Jubir KPK Minta Pansel Dalami Lagi Rekam Jejak Para Capim

 Juru Bicara KPK - Febri Diansyah Juru Bicara KPK - Febri Diansyah IST

Berita9.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menantang Pansel Capim KPK untuk melihat bukti-bukti dan data terkait rekam jejak para kandidat yang kini menjalani tahap wawancara dan uji publik.

Undangan dalam bentuk soft copy surat ke sekretariat Panitia Seleksi ini dilayangkan KPK untuk meyakinkan Pansel bahwa penelusuran rekam jejak yang hasilnya disampaikan Lembaga Antikorupsi didukung fakta dan mengandung nilai kebenaran.

"Untuk mendukung fakta dan data pendukung maka KPK mengundang Pansel pada hari Jumat, 30 Agustus 2019, Pukul 09.30 WIB sampai dengan selesai," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah.

Sebenarnya, Hasil penelusuran rekam jejak ini telah disampaikan KPK kepada Pansel pada Jumat (23/8/2019) lalu atau sebelum Pansel mengumumkan 20 kandidat yang lulus profile assesment.

Namun melihat 20 capim KPK yang lolos saat ini, ada sejumlah catatan negatif yang dimiliki KPK. Ada kandidat yang tidak patuh melaporkan hartanya secara periodik dan tepat waktu, tak patuh melaporkan gratifikasi yang diterima, bahkan terdapat calon yang diduga pernah menghalangi kerja KPK hingga adanya calon yang diduga melanggar kode etik.

Febri menegaskan, pihaknya merasa perlu mengundang dan menunjukkan kepada Pansel bukti-bukti mengenai catatan hitam sejumlah kandidat. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk dukungan KPK agar Pansel dapat memilih calon Komisioner Lembaga Antikorupsi yang berintegritas dan kredibel.

"Hal ini perlu kami lakukan sebagai bentuk dukungan penuh pada proses seleksi Pimpinan KPK agar menghasilkan orang-orang terbaik dan tidak bermasalah," tegasnya. (*)

Rate this item
(0 votes)
Go to top