E-Commerce Akan Integrasi Dengan Sistem Pembayaran Syariah Agar Halal

Afdhal Aliasar - Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS Afdhal Aliasar - Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS IST

Berita9.com - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) akan menggabungkan niaga daring atau e-commerce dengan sistem pembayaran syariah.

Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS, Afdhal Aliasar mengatakan proyek ini akan diarahkan menjadi satu ekosistem utuh.

"InsyaAllah pertengahan September ini nanti juga akan ada paparan lebih lanjut terkait pengembangan e-commerce halal, termasuk juga sinkronisasi dengan sistem pembayaran digital syariah," katanya, Kamis (29/8).

Sejauh ini, KNKS telah intens berkomunikasi dengan Tokopedia dan Bukalapak. Mereka akan menyediakan segmen khusus untuk produk-produk halal. Platformniaga daring ini akan diberi keleluasaan untuk mengkurasi segmen tersebut sesuai dengan kapasitasnya.

"Selain Tokopedia, Bukalapak juga intens berkoordinasi dengan KNKS," kata dia.

Platform ini akan menggunakan sistem pembayaran dari lembaga keuangan syariah, baik teknologi finansial maupun bank syariah. Untuk tahap awal, niaga daring akan dihubungkan dengan LinkAja (syariah) dan bank-bank syariah dari perusahaan BUMN.

Kedepannya, ekosistem tersebut memungkinkan penambahan platform atau instrumen baru. Misal tidak hanya bank syariah anak usaha BUMN tapi juga bank-bank syariah lain.

Tidak hanya niaga daring Tokopedia dan Bukalapak tapi juga platform penyedia produk halal lainnya. "Proyek ini akan jadi tahap pembelajaran bagi kita semua," kata Afdhal.

Kedepannya, platform niaga daring juga tidak hanya menyediakan produk dalam bentuk barang, tapi juga produk keuangan. Seperti reksa dana syariah, produk digital syariah, masuk juga ke arah pembiayaan syariah. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top