Gunung Slamet Waspada, Radius Aman 2 Kilometer

Konferensi pers PVMBG terkait status Gunung Slamet. Konferensi pers PVMBG terkait status Gunung Slamet. IST

Berita9.com - Status Gunung Slamet, Jawa Tengah dinyatakan meningkat dari level I (normal) menjadi level II (waspada). PVMBG mengimbau masyarakat untuk tidak mendekat dalam radius 2 Km dari pusat kawah.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani menuturkan, dalam beberapa waktu terakhir aktivitas vulkanik Gunung Slamet mengalami peningkatan. Sejak Juni hingga 8 Agustus tercatat telah terjadi 51.511 kali gempa hembusan, 5 jali gempa tektonik lokal dan 17 kali gempat tektonik jauh.

Berdasarkan catatan tersebut, sejak Jumat (9/8/2019) pukul 09.00 WIB, PVMBG menetapkan status Gunung Slamet dari level I (normal) menjadi level II (waspada). Warga diimbau untuk tidak mendekat dalam radius aman 2 Km.

"Rekomendasi tidak ada aktivitas pengunjung di daerah 2 Km dari (pusat) kawah," ucapnya, di Kantor PVMBG, Kota Bandung, Jumat (9/8/2019).

Dia menyarankan tidak ada aktivitas pendakian di gunung tersebut, terutama menjelang peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus mendatang.

"Apalagi ada 17 Agustus ada upacara jangan sampai naik ke wilayah 2 Km," katanya.

Pihaknya meminta masyarakat untuk tetap tenang meski aktivitas gunung dengan ketinggian 3.432 meter di atas permukaan laut tersebut mengalami peningkatan. Masyarakat diminta selalu mengikuti arahan dari pihak-pihak terkait.

"Kita selali berkoordinasi dengan BPBD, pemerintah daerah termasuk Polsek dan Koramil," ujarnya. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top