Jemaah Umrah Bertahan Menunggu Berangkat di Bandara Soekarno Hatta

Ribuan Jamaah Masih Menunggu Berangkat Umroh Ribuan Jamaah Masih Menunggu Berangkat Umroh IST

Berita9.com - Ribuan jemaah umrah dari berbagai daerah yang diberangkatkan oleh travel, menumpuk di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 27 Februari 2020.

Kondisi ini terjadi setelah ada keputusan untuk menghentikan sementara kunjungan peziarah dari seluruh dunia oleh Pemerintah Arab Saudi.

Sejak pukul 06.00 Wib, keputusan itu dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi guna mencegah adanya penyebaran wabah virus corona di negara tersebut.

Adi, salah seorang jemaah calon umrah dari Bandung, Jawa Barat, mengatakan saat ini masih menunggu langkah dari travel terkait. Apakah mereka akan dipulangkan atau menunggu untuk memastikan dapat terbang ke Tanah Suci.

"Memang saat ini, kita sudah tahu adanya informasi larangan atau penangguhan tersebut. Dan sekarang, kita sedang menunggu langkah dari travel seperti apa, apakah akan melakukan pemulangan atau tidak," katanya.

Selagi menunggu langkah tersebut, para jemaah yang berasal dari Travel East Tour Bandung masih terlihat bertahan di Terminal 3, Bandara Soetta.

Sementara itu, Andri Ardiansyah yang merupakan pembimbing ibadah umrah mengatakan, hingga kini pihak travel juga masih melakukan komunikasi untuk menentukan langkah selanjutnya. Apakah dilakukan pemulangan atau tidak.

"Sementara ini kita masih menunggu, karena jamaah yang saya bawa ini ada 25 orang yang akan take off sekitar pukul 14.35 WIB. Selagu itu kita lakukan koordinasi terus. Apakah penangguhan ini hanya dilakukan beberapa jam saja atau tidak, kalau masih bisa menunggu tentu akan kita tunggu," ujarnya.  

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak bandara, berapa persisnya jumlah penerbangan yang ditunda akibat kebijakan Pemerintah Arab Saudi ini. Selain itu, juga belum ada data pasti berapa banyak jemaah umrah yang tertahan di bandara. (*)

 

Rate this item
(0 votes)
Go to top