Harga Ayam Akan Terus Merangkak Naik Hingga Lebaran

Harga ayam diprediksi akan terus merangkak naik hingga dua atau tiga hari pasca Lebaran Harga ayam diprediksi akan terus merangkak naik hingga dua atau tiga hari pasca Lebaran IST

Berita9.com - Mendekati Lebaran, harga beberapa komoditas makin merangkak naik. Hal ini karena permintaan komoditas daging ayam menjelang Lebaran meningkat.

Salah satu pedagang ayam di Pasar Bantul Suryanti, menuturkan harga daging ayam di pasar tradisional Bantul perlahan mengalami kenaikan, terhitung sejak beberapa waktu lalu.

Satu kilogram daging ayam sekarang mencapai Rp 31.000 perkilogram dari yang sebelumnya masih berada di kisaran Rp 29.000 perkilogram.

"Naiknya harga komoditas dipicu karena permintaan daging ayam yang tinggi selama Ramadan. Dalam sehari saya bisa menjual antara 150 hingga 180 ekor," jelasnya.

Ditambahkan Suryani, saat ini pasokan daging ayam selama Ramadan dan menjelang Lebaran di Pasar Bantul masih aman.

Biasanya ayam yang ia jual diambil dari kawasan Bantul, Kulonprogo, Magelang bahkan Wonosobo.

"Permintaan meningkat karena biasanya selama Ramadan banyak takjil menggunakan lauk ayam yang praktis dan dapat luwes dimasak apa saja. Selain itu daging ayam juga dipakai bahan campuran membuat bakso," jelasnya.

Pedagang lain Saniyem, mengatakan harga diprediksikan masih terus merangkak naik terutama hingga dua atau tiga hari pasca Lebaran.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya harga daging ayam di pasar menembus Rp 40.000 perkilogram. 

Pasca Lebaran harga daging ayam masih tinggi karena pedagang yang berjualan masih sedikit, komoditas terbatas sementara permintaan masih tetap tinggi. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top