HNW Nilai Tak Ada Ujaran Kebencian di Jawaban Ceramah UAS

Hidayat Nur Wahid Hidayat Nur Wahid IST

Berita9.com - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menilai, tidak ada unsur ujaran kebencian yang dituduhkan kepada Ustaz Abdul Somad (UAS) melalui video potongan ceramahnya yang menjadi viral beberapa waktu terakhir.

"Ustaz Abdul Somad kan ditanya tentang hal itu, dan beliau menjawab. Pertanyaan itu dalam satu pengajian tertutup di Masjid-nya, beliau tidak menyebut agama manapun, tidak menyebut Tuhan apapun, dan beliau hanya menyebut tentang yang ditanyakan," kata Hidayat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS itu menambahkan, dalam potongan video ceramah UAS yang diviralkan itu, tidak ada pula statemen UAS untuk menyinggung agama di luar Islam.

"Tidak pun juga sekali lagi tidak menyebut agama di luar Islam, menyebut Tuhan yang lain juga tidak, mencaci maki apalagi. Tapi kemudian ini menyebar," ujarnya.

Beberapa ormas yang mengaku tersinggung dengan ceramah UAS telah melaporkan hal tersebut ke pihak Kepolisian.

Menanggapi itu, UAS juga telah mengklarifikasi potongan video ceramahnya yang viral. UAS mengatakan ceramah tersebut berlangsung tiga tahun lalu di sebuah masjid di Pekanbaru, Riau.

UAS mengaku ceramah dilakukan didalam masjid untuk internal. Ia juga hanya menjawab pertanyaan dari jamaah. UAS juga mengatakan sebagai warga negara yang baik ia tidak akan lari dari kasus tersebut. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top