DPR Desak Pemerintah Gunakan Dana Desa Untuk Tanggulangi Corona

Saleh Partaonan Daulay - Komisi IX dari Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay - Komisi IX dari Fraksi PAN IST

Berita9.com - Pemerintah didesak untuk segera mengalokasikan dana desa untuk percepatan penanganan virus corona (Covid-19). Dengan ketersediaan anggaran desa yang besar dinilai cukup untuk dibagikan merata kepada seluruh warga negara.

Dengan begitu, pemerintah bisa segera melakukan lockdown terutama wilayah-wilayah rentan, mengingat penyebaran Covid-19 ini sangat cepat. Demikian disampaikan anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay, Sabtu (27/3).

"Saya mendesak pemerintah untuk melakukan kajian serius agar dana desa bisa dipergunakan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Ada 72 triliun dana yang siap disalurkan ke 74.953 desa di seluruh Indonesia. Dana sebesar itu dipastikan akan tersebar secara merata ke seluruh desa yang ada," kata Saleh Daulay.

"Kalau ini dilakukan, tidak hanya social distancing, kebijakan lockdown pun bisa diambil pemerintah," imbuhnya menegaskan.

Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini menilai langkah taktis dan strategis mesti segera dilakukan oleh pemerintah dalam situasi pandemi Covid-19 yang penyebarannya begitu cepat.

Salah satunya, dengan mengalokasikan dana desa yang mencapai Rp 72 triliun itu untuk menjamin kebutuhan masyarakat. Ketika pemerintah sudah membagikan dana desa secara merata pemerintah tinggal memikirkan upaya penghentian penyebaran virus corona.

"Pemerintah tidak perlu khawatir dengan biaya hidup warga di desa. Mereka bisa menggunakan dana desa untuk memenuhi kebutuhan selama periode lockdown tersebut," kata Saleh Daulay.

Sebab selama ini, kata politisi PAN ini, penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa hingga peningkatan kualitas hidup mereka.  

"Dalam praktiknya, dana desa banyak dipergunakan untuk membangun jalan desa, irigasi tersier, air bersih, BUMD, dan kegiatan lain yang disepakati oleh warga. Semua itu tentu sangat baik karena berorientasi pada kesejahteraan dan kebahagiaan warga desa," demikian Saleh Daulay. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top