Fenomena PPP Ungguli PKB di 3 Wilayah Pilkada

Kemenangan PPP ini bisa menjadi momentum kebangkitan partai berlambang Ka'bah Kemenangan PPP ini bisa menjadi momentum kebangkitan partai berlambang Ka'bah IST

Berita9.com - PPP mengungguli PKB dalam pemilihan gubernur di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, kata pengamat politik Muhammad Qodari. Ia menilai kemenangan PPP ini bisa menjadi momentum kebangkitan partai berlambang Ka'bah itu.

Pada Pilgub Jatim 2018, calon yang diusung PPP bersama partai lain, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak berdasarkan hitung cepat menggungguli pasangan yang diusung PKB bersama PDI Perjuangan, yakni Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Di Jateng, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang diusung PPP juga mengalahkan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung PKB.

Bahkan PPP berhasil menempatkan kadernya, Taj Yasin, sebagai wakil gubernur yang menang dalam hitungan cepat. Meski pada Pilgub Jabar, PPP maupun PKB sama-sama mengusung Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang menang berdasarkan hasil hitung cepat, PPP berhasil menempatkan kadernya sebagai wakil gubernur.

Pengamat dari Indo Barometer ini secara khusus menyoroti rivalitas antara PPP dan PKB karena kedua partai ini mempunyai kemiripan pemilih, yakni dari basis Nahdlatul Ulama (NU).

Dari Pilkada Provinsi Jawa Barat, dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebesar 31,78 juta angka golputnya mencapai 32,07 persen. Dari total suara sah lewat pemilih yang berpartisipasi Indo Barometer menghasilkan penghitungan cepat dengan hitungan unggul bagi pasangan Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Ulum yakni sebesar 32,48 persen.

Sedangkan TB Hasanudin-Anton Charliyan 12,94 persen, Sudrajat-Ahmad Syaikhu 28,54 persen, dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 26,03 persen. Qodari, dikutip dari siaran persnya, mengatakan meski Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum unggul dalam versi penghitungan cepat, pemenang Pilkada tetap mengacu pada keputusan resmi KPUD.

Untuk Pilkada Provinsi Jawa Tengah, Indo Barometer mencatat DPT sebesar 27,128 juta dengan angka partisipasi pemilih yang ke TPS sebesar 65,83 persen. Hasil penghitungan cepat mengunggulkan Ganjar Pranowo-Taj Yasin dengan 56,74 persen, sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziah 43,26 persen. 

(**/Ant)

Rate this item
(0 votes)
Go to top