berjalan tanpa audit BPK rawan untuk diselewengkan. “Dana desa memang belum banyak tersentuh tangan lembaga negara, tapi kami sedang mencari formulasinya,” ujarnya.   

Bahrullah menjelaskan banyaknya kepala daerah yang ditahan lantaran penyelewengan dana desa semakin menegaskan bahwa pengawasan dana desa menjadi sangat penting. Hal ini praktis membuat BPK akan fokus terhadap kebijakan yang disebut-sebut sebagai penggenjot pembangunan daerah tersebut.    

Sementara itu, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira memaparkan ada dua skema audit yang harus dilakukan BPK untuk memastikan penggunaan dana desa tepat sasaran. Skema yang dimaksud antara lain audit efektivitas dan audit keuangan dana desa.

(AA/ MJ)

Rate this item
(0 votes)
Go to top