Direktur ICC Jelaskan Sikap Iran Tetap Tegas Dukung Kemerdekaan Palestina

Abdul Majid Hakiemillahi - Direktur Islamic Cultural Center, Abdul Majid Hakiemillahi - Direktur Islamic Cultural Center, IST

Berita9.com - Iran merupakan negara yang sangat konsisten memberikan dukungan kepada Palestina hingga hari ini.

Bahkan ketika negara-negara Arab lainnya sedang disibukkan dengan masalah dalam negeri.

Dukungan Iran terhadap Palestina muncul ketika Revolusi Islam Iran 1979. dan Ayatollah Ruhollah Khomeini menang.

Namun sebelumnya, Iran adalah negara yang paling kuat dan dekat dengan Israel.

Diungkapkan oleh Direktur Islamic Cultural Center, Abdul Majid Hakiemillahi, sebelum revolusi, Iran memberikan minyaknya secara cuma-cuma kepada Israel.

"Dalam perang Arab-Israel, Israel bisa menang karena kamp-kamp Iran menghantam kamp-kamp Arab," ujarnya dalam webinar bertajuk "Palestina: Antara Jalan Pembebasan dan Perundingan Damai" pada Kamis (21/5).

Namun setelah revolusi, Khomeini langsung mendeklarasikan bahwa Israel adalah kanker dalam tubuh umat Islam.

Selanjutnya, ia memindahkan kedutaan di Israel ke Palestina. "Ia menjadikan Jumat terakhir bulan Ramadhan menjadi Hari Internasional Quds," tambahnya.

Selain itu, Abdul Majid menjelaskan, Iran juga menjadikan kebijakan untuk membantu bangsa Palestina dimuat dalam konstitusinya.

Sementara itu, dukungan militer hingga finansial digelontorkan ke sana dari Israel. "Saya sampaikan, kalau bukan peran dari Iran, Indonesia, dan negara lainnya, muslim maupun non-muslim, maka tentu dapat kita pastikan, Palestina tidak lagi menjadi negara," paparnya.

Menurut Abdul Majid, walaupun negara-negara Eropa menawarkan Iran untuk tidak mendukung Palestina dengan imbalan pencabutan embargo, namun Iran dengan tegas mendukung dan membela Palestina. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top