Harga Pakaian Tanah Abang Ikut Naik Karena Dollar

Kenaikan Harga Jaket Hingga 30 Persen Akibat Rupiah Melemah Kenaikan Harga Jaket Hingga 30 Persen Akibat Rupiah Melemah IST

Jakarta - Nilai tukar rupiah yang menyentuh di atas level 15.200-an per dolar Amerika Serikat (AS) tersebut, berdampak pada harga jual untuk semua jenis pakaian impor.

Salah satu pedagang celana jeans, Al Bahri mengungkapkan, dampak dari pelemahan rupiah ini cukup berpengaruh pada penjualan di tokonya. Sebab, hampir semua jenis celana yang dijual didatangkan secara impor. Otomatis, dirinya harus memutar otak untuk meningkatkan harga jual di pasaran.

"Pastinya ada kenaikan untuk harga jual. 30 persen kenaikannya. Umpama Rp 100 ribu bisa sampai Rp 135-140 ribu. Sementara penjualan juga munurun," kata Albahri, di area Blok B, Pasar Tanah Abang, Kamis (11/10/2018).

Hal senada juga dirasakan oleh Thomas, salah satu pedagang jaket. Dia mengaku, tren pelemahan nilai tukar rupiah ini membuat dirinya harus menaikan harga jual. Sebab, tingginya bea masuk ditambah dengan depresiasi nilai tukar rupiah menjadi pertimbangan untuk meningkatkan kembali harga jual.

"Secara dampak memang dirasakan. Dari ongkos bea masuk sudah naik duluan kalau ditambah rupiah naik lebih parah, berpengaruh kepada harga jual sendiri. Kenaikan bisa 20 persen. Misalnya dari Rp 100 ribu jadi Rp 120 ribu," kata dia. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top