Jogja Bike Akan Dikembangkan Jadi Gaya Hidup Masyarakat

Berita9.com - Fasilitas pendukung pariwisata di Kota Yogyakarta, Jogja Bike genap berusia satu tahun. Ke depan, Pemkot Yogya akan terus mengembangkan sarana transportasi ramah lingkungan itu agar bisa dimanfaatkan oleh pelajar dan warga Kota Yogyakarta.

Rencananya, Jogja Bike terus dikembangkan guna melayani masyarakat baik di sekolah atau dari kampung ke kampung bahkan dari kampung ke pasar. Sehingga menjadikan sepeda sebagai gaya hidup orang Yogyakarta.

"Misalnya, anak sekolah diajak kunjungan ke suatu tempat menggunakan sepeda. Juga bisa mengedukasi mereka pergi sekolah menggunakan sepeda,"kata Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi kepada wartawan dalam acara goes pagi di Tugu Pal Putih, Ahad (27/10/2019).

Artinya, akan ada titik-titik SeltherPit yang ditambahkan untuk menunjang sarana tersebut. Hal itu juga bertujuan agar semakin menarik pengguna dan penggemar sepeda di Yogyakarta terlebih di kalangan anak sekolah. Heroe menyebut, bersepeda menyehatkan serta dapat mengurangi polusi.

"Upaya agar membiasakan masyarakat sebagai kota sepeda, merawat lingkungan kita supaya polusi semakin terkendali dan juga menyehatkan warga kita. Gerakan hidup sehatkan 30 menit menggerakan seluruh badan kita," ucapnya.

Selama kurun waktu satu tahun, Jogja Bike terus berkembang dan semakin banyak penggemarnya. Yang lebih istimewa, fasilitas tersebut dapat terpelihara dengan baik oleh para penggunanya.

"Berharap selalu ada inovasi-inovasi baru dari teman Jogja Bike supaya semakin menarik orang bersepeda," ujar Heroe penuh harap.

Dalam kesempatan yang sama, penggagas Jogja Bike, Muhammad Aditya mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah memiliki 300 koleksi sepeda baik dari model lama maupun baru.

"Ada 200 sepeda yang di ShelterPit dengan model baru, sisanya masih disimpan. Seperti motivasi dari Jogja bike yaitu untuk menyemarakan dan mendorong orang-orang bersepeda," tuturnya.

Selain itu, pihaknya akan bekerja sama dengan sekolah dan juga intansi. Tujuannya untuk lebih mengenalkan program ini.

"Kita ingin menawarkan paket-paket outbon menggunakan sepeda yang dapat mengeksporasi kawasan industri dan wisata kota Jogja yang menurut kami lebih mudah di akses menggunakan sepeda," jelasnya.

(**/IST)

Rate this item
(0 votes)
Go to top