Ketua MPR: Berikan Petani Lahan Agar Bisa Sejahtera

Pesan Undang Undang Dasar (UUD). Mengingatkan salah satu tugas pemerintah adalah hadir membela masyarakat yang tak mampu Pesan Undang Undang Dasar (UUD). Mengingatkan salah satu tugas pemerintah adalah hadir membela masyarakat yang tak mampu Ist

Berita9.com - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan petani berhak mendapatkan hak asasi yang layak sebagai warga negara. Hal ini ia sampaikan saat Diskusi Publik dan Musyawarah Nasional  Badan Musyawarah Tani Indonesia (BAMUSTANI) di Gedung Perpustakaan Nasional Salemba Jakarta Pusat, Kamis (20/4).

"Agar bisa berkeadilan, petani kita harus memiliki lahan. Bagaimana petani  bisa hidup sejahtera, kalau lahan saja tak punya," kata Zulkifli.

Meskipun masih banyak persoalan yang dihadapi petani, salah satunya adalah persoalan lahan, ia menegaskan bahwa keberpihakan pada petani adalah mutlak.

"Sudah menjadi tugas pemerintah untuk berpihak pada petani yang miskin dan tidak mampu. Jalan keluarnya adalah memberikan mereka lahan agar bisa sejahtera," terangnya.

Karena ini adalah pesan Undang Undang Dasar (UUD). Mengingatkan salah satu tugas pemerintah adalah hadir membela masyarakat yang tak mampu.

"Di Negeri Pancasila yang percaya nilai keadilan sosial ini, petani harusnya sejahtera. Harus diangkat derajatnya," tegas Zulkifli.

Karena itu, menurutnya peringatan hari Hak Asasi Petani harus dijadikan momentum untuk kemajuan petani. Peringatan hari Hak Asasi Petani diselenggarakan dalam rangka peringatan hari Hak Asasi petani yang jatuh pada 20 April. Hadir bersama Ketua MPR pada Wakil Ketua Komis IV DPR RI dari fraksi PAN Viva Yoga Mauladi, Ketua Umum Serikat Petani  Indonesia Hendri Saragih, Pimpinan Aliansi Petani Indonesia Amnullah, pengamat pertanian  Hendri Pulungan, serta perwakilan berbagai organisasi pertanian lainnya.

(**/Rep)

Rate this item
(0 votes)
Go to top