KPK Jadwalkan Lagi Pemeriksaan Bambang Soesatyo

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah Kabiro Humas KPK Febri Diansyah IST

Berita9.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menjadwalkan ulang pemanggilan terhadap Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Sedianya, pria yang baru saja dilantik sebagai ketua DPR RI itu pernah dipanggil KPK pada 20 Desember 2017 lalu sebagai saksi untuk tersangka kasus korupsi proyek pengadaan KTP-el, Anang Sugiana Sudiharjo.

Namun, mantan ketua Komisi III DPR itu tak bisa memenuhi panggilan penyidik KPK karena mengikuti kegiatan Munaslub di Jakarta.

"Terkait kapan penjadwalan ulang kami akan informasikan lagi, kalau memang ada kebutuhan-kebutuhan proses pemeriksaan tentu itu sepenuhnya tergantung proses penyidikan yang berlaku saat ini," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (16/1).

Febri menegaskan, meskipun saat ini Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo menjadi pimpinan DPR RI, penyidikan kasus KTP-el akan terus berlanjut dalam koridor hukum.

"Saya kira proses hukum akan berjalan di koridor hukum saja. Relnya akan berbeda secara politik," ucap Febri.

Nama Bamsoet sempat muncul dalam sidang terdakwa memberikan keterangan palsu pada persidang kasus KTP-el, Miryam S Haryani. Bamsoet bersama lima anggota DPR disebut mengancam Miryam saat menjadi saksi KTP-el.

Bamsoet juga menjadi salah satu anggota Fraksi Golkar yang masuk dalam Pansus Hak Angket terhadap KPK. Ide Pansus Hak Angket tersebut muncul dalam rapat kerja antara Komisi III DPR dan KPK. Saat itu, Bamsoet merupakan Ketua Komisi III DPR.

(**/RO)

Rate this item
(0 votes)
Go to top